cover
Contact Name
Dr. Yuniningsih, S.E., M.Si.
Contact Email
yuniningsih@upnjatim.ac.id
Phone
+6282132396937
Journal Mail Official
mebis@upnjatim.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya, 60294
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis)
ISSN : 25282433     EISSN : 2599283X     DOI : https://doi.org/10.33005/mebis
Core Subject : Economy, Science,
JURNAL MEBIS (MANAJEMEN DAN BISNIS) aims to provide a forum for international researchers on applied Entrepreneurship And Business Development to publish the original articles.The scope of JURNAL MEBIS (MANAJEMEN DAN BISNIS) are Entrepreneurship And Business Development. JURNAL MEBIS (MANAJEMEN DAN BISNIS) published twice in a year, July And December
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2021): Juli 2021" : 9 Documents clear
ANALISIS PENGUKURAN PRODUKTIVITAS DI BAGIAN PENGECORAN PT. APIE INDO KARUNIA DENGAN METODE OBJECTIVE MATRIX Wiwik Handayani; Nanik Susilowati
Jurnal Mebis Vol. 6 No. 1 (2021): Juli 2021
Publisher : Jurnal Mebis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan produksi perusahaan adalah memperoleh keuntungan dengan memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam memperoleh keuntungan yang maksimal, perusahaan perlu melakukan efisiensi untuk mengoptimalkan sumber daya yang ada dengan meningkatkan produktivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat produktivitas, mengevaluasi dan menentukan usulan perbaikan produktivitas pada bagian pengecoran PT Apie Indo Karunia. Objective Matrix adalah suatu sistem pengukuran produktivitas parsial untuk memantau produktivitas di setiap bagian perusahaan sesuai dengan tingkat kepentingan elemen tersebut, yang kemudian dilakukan evaluasi menggunakan diagram fishbone. Hasil analisis data menunjukkan terjadi fluktuasi produktivitas di bagian pengecoran PT Apie Indo Karunia dengan nilai produktivitas tertinggi terjadi pada bulan Juli 2018 dan nilai produktivitas terendah terjadi pada bulan Juni 2018. Evaluasi dengan diagram fishbone menunjukkan penurunan produktivitas disebabkan oleh beberapa faktor yaitu tenaga kerja, metode, mesin dan lingkungan, dengan diperoleh 10 usulan perbaikan untuk meminimalisir terjadinya penurunan produktivitas.
MEDIASI KEPUASAN PELANGGAN PADA KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN Prisma Pradana Suwarno Putri; Sri Setyo Iriani; Jun Surjanti
Jurnal Mebis Vol. 6 No. 1 (2021): Juli 2021
Publisher : Jurnal Mebis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh kualitas dari pelayanan dan citra suatu merek terhadap loyalitas yang dimediasi oleh kepuasan pada pelayanan jasa di UPT. PSMB-LT Surabaya. Objek penelitian merupakan penyedia jasa pelayanan pengujian, kalibrasi dan sertifikasi produk di bawah naungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Timur yang setiap tugas fungsi dan kerja diatur dalam Undang-Undang dan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sejumlah 53 orang yang merupakan pelanggan yang telah melakukan proses pelayanan di UPT. PSMB-LT Surabaya dari tahun 2017 s/d 2019. Penelitian ini menggunakan software IBM SPSS 25 dan AMOS 22. Penelitian ini menjabarkan adanya pengaruh yang positif antara Kualitas Pelayanan, Citra Merek, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Kualitas Pelayanan juga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Namun, Citra Merek hanya berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan dan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Kepuasan Pelanggan memediasi hubungan antara Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan di UPT. PSMB-LT Surabaya.
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GREEN PURCHASE BEHAVIOR GENERASI MILENIAL DI INDONESIA Vania Sutikno; Dudi Anandya
Jurnal Mebis Vol. 6 No. 1 (2021): Juli 2021
Publisher : Jurnal Mebis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dampak yang ditimbulkan oleh kerusakan lingkungan membuat generasi milenial menyadari pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, misalnya beralih mengonsumsi produk yang lebih ramah lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perilaku konsumen milenial di Indonesia terkait dengan attitude, subjective norm, perceived behavioral control, environmental concern, green purchase intention, willingness to pay premium, beserta pengaruhnya pada green purchase behavior. Responden pada penelitian ini berjumlah 141 orang, yang diambil dari generasi milenial di Indonesia yang pernah membeli produk ramah lingkungan dan terlibat aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan. Data yang didapatkan kemudian dianalisa menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan program SPSS 18.0 dan AMOS 22.0. Hasil penelitian menyatakan bahwa attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap green purchase intention, perceived behavioral control tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap green purchase behavior, green purchase intention berhubungan positif dan signifikan terhadap green purchase behavior, environmental concern berpengaruh positif terhadap attitude, subjective norm, perceived behavioral control, dan green purchase intention, serta tidak ada pengaruh moderasi dari willingness to pay premium terhadap hubungan antara green purchase intention dan green purchase behavior.
PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DANA ALOKASI UMUM (DAU), DAN DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) TERHADAP BELANJA LANGSUNG: (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur Periode 2016-2018) Tituk Dyah Widajantie
Jurnal Mebis Vol. 6 No. 1 (2021): Juli 2021
Publisher : Jurnal Mebis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, menguji, dan membuktikan pengaruh pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dan dana alokasi khusus terhadap belanja langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Laporan Pertanggungjawaban APBD Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2016-2018 yang terdiri dari 29 Kabupaten dan 9 Kotayang berjumlah 114 laporan pertanggungjawaban. Pemilihan sampel menggunakan metode sampel jenuh. Hipotesis diuji dengan metode analisis regresi linear berganda yang sebelumnya dilakukan uji outlier, uji normalitas, dan uji asumsi klasik menggunakan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pendapatan asli daerah dan dana alokasi umum berpengaruh terhadap belanja langsung sedangkan variabel dana alokasi khusus tidak berpengaruh terhadap belanja langsung.
DAMPAK GREEN MARKETING DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK THE BODY SHOP Noormalita Primandaru
Jurnal Mebis Vol. 6 No. 1 (2021): Juli 2021
Publisher : Jurnal Mebis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pertumbuhan ekonomi dan teknologi juga turut mengubah pola konsumsi masyarakat, semakin tinggi pendapatan suatu negara maka kegiatan ekonomi akan semakin beragam dan dinamis sehingga konsumsi masyarakat akan bertambah pula, apabila konsumsi masyarakat semakin meningkat maka berdampak pada ketidakstabilan lingkungan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari green brand, green trust dan green advertising terhadap keputusan pembelian produk The Body Shop. Penelitian ini menggunakan data primer dan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Alat perhitungan statistik yang digunakan yaitu SPSS versi IBM 25. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan 138 responden yang dibagi dalam lima kategori pelajar, mahasiswa, karyawan, pegawai negeri, wiraswasta di Yogyakarta dan menggunakan produk The Body Shop. Hasil pada penelitian ini adalah green brand berpengaruh pada keputusan pembelian The Body Shop, green trust berpengaruh pada keputusan pembelian The Body Shop dan green advertising berpengaruh pada keputusan pembelian The Body Shop.
PENGARUH LEARNING CULTURE TERHADAP LEARNING AGILITY: APAKAH BERDAMPAK LANGSUNG ATAUKAH TIDAK? Nopriadi Saputra; Engkos Achmad Kuncoro; Sasmoko
Jurnal Mebis Vol. 6 No. 1 (2021): Juli 2021
Publisher : Jurnal Mebis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perubahan yang terus menerus dan disruptif menuntut orang-orang dalam organisasi untuk menjadi adaptif dengan cepat. Ketangkasan belajar (learning agility) merupakan isu strategis dalam pengelolaan sumber daya manusia. Artikel ini mengulas secara mendalam mengenai pengaruh budaya belajar (learning culture) terhadap ketangkasan belajar. Apakah budaya belajar berdampak langsung ataukah tidak langsung terhadap ketangkasan belajar? Artikel ini berdasarkan pada riset empiris yang melibatkan 107 direktur dan manajemen senior dari perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia. Data yang didapatkan diolah menggunakan pendekatan Structural Equation Modelling berbasis Partial Least Square (PLS SEM) dan aplikasi SmartPLS versi 3.0. Hasil analisis menjelaskan bahwa budaya perusahaan berpengaruh tidak langsung terhadap ketangkasan belajar. Budaya belajar merupakan anteseden dari keterlekatan kerja (work engagement) dan keterlekatan kerja tersebut merupakan prediktor dari ketangkasan belajar. Dengan demikian, keterlekatan kerja memainkan peranan sebagai mediator dalam pengaruh budaya belajar terhadap ketangkasan belajar. Untuk menghasilkan orang-orang yang tangkas dalam belajar menghadapi perubahan, orang-orang di dalam perusahaan harus diarahkan untuk memiliki keterlekatan kerja yang baik dan diekspos dengan budaya belajar secara intensif dalam kurun waktu tertentu.
PENGARUH WHISTLEBLOWING TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN DALAM PENGELOLAAN BOS DENGAN VARIABEL INTERVENING KOMPONEN STUKTUR PENGENDALIAN INTERNAL Farida Maria Dewi; Sri Trisnaningsih
Jurnal Mebis Vol. 6 No. 1 (2021): Juli 2021
Publisher : Jurnal Mebis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji secara empiris, membuktikan serta menganalisis pengaruh whistleblowing terhadap pencegahan kecurangan, whistleblowing terhadap komponen struktur pengendalian internal, komponen struktur pengendalian internal terhadap pencegahan kecurangan dan juga pengaruh whistleblowing terhadap pencegahan kecurangan dengan komponen stuktur pengendalian internal sebagai variabel intervening pada institusi pendidikan SMA dan SMK Negeri di Lamongan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dalam bentuk persepsi dari responden. Kuisioner digunakan sebagai instrumen penelitian untuk mengetahui apakah pengaruh hubungan variabel sehingga mendapatkan informasi spesifik mengenai whistleblowing (X), komponen struktur pengendalian internal (Z) terhadap pencegahan kecurangan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah SMA dan SMK Negeri di Kabupaten Lamongan yang menerima dana BOS sejumlah 19 Sekolah. Untuk menentukan besarnya sampel pada penelitian ini menggunakan rumus dari Slovin, dan didapatkan jumlah sampel sebesar 90 data. Penelitian ini menggunakan software SmartPLS 3.0 untuk menguji hubungan antar variabel. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Whistleblowing memiliki pengaruh signifikan positif terhadap Pencegahan Kecurangan, Whistleblowing memiliki pengaruh signifikan positif terhadap Komponen Stuktur Pengendalian Internal, Komponen Stuktur Pengendalian Internal memiliki pengaruh signifikan positif terhadap Pencegahan Kecurangan, Komponen Stuktur Pengendalian Internal tidak terbukti sebagai variabel Intervening dalam hubungan antara Pengaruh Komponen Stuktur terhadap Pencegahan Kecurangan.
FACTORS AFFECTING ONLINE PURCHASE INTENTION: THE CASE OF INDONESIA’S E-COMMERCE Aldi Wirawan; Camelia Nanie Sriyati Phaing; Erwin Darmo Panjaitan; Mas Arief, Taufan Irvansyah
Jurnal Mebis Vol. 6 No. 1 (2021): Juli 2021
Publisher : Jurnal Mebis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemasaran merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam mempertahankan keberlangsungan bisnisnya. Banyak strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya agar dapat dikenali dan diyakini dapat memenuhi kebutuhan konsumennya. Dalam menentukan strategi pemasaran tentunya perusahaan harus mengetahui terlebih dahulu faktor apa yang paling mempengaruhi dalam keputusan pembelian konsumen. Ketika perusahaan sudah mengetahui faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian maka hal tersebut akan memudahkan perusahaan untuk menentukan strategi pemasaran. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi niat pembelian online khususnya yang terjadi pada e-commerce di Indonesia. Penelitian ini fokus pada tujuh faktor pengaruh pembelian yaitu kepercayaan, kompetensi bisnis, referensi grup, persepsi risiko, kemudahan dan kenyamanan, kesadaran kontrol perilaku dan promosi. Data diperoleh dari 274 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling melalui kuesioner yang didistribusikan melalui media sosial dengan menggunakan Google Form. Data hasil kuesioner dianalisis menggunakan metode regresi menunjukkan bahwa pengaruh faktor yang mempengaruhi sesuai dengan urutan yang paling mempengaruhi adalah promosi, kompetensi bisnis, kemudahan dan kenyamanan, referensi kelompok, dan kepercayaan.
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM (STUDI KASUS: RESTORAN RAMEN ABOY) Najma Atikah; Nadya Novandriani Karina Moeliono
Jurnal Mebis Vol. 6 No. 1 (2021): Juli 2021
Publisher : Jurnal Mebis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Restoran Ramen Aboy merupakan usaha bisnis keluarga yang berada di Kota Cimahi. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal dan faktor eksternal pada Restoran Ramen Aboy untuk melakukan pengembangan strategi pemasaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode SWOT dan Matriks Evaluasi Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan analisis SWOT dibentuk matriks IFAS dan EFAS dengan memperoleh skor sebesar 3,339 dan 3,198 menunjukkan restoran berada di kuadran 1 pada matriks IE, kemudian matriks SWOT memperoleh enam alternatif strategi yang akan diperhitungkan menggunakan matriks QSPM sebagai keputusan perumusan strategi pemasaran yang tepat. Sehingga diperoleh prioritas strategi berdasarkan analisis yaitu meningkatkan fasilitas serta membuat promosi produk yang menarik untuk mempengaruhi loyalitas konsumen dengan total STAS sebesar 6,773.

Page 1 of 1 | Total Record : 9