cover
Contact Name
Afif Rahman Riyanda, S.Pd., M.Pd.T
Contact Email
afif.rahman@fkip.unila.ac.id
Phone
+6281377478988
Journal Mail Official
pvti@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1 Bandar Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : 27159647     DOI : http://dx.doi.org/10.23960/jpvti
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional (JPTIV), or in English: Journal of Education of Information Technology and Vocational, is a scientific publication media for researchers, lecturers, teachers, educational practitioners, and students, related to the issues around information technology, i.e. Networking, Multimedia, Software Engineering, and the issues concerning Information Technology Education including Multimedia development, ICT-based learning, Mobile Learning, Blended Learning, and ICT-Based Vocational Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2019): Edisi Desember" : 6 Documents clear
PENGEMBANGAN APLIKASI POCKET BOOK ANDROID PADA MATERI LISTRIK STATIS Indrata Bayu Perdana; Feriansyah Sesunan; B. Anggit Wicaksono
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional Vol 1, No 2 (2019): Edisi Desember
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.05 KB) | DOI: 10.23960/19884

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa aplikasi pocket book android yang dapat digunakan dimana saja dan kapan saja pada materi listrik statis SMP. Menggunakan metode pengembangan Research and Development (RD) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluating), namun penelitian hanya dilaksanakan sampai tahap Implementation. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kelayakan buku saku elektronik berbasis Android untuk pembelajaran listrik statis mendapat skor ahli desain 3.61, ahli materi 3.50, uji praktisi 3.09 dengan kategori layak digunakan. sedangkan uji kemenarikan diperoleh skor 3.36 dengan kategori sangat menarik, kemudahanan diperoleh skor 3.40 dengan kategori sangat mudah, dan kemanfaatan diperoleh skor 3.53 dengan kategori sangat bermanfaat. Produk berupa pocket book dapat disimpulkan produk tersebut tervalidasi dan praktis sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika pada materi listrik statis.  
SISTEM MONITORING PENDETEKSI SUHU DAN KELEMBABAN PADA RUANGAN MENGGUNAKAN ARDUINO R3 Irwanto Irwanto; Endi Permata
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional Vol 1, No 2 (2019): Edisi Desember
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.815 KB) | DOI: 10.23960/20132

Abstract

Sistem pengaman ruangan berbasis mikrokontroler digunakan sebagai kendali alarm atau buzzer. Mikrokontroler yang akan digunakan adalah Arduino. Metode yang digunakan adalah metode perancangan sistem. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana merancang sebuah sistem monitoring pendeteksi suhu pada ruangan? (2) Bagaimana merancang sebuah sistem monitoring pendeteksi pergerakan pada ruangan? Dan (3) Bagaimana cara menguji hasil rancangan untuk sistem monitoring pendeteksi suhu dan kelembapan pada ruangan? Hasil penelitian adalah (1) Perancangan sebuah sistem monitoring ini pendeteksi suhu ini dilakukan dengan memberikan sebuah masukan yang telah di program dalam bahasa C atau yang bisa disebut dengan mengkoding program tersebut. Sensor suhu dan kelembapan atau sensor DHT11 ini bekerja dengan medeteksi suhu dan kelembapan pada ruangan tertutup. Sensor ini bekerja dengan mendeteksi kadar kelembapan daan tingkat ssuhu di suatu ruangan dan mengirimkan dua sinyal digital sekaligus ke mikrokontroler. (2) Perancangan sebuah sistem monitoring pergerakan dengaan menggunakan sensor PIR (Passive Infra Red) ini bekerja mendeteksi pergerakan melalui gelombang infra merah yang dipancarkan secara menyebar. Sensor ini bekerja saat gelombang infra merah tersebut mengenai objek yang bergerak dan mengirim sinyal analog ke sinyal digital Mikrokontroler. Sistem monitoring ini bekerja dengan menggunakan mikrokontroler berupa Arduino Uno sebagai sistem proses dan berupa inputan yaitu sinyal atau gelombaang infra merah sedangkan outputnya berupa alarm buzzer. (3) Dengan melakukan beberapakali percobaan dengan mengandalkan timer dapat dihasilkan pada suhu ruaangan dengan tingkat rata-rata 29.50°C dan kadar kelembapan pada ruangan tersebut didapatkan rata-rata 69.50°C. hal tersebt dihasilkan dalam kondisi yang stabil atau normal. Penampilan nilai untuk suhu dan kelembapan ini dibantu oleh perangkat LCD yang sudah di perhitungkan melalui bahasa C atau program bahasa C yang sudah dibuat. Kata kunci: Arduino R3, kelembaban,  monitoring, pendetenki, suhu.
PENGARUH LKPD BERBANTUAN SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMK Saputra, Bayu; Sagala, Margaretha Karolina
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional Vol 1, No 2 (2019): Edisi Desember
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.628 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh penggunaan LKPD berbasis smartphone terhadap penguasaan konsep siswa SMK kelas X teknik kendaraan ringan (TKR) SMK Bhati Utama, Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yang dalam pembelajarannya dilakukan secara konvensional. Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan pretest - posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara peserta didik dan guru. Data hasil belajar dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas, dilanjutkan uji-t. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran peningkatan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan LKPD berbantuan smartphone, skaligus memberikan dampak yang signifikan
Pengembangan Modul Pembelajaran Pemrograman Dasar Berbasis Adobe Flash CS6 Bagi Siswa Kelas XI RPL Afif Rahman Riyanda; Wayan Suana
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional Vol 1, No 2 (2019): Edisi Desember
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.21 KB) | DOI: 10.23960/20156

Abstract

This research is based on the low learning outcomes of the XI Rekayasa perangkat Lunak (RPL) students in Basic Programming Subjects. The purpose of this study develops a learning resource for a valid, practical and effective learning module on the subject of computer assembly and installation. The research method used in this research is Research and Development (RD) using ADDIE's development model which includes five stages namely (1) Analysis:, (2) Design:, and (3) Development:. (4) Implementation: (5) Evaluation. The results obtained from this research and development are as follows. (1) The product produced from this research is an Adobe flash CS6-based product for the XI-grade students of software engineering. (2) The development of this module has been through expert level of module validation, (3) The development of this module has been through the practicality of the response of the teacher with the percentage of the result is 81.40%, and the practical level of the student response with the result of the percentage is 85.81% then categorized practically. (4) The development of this module has been through the effective stage of showing the value of 86.36% of students reach Minimal submission criteria, then can be categorized effectively. Keywords: Learning modules, Adobe flash CS6, Research and Development, ADDIEDOI : http://dx.doi.org/10.23960/jpvti.v1.i2.201901
EBOOK BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS Hendra Nelva Saputra
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional Vol 1, No 2 (2019): Edisi Desember
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.629 KB) | DOI: 10.23960/19863

Abstract

Ebook based critical thinking skills offer solutions to facilitate learning critical thinking skills. The purpose of this research is to produce a viable ebook to facilitate learning critical thinking skills. This type of research is research and development using Dick, Carey, and Carey (2009) instructional design. The Research instruments use poll responses from experts, teachers and learners. The resulting development product is an ebook based on critical thinking skills. Based on the results of data analysis obtained from the responses of learning media experts, learning design experts, learning materials experts, individual trials, small group trials, and field trials showed that the developed ebooks could facilitate learning critical thinking skills with an average percentage of 88.67%. The outcome of the overall assessment of the test subject to critical thinking skills indicators has demonstrated validity and with an average percentage of 89.6% and can be interpreted that the teaching materials are developed worthy to facilitate Critical thinking skills.
Pengaruh LKPD Berbantuan Smartphone Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMK Bayu Saputra; Margaretha Karolina Sagala
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional Vol 1, No 2 (2019): Edisi Desember
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.245 KB) | DOI: 10.23960/21822

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh penggunaan LKPD berbasissmartphone terhadap penguasaan konsep siswa SMK kelas X teknik kendaraan ringan (TKR)SMK Bhakti Utama, Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelaskontrol yang dalam pembelajarannya dilakukan secara konvensional. Penelitian ini adalahquasi eksperimen dengan rancangan pretest - posttest control group design. Pengumpulandata dilakukan dengan tes dan wawancara peserta didik dan guru. Data hasil belajar dianalisisdengan uji normalitas dan homogenitas, dilanjutkan uji-t. Hasil penelitian diharapkan dapatmemberikan gambaran peningkatan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan LKPDberbantuan smartphone, sekaligus memberikan dampak yang signifikan.Kata kunci: LKPD berbasis smartphone, penguasaan konsep, dan siswa SMK TKR

Page 1 of 1 | Total Record : 6