cover
Contact Name
Dr. Yuniningsih, S.E., M.Si.
Contact Email
yuniningsih@upnjatim.ac.id
Phone
+6282132396937
Journal Mail Official
mebis@upnjatim.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya, 60294
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis)
ISSN : 25282433     EISSN : 2599283X     DOI : https://doi.org/10.33005/mebis
Core Subject : Economy, Science,
JURNAL MEBIS (MANAJEMEN DAN BISNIS) aims to provide a forum for international researchers on applied Entrepreneurship And Business Development to publish the original articles.The scope of JURNAL MEBIS (MANAJEMEN DAN BISNIS) are Entrepreneurship And Business Development. JURNAL MEBIS (MANAJEMEN DAN BISNIS) published twice in a year, July And December
Articles 99 Documents
PENGEMBANGAN MODEL KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN PADA INDUSTRI KREATIF UNTUK MENDUKUNG PARIWISATA DESA BERKELANJUTAN DI KOTA BATU Kinanti Resmi Hayati; K Kusnarto; Endang Sholihatin; Invony Dwi Aprilisanda
Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) Vol 4 No 1 (2019): July 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Gedung B) │UPN "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/mebis.v4i1.53

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun model kompetensi kewirausahaan pada industri kreatif (klaster industri makanan dan minuman) untuk mendukung pariwisata desa berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian yaitu Kota Batu Jawa Timur. Hasil penelitian in diketahui bahwa model kompetensi kewirausahaan pada industri kreatif (klaster industri makanan dan minuman) untuk mendukung pariwisata desa berkelanjutan adalah sebagai berikut. a) Managerial skill. Pelaku industri kreatif harus mampu menjalankan fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan agar bisnis yang dijalankannya dapat mencapai tujuan yang diinginkan.b) Conceptual skill. Kemampuan untuk merumuskan tujuan, kebijakan dan strategi bisnis yakni merupakan landasan utama menuju pelaku industri kreatif sukses. c) Human skill. Supel, mudah bergaul, simpati dan empati kepada orang lain adalah modal keterampilan yang sangat mendukung kita menuju keberhasilan berbisnis. d) Decision making skill. Sebagai seorang pelaku industri kreatif, seringkali dihadapkan pada kondisi ketidakpastian. e) Time managerial skill. Keterampilan mengelola waktu dapat memperlancar pelaksanaan pekerjaan dan rencana yang telah digariskan.
PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK AGROINDUSTRI ABON IKAN Ristina Siti Sundari; Dona Setia Umbara
Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) Vol 4 No 1 (2019): July 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Gedung B) │UPN "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/mebis.v4i1.51

Abstract

Abon ikan merupakan inovasi baru diversifikasi pangan dari ikan segar yang berukuran besar yang sudah menurun nilai jualnya. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis preferensi konsumen terhadap abon ikan melalui atribut-atribut yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan. Metode yang digunakan adalah analisis konjoin. Penelitian ini menggunakan empat atribut yaitu rasa, warna, tekstur dan harga abon ikan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa preferensi konsumen berfokus kepada hasil stimuli berdasarkan nilai kepuasan dan kepentingan atribut di dalamnya. Pada atribut rasa abon ikan patin dengan nilai kepuasan 0,1769. Pada atribut warna memiliki nilai kepuasan 0,068 untuk abon ikan lele. Pada atribut tekstur abon ikan lele memiliki nilai kepuasan 0,072 dan atribut harga Rp 25.000 s.d. Rp 30.000 pada abon ikan patin dengan nilai kepuasan 0,766. Preferensi konsumen dalam memutuskan membeli abon ikan lebih berdasarkan kepentingan rasa walaupun harganya lebih tinggi yakni pada abon ikan patin.
ZERO DEFECT PADA PRODUKSI KANTONG KRAFT MELALUI METODE POKA YOKE DI PT. INDUSTRI KEMASAN SEMEN GRESIK Dewinda Ramadhani Putri; Wiwik Handayani
Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) Vol 4 No 1 (2019): July 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Gedung B) │UPN "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/mebis.v4i1.52

Abstract

Kunci utama perusahaan dapat bertahan dan bersaing pada era MEA adalah dengan berfokus pada kualitas, baik kualitas produk maupun kualitas dalam proses produksinya. Perbaikan kualitas menjadi perhatian utama bagi perusahaan. Perbaikan kualitas membuat produk cacat (defect) dapat ditekan seminimal mungkin hingga mencapai produk cacat nol (zero defect). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dari produk kantong kraft, menganalisis jenis kecacatan produk dan kecacatan pada proses produksinya, kecacatan produk prioritas, akar penyebab kecacatan, dan pemberian usulan perbaikannya di PT. IKSG. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara langsung bersama informan- informan terkait dan menggunakan data sekunder berupa data produksi dan data cacat kantong Kraft PT. IKSG pada bulan Juli-Desember 2017. Informan didalam penelitian ini terdiri dari Kasi Produksi II, Karu Operator Mesin, Karu Litbang, Karu Produk Jadi, dan Regu Pemeliharaan. Penelitian ini dianalisis menggunakan diagram pareto, diagram tulang ikan, dan teknik brainstorming. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa: (1) kualitas produk kantong kraft tergolong baik, (2) cacat terbanyak terdapat pada kelompok cacat A1, yaitu mblinded dan valve miring, (3) manusia merupakan faktor penyebab cacat terbanyak, (4) solusi perbaikan yang dapat diterapkan adalah mengaplikasikan ketiga fungsi dari metode poka yoke, yaituwarning, control, dan shut down, serta penambahan operator mesin.
KONTRIBUSI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN MELALUI PERAN KEUNGGULAN BERSAING Adimas Prabowo; Gendut Sukarno
Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) Vol 4 No 1 (2019): July 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Gedung B) │UPN "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/mebis.v4i1.50

Abstract

Salah satu strategi yang diterapkan organisasi untuk mempelajari kebiasaan dan keperluan pelanggan dinamakan Customer Relationship Management (CRM). Perusahaan yang unggul adalah mempunyai kelebihan disegala aspek dibanding pesaing, diharapkan mampu memberikan dampak terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi CRM dan keunggulan bersaing dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah kredit pundi rakyat pada BPR Jatim Cabang Surabaya. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah nasabah kredit pundi rakyat pada BPR Jatim Cabang Surabaya sebanyak 75 nasabah sebagai responden. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil dari olah data menghasilkan temuan Customer Relationship Management (CRM) mampu memberikan kotribusi yang sangat berarti terhadap Keunggulan Bersaing. Serta Customer Relationship Management (CRM) mampu memberikan kotribusi yang sangat berarti terhadap Kinerja Pemasaran, adapun Keunggulan Bersaing mampu memberikan kotribusi yang sangat berarti terhadap Kinerja Pemasaran.
EFIKASI DIRI DAN TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP SEBAGAI PERDIKTOR TINGKAT KEPUASAN KERJA KARYAWAN Gusti Ayu Ryana Mahasari
Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) Vol 4 No 1 (2019): July 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Gedung B) │UPN "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/mebis.v4i1.48

Abstract

Kepuasan kerja merupakan suatu hal yang perlu dijadikan landasan bagi orang-orang yang bergerak dalam pengembangan Sumber Daya Manusia pada masa ini. Persaingan kerja yang semakin meningkat dan kemudahan akses mencari lapangan kerja tidak hanya menuntut pekerja untuk meningkatkan skill didalam dirinya, tetapi juga tantangan bagi perusahaan agar bisa mempertahankan karyawan yang dianggap baik dalam perusahaan. Untuk mempertahankan retensi karyawan, maka karyawan perusahaan perlu untuk mencapai sebuah kepuasan kerja. Kepuasan kerja dapat diperoleh dari segi internal (diri sendiri) dan juga eksternal (lingkungan, atasan, dan lain-lain). Oleh karena itu, pada kajian literasi ini akan dibahas mengenai penelitian- penelitian yang berkaitan dengan kepuasan kerja, yaitu efikasi diri dari segi internal, dan transformational leadership sebagai penentu eksternal.
ANALISIS KORELASI HARGA TANDAN BUAH SEGAR (TBS) PT JAMIKA RAYA DAN KOPERASI UNIT DESA (KUD) DI KECAMATAN LIMBUR LUBUK MENGKUANG KABUPATEN BUNGO A Asminar; Gita Suliska
Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) Vol 4 No 1 (2019): July 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Gedung B) │UPN "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/mebis.v4i1.49

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk korelasi harga tandan buah segar (TBS) PT Jamika Raya dan Koperasi Unit Desa (KUD) di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo? Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan rentang waktu (time series) dari mulai dari bulan Januari 2010 sampai Desember 2015 (data per bulan) yang di kumpulkan dari PT Jamika Raya dan Koperasi Unit Desa Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo. Analisa data menggunakan analisis deskriftif dan kuantitatif. Analisis data kuatitatif digunakan korelasi harga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi korelasi harga tandan buah segar PT Jamika Raya dan Koperasi Unit Desa di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo dengan koefisien korelasi (r) yaitu 0,993. Hal ini menujukkan bahwa harga di PT Jamika Raya berkorelasi dengan harga Koperasi Unit Desa yang ada di Limbur Lubuk Mengkuang, adapun Koperasi Unit Desa yang ada di Limbur Lubuk Mengkuang adalah KUD Tebo Jaya, KUD Tuo Limbur KUD Limbur Baru dan KUD Sekar Mengkuang.
INDEPENDENSI KOMITE AUDIT, KEPEMILIKAN INSTITUTIONAL DAN MANAJEMEN LABA Siti Isnaniati
Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) Vol 4 No 1 (2019): July 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Gedung B) │UPN "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/mebis.v4i1.47

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk menganalisa pengaruh independensi komite audit dan kepemilikan institusional dalam manajemen laba. Kepemilikan Institusional adalah pengukuran oleh proporsi dari saham yang diimiliki oleh pemegang saham yang dibagi dengan saham yang dikeluarkan pada publik. Manajemen laba dalam penelitian ini diukur oleh pengguna nilai akrual yang ditentukan oleh kebijakan manajemen. Populasi sampel dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang berada di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014-2015. Penelitian ini juga menggunakan metode purposive sampling, dengan total sampel sebanyak 70 sampel yang menguji hipotesis menggunakan multiple regression analysis. Hasil dari pengujian hipotesis mengindikasikan bahwa Independensi Komite Audit mempunyai pengaruh signifikan yang negatif terhadap manajemen laba, meskipun kepemilikan institusional tidak berdampak pada manajemen laba.
PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP E-COMMERCE INTENTION MELALUI APLIKASI ONLINE SHOP PADA MAHASISWA DI SURABAYA Okto Aditya Suryawirawan
Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) Vol 4 No 1 (2019): July 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Gedung B) │UPN "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/mebis.v4i1.46

Abstract

Pertumbuhan e-commerce yang pesat dalam kurun waktu 4 tahun terakhir menjadi peluang bisnis yang sangat potensial di Indonesia. Peluang tersebut dapat menjadi alternatif solusi bagi pengangguran di Indonesia yang meningkat pada tahun 2017. Namun melihat bahwa industri digital tergolong industri yang padat modal, perlu kemudian kiranya dikaji kembali arah pemanfaatan peluang tersebut. Fokus dari penciptaan lapangan kerja sebaiknya tidak pada penciptaaan platform-platform e-commerce yang semakin banyak, namun pada bagaimana calon pelaku bisnis dan pelaku bisnis yang sudah ada dapat memanfaatkan platform-platform e- commerce tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perceived ease of use danperceived usefulness terhadap e-commerce intention melalui aplikasi online shop di Surabaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumen. Hubungan antar variabelnya kemudian diuji menggunakan partial least square dengan software smartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan perceived ease of use terhadap e- commerce intention dan pengaruh positif signifikan perceived ease of use terhadap perceived usefulness. Pengaruh perceived usefulness terhadap e-commerce intention ditemukan positif namun tidak signifikan.
PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI RESIKO PADA PENGGUNAAN JASA TRANSPORTASI ONLINE J Jasuli
Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) Vol 3 No 2 (2018): December 2018
Publisher : UPN "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/mebis.v3i2.43

Abstract

Kehadiran jasa tranportasi online dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan mobilitas dalam kehidupan sehari-hari. Adanya jasa tranportasi online di Indonesia tentu memberikan manfaat bagi masyarakat pengguna jasa transportasi online. Masyarakat tidak perlu susah payah untuk mendapatkan moda transportasi dalam aktivitas sehari-hari, cukup dengan mengunduh aplikasi di ponsel pintar, masyarakat dapat memesan dan menggunakan jasa transportasi online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan dan persepsi resiko terhadap keputusan menggunakan jasa transportasi online. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jumlah sampel sebesar 100 responden dengan teknik sampling aksidental. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil menunjukkan persepsi kegunaan, persepsi kemudahan berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap keputusan menggunakan jasa trasnportasi online secara parsial sedangkan persepsi resiko berpengaruh signifikan dengan arah negatif. Secara simultan persepsi kegunaan, persepsi kemudahan dan persepsi resiko berpengaruh terhadap keputusan menggunakan jasa transportasi online.
IMPLEMENTASI PRINSIP SYARIAH PADA MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI MICROFINANCE (STUDI KASUS PADA KSPPS BMT BUNA UMMAT SEJAHTERA PACIRAN) Eny Latifah
Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) Vol 3 No 2 (2018): December 2018
Publisher : UPN "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/mebis.v3i2.41

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang implementasi prinsip syariah dalam manajemen sumberdaya manusia (MSDM). Obyek penelitian adalah karyawan KSPPS Bina Ummat Sejahtera Lamongan. Metode riset yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan intrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip syariah secara umum yang digunakan dalam pengelolaan SDM adalah keadilan, kompetensi,amanah, dan tanggungjawab sosial. Rekrutmen dan seleksi menggunakan prinsip kompetensi dan keahlian. Pemberian pelayanan kepada nasabah/anggota dijalankan secara adil dan transparan. Selain itu, diberikan kompensasi berupa pendidikan yang lebih tinggi bagi karyawan yang memiliki kinerja bagus. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan prinsip syariah bisa dilakukan dalam implementasi manajemen pada lembaga keuangan yang berlebel syariah.

Page 1 of 10 | Total Record : 99