cover
Contact Name
Dede Salim Nahdi
Contact Email
salimnahdi15@gmail.com
Phone
+6285224977367
Journal Mail Official
educatio@unma.ac.id
Editorial Address
Gedung FKIP Universitas Majalengka Jl. KH. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Educatio FKIP UNMA
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 24599522     EISSN : 25486756     DOI : http://dx.doi.org/10.31949/je
Core Subject : Education,
Major issues in Teaching, Teaching Assesment , Learning Media, Development Subject of Education, and Management of Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2015)" : 5 Documents clear
PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI SMP NEGERI SE-KABUPATEN MAJALENGKA Indra yogi
Jurnal Educatio Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v1i1.443

Abstract

ABSTRAK Indrayogi, M.Pd Kompetensi guru adalah seperangkat kemampuan yang harus dimiliki guru searah dengan kebutuhan pendidikan di sekolah (kurikulum), tuntutan masyarakat, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kompetensi atau kemampuan yang dimiliki oleh guru penjas sangatlah penting. Sebagai tenaga profesional kependidikan, guru penjas harus memiliki motivasi untuk berprestasi.Berdasarkan hasil observasi dan pengamatan yang dilakukan penulis di beberapa sekolah menengah pertama di Kabupaten Majalengka kinerja guru Penjas masih belum optimal, hal ini bisa diduga bahwa faktor individu dan kompetensi guru penjas masih rendah.Penulis merumuskan pertanyaan penelitian sebagai berikut:1. Apakah kompetensi memberi pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru penjas di SMP Negeri se-Kabupaten Majalengka?, 2. Apakah motivasi berprestasi memberi pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru penjas di SMP Negeri se-Kabupaten Majalengka?, 3. Apakah kompetensi dan motivasi berprestasi memberi pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru penjas di SMP Negeri se-Kabupaten Majalengka?.Populasi penelitian adalah seluruh guru Penjas SMP se Kab. Majalengka dan untuk sampelnya adalah Guru Penjas SMP Negeri dan Kepala Sekolah seKab. Majalengka.Hasil pengujian hipotesis penelitian adalah sebagai berikut:Pengaruh antar variabelKoefisien (r)Koefisien Determinan (sumbangan KD=r² x 100%)Koefisien variabel lain (sisa)X1 terhadap Y0,96492,92%-X2 terhadap Y0,98897,76%-X1 dan X2 terhadap Y0,98997,81%2,19%Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: 1. Kompetensi secara siginifikan berpengaruh terhadap kinerja guru penjas. 2. Motif Berprestasi secara siginifikan berpengaruh terhadap kinerja guru penjas. 3. Kompetensi dan motif berprestasi secara siginifikan berpengaruh terhadap kinerja guru penjas .Kata Kunci: Motivasi berprestasi, kompetensi, kinerja guru 
MANAJEMEN PENGEMBANGAN KOMPETENSI DOSEN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN (Studi Deskriptif Kualitatif Kompetensi Dosen Pada 3 FKIP) Mimin Emi Suhaemi
Jurnal Educatio Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v1i1.442

Abstract

Dosen merupakan pendidik profesional dan ilmuan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh sebab itu dosen dituntut untuk memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan kompetensi profesional. Namun pada kenyataannya kompetensi profesional dosen swasta yang berkaitan langsung dengan pelaksanaaan pendidikan dan pembelajaran pada sumber data, yakni di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhamadiyah Cirebon dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan belum terlaksana dengan optimal hal ini dibuktikan dengan rendahnya dalam penguasaan materi pembelajaran, lemahnya pemahaman substansi keilmuan, juga rendahnya penguasaan metodologi dalam pembelajaran. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan, menjelaskan, dan menemukan model bagaimana strategi pengembangan manajemen bagi peningkatan kompetensi profesional dosen swasta di wilayah III Cirebon.Metodologi penelitian yang dipergunakan adalah deskriptif analitis yakni mengungkapkan berbagai kejadian terkini yang berdampak positif terhadap peningkatan kompetensi professional dosen swasta di wilayah III Cirebon dengan jalan melakukan eksplorasi mendalam guna menemukan model yang dianggap tepat bagi peningkatan kompetensi profesional dosen sebab hal ini berkaitan langsung dengan layanan mahasiswa dan hipotesisnya adalah (1) jika kompetensi profesional dosen tinggi, maka akan berdampak terhadap mutu layanan belajar mahasiswa; (2) jika mutu layanan belajar mahasiswa tinggi, maka akan berdampak besar terhadap mutu lulusan, dan jika mutu lulusan baik maka akan berdampak baik pula terhadap serapan dalam dunia kerja dan industri. Penelitian memberikan gagasan baru yang selama ini terabaikan baik oleh pemerhati, pelaksana, ataupun pihak stakeholder pendidikan.Temuan dari penelitian ini adalah (1) kebijakan penyusunan perencanaan dosen oleh lembaga masih lemah dan kurang memperhatikan aspek pemetaan kebutuhan; (2) pelaksanaan kegiatan pengembangan manajemen kompetensi dosen kurang bertumpu pada aspek pemenuhan kebutuhan layanan mahasiswa; (3) strategi pengembangan manajemen bagi peningkatan kompetensi dosen belum terkoordinasi dengan baik, dan (4) pengawasan manajemen bagi peningkatan kompetensi profesional dosen kurang memperhatikan aspek-aspek manajemen serta (5) pembinaan pengembangan manajemen kompetensi profesional dosen tidak berkesinambungan dan  memperhatikan aspek reward dan funishment. Hasil penelitian dengan mempergunakan SWOT analysis ditemukan faktor pendukung motivasi dosen tinggi dan faktor penghambatnya adalah belum tersedianya program khusus yang secara intensif berkelanjutan sebab pada kebanyakan kasus universitas swasta terlalu banyak disibukan dalam system recruitment mahasiswa sehingga tugas manajemen terabaikan, dan pada gilirannnya tri dharma perguruan tinggi yang berkaitan dengan tugas dosen terabaikan pula hal ini disebabkan karena kurangnya pembinaan oleh dosen manajemen. Oleh sebab itu diperlukan strategi khusus bagi pengembangan manajemen yang berdampak positif terhadap peningkatan kompetensi profesional dosen yakni manajemen mutu layanan akademik. Kata Kunci : Pengembangan Manajemen Kompetensi dan Mutu Pendidikan dan Pengajaran
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR Sandra Anggia
Jurnal Educatio Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v1i1.1635

Abstract

Di abad ke-21 ini kemampuan belajar, kemampuan berpikir, membuat keputusan, dan memecahkan masalah sangat diperlukan dalam kehidupan yang diperoleh melalui pendidikan. Dalam proses pembelajaran yang bersifat student center, siswa mampu mengembangkan kemampuan kognitif, afektif serta psikomotor yang dimilkinya. Termasuk dalam proses pembelajaran IPS yang terdiri dari berbagai ilmu sosial yang bersifat terpadu yang disusun melalui pendekatan pendidikan untuk membekali kebutuhan siswa dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give melatih siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan kartu permainan yang berisikan materi yang harus dipahami sehingga membantu siswa untuk memahami suatu konsep kemudian siswa dapat memberi dan menerima (take and give) informasi yang didapatkannya dengan temannya sehingga siswa mampu berinteraksi baik dengan teman sekelasnya. Selain itu model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dapat memperdalam dan mempertajam pengetahuan siswa melalui kartu yang dibagikan sehingga pemahaman terhadap suatu konsep mampu dikuasi siswa.
TEACHING ENGLISH TO YOUNG LEARNERS USING PUPPET: A CASE STUDY IN ONE OF PRIMARY SCHOOLS IN SUMEDANG REGION Raynesa Noor Emiliasari
Jurnal Educatio Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v1i1.264

Abstract

Teaching English to young learners has its own challenges, especially in Indonesia where English is categorized as Foreign Language. Teachers of young learners should provide the care necessary to meet young learners’ needs so that they can thrive and focus on their learning (Linse, 2005:2). This study aims to investigate the use of puppet in teaching English at primary school and to seek the teacher’s and students’ respond and enthusiasm toward the use of puppet in teaching English. The research method used in this study was a case study conducted in one of the primary schools in Sumedang region on students whose the L1 is Sundanese. The results of the study reveals that with the puppet media teaching English to young learners become more interesting and enjoyable. The students are more comfortable, enthusiastic and confident in sharing their ideas. The teacher was assissted with the puppet to deliver the material. The study used classroom observation to gather the data related to the teaching-learning process; teacher’s and students’ interview to find out their respond and enthusiasm toward puppet in teaching English. The findings recommended English teachers of young learners to use the puppet in their teaching-learning process. Keywords: teaching english, young learners, puppet.
JUDUL PENELITIAN: PENERAPAN LATIHAN RELAKSASI LATIHAN KONSENTRASI DAN LAITIHAN VISUALISASI TERHADAP PENINGKATAN MENTAL ATLET SEPAK BOLA UNIVERSITAS MAJALENGKA Indra Adi Budiman
Jurnal Educatio Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v1i1.445

Abstract

ABSTRAKPenerapan Latihan Relaksasi, Latihan Konsentrasi dan Latihan Visualisasi terhadap Peningkatan Mental Atlet Sepak Bola Universitas Majalengka.Penelitian ini mengkaji penerapan latihan relaksasi, latihan konsentrasi dan latihan visualisasi terhadap peningkatan mental atlet Sepak Bola Universitas Majalengka. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan teknik observasi dan kuisoner. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan olahraga dengan subjek penelitian adalah atlet Sepak Bola Universitas Majalengka yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif .Hasil penelitian kualitatif menunjukkan persentase keaktifan atlet mulai dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan secara signifikan. Hal ini ditandai semakin meningkatnya persentase atlet dari siklus I sebanyak 96,6% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Antusius atlet dalam proses pelatihan mental semakin baik. Hal ini ditandai semakin meningkatnya persentase atlet dari siklus I sebanyak 97,7% meningkat menjadi 100% pada siklus II. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5