cover
Contact Name
Muzakir
Contact Email
muzakirwoyla@utu.ac.id
Phone
+6282165076974
Journal Mail Official
jbksm@utu.ac.id
Editorial Address
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen
Published by Universitas Teuku Umar
ISSN : 26142147     EISSN : 26571544     DOI : https://doi.org/10.35308/jbkan
Core Subject : Economy,
E-Jurnal Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen [E-ISSN 2657-1544] adalah jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan online enam bulan sekali. E-Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dan menyalurkan minat berbagi dan penyebaran ilmu pengetahuan bagi para sarjana, mahasiswa, praktisi, dan pengamat sains dalam Manajemen. E-Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen menerima hasil studi dan artikel penelitian yang belum dipublikasikan di media lain. E-Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen diterbitkan oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN" : 11 Documents clear
PENGARUH BUDAYA PATERNALISTIK TERHADAPKEEFEKTIFAN PENGANGGARAN PARTISIPATIFDALAM PENINGKATAN KINERJAMANAJERIAL PADA BUMN DI PROVINSI ACEH Waldi Ishaq Siregar
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 4, No 2 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v4i2.2553

Abstract

The influence of paternalistic culture on the effectiveness of participatory budgeting in improving the managerial performance of BUMN in Aceh propinsi. The purpose of this research is to find out the success of participatory budgeting and its influence with the achievement of managerial work on so-called BUMN companies in Aceh Province. The method used in this study is to use an empirical approach that provides a testing framework to ensure a truth. And to support this research the authors conducted interviews and charging kuisoner to 4 companies and 28 managers in BUMN in the city of Banda Aceh. Based on the results of this research, it was found that participating budget methods and paternalistic cultures in interaction had an influence on the manager's work performance positively indicated by the signification of 0.05. Keywords :Scientific, Management, Business
DAMPAK PEMASARAN ONLINE DI ERA COVID-19 Cut Devi Maulidasari; damrus damrus
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 4, No 2 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v4i2.2620

Abstract

Seiring dengan perkembangan waktu, teknologi berkembang semakin pesat yang ditandai dengan adanya pemanfaatan internet dan juga media digital. Teknologi dan media digital menjadi salah satu komponen penting bagi para pelaku usaha dalam memasarkan produknya secara online. Pemasaran online (Internet Marketing/E-Marketing) dinilai lebih menguntungkan dikarenakan dapat menjangkau calon konsumen/pelanggan potensial dalam cakupan yang luas tanpa batasan ruang dan waktu dengan biaya pemasaran yang lebih murah dibandingkan dengan pemasaran secara offline. Terlebih lagi di situasi COVID-19 yang sedang melanda dunia tak terkecuali Indonesia, pemasaran online dianggap sebagai salah satu cara bagi para pelaku usaha agar dapat mempertahankan usaha ataupun jasa yang mereka pasarkan. Namun pada situasi saat ini, pemasaran online berdampak terhadap beberapa sektor yang dialami oleh para pelaku usaha.Keyword: Pemasaran Online, COVID-19.
Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Opini Audit Going Concern PT. Unilever Tbk 2014-2018 Johandri Iqbal
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 4, No 2 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v4i2.2500

Abstract

This research was conducted at PT. Unilever Indonesia Tbk. listed on the Indonesia Stock Exchange. The data used are the financial statements of PT. Unilever Indonesia Tbk. 2014-2018, data is taken from www.idx.co.id. The number of variables studied were three variables, namely Company Size (X1), Company Growth (X2) as the independent variable, and Going Concern Audit Opinion (Y) as the dependent variable. The analysis in this study used multiple regression and the coefficient of determination test. The research location chose PT. Unilever Indonesia Tbk, because PT. Unilever Indonesia Tbk is one of the major companies for which Indonesian financial data can be researched. This reason is what makes researchers interested in conducting research on the influence of Company Size and Company Growth on the Going Concern Audit Opinion of PT. Unilever Indonesia Tbk 2014-2018. The results of this study have a simultaneous influence on firm size (X1) and company growth (X2) on going-concern audit opinion and this effect is 56.7% and the remaining 43.3% is from other unknown variables in this study. Keywords: Company Size, Company Growth, Financial Statements, Audit Opinion
FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN TERHADAP KOSMETIK TRADISIONAL Ivon Jalil; Leli Putri Ansari; Yayuk Eko Wahyuningsih
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 4, No 2 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v4i2.2700

Abstract

 AbstrakPenelitianinimembahaskosmetikatradisional yang di selaraskandenganunsur yang terdapatdalamTheory of Reasoned Actionyaitu :belief, attitude, intention dan behavior.Kepercayaanindividuterhadapkosmetikatradisionaldenganbahanalamitanpazatkimia yang berbahayatelahmembentuksikap yang positifterhadapprodukini. KosmetikaTradisional yang murniberasaldaritumbuhanbermanfaatuntukmerawattubuhsertamempercantikwajah,  mencerahkankulit dan membuatrileks. Sikapdengandimensiafektifyaituemosionalsangatmenyukaiprodukkosmetikatradisionalberbahanalami yang mempengaruhiniatindividuuntukmelakukanprilaku. Kata kunci: KosmetikaTradisional, Theory of Reasoned Action; kepercayaan (belief), Sikap (attitude), niat (intention) danprilaku (behavior).
STRATEGI SURVIVAL UMKM BATIK TULIS PEKALONGAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA “BATIK PESISIR” PEKALONGAN) Mohammad Rosyada; Anah Wigiawati
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 4, No 2 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v4i2.2424

Abstract

Pandemi virus Corona bukan hanya sekedar bencana kesehatan, virus yang dikenal sebagai Covid-19 ini telah menimbulkan kekacauan di sektor ekonomi. Tidak hanya industri besar, pandemi virus Corona telah membuat pelaku UMKM di Indonesia mulai gelisah. Keberadaan UMKM yang peranannya memberikan sumbangsih yang cukup besar terhadap laju perekonomian tidak lepas terdampak dari wabah Covid-19. Batik Pesisir Pekalongan sebagai salah satu UMKM batik tulis Pekalongan juga ikut merasakan dampak dari Covid-19 ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi survival yang dijalankan oleh Batik Pesisir Pekalongan agar tetap bisa eksis dan bertahan di tengah pandemic Covid-19 yang melanda Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa dalam menjalankan bisnisnya, “Batik Pesisir Pekalongan” menggunakan berbagai macam strategi dalam menghadapi persaingan industri batik di tengah pandemi Covid-19. Strategi bersaing yang diambil dengan melakukan differensiasi produk setiap minggunya, sedangkan dalam strategi promosi “Batik Pesisir Pekalongan” menggunakan beberapa bauran promosi seperti periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relation) dan publikasi, pemasaran langsung (direct marketing), personal selling dan juga internet marketing seperti pemanfaatan social media dan shorby (link bisnis).
PENGALAMAN KERJA DAN PELATIHAN SEBAGAI VARIABEL DETERMINASI TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR PEGAWAI DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KOTA MEDAN Aminah Putri Rezeki; Cut Devi Maulidasari; Nabila Hilmy Zhafira
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 4, No 2 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v4i2.2593

Abstract

Pengembangan karir adalah kegiatan pegawai dalam mengembangkan kemampuan diri untuk mencapai suatu perencanaan karir yang sesuai dengan pengembangan karir yang diinginkan oleh setiap pegawai. Di dalam peningkatan karir pegawai Dinas sebaiknya memberikan dorongan dan dukungan kepada seluruh pegawai baik dalam promosi jabatan, informasi, dan pelatihan. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Medan Provinsi Sumatera Utara. Jumlah sampel yang di ambil yaitu 43 orang pegawai, dan menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan penyebaran kuisioner. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pengalaman kerja dan pelatihan berpengaruh positif terhadap pengembangan karir pegawai Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Medan Provinsi Sumatera Utara.Kata kunci : Pengalaman kerja, Pelatihan, Pengembangan karir
Konsep Kepemimpinan Teuku Umar dalam Konteks Ilmu Manajemen Kontemporer: Sebuah Tinjauan Literatur Zainal Putra; Jasman J Ma'ruf
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 4, No 2 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v4i2.3896

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengembangkan konsep kepemimpinan Teuku Umar dalam konteks ilmu manajemen kontemporer. Kami melakukan kajian ini melalui teknik reviu literatur secara mendalam, baik melalui telaahan referensi buku yang sangat dipercaya, maupun melalui kajian jurnal ilmiah internasional bereputasi. Kemudian kami melakukan analisis dan mencari keterkaitan atau implementasinya dalam bidang ilmu manajemen kontemporer. Hasil kajian tersebut akhirnya kami telah mencoba mengembangkan konsep kepemimpinan Teuku Umar yang patut untuk diteladani dan relevan untuk diaplikasikan oleh para pemimpin atau manajer dalam berbagai jenis organisasi.
MOTIF PEMANFAATAN LAYANAN MOBILE APPLICATION KAI ACCESS (Studi pada Pengguna Kereta Api Lokal/Jarak Dekat Di Stasiun Wonokromo Surabaya) Anggun Amelia Puspita
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 4, No 2 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v4i2.2410

Abstract

AbstrakKemajuan teknologi informasi mendorong PT KAI menciptakan mobile application KAI Access guna memberikan kemudahan layanan. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan motif pemanfaatan layanan dan juga tanggapan pada pengguna kereta api lokal. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Alfred Schutz. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Fokus penelitian ini adalah pemanfaatan layanan KAI Access oleh pengguna kereta api lokal di Stasiun Wonokromo Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat dua motif pemanfaatan, yaitu motif sebab dan tujuan. Pada motif sebab terdapat empat faktor pendorong, yaitu faktor antrian, kemudahan pembelian, kepercayaaan, dan ketepatan penyampaian informasi. Sementara pada motif tujuan, terdapat empat yaitu motif digitalisasi, efisiensi waktu dan biaya, keyamanan dan keamanan, dan paperless. Dalam persepsinya, penumpang mengaku puas dan kurang puas. Penumpang yang mengaku puas berpendapat bahwa aplikasi ini memberikan banyak kemudahan dalam pembelian tiket. Sedangkan penumpang yang mengaku kurang puas merupakan penumpang dengan rata-rata usia lanjut yang memiliki keterbatasan dalam menggunakan teknologi baru.Kata kunci: motif, pemanfaatan layanan, mobile application, KAI Access
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DI MASA PANDEMI COVID-19 chairiyaton chairiyaton; Nabila Hilmy Zhafira; Yenny Ertika
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 4, No 2 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v4i2.2621

Abstract

This study aims to determine students' perceptions of the quality of academic services during the Covid-19 pandemic at the Faculty of Economics, Teuku Umar University. To measure the quality of service, researchers used a descriptive method. Assessment of service quality is reflected in students' perceptions based on five dimensions of service quality evaluation according to Kotler (2007), namely the dimensions of reliability, responsiveness, assurance, empathy and tangible dimensions. The population used in this study were all students of the UTU Faculty of Economics consisting of three study programs, namely Development Economics, Management, and Accounting. The sampling technique was proportional simple random sampling with a sample size of 15 percent of the total population. The sampling technique uses an online questionnaire. The reliability test used the Cronbach Alpha correlation formula, while the data analysis used descriptive statistics with the SPSS application. The results obtained from the analysis of each of the variables of reliability, assurance, empathy and tangible during the Covic-19 pandemic as a whole the respondents perceived it was good, but for the responsiveness dimension, there were four items in sufficient value for the other three items, the responsiveness dimension was the same as four. Another dimension where students perceive the quality of academic services at the Faculty of Economics, Teuku Umar University during the Covid-19 pandemic is good.Keywords: service quality, student perceptions
Indonesia, Malaysia, China Stock Market Long-Term Analysis Amsal Irmalis; Fajri Hadi; Mirdha Fahlevi SI
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 4, No 2 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v4i2.2578

Abstract

The present paper examines the long-run relationship between the Indonesia Stock Exchange (IDX), Malaysia Stock Exchange (Bursa Malaysia) and China Stock Market (SSE). The data used is the daily price index (daily price) of the composite shares (Composite Index) of each country from 2012-2018. The method used is the bivariate and multivariate cointegration approach with testing using the Johansen Test. To strengthen the proof of independence or interdependence of the capital markets of these countries, an Impulse Responses Function and Var Decomposition test will be conducted.

Page 1 of 2 | Total Record : 11