cover
Contact Name
Hendratno
Contact Email
hendratno@unesa.ac.id
Phone
+6282234206376
Journal Mail Official
S2pendidikandasar@unesa.ac.id
Editorial Address
Gedung CPD Kampus Lidah Wetan Universitas Negeri Surabaya 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
ISSN : -     EISSN : 24608475     DOI : http://dx.doi.org/10.26740/jrpd
Core Subject : Education,
The Journal focus and scope: Research in the field of scientific concept of basic education includes mathematics, science, social studies, civics and Indonesian.
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2016): Vol. 2 No. 1 Januari 2016" : 19 Documents clear
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI GERAK BENDA DI SD Aini, Nur
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 2, No 1 (2016): Vol. 2 No. 1 Januari 2016
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v2n1.p133-138

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis model inkuiri terbimbing untuk melatihkan melatihkan keterampilan proses sains pada materi gerak benda di SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Four?D Model) yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Pada penelitian ini dibatasi sampai pada tahap ketiga yaitu tahap pengembangan (develop). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari RPP, Buku Ajar Siswa (BAS), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), tes hasil belajar, dan tes keterampilan proses sains, kemudian di validasi oleh pakar dan setelah dinyatakan valid dan layak kemudian di uji cobakan kepada siswa kelas III SDN Ketabang 1  Kecamatan Genteng Surabaya pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Rancangan uji-coba I adalah One Group Pre-test and Post-test Design. Hasil penelitian menunjukan bahwa validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak, keterlaksanaan RPP terlaksana dengan baik, aktivitas siswa mengalami peningkatan berpusat kepada siswa, respon siswa terhadap proses pembelajaran memberikan respon positif, seluruh siswa mencapai ketuntasan hasil belajar dan keterampilan proses sains. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan keterampilan proses siswa SD
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS IV SDN 1 PULE KECAMATAN PULE KABUPATEN TRENGGALEK Anjarwati, Yuni
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 2, No 1 (2016): Vol. 2 No. 1 Januari 2016
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v2n1.p98-104

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran geometri dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) di kelas IV SDN 1 Pule Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas empat tahap; yaitu, tahap perencanaan, aksi/tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen  yang digunakan adalah Tes Keterampilan Berpikir Kritis (TKBK), Tes Hasil Belajar (THB), lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, serta angket respon peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) meningkat, yakni 91,8% pada siklus I menjadi 94,7% pada siklus II; (2) aktivitas peserta didik dalam KBM meningkat dari 78,5% pada siklus I menjadi 85,0% pada siklus II; (3) keterampilan berpikir kritis peserta didik meningkat dari 53,0% pada studi awal menjadi 61,0% pada siklus I, dan kembali meningkat menjadi 76,4% pada siklus II; (4) hasil belajar peserta didik meningkat dari 74,0% pada siklus I menjadi 86,5% pada siklus II; serta (5) terjadi interaksi aktif dalam KBM, guru mengajar sesuai dengan langkah-langkah dalam RPP, dan peserta didik memberikan respon positif terhadap proses belajar mengajar beserta perangkat pembelajaran yang dirancang.Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan PMR pada pembelajaran geometri dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas IV SDN 1 Pule Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh peningkatan hasil tes keterampilan berpikir kritis mulai dari studi awal sampai siklus II
PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA PEMBELAJARANBAHASA INDONESIA MODEL THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Pratiwi, Desi Eka
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 2, No 1 (2016): Vol. 2 No. 1 Januari 2016
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v2n1.p105-111

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas IV sekolah dasar melalui pengembangan media flashcard berbasis macromedia flash Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia model Think Talk Write untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.Data hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: validasi isi ahli ke SD an mendapatkan skor 91,07 %; Validasi suara ahli Bahasa mendapatkan skor 87,5 %; Validasi suara ahli teknologi pendidikan mendapatkan skor 93,75 %; Validasi Bahasa ahli Bahasa mendapatkan skor 90 %; Validasi gambar diam ahli teknologi pendidikan mendapatkan skor 93,75 %; Validasi gambar animasi ahli teknologi pendidikan mendapatkan skor 89,92 %. Sedangkan respons mendapatkan persentase 90 % dengan kategori siswa sangat aktif. Respons guru mendapatkan persentase 90 % dengan tingkat keberhasilan baik sekali/optimal. Persentase aktivitas siswa mendapatkan skor 91.66 % dengan tingkat aktivitas siswa sangat aktif, dan guru mendapatkan persentase 90 % dengan tingkat keberhasilan baik sekali/istimewa. Secara klasikal, tingkat keberhasilan siswa sebelum menggunakan media rata-rata nilai kelas 74.16 masih dibawah KKM. Sedangkan, tingkat keberhasilan siswa setelah menggunakan media rata-rata nilai kelas adalah 85.24. terdapat peningkatan sebanyak 20 %.Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media flashcard berbasis macromedia flash pada pembelajaran Bahasa Indonesia model Think Talk Write efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa, namun masih memerlukan penyempurnaan pada penelitian-penelitian selanjutnya.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SUMBER ENERGI DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR Afifah, Anis
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 2, No 1 (2016): Vol. 2 No. 1 Januari 2016
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v2n1.p71-77

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak digunakan untuk pembelajaran. Kelayakan dapat dilihat dari validitas, kepraktisan, serta keefektifan dari perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan.Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah  four-D Models yang telah direduksi. Reduksi yang dilakukan antara lain penyederhanaan tahap-tahap pengembangan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop), sedang tahap penyebaran (desiminate) tidak dilaksanakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas III di SDN 2 Kertosari dan SD Tarbiyatul Islam dengan desain eksperimen one group pretest posttest design. Metode Pengumpulan data meliputi validitas, observasi dan tes. Analisis data menggunakan persentase, uji t berpasangan dan anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kevalidan perangkat yang dikembangkan berkategori baik. 2) Kepraktisan perangkat pembelajaran berkategori sangat baik  3) Keefektifan perangkat ditinjau dari respon siswa menunjukkan persentase respon sangat baik terhadap pembelajaran, ditinjau dari aktivitas siswa menunjukkan persentase aktivitas sangat baik dalam pembelajaran, dan ditinjau hasil analisis  uji t berpasangan menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Dengan uji anava diketahui bahwa hasil belajar semua kelas implementasi menggunakan perangkat yang dikembangkan konsisten. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa perangkat yang dihasilkan layak untuk diterapkan pada pembelajaran karena telah memenuhi tiga kriteria yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KELAS IV SDN KLUWIH 02 BANDAR BATANG Trapsilo, Budi
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 2, No 1 (2016): Vol. 2 No. 1 Januari 2016
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v2n1.p112-117

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Kluwih 02 Bandar Batang. Hal ini yang melatar belakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik ini menekankan pentingnya langkah-langkah dalam pembelajaran, Melalui pendekatan saintifik pembelajaran menjadi berkualitas, karena pembelajarannya diarahkan untuk memandu siswa untuk memecahkan masalah melalui kegiatan perencanaan yang matang, pengumpulan data yang cermat, dan analisis data yang teliti untuk menghasilkan sebuah kesimpulan. Jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach) dalam tiga siklus yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan  adalah observasi untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan bahwa (1) aktivitas guru pada siklus I, persentase keberhasilannya adalah sebesar 75%, meningkat pada siklus II menjadi 92%, dan meningkat pada siklus III menjadi 96%. (2) aktivitas siswa pada siklus I, persentase keberhasilannya adalah sebesar 66,7%, meningkat pada siklus II menjadi 89,5%, dan meningkat pada siklus III menjadi 95,8%. (3) hasil belajar pada siklus I, persentase keberhasilannya adalah sebesar 67%, meningkat pada siklus II menjadi 86%, dan meningkat pada siklus III menjadi 95 %. Berdasarkan hasil analisis data terdapat hubungan yang erat antara aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Semakin meningkat aktivitas guru dan aktivitas siswa semakin meningkat pula hasil belajar yang diperoleh siswa.
PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEMATIK INTEGRATED BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCES DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Siswanto, M. Bambang Edi
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 2, No 1 (2016): Vol. 2 No. 1 Januari 2016
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v2n1.p78-83

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitas buku ajar tematik integrated berbasis multiple intelligences pada kelas IV SD. Kualitas buku ajar yang dikembangkan ditinjau berdasarkan produk dan penggunaannya di kelas.Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengebangan four-D yang terdiri atas tahap (1) pendefinisian; (2) perancangan; (3) pengembangan; dan  (4) penyebaran. Akan tetapi,  penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan tanpa melakukan tahap penyebaran karena produk penelitian ini hanya dikhususkan sekolah ujicoba. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik dokumentasi, obsevasi, angket, dan tes.Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil presentase kelayakan isi/materi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan secara berturut ?turut sebesar 94 %, 100 %, 100%, dan 100 %.Semua katagori tersebut katagori termasuk katagori berkualitas (sangat layak) perolehan hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa berturut-turut adalah 92 % dan 91 %.Rata-rata hasil belajar siswa sebesar 85, nilai sesuai dengan kriteria ketuntasan yaitu ?67.Respon guru dan siswa terhadap buku ajar adalah 92 % dan 82 %. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa buku ajar tematik integrated berbasis multiple intelligences yang dikembangkan layak digunakan
PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG DAN PUZZLE PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERITA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Oktavianti, Shella
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 2, No 1 (2016): Vol. 2 No. 1 Januari 2016
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v2n1.p118-126

Abstract

Penelitian pengembangan media wayang dan puzzle dilatarbelangi oleh kesulitan siswa kelas IV SD dalam menggali ide dan gagasannya pada pembelajaran menulis cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pegembangan, kualitas, dan keefektifan media wayang dan puzzle yang dikembangkan, Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan Four-D  yang dimodifikasi menjadi Three-D. Subjek uji coba I adalah 10 siswa kelas IVA dan uji coba II adalah 20 siswa kelas IVB SDN Perak I Jombang. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik catat  dan check list (?).Teknik analisis digunakan dengan statik deksriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan media wayang dan puzzle telah melalui tiga proses tahapan yang sesuai dengan model pengembangan Four-D yang telah dimodifikasi., (2) kualitas media wayang dan puzzle pada pembelajaran menulis cerita yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid, (3) kriteria keefektifan media wayang dan puzzle ditinjau dari aktivitas guru dengan kategori baik, aktivitas siswa dengan kategori sangat baik, dan hasil belajar siswa secara individu pada uji coba I diperoleh nilai dari salah satu siswa yang belum mencapai KKM yaitu 70, sedangkan pada uji coba II nilai yang diperoleh seluruh siswa telah mencapai KKM. Hasil belajar secara klaksikal dinyatakan tuntas dengan persentase 90% pada uji coba I dan 100% pada uji coba II sebab ketuntasan belajar klaksikal yang ditetapkan adalah 75%.
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD Fatoni, Fatoni
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 2, No 1 (2016): Vol. 2 No. 1 Januari 2016
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v2n1.p84-91

Abstract

Keberhasilan pembelajaran IPS dapat ditunjukkan dengan hasil belajar siswa. Tingkatan hasil belajar tertinggi adalah pemecahan masalah di mana dibutuhkan kemampuan kerjasama siswa. Salah satu model pembelajaran untuk melatihkan kemampuan kerjasama adalah pembelajaran kooperatif dan untuk kemampuan memecahkan masalah menggunakan strategi problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif STAD melalui strategi problem based learning terhadap hasil belajar siswa dan terhadap kemampuan kerja sama siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Sampel penelitian menggunakan 61 siswa SD kelas 5 SDN Kejapanan I Gempol Pasuruan. Pengambilan data penelitian menggunakan tes dan pengamatan. Data dianalisis dengan statistik melalui t test untuk menguji hipotesis dimana sebelumnya dilakukan uji pra syarat berupa uji normalitas dan homogenitas.Berdasar uji statistik diperoleh nilai t hitung untuk hasil belajar sebesar 3,47 dan t tabel = 2,00. Karena thitung ttabel maka Ho ditolak artinya ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Kejapanan I Gempol Pasuruan. Untuk kemampuan kerjasama diperoleh t hitung sebesar 3,57 dan t tabel = 2,00. Karena thitung ttabel maka Ho ditolak, sehingga ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi problem based learning terhadap  kerjasama siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Kejapanan I Gempol Pasuruan.Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi problem based learning terhadap kerja sama dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Kejapanan I Gempol Pasuruan
PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUBTEMA HEBATNYA CITA-CITAKU PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KEDUNGREJO WONOGIRI Sulistyono, Dwi
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 2, No 1 (2016): Vol. 2 No. 1 Januari 2016
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v2n1.p127-132

Abstract

Penelitian   ini   bertujuan   untuk   meningkatkan   hasil   belajar   subtema hebatnya cita-citaku pada siswa kelas IV menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan media audio visual. perangkat pembelajaran yang digunakan berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), media audio visual, lembar kerja siswa (LKS), lembar tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Variable yang diamati selama pelaksanaan  penerapan  model  quantum  teaching  dengan  media  audio  visual adalah aktivitas guru dalam pembelajaran dan aktivitas siswa dalam pembelajaran sedangkan hasil belajar siswa dilakukan melalui tes tertulis.Desain penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian berlangsung selama tiga siklus. Data didapatkan melalui observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengobservasi kegiatan yang dilakukan guru dan siswa selama pembelajaran sedangkan tes dilakukan untuk mengukur tes hasil belajar siswa.Hasil   penelitian   menunjukkan   aktivitas   guru   sangat   baik   dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa memperoleh rata-rata 81,00 dengan kategori ?sangat baik? dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 95%. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model quantum teaching dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar subtema hebatnya cita-citaku pada siswa kelas   IV SDN 1 Kedungrejo Wonogiri semester II tahun pelajaran 2014/2015
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DENGAN ARAHAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN EKSPERIMEN DAN PENGUASAAN KONSEP MATERI GAYA PADA SISWA KELAS IV SD Munawaroh, Siti
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 2, No 1 (2016): Vol. 2 No. 1 Januari 2016
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v2n1.p92-97

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran dengan arahan untuk melatihkan keterampilan eksperimen dan penguasaan konsep materi gaya pada kelas IV SD. Melalui penerapan pembelajaran dengan arahan siswa dilatih untuk melakukan eksperimen tahap demi tahap sesuai dengan langkah-langkah percobaan sehingga siswa mampu melakukan eksperimen sendiri. Dengan melakukan eksperimen secara mandiri, keterampilan eksperimen dan penguasaan konsep siswa dapat meningkat.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan bentuk one group pretest postest. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Garung Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas satu kelompok eksperimen yang berjumlah 25 siswa. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran dengan arahan. Instrumen  penelitian  yang  digunakan  adalah lembar observasi dan instrumen tes.Berdasarkan hasil analisis data menggunakan lembar pengamatan, keterlaksanaan pembelajaran model direct instruction menunjukkan skor rata-rata 3,6 dalam kategori baik, keterampilan eksperimen siswa mencapai 100% dengan kategori aktivitas tinggi dan penguasaan konsep siswa pada materi gaya meningkat setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran dengan arahan dengan rata-rata proporsi 0,88. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran dengan arahan dapat melatihkan keterampilan eksperimen dan penguasaan konsep materi gaya kelas IV SD

Page 1 of 2 | Total Record : 19


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol. 9 No. 3 (2023): Vol. 9 No. 3 September 2023 Vol. 9 No. 2 (2023): Vol. 9 No. 2 Mei 2023 Vol. 9 No. 1 (2023): Vol. 9 No. 1 Januari 2023 Vol. 8 No. 3 (2022): Vol. 8 No. 3 September 2022 Vol. 8 No. 2 (2022): Vol. 8 No. 2 Mei 2022 Vol. 8 No. 1 (2022): Vol. 8 No. 1 Januari 2022 Vol. 7 No. 1 (2021): Vol. 7 No. 1 Januari 2021 Vol. 7 No. 3 (2021): Vol. 7 No. 3 September 2021 Vol. 7 No. 2 (2021): Vol. 7 No. 2 Mei 2021 Vol 7, No 2 (2021): Vol. 7 No. 2 Mei 2021 Vol 7, No 1 (2021): Vol. 7 No. 1 Januari 2021 Vol. 6 No. 3 (2020): Vol. 6 No. 3 September 2020 Vol 6, No 3 (2020): Vol. 6 No. 3 September 2020 Vol. 6 No. 2 (2020): Vol. 6 No. 2 Mei 2020 Vol 6, No 2 (2020): Vol. 6 No. 2 Mei 2020 Vol. 6 No. 1 (2020): Vol. 6 No. 1 Januari 2020 Vol 6, No 1 (2020): Vol. 6 No. 1 Januari 2020 Vol 5, No 3 (2019): Vol. 5 No. 3 September 2019 Vol. 5 No. 3 (2019): Vol. 5 No. 3 September 2019 Vol 5, No 2 (2019): Vol. 5 No. 2 Mei 2019 Vol. 5 No. 2 (2019): Vol. 5 No. 2 Mei 2019 Vol 5, No 1 (2019): Vol. 5 No. 1 Januari 2019 Vol. 5 No. 1 (2019): Vol. 5 No. 1 Januari 2019 Vol. 4 No. 3 (2018): Vol. 4 No. 3 September 2018 Vol 4, No 3 (2018): Vol. 4 No. 3 September 2018 Vol. 4 No. 2 (2018): Vol. 4 No. 2 Mei 2018 Vol 4, No 2 (2018): Vol. 4 No. 2 Mei 2018 Vol. 4 No. 1 (2018): Vol. 4 No. 1 Januari 2018 Vol 4, No 1 (2018): Vol. 4 No. 1 Januari 2018 Vol 3, No 3 (2017): Vol. 3 No. 3 September 2017 Vol. 3 No. 3 (2017): Vol. 3 No. 3 September 2017 Vol. 3 No. 2 (2017): Vol. 3 No. 2 Mei 2017 Vol 3, No 2 (2017): Vol. 3 No. 2 Mei 2017 Vol 3, No 1 (2017): Vol. 3 No. 1 Januari 2017 Vol. 3 No. 1 (2017): Vol. 3 No. 1 Januari 2017 Vol. 2 No. 3 (2016): Vol. 2 No. 3 September 2016 Vol. 2 No. 2 (2016): Vol. 2 No. 2 Mei 2016 Vol. 2 No. 1 (2016): Vol. 2 No. 1 Januari 2016 Vol 2, No 3 (2016): Vol. 2 No. 3 September 2016 Vol 2, No 2 (2016): Vol. 2 No. 2 Mei 2016 Vol 2, No 1 (2016): Vol. 2 No. 1 Januari 2016 Vol. 1 No. 1 (2015): Vol. 1 No. 1 September 2015 Vol 1, No 1 (2015): Vol. 1 No. 1 September 2015 More Issue