cover
Contact Name
Atika Dini Savitri
Contact Email
-
Phone
+6285232734788
Journal Mail Official
ubthumaniora@gmail.com
Editorial Address
Gedung Rektorat Lantai 3 Jl. Lama No. 01, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.
Location
Kota tarakan,
Kalimantan utara
INDONESIA
Jurnal Borneo Humaniora
Jurnal Borneo Humaniora adalah jurnal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu, diadopsi dalam berbagai aktivitas penelitian dosen. Yang tergolong dalam rumpun ilmu humaniora yaitu: Ekonomi, Teologi, Filsafat, Hukum, Sejarah, Filologi, Bahasa, Budaya & Linguistik (Kajian bahasa), Kesusastraan, Kesenian, dan Psikologi. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal BORNEO HUMANIORA (p-ISSN 2615-4331 dan e-ISSN 2599-3305) yang diterbitkan oleh LPPM UBT setahun 2 kali terbit pada bulan Februari dan Agustus. Untuk menunjang kelangsungan eksistensi Jurnal Borneo Humaniora redaksi mengundang para peneliti untuk menyumbangkan artikel hasil penelitian di bidang Ilmu-ilmu Humaniora.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2019)" : 12 Documents clear
KARAKTERISTIK ENTREPRENEUR DAN KESUKSESAN BISNIS UMKM DI KOTA TARAKAN Utomo, Mohamad Nur; Cahyaningrum, Widyastuti; Hasyim, Budi
Jurnal Borneo Humaniora Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (629.949 KB) | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v2i1.873

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji secara empiris pengaruh karakteristik entrepreneur terhadap kinerja usaha. Karakteristik entreprenuer di proksikan dalam 2 variabel laten yaitu karakteristik pribadi dan karakteristik psikologis. Seluruh variabel dalam penelitian ini merupakan variabel laten yang diukur dengan menggunakan beberapa indikator. Data bersifat primer yang bersumber dari penyebaran kuesioner pada responden. UMKM di kota Tarakan menjadi sampel dalam penelitian ini. Metode penelitian menggunakan alat analisis SEM-PLS dengan menggunakan aplikasi WarpPLS versi 6.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel karakteristik pribadi dan psikologis entrepreneur merupakan penentu keberhasilan kinerja UMKM. Implikasi teoritis penelitian ini mendukung teori upper echelon yang menjelaskan bahwa organisasi dan segala sesuatu yang terjadi di dalamnya adalah cerminan dari karakter pengusaha bersangkutan dan menentukan keberhasilan pencapaian kinerja.
BIG FIVE FACTORS OF PERSONALITY GURU BIMBINGAN DAN KONSELING PADA TUJUAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DI SEKOLAH Rahmi, Siti; Sovayunanto, Riski
Jurnal Borneo Humaniora Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (711.041 KB) | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v2i1.875

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh extraversion, agreeableness, conscientiousness,neurotisme, dan openness guru bimbingan dan konseling pada pencapaian tujuan layanan konseling individualdi sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan analisis model regresi linearberganda dengan subjek penelitian adalah guru bimbingan dan konseling SMP dan SMA di Kota Tarakanberjumlah 53. Instrumen penelitian menggunakan Big Five Inventory (BFI) versi Indonesia yang di adapatasioleh Ramdhani (2012) dan skala tujuan layanan konseling individual yang dibuat oleh peneliti. Hasilpenelitian menunjukkan nilai Adjusted R Square 0,186 dan signifikansi 0,011 (p<0,05), artinya ada pengaruhextraversion, agreeableness, conscientiousness, neurotisme, dan openness guru bimbingan dan konseling padapencapaian tujuan layanan konseling individual di sekolah sebesar 18,6%. Secara parsial masing-masing darilima variabel independen (1) extraversion pada pencapaian tujuan layanan konseling individual di sekolah; (2)agreeableness pada pencapaian tujuan layanan konseling individual di sekolah; (3) conscientiousness padapencapaian tujuan layanan konseling individual di sekolah; (4) neurotisme pada pencapaian tujuan layanankonseling individual di sekolah; (5) opennes pada pencapaian tujuan layanan konseling individual di sekolahtidak terdapat pengaruh signifikan karena nilai p>0,05.
PENERAPAN MEMBACA NYARING CERITA BERGAMBAR BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI APERSEPSI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK Bua, Mety Toding; Rizna, Rizna Toding; Perada, Agnesia Leny
Jurnal Borneo Humaniora Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (764.733 KB) | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v2i1.876

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan membaca nyaring buku cerita bergambarberbasis pendidikan karakter sebagai apersepsi pada pembelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakandalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan membaca nyaringbuku cerita bergambar berbasis pendidikan karakter sebagai apersepsi pada pembelajaran tematik memilikidampak positif terhadap pengembangan karakter percaya diri siswa dan menciptakan suasana pembelajaranyang menyenangkan bagi siswa. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya indikator karakter percaya diri olehkeempat siswa SDN 037 Tarakan meliputi: berani maju ke depan kelas, berani menjawab pertanyaan danberani menyampaikan pendapat. Serta penerapan membaca nyaring buku cerita bergambar dalam kegiatanapersepsi terbukti dapat memunculkan ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran dan menciptakansuasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Hal ini didukung dari hasil observasi pada kegiatanapersepsi diperoleh data bahwa guru telah memenuhi keempat indikator kegiatan apersepsi meliputi: gurumenarik perhatian siswa dengan memperlihatkan buku cerita bergambar, guru menggunakan media ceritabergambar dengan tepat, guru mengaitkan materi pembelajaran dengan isi cerita, guru menggunakan bahasalisan secara lancar dan jelas pada saat membaca cerita bergambar. Kemudian ditegaskan lagi dari hasilwawancara yang dilakukan dengan kelima siswa diperoleh data bahwa pembelajaran yang dilakukan denganmembaca nyaring buku cerita bergambar sebagai apersepsi di awal pembelajaran menciptakan pembelajaranyang menyenangkan bagi siswa.
IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 TANA TIDUNG PADA KONSEP FOTOSINTESIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY RESPONSE INDEX (CRI) Yanti, Yuli Astri; Listiani, Listiani Astri; Wijarini, Fitri
Jurnal Borneo Humaniora Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.688 KB) | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v2i1.877

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa di SMP Negeri 2 Tana Tidung mengalami miskonsepsipada konsep fotosintesis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif denganmenggunakan metode survey. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampel jenuh yaitu mengambilsemua populasi sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal pilihanganda dengan alasan terbuka yang disertai dengan alasan dan kolom CRI atau tingkat keyakinan siswa. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa terdapat 34.18% siswa yang paham konsep, 9.69% siswa yang paham konseptapi tidak yakin, 36.37% siswa mengalami miskonsepsi, dan 19.59 siswa yang tidak mengetahui konsep.Berdasarkan data yang diperoleh, siswa yang mengalami miskonsepsi adalah pada topik proses fotosintesis,dimana jumlah pada kategori ini melebihi kategori yang lain. Miskonsepsi yang dialami siswa lebih banyakterjadi pada informasi tentang gas yang dilepaskan oleh tumbuhan pada proses fotosintesis.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ANALOGI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Ummami, Adhe Zahrotul
Jurnal Borneo Humaniora Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1642.91 KB) | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v2i1.878

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas dan implementasi perangkat pembelajaran menulispuisi berbasis model pembelajaran sinektik menggunakan media kartu analogi pada siswa kelas V sekolahdasar. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah modelpengembangan perangkat pembelajaran model 4-D (four D Model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan(1974: 5-8). Semua data penelitian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Perangkat pembelajaranyang dikembangkan adalah RPP, BAS, LKS, THB, dan Media Pembelajaran. Teknik pengumpulan datadilakukan dengan cara observasi, tes hasil belajar, dan pemberian angket. Teknik analisis data yang digunakanadalah statistik deskriptif, yaitu mendeskripsikan tentang kegiatan guru dan siswa dalam proses pembelajarandan ketuntasan belajar yang dicapai oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkatpembelajaran menulis puisi yang dikembangkan berbasis pembelajaran sinektik menggunakan kartu analogiditinjau dari kualitas perangkat memiliki kriteria valid, (2) implementasi perangkat pembelajaran menulis puisiberbasis model pembelajaran sinektik menggunakan media kartu analogi pada siswa kelas V sekolah dasaryang dikembangkan ditinjau dari keterlaksanaan RPP mencapai keterlaksanaan yang sangat baik, aktivitassiswa menunjukkan aktif, respon siswa sangat baik, hasil belajar yang dicapai siswa dapat mencapaiketuntasan, dan hambatan-hambatan yang muncul dapat diatasi.
HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA PADA PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN TARAKAN Sovayunanto, Riski; Pribadi, Hendra; Arafah, Zul
Jurnal Borneo Humaniora Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (798.795 KB) | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v2i1.879

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan prestasi belajar siswakelas XI di MAN Tarakan. Tipe penelitian adalah kuantitatif deskriptif menggunakan analisis uji korelasi productmoment dengan subjek penelitian siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tarakan sebanyak 39 subjek. Instrumentpenelitian pada variabel dukungan sosial teman sebaya menggunakan skala likert dibuat oleh peneliti dengan nilaireliabilitas sebesar 0.892, pada variabel prestasi belajar menggunakan raport siswa. Hasil penelitian menunjukkan adahubungan antara dukungan sosial teman sebaya pada prestasi belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri,dengan koefisien korelasi sebesar (r=0,366; p<0,05) dan signifikansi sebesar 0,022<0,05.
BIG FIVE FACTORS OF PERSONALITY GURU BIMBINGAN DAN KONSELING PADA TUJUAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DI SEKOLAH Siti Rahmi; Riski Sovayunanto
Jurnal Borneo Humaniora Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v2i1.875

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh extraversion, agreeableness, conscientiousness,neurotisme, dan openness guru bimbingan dan konseling pada pencapaian tujuan layanan konseling individualdi sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan analisis model regresi linearberganda dengan subjek penelitian adalah guru bimbingan dan konseling SMP dan SMA di Kota Tarakanberjumlah 53. Instrumen penelitian menggunakan Big Five Inventory (BFI) versi Indonesia yang di adapatasioleh Ramdhani (2012) dan skala tujuan layanan konseling individual yang dibuat oleh peneliti. Hasilpenelitian menunjukkan nilai Adjusted R Square 0,186 dan signifikansi 0,011 (p0,05), artinya ada pengaruhextraversion, agreeableness, conscientiousness, neurotisme, dan openness guru bimbingan dan konseling padapencapaian tujuan layanan konseling individual di sekolah sebesar 18,6%. Secara parsial masing-masing darilima variabel independen (1) extraversion pada pencapaian tujuan layanan konseling individual di sekolah; (2)agreeableness pada pencapaian tujuan layanan konseling individual di sekolah; (3) conscientiousness padapencapaian tujuan layanan konseling individual di sekolah; (4) neurotisme pada pencapaian tujuan layanankonseling individual di sekolah; (5) opennes pada pencapaian tujuan layanan konseling individual di sekolahtidak terdapat pengaruh signifikan karena nilai p0,05.
PENERAPAN MEMBACA NYARING CERITA BERGAMBAR BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI APERSEPSI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK Mety Toding Bua; Rizna Toding Rizna; Agnesia Leny Perada
Jurnal Borneo Humaniora Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v2i1.876

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan membaca nyaring buku cerita bergambarberbasis pendidikan karakter sebagai apersepsi pada pembelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakandalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan membaca nyaringbuku cerita bergambar berbasis pendidikan karakter sebagai apersepsi pada pembelajaran tematik memilikidampak positif terhadap pengembangan karakter percaya diri siswa dan menciptakan suasana pembelajaranyang menyenangkan bagi siswa. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya indikator karakter percaya diri olehkeempat siswa SDN 037 Tarakan meliputi: berani maju ke depan kelas, berani menjawab pertanyaan danberani menyampaikan pendapat. Serta penerapan membaca nyaring buku cerita bergambar dalam kegiatanapersepsi terbukti dapat memunculkan ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran dan menciptakansuasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Hal ini didukung dari hasil observasi pada kegiatanapersepsi diperoleh data bahwa guru telah memenuhi keempat indikator kegiatan apersepsi meliputi: gurumenarik perhatian siswa dengan memperlihatkan buku cerita bergambar, guru menggunakan media ceritabergambar dengan tepat, guru mengaitkan materi pembelajaran dengan isi cerita, guru menggunakan bahasalisan secara lancar dan jelas pada saat membaca cerita bergambar. Kemudian ditegaskan lagi dari hasilwawancara yang dilakukan dengan kelima siswa diperoleh data bahwa pembelajaran yang dilakukan denganmembaca nyaring buku cerita bergambar sebagai apersepsi di awal pembelajaran menciptakan pembelajaranyang menyenangkan bagi siswa.
IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 TANA TIDUNG PADA KONSEP FOTOSINTESIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY RESPONSE INDEX (CRI) Yuli Astri Yanti; Listiani Astri Listiani; Fitri Wijarini
Jurnal Borneo Humaniora Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v2i1.877

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa di SMP Negeri 2 Tana Tidung mengalami miskonsepsipada konsep fotosintesis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif denganmenggunakan metode survey. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampel jenuh yaitu mengambilsemua populasi sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal pilihanganda dengan alasan terbuka yang disertai dengan alasan dan kolom CRI atau tingkat keyakinan siswa. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa terdapat 34.18% siswa yang paham konsep, 9.69% siswa yang paham konseptapi tidak yakin, 36.37% siswa mengalami miskonsepsi, dan 19.59 siswa yang tidak mengetahui konsep.Berdasarkan data yang diperoleh, siswa yang mengalami miskonsepsi adalah pada topik proses fotosintesis,dimana jumlah pada kategori ini melebihi kategori yang lain. Miskonsepsi yang dialami siswa lebih banyakterjadi pada informasi tentang gas yang dilepaskan oleh tumbuhan pada proses fotosintesis.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ANALOGI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Adhe Zahrotul Ummami
Jurnal Borneo Humaniora Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v2i1.878

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas dan implementasi perangkat pembelajaran menulispuisi berbasis model pembelajaran sinektik menggunakan media kartu analogi pada siswa kelas V sekolahdasar. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah modelpengembangan perangkat pembelajaran model 4-D (four D Model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan(1974: 5-8). Semua data penelitian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Perangkat pembelajaranyang dikembangkan adalah RPP, BAS, LKS, THB, dan Media Pembelajaran. Teknik pengumpulan datadilakukan dengan cara observasi, tes hasil belajar, dan pemberian angket. Teknik analisis data yang digunakanadalah statistik deskriptif, yaitu mendeskripsikan tentang kegiatan guru dan siswa dalam proses pembelajarandan ketuntasan belajar yang dicapai oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkatpembelajaran menulis puisi yang dikembangkan berbasis pembelajaran sinektik menggunakan kartu analogiditinjau dari kualitas perangkat memiliki kriteria valid, (2) implementasi perangkat pembelajaran menulis puisiberbasis model pembelajaran sinektik menggunakan media kartu analogi pada siswa kelas V sekolah dasaryang dikembangkan ditinjau dari keterlaksanaan RPP mencapai keterlaksanaan yang sangat baik, aktivitassiswa menunjukkan aktif, respon siswa sangat baik, hasil belajar yang dicapai siswa dapat mencapaiketuntasan, dan hambatan-hambatan yang muncul dapat diatasi.

Page 1 of 2 | Total Record : 12