cover
Contact Name
Abd. Charis Fauzan
Contact Email
fauzancharis@gmail.com
Phone
+6287750503014
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Masjid Nomor 22 Kota Blitar, Jawa Timur
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics
ISSN : -     EISSN : 27152731     DOI : https://doi.org/10.28926/ilkomnika
ILKOMNIKA: Journal of Computer and Applied Informatics is is a peer reviewed open-access journal. The journal invites scientists and engineers throughout the world to exchange and disseminate theoretical and practice-oriented topics of computer science and applied informatics which covers five (5) majors areas of research that includes 1) Informatics Engineering and Its Application 2) Computer Science 3) Software Engineering 4) Computer Engineering 5) Information System. This journal is published 3 issues a year, in April, August, and December.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2021): Volume 3, Nomor 2, Agustus 2021" : 10 Documents clear
Rancangan Arsitektur Enterprise Resource Planning (ERP) Pondok Pesantren berdasarkan Sekolah Standar Asrama Ulyana Alfiani; Muhammad Ainul Yaqin; Maulida Dwi Ariani
ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics Vol 3 No 2 (2021): Volume 3, Nomor 2, Agustus 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/ilkomnika.v3i2.65

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan arsitektur pondok pesantren yang sesuai dengan Standar Sekolah Asrama (SSA). Dengan menggunakan Enterprise Resource Planning (ERP) untuk memetakan proses bisnis maupun kegiatan pada pondok pesantren. Metode yang digunakan yaitu analisis data, rancangan Enterprise Resource Planning (ERP) dan rancangan proses bisnis. Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian ini yaitu berupa rancangan arsitektur Enterprise Resource Planning (ERP) dari pondok pesantren yang dapat menjadi acuan pondok pesantren dalam melaksanakan proses bisnis maupun kegiatan. Sehingga dalam pelaksanaannya dapat terstruktur dan berjalan berdasarkan Sekolah Standar Asrama (SSA) yang dapat meningkatkan kualitas dari pondok pesantren. Disimpulkan bahwa dalam pondok pesantren terdapat banyak kegiatan yang memerlukan rancangan dalam prosedur pelaksanaan kegiatan. Prosedur pelaksanaan kegiatan tersebut jika dikelompokkan menurut Standar Sekolah Asrama (SSA) akan menjadi proses bisnis pada tiap kegiatannya. Dengan demikian dirancanglah arsitektur dengan menggunakan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang terdiri dari sistem informasi eksekutif, sistem informasi manajemen dan sistem pengolah transaksi.
Analisis dan Desain Software Jejaring Kata untuk Menghitung Kemiripan antar Kata Menggunakan Graph Database Muhammad Rizal Musthofa; Bintang Miftaqul Huda; Muhammad Zaim Maulana; Muhammad Ainul Yaqin
ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics Vol 3 No 2 (2021): Volume 3, Nomor 2, Agustus 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/ilkomnika.v3i2.196

Abstract

Jejaring kata atau wordnet merupakan representasi hubungan semantik berupa sinonim antar kata. Saat ini penelitian terkait wordnet berbahasa Indonesia masih begitu minim. Adapun wordnet berbahasa Indonesia yang ada, belum menggunakan graph database sehingga belum bisa menampilkan kemiripan antar kata secara visual. Oleh karena itu, masalah yang dirumuskan pada penelitian ini yaitu cara menentukan tingkat kemiripan antar kata dalam jejaring kata berbahasa indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain software wordnet berbahasa Indonesia untuk menentukan tingkat kemiripan antar kata berbahasa Indonesia. Dengan wordnet ini akan memudahkan proses pencarian nilai similaritas pada suatu kata. Metode yang ada dalam pengembangan aplikasi wordnet menggunakan metode waterfall model yang terdiri dari beberapa tahap requirement, desain, implementasi, verifikasi, dan maintenance. Aplikasi ini terdiri atas struktur dataset kata berbahasa Indonesia berbentuk graph database Neo4J yang digunakan dalam pencarian kemiripan antar dua kata. Proses pencarian nilai similaritas dalam aplikasi ini menggunakan metode path similarity sehingga diperolah nilai kemiripan dari dua kata yang diinputkan ke dalam sistem. Adapun penelitian ini hanya menggunakan dataset kata berbahasa Indonesia dan memiliki jumlah dataset yang masih terbatas. Penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan software jejaring kata berbahasa Indonesia menggunakan graph database. Hasil penelitian yang didapat berupa desain software jejaring kata untuk menghitung kamiripan kata menggunakan graph database. Dengan adanya pengembangan software tersebut, mampu menyelesaikan permasalahan seputar perhitungan kemiripan kata.
Survei Teknik-Teknik Database Design Menggunakan Metode Systematic Literature Review Mohamad Ichsan Wibawa; Farhan Rafif Azzufar; Ilmi Rasyidah Firdaus; Muhammad Ainul Yaqin
ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics Vol 3 No 2 (2021): Volume 3, Nomor 2, Agustus 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/ilkomnika.v3i2.254

Abstract

Teknik database desain adalah segala metode yang berhubungan dengan kegiatan perancangan dalam membuat sebuah database. Dalam mendesain database, terdapat beberapa teknik yang dapat digunakan. Namun dalam penggunaanya, kerap dijumpai kurangnya kecocokan teknik dengan jenis database yang akan digunakan. Maka dari itu, tujuan dibuatnya paper ini untuk menyajikan pasangan teknik dan jenis database yang baik untuk dikombinasikan. Manfaat dari pembuatan paper ini yaitu untuk membantu para developer dalam menentukan teknik dan jenis database yang sesuai, yang nantinya akan diterapkan pada aplikasi yang dibangun. Metode yang digunakan dalam mencapai tujuan tersebut adalah meninjau Systematic Literature Review (SLR) terhadap paper-paper penelitian yang membahas tentang teknik mendesain database dari tahun 1988-2018. Hasil yang diperoleh yaitu teknik-teknik dalam mendesain database antara lain teknik normalisasi, teknik entity-relationship, dan teknik date wilson. Berdasarkan survei yang telah dilakukan, didapatkan kesimpulan pasangan teknik desain dengan jenis databasenya yang paling cocok digunakan dalam membangun aplikasi yang akan dibuat oleh developer untuk contoh kasus pembuatan database sistem informasi perpustakaan.
K-Means Clustering Untuk Segmentasi Produk Berdasarkan Analisis Recency, Frequency, Monetary (RFM) Pada Data Transaksi Penjualan Maulidah Fithriyah; Muhammad Ainul Yaqin; Syahiduz Zaman
ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics Vol 3 No 2 (2021): Volume 3, Nomor 2, Agustus 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/ilkomnika.v3i2.284

Abstract

Pada bisnis online maupun clustering seringkali ditemukan kendala pada proses pengelolaan stok produk. Oleh karena itu, diperlukan adanya strategi yang tepat untuk mengetahui kebutuhan dan permintaan pelanggan pada suatu produk. Salah satunya adalah dengan melakukan segementasi produk yang memiliki karakter berbeda sehingga dapat memudahkan pemilik bisnis untuk mengetahui produk yang banyak diminati clustering, meminimalisir kekurangan maupun kelebihan stok, dan pemenuhan permintaan clustering dapat disiapkan tepat waktu . Pada penelitian ini variabel dari model RFM digunakan dalam analisis data transaksi produk untuk mendapatkan nilai indeks dari masing-masing produk. Semua data produk yang ada dalam data transaksi produk di kelompokkan menggunakan algoritma k-means clustering berdasarkan nilai indeksnya. Proses clustering dilakukan sebanyak 5 kali dengan jumlah cluster 2, 3, 4, 5, dan 6 dengan tujuan untuk mendapatkan jumlah cluster yang paling optimal dalam mengelompokkan data produk yang ada. Selanjutnya, hasil masing–masing proses clustering dievaluasi dengan menggunakan rumus silhoutte untuk mengetahui kualitas dari hasil clustering. Dari hasil pengujian didapatkan nilai silhoutte tertinggi adalah 0,4314 pada clustering ke 2 dengan jumlah 3 cluster. Dari penelitian ini didapatkan 3 kelompok produk dengan karakter yang berbeda. C1 berupa kelompok produk dengan nilai recency, recency, dan recency paling baik. Pada C2 berisi kelompok produk yang memiliki nilai recency, recency, dan nilai recency paling buruk. Pada C3 berisi kelompok produk yang memiliki nilai recency, recency, dan recency yang cukup baik
Rancang Bangun Pengaman Motor Honda Beat Menggunakan Sistem Arduino Uno Heri Sunaryatin; Willy Artika Rikarda; Imam Mualim
ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics Vol 3 No 2 (2021): Volume 3, Nomor 2, Agustus 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/ilkomnika.v3i2.294

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini sangatlah pesat. Masyarakat luas menggunakan kendaraan sepeda motor untuk memudahkan akses ke berbagai tempat. Namun, maraknya pencurian dan pembegalan yang terjadi pada sepeda motor khususnya Sepeda Motor Merk Honda Beat membuat banyak orang berusaha untuk lebih meningkatkan sistem keamanan sepeda motor tersebut, baik menggunakan alat-alat pengaman, Untuk mengurangi hal-hal yang tidak kita inginkan kunci kontak sepeda motor diganti dengan kartu.yang di atur dan mempunyai kode khusus,yaitu Radio Frequency Identification (RFID). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Riset and Development yang bertujuan menghasilkan produk tertentudan menguji keefektifan produk tersebut. Metode ini diterapkan pada prosedur penelitian dalam 7 tahapan yaitu : (1) mulai, (2) analisa kebutuhan, (3) perencanaan dan perancangan, (4) analisa kebutuhan sistem, (5) pengujian alat, (6) analisa data (7) membuat laporan. Kunci Radio Frequency Identification (RFID) juga menggunakan kartu tag ID sebagai kartu identitas atau pengenal ketika hendak menghidupkan atau mematikan mesin sepeda motor Honda Beat. Kinerja kartu ini juga didukung oleh microcontroller Arduino Uno dan relay. Dalam perancangan alat ini, kami menghubungkan kabel-kabel terdiri dari hardware Arduino Uno, RFID reader, Relay dan saklar O/I dengan sistem kelistrikan sepeda motor Honda Beat. Untuk penggunaan alat ini, dilakukan dengan tiga tahap (scan) untuk menghidupkan dan mematikan mesin sepeda motor. Scan pertama, untuk memposisi ON kan kelistrikan sepeda motor. Scan kedua, untuk menghidupkan mesin sepeda motor. Scan ketiga, untuk mematikan mesin sepeda motor.
Implementasi Algoritma Naive Bayes Classifier Untuk Penentuan Kelayakan Penerima Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) Bagi Mahasiswa Edy Prabowo; Abd. Charis Fauzan
ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics Vol 3 No 2 (2021): Volume 3, Nomor 2, Agustus 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/ilkomnika.v3i2.296

Abstract

Penentuan kelayakan penerima beasiswa peningkatan prestasi akademik (PPA) harus dilakukan secara objektif bagi mahasiswa, sebagai tuntutan untuk meningkatkan mutu prodi, perguruan tinggi serta kualitas mahasiswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan algoritma naive bayes classifier untuk penentuan kelayakan penerima beasiswa PPA. Data yang digunakan adalah 225 dataset mahasiswa di Prodi Ilmu Komputer Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, yang terbagi atas 150 data latih dan 75 data uji. Dataset pada penelitian ini menggunakan dua atribut sebagai indikator kelayakan beasiswa PPA, yakni IPK Semester 1 dan IPK Semester 2. Sementara itu, kelas pada dataset terdiri atas kelas “layak” dan “tidak layak”. Metode penelitian dilakukan dengan pengambilan dataset, pre-processing dataset, hingga implementasi naive bayes classifier pada sistem yang dikembangkan berbasis desktop menggunakan Pemrograman Java. Evaluasi sistem penentuan kelayakan mahasiswa menunjukkan hasil akurasi sebesar 92%, presisi sebesar 98% dan recall sebesar 92,3%.
Implementasi Model Spiral Untuk Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar Faizin Choirul Umam; Abd. Charis Fauzan; Fatra Nonggala Putra
ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics Vol 3 No 2 (2021): Volume 3, Nomor 2, Agustus 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/ilkomnika.v3i2.297

Abstract

Saat ini Universitas Nahdlatul Ulama Blitar masih menggunakan model perkuliahan secara tatap muka, dengan adanya pandemi seluruh dosen dituntut untuk melakukan perkuliahan secara daring (online). Selama ini untuk perkuliahan, dosen menggunakan aplikasi yang sudah ada, seperti Google Class Room, Google Meet, Edmodo, Zoom untuk perkuliahan online. Dengan perbedaan setiap aplikasi yang digunakan, tentunya akan menyulitkan berbagai pihak terutama dalam perekapan nilai. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan model spiral untuk pengembangan e-learning berbasis moodle di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Dalam pengembangannya, model spiral menunjukan bahwa semakin besar iterasi, maka semakin lengkap versi perangkat lunaknya. Dari awal lintasan, ada masalah terhadap kebutuhan pada objektif, alternatif dan batasan serta resiko, maka dibuat prototipe pada engineering untuk memecahkan masalah dan memperbaiki kebutuhan. Setelah itu customer mengevaluasi hasil engineering lalu mengusulkan perbaikan. Berdasarkan evaluasi dari customer, langkah selanjutnya adalah menganalisis resiko. Kemudian diputuskan jika resiko tidak terlalu besar maka proyek bisa di lanjutkan dan sebaliknya jika resiko terlalu besar maka proyek dapat dihentikan. Untuk mengetahui hasil dari penelitian ini maka dibuat kuesioner evaluasi pelanggan. Dari 52 responden total skor likert adalah 3686 dan indeksnya adalah 82,6 % Setelah didapat nilai indeks nya maka dapat disimpulkan e-learning ini sangat layak diterapkan sebagai alternatif model pembelajaran di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar.
Implementasi Game Theory Pada Simulasi Dan Perancangan Software Berbasis Matriks Pay-Off Dengan Metode Non-Zero Sum Game Ghani Mutaqin; Fany Parama Admaja; Ainatul Mardhiyah
ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics Vol 3 No 2 (2021): Volume 3, Nomor 2, Agustus 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/ilkomnika.v3i2.124

Abstract

Tujuan dari penilitian ini adalah untuk merancang suatu aplikasi yang berguna untuk perumusan situasi pengambilan keputusan menggunakan game-theory. Game-theory sendiri merupakan suatu metode yang berguna untuk melakukan analisis proses pengambiilan keputusan antara pemain yang saling bersaing satu sama lain. Setiap pemain memiliki suatu tujuan, yaitu untuk memperoleh keuntungan semaksimal mungkin dan kerugian seminimal mungkin. Untuk dapat mencapai tujuannya, setiap pemain harus cerdas dan memiliki suatu strategi. Strategi digunakan oleh setiap pemain sebagai aksi dan reaksi terhadap lawan mainnya. Karena itu, pengambilan keputusan strategi yang tepat bisa mempengaruhi hasil permainan tersebut. Strategi yang digunakan oleh setiap pemain direpresentasikan dengan menggunakan matriks pay-off yang mana memiliki nilai pada setiap baris dan kolomnya. Pengambilan keputusan ini didasarkan pada dua kriteria , yaitu minimax dan maximin. Nilai dari matriks pay-off sendiri nantinya akan diinputkan langsung oleh user. Aplikasi tersebut nantinya akan meng-generate inputan lalu melakukan perbandingan sehingga didapatkan nilai minimax dan maximin. Dengan aplikasi ini, pemain dapat lebih mudah dan cepat dalam pemiihan keputusan yang akan diambil. Penelitian ini bisa dibilang sukses karena menghasilkan nilai yang akurat. Akan tetapi, kekurangan dari aplikasi ini yaitu proses perhitungan hanya dapat dilakukan apabila matriks payoff memiliki ordo dengan jumlah kelipatan yang sama.
Arsitektur Sistem Kecerdasan Pengambilan Keputusan di Pondok Pesantren Rofi'ul Khasanah; Layla Qomariyah; Nabila Maulida; Muhammad Ainul Yaqin
ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics Vol 3 No 2 (2021): Volume 3, Nomor 2, Agustus 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/ilkomnika.v3i2.139

Abstract

Pondok pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan keagamaan yang mana didalamnya mengajarkan serta mengamalkan pendidikan khususnya yang berbasis agama islam. Dalam pengambilan keputusan di pondok pesantren terdapat banyak pada proses bisnisnya. Yang mana terkadang masih banyak keputusan yang kompleks karena proses dalam pengambilan keputusan nya masih secara manual. Sehingga hasil dari keputusan tersebut kurang efektif dan juga kurang efisien. Pada penelitian ini kami akan menjelaskan proses dalam melakukan sebuah sistem arsitektur sistem kecerdasan pengambilan keputusan dengan implementasi sebuah pondok pesantren. Dalam melakukan proses bisnis dalam pondok pesantren menggunakan data proses prosedur bisnis dengan 52 standar minimal pondok pesantren. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu berupa arsitektur sistem kecerdasan pengambilan keputusan di pondok pesantren, yang mana dapat digunakan sebagai titik acuan dlam melakukan suatu proses bisnis kegiatan pada pondok pesantren. Dengan demikian adanya arsitektur sistem kecerdasan pengambilan keputusan ini, setiap pelaksanaan kegiatan pada pondok pesantren dapat terstruktur serta dapat meningkatkan kualitas yang ada pada pondok pesantren sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Perencanaan Manajemen Stakeholder di Pondok Pesantren Menggunakan Project Management Body of Knowledge (PMBOK) Moh Haidar Fajrul Ulum; Mahifan Muhammad Syafi'udin; Muhammad Ainul Yaqin
ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics Vol 3 No 2 (2021): Volume 3, Nomor 2, Agustus 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/ilkomnika.v3i2.169

Abstract

Stakeholder adalah hal yang sangat penting untuk mencapai tujuan proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang strategi yang tepat agar Pemimpin Pondok Pesantren dapat melakukan manajemen stakeholder. Data Primer didapatkan dari data standar sekolah asrama (SSA) yang dibuat oleh Welsh Assembly Government kementerian kesehatan dan pelayanan sosial Inggris untuk boarding school pada tahun 2003 yang terdiri dari 52 standar dan Data Skunder sebagai pendukung yang didapatkan dari Project Management Body of Knowledge (PMBOK). Pada penelitian ini menggunakan analisis Management Stakeholder dalam Project Management Body of Knowledge (PMBOK). Dan hasil penelitian strategi stakeholder tergolong menjadi stakeholder key player ada mudir/kyai dan kepala pengurus, Stakeholder Keep Informed ada Kurikulum dan Pengajaran, Staf Pesantren, Stakeholder Keep Satisfied Santri dan Orang Tua Santri, Stakeholder Minimal Effort tidak ada.

Page 1 of 1 | Total Record : 10