cover
Contact Name
Mira Mirnawati
Contact Email
miramirnawati@ung.ac.id
Phone
+6281356708379
Journal Mail Official
redaksiideaspublishing@gmail.com
Editorial Address
Jalan Prof. Joesoef Dalie/Pangeran Hidayat/JDS (Jalan Dua Susun) Nomor 110 Kota Gorontalo 96128
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya
Published by Ideas Publishing
ISSN : 2442367X     EISSN : 2656940X     DOI : https://doi.org/10.32884
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ideas adalah sebuah jurnal online berbasis OJS yang memfasilitasi publikasi artikel ilmiah dari hasil penelitian. Hasil penelitian dapat berupa hasil penelitian mandiri atau kolaboratif. Peneliti dapat berasal dari berbagai kalangan seperti guru, dosen, mahasiswa, atau praktisi. Fokus kajian keilmuan Jurnal Ideas terbagi menjadi tiga ruang lingkup yang setiap ruang lingkupnya membatasi pada beberapa kajian saja. Berikut ini secara detail dijelaskan.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 4 (2020): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (November)" : 9 Documents clear
Analisis Kebutuhan Belajar Bahasa Inggris Berbasis English for Spesific Purposes pada Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo Helena Badu; Sri Widyarti Ali; Magvirah El walidayni Kau
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 6 No 4 (2020): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (November)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32884/ideas.v6i4.308

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan belajar bahasa Inggris pada mahasiswa di lima program studi yang ada di Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo, yaitu Prodi Elektro, Arsitektur, Sipil, Industri, dan Informatika. Pengumpulan data dilaksanakan melalui pemberian angket kepada mahasiswa Fakultas Teknik sebagai responden penelitian untuk mengidentifikasi apa saja kebutuhan dan harapan mahasiswa ketika belajar Bahasa Inggris di prodi mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa di fakultas teknik memiliki kebutuhan belajar Bahasa Inggris yang dititikberatkan pada peningkatan empat keterampilan bahasa, yaitu berbicara, menulis, mendengar, dan membaca. Hasil persentase dalam angket menunjukkan sebanyak 95% mahasiwa setuju bahwa keterampilan mendengar, berbicara, dan membaca sangat dibutuhkan dalam pembelajaran bahasa Inggris, sedangkan keterampilan menulis memperoleh persentase sebanyak 90%. Selain itu, mahasiswa juga memiliki harapan untuk dapat lebih banyak belajar kosakata bahasa Inggris yang berhubungan dengan program studi mereka, karena kosakata tersebut sangat membantu mereka dalam proses pembelajaran pada mata kuliah yang ada di prodi mereka. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi dosen pengajar dalam menyusun silabus dan bahan ajar mata kuliah bahasa Inggris di prodi yang ada di Fakultas Teknik UNG.
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Tapa Miranda Puspita; Ismail Raflin Hinelo; Agil Bahsoan
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 6 No 4 (2020): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (November)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32884/ideas.v6i4.303

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Tapa melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes aktivitas belajar, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus. Teknik analisis data digunakan kuantitatif deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Tapa dibuktikan dari meningkatnya jumlah siswa yang aktif pada observasi awal 8 siswa (25%) menjadi 23 siswa (72%) pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 28 siswa (88%) pada siklus II. Jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 pada observasi awal 9 siswa (28%) menjadi 24 siswa (75%) pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 28 siswa (88%) pada siklus II. Dengan demikian, hipotesis penelitian yang berbunyi “Jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray, maka aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 akan meningkat” dapat diterima karena terbukti kebenarannya.
Peran Pendidikan Islam dalam Menanggulangi Fenomena Crosshijabers Nur Fatimah; Ilmu Hamimah
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 6 No 4 (2020): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (November)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32884/ideas.v6i4.285

Abstract

Keberadaan crosshijabers yang dianggap sebagai personal atau komunitas yang mendapat pelabelan negatif dari masyarakat. Fenomena crosshijabers meresahkan masyarakat karena dianggap sebagai penyimpangan orientasi dalam ranah seksual dan dapat memicu tindak pidana. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kedudukan pendidikan Islam dalam menanggulangi fenomena crosshijabers. Metode library research dengan pendekatan kualitatif deskriptif dipilih untuk mencapai tujuan atas penelitian ini. Melalui penelitian ini ditemukan bahwa pendidikan Islam memiliki peran yang signifikan dalam menanggulangi fenomena ini. Islam yang menjadi agama mayoritas dan banyaknya lembaga pendidikan Islam di Indonesia menjadikan pendidikan Islam perlu andil yang besar dalam menanggulangi fenomena ini. Selain itu, dalam Islam juga terdapat larangan penyerupaan antara lelaki dan perempuan. Sehingganya, dengan dilandasakan Alquran dan Hadis, pendidikan Islam dapat mengambil peranannya dalam menanggulangi fenomena crosshijabers dengan lebih menekankan batasan-batasan antara lelaki dan perempuan dalam kajian Alquran Hadis maupun dalam kajian fikih.
Penggunaan Diksi pada Berita Kriminal Koran Harian Gorontalo Post Nuryati Setu; Asna Ntelu; Salam Salam
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 6 No 4 (2020): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (November)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32884/ideas.v6i4.299

Abstract

Tujuan penelitan adalah: (1) mendeskripsikan diksi yang digunakan pada berita kriminal koran harian Gorontalo Post; dan (2) mendeskripsikan makna diksi yang terdapat pada berita kriminal tersebut . Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori diksi dan makna. Dalam penelitian ini, digunakan metode deskriptif untuk menggambarkan tentang penggunaan diksi dan makna diksi yang terdapat dalam berita kriminal. Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi, baca, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam menyelesaikan penelitian adalah: (1) mengidentifikasi data yang termasuk diksi dalam berita kriminal koran harian Gorontalo Post;(2) menginterpretasikan berdasarkan data yang ditentukan terhadap diksi tersebut; (3) mengklasifikasikan data yang telah didapatkan terkait diksi tersebut;dan (4) membuat atau menyusun terhadap hasil data diksi tersebut. Hasil penelitian dan pembahasan dalam berita kriminal koran harian Gorontalo Post: (1) pertama, diksi yang terdapat dalam berita kriminal, yaitu kata umum, kata khusus, kata populer dan kata jargon. Penggunaan diksi secara bervariasi telah dipakai sesuai dengan konteks yang ada dalam berita; (2) kedua, makna yang terdapat dalam berita kriminal koran harian Gorontalo Post, yaitu makna konotatif, makna leksikal, dan makna gramatikal. Makna kata tersebut membuat informasi yang disampaikan kepada pembaca menjadi lebih jelas. Penggunaan diksi dalam berita kriminal yang tepat telah menyampaikan makna sesuai konteks yang ada dan mudah dipahami pembaca.
Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris melalui Penugasan Menggunakan Google Forms Riyono Riyono
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 6 No 4 (2020): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (November)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32884/ideas.v6i4.309

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan penulis terhadap rendahnya sikap tanggung jawab peserta didik atas tugas yang diberikan guru sehingga berakibat pada rendahnya prestasi belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar peserta didik dengan memberikan penugasan menggunakan media online google forms. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) yang dilakukan pada semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Dilakukan dalam tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus 1, dan siklus 2 di kelas VIII D SMP Negeri 1 Mojotengah. Tahap prasiklus terdiri dari satu pertemuan, siklus 1 terdiri dari tiga pertemuan, dan siklus 2 terdiri dari dua pertemuan. Dari hasil penelitian diperoleh data peningkatan sikap tanggung jawab peserta didik dari tahap prasiklus yang hanya berjumlah 5 orang menjadi 25 orang pada akhir siklus 2. Prestasi belajar peserta didik juga meningkat dari tahap prasiklus hingga siklus 2, baik pada nilai tugas maupun nilai ulangan harian. Rata-rata nilai tugas meningkat dari 69,39 pada tahap prasiklus menjadi 79,06 pada siklus 2, sedangkan nilai rata-rata ulangan harian meningkat dari 69,25 pada prasiklus menjadi 75,63 pada siklus 2. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pemberian tugas dengan memanfaatkan media google forms mampu meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar peserta didik.
Afiks Infleksi dan Derivasi dalam Bahasa Gorontalo Ainun Abdullah; Dakia N. Djou; Sitti Rachmi Masie
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 6 No 4 (2020): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (November)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32884/ideas.v6i4.305

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan afiks infleksi dan mafiks derivasi dalam bahasa Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan rekam. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kata-kata berimbuhan dalam bahasa Gorontalo yang mengandung afiks infleksi dan mengandung afiks derivasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa afiks infleksi dalam bahasa Gorontalo terjadi dalam prefiks mo- yang digabungkan dengan verba, prefiks popo- digabungkan dengan verba, prefiks lo- digabungkan dengan verba, prefiks moti- digabungkan dengan verba, infiks -il- digabungkan dengan verba, konfiks po- dan -lo digabungkan dengan verba, sufiks -lo digabungkan dengan verba. Sedangkan hasil penelitian afiks derivasi dalam bahasa Gorontalo menunjukkan bahwa afiks prefiks mo- digabungkan dengan nomina menghasilkan verba, prefiks mohi- digabungkan dengan nomina menghasilkan verba, prefiks ngo- digabungkan dengan nomina menghasilkan numeralia dan sufiks -lo digabungkan dengan nomina menghasilkan verba.
Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Materi Tata Cara Pengurusan Jenazah Menggunakan Metode Visualisation, Auditory, Kinestetic (VAK) Mu'tamidah Mu'tamidah
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 6 No 4 (2020): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (November)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32884/ideas.v6i4.314

Abstract

Bagi manusia proses kematian mengandung konsekuensi diselenggarakannya proses pengurusan jenazah, tetapi pengetahuan dan keterampilan tata cara pengurusan jenazah siswa masih kurang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa tentang tata cara pengurusan jenazah dengan menggunakan metode VAK (Visualisation, Auditory, Kinestetic). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan di kelas X IPA 6 MAN 2 Wonosobo pada bulan Februari sampai Mei 2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil belajar dan aktivitas belajar siswa berdasarkan hasil penelitian mengalami peningkatan sejak tahap prasiklus/studi pendahuluan hingga berakhirnya siklus 2 dari 47,37% yang mengalami ketuntasan pada tahap prasiklus menjadi 60,53% pada siklus 1 dan 92,11% pada siklus 2. Aktivitas belajar diukur dengan kinerja kelompok yang meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode VAK dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Pelestarian Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Berbasis Lembaga Sosial Agama Rudy Harold; Ridwan Ibrahim
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 6 No 4 (2020): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (November)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32884/ideas.v6i4.296

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang peran Gereja Masehi Injili Bolaang Mongondow (GMIBM) dalam upaya melestarikan dan mencegah sumber daya alam Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) di wilayah Kecamatan Dumoga Barat Kabupaten Bolaang Mongondow. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis dan pendekatan desktiptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GMIBM berdasarkan ajaran agama, secara fungsional dapat mengajak umatnya untuk memelihara dan melestarikan TNBNW. Namun, secara struktural, GMIBM tidak dapat memengaruhi kebijakan pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada umatnya mengolah sebagian kecil TNBNW demi kesejahteraan umat GMIBM. Tingkat ketergantungan umat GMIBM terhadap TNBNW sangat tinggi. Selain karena lokasi pemukiman mereka berbatasan langsung dengan TNBNW, lahan pertanian dan perkebunan yang ada sekarang juga sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat di Kecamatan Dumoga Barat. Sehingganya, sebagian masyarakat telah memanfaatkan wilayah TNBNW sebagai lahan pertanian dan perkebunan untuk kelangsungan ekonomi keluarga.
Emansipasi Perempuan dalam Novel Hanum Karya Mustofa W. Hasyim (Kajian Feminisme) Hajrin Paneo; Salam Salam; Sitti Rachmi Masie
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 6 No 4 (2020): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (November)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32884/ideas.v6i4.297

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) peran tokoh perempuan dalam novel Hanum karya Mustofa W. Hasyim; (2) bentuk manifestasi gender pada posisi kaum perempuan dalam novel Hanum karya Mustofa W. Hasyim; (3) bentuk perlawanan kaum perempuan untuk menghentikan ketidakadilan gender dalam novel Hanum karya Mustofa W. Hasyim. Teori yang digunakan sebagai pendukung dalam penelitian adalah teori feminisme Betty Friedan dan menggunakan metode deskriptif analisis untuk mendeskripsikan emansipasi perempuan dalam novel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik membaca dan teknik mencatat. Setelah itu, data dianalisis dengan mengidentifikasi, mengkaji, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian dan pembahasan dalam novel Hanum karya Mustofa W. Hasyim terdapat emansipasi perempuan, yaitu mengungkapkanperantokoh perempuan, bentuk manifestasi gender pada posisi kaum perempuan yang dilakukan dengan cara melawan hegemoni dan melawan paradigma developmentalism. Selanjutnya, terdapat juga bentuk perlawanan kaum perempuan untuk menghentikan ketidakadilan gender, yaitu dimulai dari upaya jangka pendek dan upaya jangka panjang.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 3 (2023): Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Agustus) Vol 9 No 2 (2023): Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Mei) Vol 9 No 1 (2023): Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Februari) Vol 8 No 4 (2022): Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya (November) Vol 8 No 3 (2022): Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Agustus) Vol 8 No 2 (2022): Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Mei) Vol 8 No 1 (2022): Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Februari) Vol 7 No 4 (2021): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (November) Vol 7 No 3 (2021): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Agustus) Vol 7 No 2 (2021): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Mei) Vol 7 No 1 (2021): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Februari) Vol 6 No 4 (2020): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (November) Vol 6 No 3 (2020): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Agustus) Vol 6 No 2 (2020): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Mei) Vol 6 No 1 (2020): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Februari) Vol 5 No 4 (2019): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya(November) Vol 5 No 3 (2019): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Agustus) Vol 5 No 2 (2019): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Mei) Vol 5 No 1 (2019): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Februari) Vol 4 No 4 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (November) Vol 4 No 3 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Agustus) Vol 4 No 2 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Mei) Vol 4 No 1 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Februari) Vol 3 No 4 (2017): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (November) Vol 3 No 3 (2017): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Agustus) Vol 3 No 2 (2017): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Mei) Vol 3 No 1 (2017): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Februari) More Issue