cover
Contact Name
Dr. Yuniningsih, S.E., M.Si.
Contact Email
yuniningsih@upnjatim.ac.id
Phone
+6282132396937
Journal Mail Official
mebis@upnjatim.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya, 60294
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis)
ISSN : 25282433     EISSN : 2599283X     DOI : https://doi.org/10.33005/mebis
Core Subject : Economy, Science,
JURNAL MEBIS (MANAJEMEN DAN BISNIS) aims to provide a forum for international researchers on applied Entrepreneurship And Business Development to publish the original articles.The scope of JURNAL MEBIS (MANAJEMEN DAN BISNIS) are Entrepreneurship And Business Development. JURNAL MEBIS (MANAJEMEN DAN BISNIS) published twice in a year, July And December
Articles 153 Documents
Kinerja Reksadana Pendapatan Tetap Dengan Menggunakan Metode Sharpe, Treynor, Dan Jensen Catur Fatchu Ukhriyawati
Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) Vol 2 No 2 (2017): December 2017
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Gedung B) │UPN "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/mebis.v2i2.8

Abstract

Investasi telah menjadi suatu kebutuhan yang penting bagi masyarakat. Salah satu instrumen investasi adalah reksa dana. Reksa dana pendapatan tetap berinvestasi sedikitnya 80% dari portofolio yang dikelola berupa utang. Populasi dalam penelitian ini reksa dana pendapatan tetap yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2014-2016. Metode penelitian menggunakan metode Sharpe, Treynor, dan Jensen. Hasil penelitian tahun 2014 menurut metode Sharpe kinerja terbaik yaitu reksadana Kehati Lestari. Metode Treynor yaitu reksadana Kehati Lestari. Metode Jensen yaitu Kehati lestari. Tahun 2015 menurut metode Sharpe kinerja terbaik yaitu reksadana Kehati Lestari. Metode Treynor yaitu reksadana Manulife Dana Tetap Utama. Metode Jensen yaitu Reksadana Batavia Dana Obligasi Plus. Periode 2016 menurut metode Sharpe kinerja terbaik yaitu reksadana Kehati Lestari. Metode Treynor yaitu reksadana Tram Strategic Plus. Menurut metode Jensen tidak ada kinerja reksadana terbaik karena hasil kinerjanya negatif semua.
Asimetri Informasi Dan Manajemen Laba Dengan Mekanisme Corporate Governance Sebagai Pemoderasi (Studi Pada Bank Go Publik Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia) Husnah Nur Laela Ermaya; Miguna Astuti
Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) Vol 2 No 2 (2017): December 2017
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Gedung B) │UPN "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/mebis.v2i2.9

Abstract

Penelitian ini bertujuan unttuk menganalisis pengaruh asimetri informasi terhadap manajemen laba dengan dimoderasi oleh mekanisme corporate governance. Sampel pada penelitian ini sebanyak 20 perusahaan perbankan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2012–2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Analisis ini mengunakan regresi linear berganda yang sebelumnya dilakukan pengujian asumsi klasik. Hasil analisis regresi linear berganda ini menunjukkan bahwa asimetri informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Komposisi dewan komisaris dan ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba dan ukuran komite audit berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.
Cosmopolitanism, Consumer Ethnocentrism, Dan Relatif Product Quality Terhadap Preferensi Konsumen Generasi Y Produk Pakaian Merek Zara Di Surabaya Lusmiati Djamuddin; Dhani Ichsanuddin Nur
Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) Vol 2 No 2 (2017): December 2017
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Gedung B) │UPN "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/mebis.v2i2.10

Abstract

The various choices and brands of domestic products as well as the global products offered by manufacturers, provide different preferences to various consumers. The purpose of this study to determine the factors that affect the consumer preferences generation Y to the product brand clothing zara in surabaya. The variables used in this study are: cosmopolitanism, consumer ethnocentrism, relative product quality and consumer preferences generation Y. Measurements were made with Likert scale. The population in this study is the Y-generation consumers who have visited the clothing brand outlets in Surabaya. The analysis technique used is partial least square.The results of this study is that cosmopolitanism contributes to the relative product quality of brand products in Surabaya, the relative quality of products contributes to the Y generation consumer preferences in the zara brand clothing products in Surabaya, cosmopolitanism contributes to consumer ethnocentrism, consumer ethnocentrism contributes to consumer preferences Y generation on zara brand clothing products in Surabaya and cosmopolitanism does not contribute to the Y generation consumer preferences on Zara brand clothing products.
Pencitraan, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kuliah Di Program Diploma III STIESIA Surabaya Novianto Eko Nugroho; Krido Eko Cahyono
Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) Vol 2 No 2 (2017): December 2017
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Gedung B) │UPN "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/mebis.v2i2.11

Abstract

Minat merupakan hasil pemikiran seseorang setelah melihat pada kualitas pelayanan, dan memiliki keinginan untuk mencoba memenuhi suatu kebutuhan, dalam hal ini konsumen akan cenderung memilih, menimbang dan menilai apakah suatu kualitas pelayanan yang dianggap baik oleh konsumen, sehingga ketika produk atau layanan benar-benar mampu memenuhi harapan pelanggan, maka konsumen akan mengambil suatu keputusan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif bahwa peneliti melakukan survei terhadap calon mahasiswa dengan memberikan kuesioner, pengolahan data, dan menafsirkannya. Penelitian dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan yang dianggap mewakili tiga variabel yang mempengaruhi minat promosi, pencitraan, dan kualitas pelayanan. Dengan sampel sebanyak 106 calon mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis untuk mengetahui pengaruh variabel bebas dan variabel terikat dengan menggunakan analisis regresi linier. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa promosi, pencitraan, dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat calon mahasiswa.
Peranan Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Keluncum Barbershop Sepinggan Balikpapan Rudy Pudjut Harianto; Surya Adi Wibowo
Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) Vol 2 No 2 (2017): December 2017
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Gedung B) │UPN "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/mebis.v2i2.12

Abstract

Abstract : This research aims to analyze the effect of marketing mix toward decision consumers to choose Barbershop Keluncum at Balikpapan. Types of research method is combined/mixed, using qualitative and quantitative methods (mixed methods). Data Analyse method that used in this research are Multiple Linier Regression Analyse (correlation coeficient, determination coeficient, and t test/significantion test). Accumulatively, coeficient correlation (R) = 0,764 so that it can be said that the independent variables toward dependent variable in this research can giving the strength correlation. Result of determination coefficient (R2) = 0,578 it can be said the independent variables can be explain the dependent variable of equal to 57,8% only. While the rest equal to 42,2% explained by other variable from outside model. The result of significantion test could be explained : there are have a positive significant effect to influence of decision consumers .
Intellectual Capital Guru Di Beberapa SMA Swasta Di Sidoarjo Gendut Sukarno; Helmina Ardyanfitri
Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) Vol 2 No 2 (2017): December 2017
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Gedung B) │UPN "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/mebis.v2i2.13

Abstract

Dalam perkembangan era MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) ini agar organisasi tetap dapat bertahan, termasuk organisasi pendidikan harus pandai mengubah strateginya dari bisnis yang didasarkan labor-based view menuju knowledge based view dengan karakteristik utama ilmu pengetahuan. Salah satu pendekatan yang digunakan dalam penilaian dan pengukuran knowledge asset (aset pengetahuan) tersebut adalah Intellectual Capital. Dengan pengelolaan intellectual capital yang bagus diharapkan mampu meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi intellectual capital terhadap kinerja Guru di beberapa SMU di Sidoarjo. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 Guru di beberapa SMU di Sidoarjo. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil dari olah data menghasilkan temuan bahwa intellectual capital mampu memberikan kontribusi yang sangat berarti terhadap kinerja Guru di beberapa SMU di Sidoarjo. Untuk meningkatkan intellectual capital guru ada baiknya suatu lembaga menentukan program pengembangan dan pelatihan yang sesuai dengan kinerja dan potensi masing-masing.
Kompensasi, Iklim Organisasi, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. PEB Sri Langgeng Ratnasari; Gandhi Sutjahjo
Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) Vol 2 No 2 (2017): December 2017
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Gedung B) │UPN "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/mebis.v2i2.14

Abstract

This reserach aims to effect of compensation, organizational climate, job satisfaction on employee performance of PT. PEB. This research uses 85 employees of PT. PEB as the study sample. The data analyzed using “Path Analysis” path by using statistical software SPSS 16.0. The research results are: Compensation direct and significant effect on job satisfaction with path coefficient of 0.387, and significant at the 0.000 Sig probability, ≤ α = 0.05, Organizational climate has direct and significant effect on job satisfaction with the value of the path coefficient amounted to 0.512, and significant at the 0.000 probability Sig, ≤ α = 0.05, job satisfaction is directly and significantly impact on performance with the path coefficient of 0.648, and significant at the 0.000 Sig probability, ≤ α = 0.05, the compensation effect indirectly to job performance through job satisfaction and the indirect effect coefficient> direct influence (p31 x p43> p41) ie 0.329> 0.078, organizational climate indirectly influence on employee performance through job satisfaction and indirectly influence coefficient> influence directly (p32 x p43> p42) ie 0.332> 0.179.
DETERMINAN LOYALITAS NASABAH KPR PT.BANK MANDIRI, TBK CABANG SURABAYA Wilma Cordelia Izaak
Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) Vol 3 No 1 (2018): July 2018
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Gedung B) │UPN "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/mebis.v3i1.17

Abstract

The purpose of this study was to determine the influence of perceived quality as well as perceived value of consumers, or in this case the consumers of house mortgages over their satisfaction and loyalty. The respondents being analyzed are the consumers of house mortgages in one government bank located in Surabaya. The tool used for analyzing is the Partial Least Square model obtained through the software SmartPLS version 2.0.M3. To sum up, the result of the hypothetical analyzes shows that both perceived quality and perceived value have no indirect influence over loyalty through satisfaction. The lack of influence that perceived value as well as perceived quality indirectly and directly over loyalty can be explained as a growing phenomenon. This phenomenon sees the tendency for consumers of mortgage to choose bank with the best environment’s house as their place of living (and not as an investment), and also the availability of guarantee for their mortagages in long terms.
REAKSI PASAR TERHADAP PENGUMUMAN STOCK SPLIT PT. HANJAYA MANDALA SAMPOERNA TBK. TAHUN 2016 Najmy A’la
Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) Vol 3 No 1 (2018): July 2018
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Gedung B) │UPN "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/mebis.v3i1.18

Abstract

Pemecahan saham atau stock split adalah memecah selembar saham menjadi n lembar saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya reaksi pasar sebelum dan sesudah pengumuman stock split pada PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP) tahun 2016. Reaksi pasar ini ditunjukan dengan ada tidaknya perbedaaan abnormal return, trading volume activity,dan bid-ask spread. Jenis penelitian ini adalah studi peristiwa (event study). Penelitian ini menggunakan periode pengamatan 5 hari sebelum dan 5 hari sesudah stock split dengan teknik analisis uji normalitas (One sample kolmogrov smirnov test) dan uji hipotesis (Paired Sample t-Test). Hasil menunjukan bahwa tidak ada perbedaan pada abnormal return periode sebelum-sesudah stock split. Tidak ada perbedaan pada trading volume activity periode sebelum-sesudah stock split. Tidak ada perbedaan bid-ask spread periode sebelum-sesudah stock split.
ERA DISRUPTION SEBUAH TANTANGAN ATAU BENCANA SEBUAH TELAAH LITERATUR Adi Prihanisetyo; Dede Pebrianto; Pipin Fitriasari
Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) Vol 3 No 1 (2018): July 2018
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Gedung B) │UPN "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/mebis.v3i1.19

Abstract

Salah satu ciri perusahaan besar adalah karena kuatnya brand image pada produk atau jasa yang telah dihasilkan, atau karena deregulasi yang mereka peroleh dari pemerintah (hak monopoli) atau karena telah kuatnya brand image, maka secara tidak langsung mereka menjadi satu-satuya perusahaan yang memperoduksi barang atau jasa bagi masyarakat (konsumen). Kondisi demikian apabila dibiarkan begitu saja, maka akan melahirkan pegawai-pegawai yang tidak market oriented, karena mereka sudah terjebak pada kondisi comfort zone. Di satu sisi, pesaing (competitor) setiap saat selalu memantau dan sama-sama memiliki kekuatan yang cukup besar untuk naik keatas, menggantikan peran dari perusahaan besar tersebut, dengan demikian, ada potensi bagi kedua pihak tersebut untuk berbenturan. Benturan akan menyebabkan retakan. Akibat dari retakan tersebut, muncul kelompok “wait and see” dan kelompok crackers yang “see and do”. Disruption adalah sebuah inovasi. Inilah inovasi yang akan menggantikan seluruh sistem lama dengan cara-cara baru.

Page 1 of 16 | Total Record : 153