cover
Contact Name
Fetro Dola Syamsu
Contact Email
defetro@gmail.com
Phone
+6285274164449
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Meulaboh - Tapak Tuan, Peunaga Cut Ujong, Meureubo, Aceh Barat 23615
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
ISSN : 25794647     EISSN : 2579874X     DOI : -
Core Subject : Education,
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret dan September).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2017): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar" : 7 Documents clear
KEPUASAN KERJA GURU SEKOLAH DASAR DALAM KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT Teuku Irwani
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2017): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.089 KB)

Abstract

: Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja guru sekolah dasar dalam Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif dan dilakukan pada  25  buah  sekolah  dasar  pada  Mei  sampai  Agustus  2015  terhadap  219  responden guru menggunakan soal  kuisioner  Minnesota Satisfaction Questionnaire (MSQ).Pengumpulan data  dilakukan dengan teknik observasi, angket dan wawancara. Seterusnya, data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensi. Hasil penelitian ditemukan bahwa tingkat kepuasan kerja guru sekolah dasar dalam kecamatan johan pahlawan Aceh Barat  dalam tahap rendah yaitu  tidak puas hati dalam hal pembagian jam mengajar (Men=1.47), sedangkan untuk hubungan sesama rakan sekerja (men = 4.31) berada dalam tahap sangat tinggi, tetapi secara keseluruhan kepuasan kerja guru berada pada tahap yang sederhana(min 3.50), fakta tersebut mengandung makna bahwa guru-guru kurang berpuas hati dengan pekerjaannya dan tugas- tugas yang mereka laksanakan di sekolah dasar.
KONSEP SPIRITUAL PARENTING DENGAN PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORISTIK DALAM MEMBENTUK MORAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR sri hartati
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2017): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.277 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep pola asuh orang tua dalam membentuk moral anak dengan menggunakan konsep pendekatan konseling behavioristik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan dengan metode dokumentasi. Adapun hasil analisis menjelaskan bagaimana konsep spiritual parenting dalam membentuk moral khususnya bagi anak usia sekolah dasar yang notabene masih dalam masa perkembangan. Intervensi yang diterapkan membantu orang tua untuk dapat membentuk perilaku baik sebagai contoh bagi anaknya yaitu dengan memberikan konseling tingkah laku (Behavior) untuk menghilangkan perilaku yang tidak sesuai menjadi perilaku positif melalui Assesment, Goal setting, Technique implementation, Evaluation termination, dan Feedback.
HUBUNGAN POWER TUNGKAI DAN KESEIMBANGAN TERHADAP TENDANGAN SABIT PADA EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI MI AT-TAUBAH KOTA BEKASI Adli Azhari
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2017): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.07 KB)

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui seberapa besar hubungan power tungkai dan keseimbangan terhadap tendangan sabit pada ekstrakurikuler pencak silat di MI AT-TAUBAH Kota Bekasi. Permasalahan penelitian adalah “Apakah terdapat hubungan power tungkai dan keseimbangan terhadap tendangan sabit pada ekstrakurikuler pencat silat di MI AT-TAUBAH Kota Bekasi?” Populasi penelitian ini adalah siswa ektrakurikuler MI AT-TAUBAH Kota Bekasi berjumlah 8 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling, yaitu mengambil sampel secara keseluruhan, dengan syarat 1). Kehadiran diatas 80 % dan 2) Termasuk dalam dua tim yang pernah ikut pertandingan, sehingga didapatkan 8 orang MI AT- TAUBAH Kota Bekasi sebagai sampel penelitian. Variabel penelitian ini Power otot tungkai dan Keseimbangan. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes pengukuran olahraga. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan sistem komputerisasi program SPSS 16.00. Hasil pengolahan dan analisis data, maka penulis mengambil kesimpulan bahwa: 1). Dari hasil analisis data perhitungan korelasi Pearson antara power tungkai terhadap hasil Tendangan sabit pada Ekstrakurikuler pencat silat di MI AT-TAUBAH Kota Bekasi diperoleh nilai r hitung (ro) = 0.320 (P ˂ 0,05), Maka H0 ditolak dan H1 diterima berarti  ada hubungan yang signifikan antara Power Tungkai terhadap hasil Tendangan sabit pada Ekstrakurikuler pencat silat di MI AT-TAUBAH Kota Bekasi. 2). Dari hasil analisis perhitungan korelasi Pearson antara Keseimbangan  terhadap Tendangan sabit pada Ekstrakurikuler pencak silat di MI AT-TAUBAH Kota Bekasi diperoleh nilai r hitung (ro) = 0.180 (P <0,05), Maka H0 ditolak dan H1 diterima berarti ada hubungan yang signifikan antara Keseimbangan terhadapTendangan sabit pada Ekstrakurikuler pencak silat di MI AT-TAUBAH Kota Bekasi. 3). Dari hasil analisisdata Power Tungkai dan Keseimbangan diperoleh  1.000 (P < 0,05), berarti ada hubungan yang signifikan antara Power Tungkai dan Keseimbangan terhadap Tendangan sabit pada Ekstrakurikuler pencak silat di MI AT-TAUBAH Kota Bekasi.
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 20 MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT TAHUN AJARAN 2015/2016 Safni Febri Anzar; Mardhatillah Mardhatillah
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2017): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.227 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan kesulitan belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia  kelas  V  SD  Negeri 20  Meulaboh Kabupaten  Aceh Barat  tahun  ajaran  2015/2016 dan  ntuk mendeksripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar Bahasa Indonesia  di kelas V SD Negeri20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deksriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kecamatan Johan pahlawan Kabupaten Aceh Barat yang berjumlah 22 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan  pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah ada 16 iswa yang tidak faham ketika guru menyampaikan  materi  Bahasa  Indonesia.  Faktor-faktor  yang  menyebabkan  kesulitan  belajar  Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 20 Meulaboh adalah faktor internal yaitu siswa masih termotivasi dan berminat dalam mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia sedangkan faktor eksternalnya adalah guru kurang menggunakan alat peraga dan metode yang digunakan kurang bervariatif dan tidak inovatif. Berdasarkan hasil tersebut diatas maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat masih berkesulitan dalam mempelajari pelajaran Bahasa Indonesia.
HUBUNGAN ANTARA POWER OTOT TUNGKAI DAN KOORDINASI MATA KAKI TERHADAP HASIL PASSING KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN FUTSAL EKSTRAKURIKULER SD NEGERI SETIA DARMA 01 KABUPATEN BEKASI Andi Ogo Darminto
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2017): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian yaitu “Untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara power otot tungkai dan koordinasi mata-kaki terhadap hasil passing kaki bagian dalam pada permainan futsal ekstrakurikuler SD Negeri Setia Darma 01 Kabupaten Bekasi”. Permasalahan penelitian adalah “Seberapa besar hubungan secara bersama-sama antara power tungkai dan koordinasi mata kaki terhadap hasil passing kaki bagian dalam pada permainan futsal ekstrakurikuler SD Negeri Setia Darma 01 Kabupaten Bekasi?” Populasi penelitian ini adalah Siswa Putra Ekstrakurikuler SD Negeri Setia Darma 01 Kabupaten Bekasi berjumlah 15. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling, yaitu mengambil sampel secara keseluruhan, dengan syarat 1). Kehadiran diatas 80 % dan 2) Termasuk dalam dua tim yang pernah ikut pertandingan, sehingga didapatkan 15 orang SD Negeri Setia Darma 01 Kabupaten Bekasi sebagai sampel  penelitian.  Variabel  penelitian  ini  Power  otot  tungkai  dan  Koordinasi  mata-kaki.  Metode pengumpulan data menggunakan metode tes pengukuran olahraga. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif  dan  sistem  komputerisasi  program  SPSS  17.00.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  uji normalitas Power Otot Tungkai sebesar 0.673, Koordinasi Mata-kaki sebesar 0.819, Hasil Passing Kaki Bagian Dalam pada Permainan Futsal sebesar 0.754 ketiga data tersebut lebih besar dari P value (0,05) artinya data berdistribusi normal. Selanjutnya Uji homogenitas Power Otot Tungkai based on mean sebesar0,025. Untuk Koordinasi Mata-kaki based on mean sebesar 0,495.  Semua nilai signifikansi untuk semua variabel lebih besar dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa data yang digunakan adalah homogen.Uji korelasi X1 terhadap Y sebesar 0.402, Uji korelasi X2 terhadap Y sebesar 0.443, Uji korelasi ganda 1.000.
PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, BERPIKIR KREATIF DAN PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SD NGABLAK mahlianurrahman Mahlianurrahman
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2017): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.406 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan SETS terhadap: (1) pemahaman konsep; (2) berpikir kreatif; (3) peduli lingkungan siswa kelas IV di SD Ngablak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Desain eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV  di SD Ngablak dan SD Banyakan. Sedangkan sampel penelitiannya adalah Kelas IVa sebagai kelompok eksperimen 1, kelas IVb sebagai kelompok eksperimen 2 di SD Ngablak dan kelas IV di SD Banyakan sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes dan angket. Uji normalitas dilakukan dengan metode Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas data menggunakan Box’M test dan Levene’s Test.   Data dianalisis dengan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa kelas IV di SD Ngablak, dengan nilai sig. 0.002; (2) pendekatan SETS berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV di SD Ngablak, dengan nilai sig. 0.000; (3) pendekatan SETS berpengaruh terhadap peduli lingkungan siswa kelas IV di SD Ngablak, dengan nilai sig. 0.001.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 PERCONTOHAN MEULABOH Dian Kristanti
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2017): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Percontohan Meulaboh. Penelitian ini merupakan penelitian dengan mix method, yaitu kuantitatif dilanjutkan dengan kualitatif. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan eksperimen quasi dengan Desain kelompok kontrol yang non-ekuivalen (Nonequivalent Control Group Design), sedangkan kualitatif berdasarkan hasil observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan, antara lain: lembar validasi, lembar observasi, lembar soal tes, dan lembar pedoman wawancara. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2016 sampai dengan Januari 2017. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VI di sekolah tersebut, dan sampelnya yaitu siswa kelas VI semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 sebanyak dua kelas yaitu kelas VIA sebanyak 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIB sebanyak 21 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data adalah data kuantitatif ini dianalisis oleh peneliti dengan menggunakan statistik kemudian data kualitatif merupakan hasil penjabaran dari hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap hasil belajar siswa, hasil belajar lebih baik dengan menggunakan model Think Talk Write, dan proses pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan daripada yang tidak menggunakan model tersebut.  Kata-kata kunci: Pengaruh, Think Talk Write, hasil belajar, siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2017 2018


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 1 (2024): JURNAL BINAGOGIK Vol. 10 No. 2 (2023): JURNAL BINAGOGIK Vol. 10 No. 1 (2023): JURNAL BINAGOGIK Vol 10, No 1 (2023): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 9, No 2 (2022): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 9 No. 2 (2022): JURNAL BINAGOGIK Vol. 9 No. 1 (2022): JURNAL BINAGOGIK Vol 9, No 1 (2022): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 8 No. 2 (2021): JURNAL BINAGOGIK Vol 8, No 2 (2021): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 8, No 1 (2021): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 8 No. 1 (2021): JURNAL BINAGOGIK Vol 7, No 2 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 7 No. 2 (2020): JURNAL BINAGOGIK Vol 7, No 1 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 7 No. 1 (2020): JURNAL BINAGOGIK Vol 6, No 2 (2019): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 6 No. 1 (2019): JURNAL BINAGOGIK Vol 6, No 1 (2019): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 2 (2018): Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 1 (2018): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2017): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2017): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 3, No 2 (2016): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 3, No 1 (2016): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2015): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 2, No 1 (2015): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 1, No 2 (2014): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2014): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar More Issue