cover
Contact Name
Agna Rizky
Contact Email
agnarizkyputra@gmail.com
Phone
+6281331725275
Journal Mail Official
aenor_rofek@unars.ac.id
Editorial Address
Jl. Baluran No. 1, Panarukan, Situbondo Regency, Jawa TImur, Indonesia
Location
Kab. situbondo,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal IKA PGSD : Ikatan Alumni PGSD UNARS
ISSN : 23383860     EISSN : 26564459     DOI : https://doi.org/10.36841/pgsdunars
Core Subject : Education,
IKA PGSD adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Pertama kali dibentuk pada tahun 2012, dan saat ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal IKA PGSD berisikan hasil penelitian dan kajian pustaka tentang pendidikan (termasuk pendidikan dasar, sampai pendidikan tinggi, menejemen pendidikan, proses belajar mengajar, perkembangan peserta dididik, teknologi pembelajaran dan sebagainya. Lebih lengkap dapat dilihat pada Aim and Scope.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 50 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 2 (2021): Edisi Desember" : 50 Documents clear
PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS SEMESTER GENAP DI MTS FATHUS SALAFI MANGARAN KABUPATEN SITUBONDO muh. fais fathoni; dassucik dassucik; ahmad hafas rasyidi
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 10 No 2 (2021): Edisi Desember
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v10i2.1522

Abstract

Pada dasarnya pendidikan merupakan faktor pendukung keberhasilan seseorang dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS semester genap di MTs Fathus Salafi Mangaran Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2020/2021. Dari hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan rumus analisis variansi garis regresi menghasilkan Ry (1,2) empiric sebesar 0,60017. Yang apabila dikonsultasikan dengan r table dengan N sebanyak 100 responden dan taraf signifikansi 5% diperoleh 0,195. perhitungan tersebut dimaksudkan untuk membuktikan hipotesa kerja mayor dengan menggukan uji signifikansi. Dari hasil perhitungan analisis variansi garis regresi diperoleh Freg sebesar 27,30494. Dan apabila dikonsultasikan dengan F tabel untuk db = 2 dan db = 97 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh 3,0902 Dengan demikian dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan F reg lebih besar dari F tabel. Berdasarkan analisa data dimuka, maka hipotesa kerja mayor yang berbunyi “Ada pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa diterima. Selanjutnya dalam efektifitas garis regresi dipreroleh sebesar 36,01972 %. Ini berarti sumbangan efektif dari keseluruhan predictor hasil belajar siswa memberikan sumbangan sebesar 36,01972% sedangkan predictor lain yang tidak diteliti memberikan sumbangan sebesar 63,98828%. Sumbangan Efektif (SE) predictor (X1) gaya belajar modalitas terhadap kriterium (Y) hasil belajar siswa 17,02444%, Sumbangan Efektif (SE) predictor (X2) gaya belajar dominasi otak terhadap kriterium (Y) hasil belajar siswa 18,99528%, ini menunjukan bahwa gaya belajar dominasi otak lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibandingkan gaya belajar modalitas.
PENINGKATAN MUTU KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MEDIA THE NUMBER COLORING GAMES DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS sulistiyani sulistiyani; Subaidah subaidah; Wulan Trisnawaty
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 10 No 2 (2021): Edisi Desember
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v10i2.1532

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media pengajaran Bahasa inggris dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas I A di SDN Simomulyo VIII Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru di dalam kelas melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil kemampuan berhitung anak meningkat. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas I A di SDN Simomulyo VIII Surabaya dengan 2 siklus yang setiap siklusnya dilaksanakan melalui 3 kali pertemuan. Hasil penelitian pada siklus pertama kemampuan berhitung siswa masih memperoleh persentase 39% dari 25 siswa. Hal ini dikarenakan jumlah media pengajaran Bahasa Inggris melalui warna yang disediakan guru tidak sesuai dengan jumlah siswa, siswa belum memahami aturan dan cara bermain dengan menggunakan the number coloring games dan guru kurang memberikan motivasi sehingga kemampuan berhitung anak belum terlihat dan perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya karena belum memenuhi target yang diharapkan yaitu 80%. Hasil penelitian pada siklus kedua menunjukkan kemampuan berhitung siswa sudah meningkat menjadi 89% sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya karena sudah mencapai target yang diharapkan Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media the number coloring games dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada kelas I A di SDN Simomulyo VIII.
PEMANFAATAN APLIKASI TIK TOK PADA MATA KULIAH PUISI INDONESIA DI MASA PANDEMI COVID-19 eka nova Ali vardani
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 10 No 2 (2021): Edisi Desember
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v10i2.1528

Abstract

Di masa pandemi Covid- 19 ini sangatlah sulit bagi dosen untuk mengajarkan mata kuliah Puisi Indonesia khususnya pada praktik membaca puisi. Terkait hal ini, menjadikan tugas baru untuk dosen supaya bisa menganjurkan mahasiswa untuk dapat membacakan puisi dengan baik melalui pembelajaran online. Untuk mengatasi problema tersebut dosen menganjurkan sebuah aplikasi modern yang popular di kalangan mahasiswa guna untuk pembelajaran membaca puisi dengan memanfaatkan aplikasi Tik Tok. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran interaktif membaca puisi pada mata kuliah Puisi Indonesia di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 program studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Jember yang sedang menempuh mata kuliah Puisi Indonesia sebanyak 39 mahasiswa. Sementara itu data dari penelitian ini adalah video membacakan puisi dengan memanfaatkan aplikasi Tik Tok. Teknik pengumpulan data yang dipakai peneliti adalah dokumentasi. Pada proses pembelajaran membaca puisi dengan memanfaatkan aplikasi Tik Tok ini bisa diwujudkan melalui beberapa tahap pembelajaran secara online. Pada tahap pertama dosen menugaskan kepada mahasiswa untuk membuat puisi yang bertemakan tentang covid-19. Selanjutnya, mahasiswa mengidentifikasi lebih dulu unsur-unsur dalam puisi berupa tema, suasana, dan makna yang terdapat dalam puisi yang telah dibuat gunanya untuk mempermudah bagi mahasiswa dalam mempraktikkan membaca puisi dengan baik sesuai dengan lafal, intonasi, gaya dan ekspresinya yang sesuai dengan puisi yang telah dibuat. Jika mahasiswa sudah menemukan tema, suasana, dan makna pada puisi langkah berikutnya adalah mahasiswa membuat konten video melalui aplikasi Tik Tok yang menarik untuk membangkitkan dalam membacakan puisi.
KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SDI TERPADU NURUL ANSHAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2020/2021 KABUPATEN SITUBONDO aenor rofek
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 10 No 2 (2021): Edisi Desember
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v10i2.1529

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mayoritas guru di SD Islam Terpadu Nurul Anshar dalam kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran matematika, kondisi ini sangat unik karena peneliti ingin mengetahui kompetensi pedagogik guru selama masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, baik dari fenomena alamiah maupun fenomena rekayasa manusia. Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan tentang kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran matematika kelas V di SD Islam Terpadu Nurul Anshar pada masa pandemi covid-19 yaitu pada Kemampuan Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa kurang maksimal. Ada beberapa faktor yang menyebabkan guru kurang optimal dalam pembelajaran matematika yaitu kurangnya waktu dalam proses pemberian materi dan penggunakan media pembelajaran yang menarik karena pada pandemi seperti ini sekolah menerapkan pembelajaran dengan 2 sesi yaitu sesi pertama siswa dibagi menjadi 2 kelompok. pada mata pelajaran matematika harus memiliki banyak waktu dan tambahan pembelajaran agar hasil belajar siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN iva rahmatillah; arico Ayani Suparto; irma noervadila
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 10 No 2 (2021): Edisi Desember
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v10i2.1520

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKJ di SMK Nurul Huda Kapongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model Pre experimental design dengan suatu bentuk penelitian secara One group pretest posttest design. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kela XI TKJ SMK Nurul Huda Kapongan yang berjumlah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan meliputi nilai hasil mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan belajar yang menggunakan pretest dengan posttest. Data hasil belajar di terjemahkan dalam skor Gain untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum atau sesudah menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning. sedangkan uji hipotesis menggunakan uji paired sampel T-test dengan uji regresi linier sederhana. Hasil dari uji paired sampel T-test diperoleh sebesar -3,503 dengan nilai signifikansi 0,001 < taraf signiikansi 0.05. Hasil uji regresi linier sederhana sebesar 14,2% hal ini menunjukkan bahwa problem based learning mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa.
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU irma noervadila
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 10 No 2 (2021): Edisi Desember
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v10i2.1530

Abstract

Penelitian ini dilakukan sejak tanggal 1 Mei sampai dengan 02 Juli 2020 dengan obyek penelitian yaitu siswa kelas VIII.B sebanyak 28 siswa. Desain penelitian ini adalah model skema Hopkins, dengan mengguanakan 4 fase yaitu : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. aktivitas belajar siswa sebelum tindakan pada saat pembelajaran dengan kriteria cukup aktif. Dari hasil analisis aktivitas siklus 1 diperoleh persentase 78,57% dan ulangan harian pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 78,57% Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran dengan pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada siklus I belum berhasil maka dilanjutkan pada siklus II. Hasil pembelajaran di siklus II aktivitas siswa dalam belajar berada dalam kategori aktif dengan persentase 86,11, sedangkan analisis ulangan harian pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 85,71 % dengan keberhasilan siswa pada ulangan harian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pembelajaran Numbered Head Together (NHT) telah berhasil dan telah dapat membawa siswa pada hasil belajar yang semakin meningkat. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan oleh guru sangat mempengaruhi terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa, hal ini dapat terbukti dalam penerapan pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran matematika siswa kelas VIII.B semester Ganjil di MTs Sarji Ar Rasyid Situbondo yang telah mencapai ketuntasan secara klasikal.
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN TINGKAT EKONOMI KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA SISWA muh. fais fathoni; Dassucik Dassucik; ahmad hafas rasyidi
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 10 No 2 (2021): Edisi Desember
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v10i2.1521

Abstract

Tujuan penelitian ini suntuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan tingkat ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Fathus Salafi Mangaran semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Teknik penentuan responden penelitian menggunakan proporsional random sampling. Dari hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan rumus analisis variansi garis regresi menghasilkan Ry (1,2) empiric sebesar 0,564. Yang apabila dikonsultasikan dengan R-tabel dengan N sebanyak 100 responden dan taraf signifikansi 5% diperoleh 0,195 perhitungan tersebut dimaksudkan untuk membuktikan hipotesa kerja mayor dengan menggukan uji signifikansi. Dari hasil perhitungan analisis variansi garis regresi diperoleh Freg sebesar 22,614 Dan apabila dikonsultasikan dengan F tabel untuk db = 2 dan db = 97 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh 3,090. Dengan demikian dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan Freg lebih besar dari F-tabel. Berdasarkan analisa data dimuka, maka hipotesa kerja mayor yang berbunyi “Ada pengaruh pola asuh orang tua dan tingkat ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Fathus Salafi Mangaran semester genap tahun pelajaran 2020/2021?” diterima. Selanjutnya dalam efektifitas garis regresi dipreroleh sebesar 31,81% %. Ini berarti sumbangan efektif dari keseluruhan prediktor hasil belajar siswa memberikan sumbangan sebesar 31,81% dan variabel–variabel (faktor lain) yang tidak ikut di teliti sebesar 100% – 31,81% = 68,19 % Sumbangan efektif (SE) prediktor (X1) pola asuh orang tua terhadap kriterium (Y) hasil belajar siswa 8,51 %, sumbangan efektif (SE) prediktor (X2) tingkat ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa (Y) 38,27 %, ini menunjukan bahwa tingkat ekonomi keluarga lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibanding pola asuh orang tua.
PENGARUH METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 1 SDN 195/VIII WIROTHO AGUNG dea fajar ningsih; Maldin Ahmad Burhan; Muhammad Subhan
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 10 No 2 (2021): Edisi Desember
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v10i2.1531

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan menulis siswa. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan metode Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) terhadap kemampuan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas 1 SDN 195/VIII Wirotho Agung yang terdiri dari dua kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data di ambil dengan memberikan pretest dan posttest berupa tes tertulis. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh dari kedua sampel kelompok bersifat normal dan homogen, sehingga dilakukan uji t. maka diperoleh nilai signifikasi (sig) yaitu 0,030 dengan probalitas 0,05, maka diperoleh nilai signifikasi (sig) < probalitas = 0,030 < 0,05. Karena nilai signifikasi (sig) < probalitas = 0,030 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Perbandingan kedua angka diatas menunjukan bahwa terdapat pengaruh pada penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap kemampuan menulis siswa kelas 1 di SDN 195/VIII Wirotho Agung.
META-ANALISIS PENGGUNAAN VIDEO YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN DI ERA NEW NORMAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR irmatun nadhifah; meirza nanda faradita; Fitroh Setyo Putro Pribowo
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 10 No 2 (2021): Edisi Desember
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v10i2.1409

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan pada masa pandemi ini harus dilakukan secara daring atau belajar dari rumah. Adapun sarana yang digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang sesuai dan membantu belajar siswa belajar dari rumah adalah video pembelajaran melalui youtube. Berdasarkan kondisi yang terjadi selama pandemi serta kajian dari beberapa teori di atas maka tujuan penelitian ini adalah menganalisis penggunaan video youtube dalam pembelajaran jenjang Sekolah Dasar dan mengetahui adanya peningkatan hasil belajar serta motivasi belajar siswa yang diperoleh pada saat menggunakan video youtube dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode meta-analisis untuk menganalisis hasil penelitian yang relevan. Pengumpulan data yang diperoleh dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menelusuri jurnal yang tersedia di media elektronik (internet) yang sesuai dengan judul penelitian. Berdasarkan hasil analisis data yang telah tersaji, diketahui bahwa penggunaan youtube dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Dibuktikan dengan hasil analisis 10 jurnal, 5 jurnal dengan rata – rata nilai hasil belajar sebesar 83,59 dan 5 jurnal lainnya menunjukkan peningkatan motivasi belajar semakin baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat dikemukakan saran dari penulis bahwa guru dapat menggunakan media video youtube sebagai salah satu media yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan motovasi belajar siswa.
PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY UNTUK MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SMP/MTS eges triwahyuni; Kustiyowati Kustiyowati; Pascalian Hadi Pradana
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 10 No 2 (2021): Edisi Desember
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v10i2.1446

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan yang memhami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Augmented Reality untuk media pembelajaran disekolah mata pelajaran matematika kelas VIII. Lokasi penelitian yang ditetapkan oleh peneliti SMPN 1 Kencong Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan oleh peneliti yang didapatkan secara langsung. Pengidentifikasian sumber data dilakukan dengan prinsip snow ball, dimana informasi dari informan pertama akan dijadikan sebagai informasi kunci untuk menentukan informan selajutnya yang memberikan data penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini seperti penelitian studi kasus pada umumnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan sebagai berikut (1). Reduksi Data (2) Penyahian Data (3) Menarik Kesimpulan. Kesimpulan bahwa pemanfaatan Augremed Reality untuk kemandirian materi bangun ruang sisi datar untuk SMP/Mts di SMPN 1 Kencong Kabupaten Jember meliputi (1) untuk mendaftar akun Augmented Reality (2) untuk mengoprasikan Augmented Reality (3) Kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan Augremed reality adalah siswa cara mengoprasikan dalam software Augmented Reality karna belum terbiasa mengoprasikannya karna merupakan pertama kali menggunakanya dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa didampingi oleh guru untuk saat menggunakan Augmented Reality dalam pembelajaran.