cover
Contact Name
Togu Harlen Lumbanraja
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalmanajemenlmii@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kolam No. 41 Medan Estate, Medan, Sumatera Utara
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Manajemen
ISSN : 23016256     EISSN : 26151928     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Manajemen merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh STIE-LMII Medan. Jurnal Manajemen menerima artikel ilmiah di bidang Ilmu Manajemen, mencakup Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasi, Manajemen Keuangan dan Perbankan, serta mencakup Akuntansi dan Kewirausahaan.
Articles 120 Documents
PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. ANGKASA PURA II MEDAN Fenny Krisna Marpaung; Dhita Adriani Rangkuti; Al Fa Ridho Ryantono; William William
JURNAL MANAJEMEN Jurnal Manajemen Volume 5 Nomor 2 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi-LMII Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.793 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji dan menganalisis pengaruh pengembangan karir dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Angkasa Pura II Medan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 150 karyawan PT. Angkasa Pura II Medan. Sampel penelitian sebanyak 109 responden di PT. Angkasa Pura II Medan Analisis data regresi linier berganda dan pengujian asumsi klasik yaitu normalitas, multikolinieritas dan heterokedastisitas. Hasil penelitian ini adalah pengembangan karir berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Angkasa Pura II Medan. Disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Angkasa Pura II Medan. Pengembangan karir dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Angkasa Pura II Medan.
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN: STUDI KASUS PADA SEBUAH RUMAH SAKIT Dimita H.P. Purba
JURNAL MANAJEMEN Jurnal Manajemen Volume 4 Nomor 1 (2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi-LMII Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.506 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sistem informasi akuntansi pada proses penggajian dan pengupahan yang sedang berjalan di sebuah rumah sakit. Metodologi yang digunakan dalam penelitian sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan ini adalah dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan, yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Nantinya akan diusulkan sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan yang efektif dan efisien, sehingga memudahkan dalam proses penggajian dan pengupahan.
PENGARUH DISIPLIN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT PLN (UNIT INDUK PEMBANGUNAN SUMATERA BAGIAN UTARA) Immanuel Maranatha Ginting; Try Aprina Bangun; Davin Veri Munthe; Sumiati Sihombing
JURNAL MANAJEMEN Jurnal Manajemen Volume 5 Nomor 1 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi-LMII Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.765 KB)

Abstract

Employee performance plays an important role in increasing progress towards a better way to achieve company goals. Efforts to improve employee performance include looking at employee work discipline and communication. The purpose of this study was to determine the effect of discipline and communication on employee performance at PT. PLN Unit Induk Pembangunan Sumatera bagian Utara. The research method used a quantitative approach method. Data collection methods were done through interviews, questionnaires and documentation studies. The analytical method used multiple linear regression methods, coefficient of determination, simultaneous testing (F - test), and also partial testing (t - test). The results showed that simultaneously discipline and communication had a positive and significant effect on the performance of employees at the PT. PLN North Sumatra Development Main Unit. Partially, discipline and communication have a positive and significant effect on the performance of employees at PT PLN Unit Induk Pembangunan Sumatera bagian Utara.
ANALISIS STRATEGI POSITIONING MEREK TERHADAP MINAT DAN KEBUTUHAN PT. CAHAYA BINTANG SELATAN MEDAN Mislan Sihite; Jessica Jessica; Mery Fransiska
JURNAL MANAJEMEN Jurnal Manajemen Volume 3 Nomor 2 (2017)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi-LMII Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.598 KB)

Abstract

Strategi positioning adalah upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk membedakan dirinya secara positif dari para pesaing. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metodologi penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi positioning merek terhadap minat dan kebutuhan Hasil penelitian memperlihatkan bahwa strategi positioning merek memberi pengaruh signifikan terhadap minat dan kebutuhan.  Hal ini diindikasikan oleh hasil uji regresi linier sederhana. Perusahaan disarankan  untuk lebih memperhatikan faktor minat dan kebutuhan konsumen sehingga  minat dan kebutuhan konsumen dapat lebih ditingkatkan.
PENGARUH CASH RATIO, DEBT TO ASSET RATIO, DAN RECEIVABLE TURNOVER TERHADAP RETURN ON EQUITY: STUDI EMPIRIS PADA SEBUAH PERUSAHAAN PERKEBUNAN PEMERINTAH Ivo Maelina Silitonga
JURNAL MANAJEMEN Jurnal Manajemen Volume 4 Nomor 2 (2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi-LMII Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.49 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh cash ratio, debt to asset ratio, receivable turnover secara parsial dan simultan terhadap return on equity. Penelitian ini dilakukan pada sebuah perusahaan perkebunan milik pemerintah. Data yang digunakan adalah laporan keuangan yang terdiri dari laporan neraca dan laporan Laba/Rugi periode tahun 2012–2016. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis secara parsial dan simultan diperoleh hasil bahwa cash ratio, debt to asset tatio dan receivable turnover tidak berpengaruh terhadap Return on Equity, dan kontribusi variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat sebesar 87.3%.
KOMPETENSI PEMASAR, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP PEMBELIAN ULANG DENGAN MODERASI KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus XSAVAY Advertising Solo) Iphut Suparni; Supawi Pawenang; Istiatin Istiatin
JURNAL MANAJEMEN Jurnal Manajemen Volume 5 Nomor 2 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi-LMII Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.788 KB)

Abstract

This research was conducted with the aim of (1) testing and analyzing the effect of simultaneous marketer competence, product quality, service quality, and customer satisfaction on the decision to repurchase XSAVAY Advertising Solo products, (2) testing and analyzing the influence of marketer competence, product quality, service quality, and customer satisfaction with the decision to repurchase XSAVAY Advertising Solo products and (3) testing and analyzing the effect of partial marketer competence, product quality, and service quality on the decision to repurchase XSAVAY Advertising Solo products with moderation of customer satisfaction. This research is a quantitative descriptive study, taking a population of 120 people, namely the number of consumers who purchase merchandise at XSAVAY Advertising from January 2018 until December 2018, and the number of samples is 92 respondents. The data collection method in this study used a questionnaire as a tool to obtain data regarding purchasing decisions. The results showed (1) there was a simultaneous effect of marketer competence, product quality, service quality, and customer satisfaction on the decision to repurchase XSAVAY Advertising Solo products, (2) there was a partial influence of marketer competence, product quality, service quality, and customer satisfaction towards the decision to repurchase XSAVAY Advertising Solo products and (3) there is a partial effect on marketer competence, product quality, and service quality, on the decision to repurchase XSAVAY Advertising Solo products with moderation in customer satisfaction.
ANALISIS PENERIMAAN PAJAK REKLAME SEBAGAI SALAH SATU SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA BINJAI PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN, PENDAPATAN DAN ASET DAERAH KOTA BINJAI Abdul Wahab Matondang; Mawaddah Mutia Rohmah
JURNAL MANAJEMEN Jurnal Manajemen Volume 4 Nomor 2 (2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi-LMII Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.414 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui dan menganalisis bagaimana pengelolaan yang telah dilakukan oleh pihak Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah Kota Binjai untuk pajak reklame pada tahun 2014 sampai dengan tahun 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan, menginterpretasikan dan menganalisis data dengan melakukan perbandingan antara teori dengan data objektif yang terjadi sehingga memberikan gambaran yang lengkap tentang permasalahan penelitian.Hasil dari analisis penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan yang dilakukan oleh Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah Kota Binjai belum cukup efektif dikarenakan masih terdapat kendala-kendala yang dialami oleh Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah Kota Binjai dalam melakukan pelaksanaan pemungutan pajak reklame yang disebabkan oleh wajib pajak. Hal inilah yang menyebabkan realisasi penerimaan pajak reklame di Kota Binjai selama tahun 2014 s/d 2017 tidak pernah mencapai target yang telah ditetapkan oleh Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah Kota Binjai.
PENGARUH KOMPETENSI AUDITOR, INDEPENDENSI AUDITOR, INTEGRITAS AUDITOR DAN PROFESIONALISME AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN ETIKA AUDITOR SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Kantor Akuntan Publik Di Kota Medan) Septony B. Siahaan; Arthur Simanjuntak
JURNAL MANAJEMEN Jurnal Manajemen Volume 5 Nomor 1 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi-LMII Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.802 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis baik secara parsial maupun secara simultan pengaruh Kompetensi Auditor, Independensi Auditor, Integritas Auditor dan Profesionalisme Auditor terhadap Kualitas Audit dan untuk mengetahui dan menganalisis Etika Auditor mampu memperkuat atau memperlemah pengaruh Kompetensi Auditor, Independensi Auditor, Integritas Auditor dan Profesionalisme Auditor terhadap Kualitas Audit. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kantor Akuntan Publik yang berada di Kota Medan dengan jumlah sampel sebanyak 46 auditor. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Kompetensi Auditor, dan Independensi Auditor dalam melaksanakan audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Audit pada KAP di Kota Medan. Sedangkan Integritas Auditor dan Profesionalisme Auditor berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kualitas Audit pada KAP di Kota Medan. Secara simultan Kompetensi Auditor, Independensi Auditor, Integritas Auditor dan Profesionalisme Auditor berpengaruh terhadap Kualitas Audit pada KAP di Kota Medan. Etika Auditor mampu memperkuat pengaruh antara Kompetensi Auditor, Independensi Auditor, Integritas Auditor dan Profesionalisme Auditor terhadap Kualitas Audit pada KAP di Kota Medan.
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. RAJAWALI NUSINDO CABANG MEDAN Ahmad Prayudi
JURNAL MANAJEMEN Jurnal Manajemen Volume 3 Nomor 2 (2017)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi-LMII Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.168 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Rajawali Nusindo Cabang Medan. Penelitian ini menggunakan 2 variabel independen yaitu kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan.Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda maka dapat disimpulkan bahwa variabel lingkungan kerja adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap kinerja karyawan, dimana nilai koefisiennya sebesar 0,798. Berdasarkan hasil uji t yang telah dilaksanakan diperoleh hasil bahwa variabel kepemimpinan dan lingkungan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan dari hasil tersebut maka diperoleh kesimpulan bahwa seluruh hipotesis alternatif diterima. berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai F hitung 66,054 dengan tingkat signifikansi 0,000. Sedangkan nilai F tabel pada alpha 5% adalah 2,50. Oleh karena itu F hitung > F tabel dan tingkat signifikansinya 0,000 < 0,05 menunjukan bahwa komitmen organisasi dan kompetensi karyawan secara bersama-sama adalah positif dan signifikan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh hasil bahwa kontribusi nilai kepemimpinan dan lingkungan kerja adalah 68% sementara 32% adalah kontribusi variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. LOVELY HOLIDAY MEDAN Rio Tambunan; Jonson Sinambela; Juliwie Juliwie
JURNAL MANAJEMEN Jurnal Manajemen Volume 3 Nomor 1 (2017)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi-LMII Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Volume penjualan dapat ditingkatkan oleh perusahaan agar perusahaan dapat bertumbuh dengan baik. Adapun faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan volume penjualan adalah produk, harga, distribusi dan promosi. Produk, harga, distribusi dan promosi akan mendorong peningkatan volume penjualan, dan peningkatan pelanggan. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk  mengetahui pengaruh produk, harga, distribusi dan promosidalam meningkatkan volume penjualan pada PT. Lovely Holiday Medan. Penelitian ini dilakukan pada PT. Lovely Holiday Medandengan populasi  dalam penelitian ini adalah pelanggan PT. Lovely Holiday Medan. Konsumen yang datang bulan Februari – September 2016  yaitu sebanyak 200 Orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan kuesioner, observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi. Teknik analisa data yaitu dengan uji validitas, uji reliabilitas,metode regresi linear berganda, koefisien determinasi,  uji t, uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan H1 diterima bahwa variabel produk, harga, distribusi dan promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualanpada PT. Lovely Holiday Medan.

Page 1 of 12 | Total Record : 120