cover
Contact Name
Dr. Niken Febrina Ernungtyas
Contact Email
niken@stikom.interstudi.edu
Phone
+62217262111
Journal Mail Official
interkomunika@interstudi.edu
Editorial Address
Jl. Wijaya No 62 Kebayoran Baru Jakarta 12160
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Inter Komunika: Jurnal Komunikasi
ISSN : 25483749     EISSN : 26154420     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Inter Komunika: Jurnal Komunikasi was launched in 2016 and is published by STIKOM Inter Studi, Jakarta. Inter Komunika is a peer review, open access and scholarly journal that provides an interdisciplinary forum for research on communication studies. This journal publishes twice a year (June and December). The objective of this journal is to encourage research, theoretical and conceptual articles related but not limited to: 1. Public relations. Communication that engages strategic message to build image and reputation. 2. Marketing communications. Communication that employs message in the marketing activity 3. Advertising. Communication that attaches promoting value, product, service and creative idea in public 4. Broadcasting. Distribution of audio or video message via any electronic mass communication medium. 5. Business communication. The exchange of information and message in the context of business and to achieve company goal. 6. Organizational communication. Communication that occurs within an organization in order to manage and complete a particular objective. 7. Political communication. The exchange of ideas and opinions between political actor related to power, policy and government 8. Digital communication. Communication that involves transferring message digital technologies. Inter Komunika welcomes proposal for special issues and submissions on any topic related to the discipline.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2021): Inter Komunika : Jurnal Komunikasi" : 5 Documents clear
Pengaruh Terpaan Iklan E-commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta kiki dwi arviani; K. Y.S. Putri
Inter Komunika Vol 6, No 2 (2021): Inter Komunika : Jurnal Komunikasi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33376/ik.v6i2.1406

Abstract

Saat ini e-commerce menjadi salah satu alternatif dalam berbelanja sehingga mampu mengubah perilaku masyarakat termasuk kalangan mahasiswa, hal ini terlihat dari pola kebiasaan mahasiswa yang semula berbelanja di pasar tradisional maupun swalayan, kini beralih berbelanja secara online. Perubahan tersebut dikarenakan aspek kemudahan penggunaan dan kenyamanan yang menjadi alasan pendukung utama bahwa e-commerce menjadi tren baru. Tentu saja perubahan tersebut dijadikan kesempatan bagi setiap perusahaan e-commerce agar dapat merebut simpati masyarakat dengan melakukan terpaan iklan di televisi untuk mempengaruhi masyarakat, termasuk e-commerce Shopee. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari tahu mengenai pengaruh terpaan iklan e-commerce Shopee di televisi terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan explanatori sebagai jenis dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan populasi yaitu mahasiswa program studi ilmu komunikasi Universitas Negeri Jakarta yang berjumlah 83 orang dengan sampel berjumlah 45 orang mahasiswa program studi ilmu komunikasi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2019. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana menggunakan SPSS. Penelitian ini memberikan hasil yaitu terdapat pengaruh terpaan iklan e-commerce Shopee terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa program studi ilmu komunikasi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2019.
PERKEMBANGAN DAN RELEVANSI TEORI KRITIS DENGAN KAPITALISME PENDIDIKAN (Studi Kualitatif Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2020) Gunung Mahameruh; Vrista Claudia; Azizah Savira; Dini Safitri
Inter Komunika Vol 6, No 2 (2021): Inter Komunika : Jurnal Komunikasi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33376/ik.v6i2.1412

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi antara perkembangan teori kritis dengan kapitalisme pendidikan. Dengan demikian, dapat diketahui dampak kapitalisme pendidikan pada kalangan mahasiswa, serta langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengantisipasi dampak kapitalisme pendidikan sesuai dengan pandangan teori kritis. Teori yang digunakan adalah teori kritis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Berdasarkan tujuan penelitian, penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yang dipilih dengan pertim-bangan dan tujuan tertentu. Peneliti menyertakan sebanyak 5 (lima) Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Angkatan 2020 Universitas Negeri Jakarta sebagai informan. Pengumpulan data dengan wawancara mendalam menggunakan media Zoom Meeting. Hasil penelitian lebih dapat menggambarkan relevansi yang kuat antara perkembangan teori kritis dengan kapitalisme pendidikan. Pelemahan sistem kapitalis yang serba menguntungkan dapat membuka jalan bagi sistem pendidikan yang humanis dan bervisi. Kapitalisme pendidikan juga terbukti berdampak negatif pada kalangan mahasiswa. Beberapa masalah yang dihadapi oleh kelima informan berhubungan sangat erat dengan ketahanan ekonomi para informan yang lemah akibat beberapa alasan seperti pandemi COVID-19, perolehan pendapatan yang kurang memadai, ataupun birokrasi keringanan uang pendidikan tinggi yang dipersulit pihak lembaga pendidikan. Langkah-langkah yang dapat dilakukan lembaga pendidikan adalah dengan mempermudah birokrasi keringanan uang pendidikan. Selain itu, pemerintah dapat memprioritaskan pendidikan masyarakat rural atau di luar kota besar, dan didampingi dengan target sosialisasi yang tepat sasaran agar dapat memenuhi cita-cita dari teori kritis.
Personal Branding Menteri Perhubungan Republik Indonesia (#MenhubVlog pada YouTube Channel dalam Lingkup Generasi Milenial) Syifa Fatimah; Sigit Pramono Hadi
Inter Komunika Vol 6, No 2 (2021): Inter Komunika : Jurnal Komunikasi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33376/ik.v6i2.1434

Abstract

Abstrak. Media sosial saat ini dapat dimanfaatkan untuk membangun personal branding stiap individu. Hal ini dimanfaatkan oleh Menteri Perhubungan RI untuk membangun personal branding-nya melalui #MenhubVlog pada channel YouTube Kementerian Perhubungan RI. Tujuan penelitian untuk menggambarkan personal branding Menteri Perhubungan Republik Indonesia melalui vlog dalam rangka menumbuhkan efektivitas komunikasi antara Menteri Perhubungan dengan publik, terutama generasi milenial. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme dengan metode penelitian kualitatif dan teknik wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini adalah Menteri Perhubungan RI berhasil membangun personal branding melalui #MenhubVlog berdasarkan tiga dimensi utama pembentuk personal branding, yaitu Kompetensi, Standar, dan Gaya. Kesimpulannya, Menteri Perhubungan RI memiliki reputasi yang bagus dan dapat menciptakan komunikasi yang efektif dengan masyarakat.Kata Kunci: Personal Branding, Vlog, Menteri Perhubungan, generasi milenial.. Abstract. Today's social media can be used to build personal branding for each individual. This is used by the Minister of Transportation of the Republic of Indonesia to build his personal branding through #MenhubVlog on the YouTube channel of the Indonesian Ministry of Transportation. The purpose of the study is to describe the personal branding of the Minister of Transportation of the Republic of Indonesia through vlogs in order to grow the effectiveness of communication between the Minister of Transportation and the public, especially the millennial generation. The paradigm used is the contructivism paradigm with qualitative research methods and in-depth interview techniques. The result of this research is that the Minister of Transportation of the Republic of Indonesia has succeeded in building personal branding through #MenhubVlog based on the three main dimensions that form personal branding, namely Competence, Standards, and Style. In conclusion, the Indonesian Minister of Transportation has a good reputation and can create effective communication with the public.Keywords: Personal Branding, Vlog, Minister for Transportation, millennial generation. 
Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Motivasi Kerja (Anggota BEMP Ilmu Komunikasi UNJ) Fahmi Mahmuddin Siregar; K. Y. S. Putri
Inter Komunika Vol 6, No 2 (2021): Inter Komunika : Jurnal Komunikasi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33376/ik.v6i2.1014

Abstract

Hal yang berpengaruh besar terhadap keberhasilan organisasi untuk mencapai tujuannya adalah anggota. Untuk membangun sinergi antar elemen dalam organisasi dalam mencapai tujuannya, maka perlu dibangun sebuah iklim organisasi yang kondusif. Setiap organisasi tentunya memiliki iklimnya masing-masing, begitu juga dengan BEMP Ilmu Komunikasi UNJ. Iklim tersebut tentunya berpengaruh terhadap keberlangsungan organisasi dan individu yang ada di dalamnya. fokus penelitian ini adalah “bagaimana pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja anggota BEMP Ilmu Komunikasi UNJ?”. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja anggota BEMP Ilmu Komunikasi UNJ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probabilitas, lebih tepatnya adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menyebar kuisioner kepada 57 anggota BEMP Ilmu Komunikasi UNJ. Data penelitin ini dianalisis dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan pengujian tersebut, BEMP Ilmu Komunikasi memiliki iklim organisasi yang baik sesuai dengan dimensi iklim organisasi yang dikemukakan Litwin dan Stringer. Selain itu, anggota BEMP Ilmu Komunikasi UNJ memiliki motivasi kerja yang meliputi kebutuhan akan prestasi, kekuasaan, dan juga afiliasi. BEMP Ilmu Komunikasi juga memiliki iklim organisasi yang berpengaruh terhadap motivasi kerja anggota yang ada di dalamnya.
Penggunaan Media Periklanan Luar Ruangan di Masa Pandemi COVID-19 Indah Yunita Sari Sihite; Retno Septaningtyas Wahyu Pangestu
Inter Komunika Vol 6, No 2 (2021): Inter Komunika : Jurnal Komunikasi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33376/ik.v6i2.1268

Abstract

Abstrak. Pandemi COVID-19 memang sudah mengubah banyak gaya hidup seluruh masyarakat di dunia. Berbagai sektor perekonomian terdampak dari perubahan gaya hidup tersebut. Dunia periklanan juga menjadi salah satu yang terdampak. Banyak perusahaan yang menyesuaikan kembali anggaran untuk kepentingan pemasaran dan juga periklanan. Hal tersebut juga membuat penggunaan media periklanan luar ruangan kurang dilirik oleh banyak perusahaan karena terbatasnya mobilitas masyarakat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui trend periklanan di masa pandemi dan juga penggunaan media periklanan luar ruangan di tengah terbatasnya mobilitas masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dunia periklanan di masa pandemi kemudian memiliki tren baru. Pemasaran di media sosial menjadi salah satu yang mulai dilirik karena penggunaannya di masyarakat juga terus meningkat. Selain itu, kegunaan influencer juga menjadi salah satu yang diperhitungkan oleh para perusahaan. Konten di media periklanan juga berubah di mana banyak digunakan konten iklan dengan muatan emosional untuk bisa membangun hubungan emosional antara brand dan juga penggunanya. Penggunaan media periklanan luar ruangan kemudian juga mengadopsi konsep hubungan periklanan tersebut. Banyak reklame yang ditunjukkan untuk meningkatkan kepedulian dan juga himbauan kepada masyarakat. Masa depan media periklanan luar ruangan juga mulai terlihat karena vaksin yang sudah tersebar dan akan membuat masyarakat bisa beraktivitas kembali di luar ruangan.Kata kunci: COVID-19, Pemasaran, Media Luar Ruangan, Tren PeriklananAbstract. The COVID-19 pandemic has changed the lifestyles of many people around the world. Various sectors of the economy are affected by these lifestyle changes. The world of advertising is also one of those affected. Many companies readjust their budgets for marketing and advertising purposes. This also makes the use of outdoor advertising media less ogled by many companies due to the limited mobility of the people. This research is a qualitative descriptive study with a literature study method. The results showed that the world of advertising during the pandemic then had a new trend. Marketing on social media is one that is starting to be noticed because its use in society also continues to increase. In addition, the use of influencers is also one that is taken into account by companies. The content in advertising media has also changed, where many advertising content with emotional content is used to build an emotional connection between brands and their users. The use of outdoor advertising media then also adopted the concept of the advertising relationship. Many billboards are shown to raise awareness and appeal to the public. The future of outdoor advertising media is also starting to be seen because of the vaccine that has been spread and will allow people to return to outdoor activities.Keywords: COVID-19, Marketing, Advertising Outdoor, Advertising Trend

Page 1 of 1 | Total Record : 5