cover
Contact Name
Hendratno
Contact Email
hendratno@unesa.ac.id
Phone
+6282234206376
Journal Mail Official
S2pendidikandasar@unesa.ac.id
Editorial Address
Gedung CPD Kampus Lidah Wetan Universitas Negeri Surabaya 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
ISSN : -     EISSN : 24608475     DOI : http://dx.doi.org/10.26740/jrpd
Core Subject : Education,
The Journal focus and scope: Research in the field of scientific concept of basic education includes mathematics, science, social studies, civics and Indonesian.
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2017): Vol. 3 No. 1 Januari 2017" : 18 Documents clear
PENGARUH ALIRAN AIR SUNGAI BRANTAS TERHADAP PENDAPATAN PETANI DI DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) BRANTAS KABUPATEN MOJOKERTO Baidlowi, Imam
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 3, No 1 (2017): Vol. 3 No. 1 Januari 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v3n1.p351-357

Abstract

Fokus penelitian ini adalah aliran air sungai Brantas dan Pendapatan Petani  yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas Kabupaten Mojokerto.Permasalahan penelitian ini adalah mengidentifikasikan adanya penyebab turunya ketinggihan ketinngihan air sungai  di Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas menyebabkan terjadinya perubahan pendapatan usaha tani , menaikkan biaya sosial masyarakat serta terjadinya kenaikan biaya produksi.Tujuan  penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui apakah terjadi perubahan pola tanam bagi petani padi terkait dengan penambangan pasir sungai Brantas di Kabupaten Mojokerto. Kedua untuk mengetahui apakah terjadi perubahan biaya produksi pertanian setelah terjadi penambangan pasir di sungai Brantas. Ketiga untuk mengetahui apakah terjadi perubahan pendapatan usaha tani  dan biaya yang harus ditanggung masyarakat di daerah aliran sungai Brantas Kabupaten Mojokerto.Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa penambangan pasir sungai Brantas sebagai akibat dari turunya debet air sungai, sehingga permukaan air sungai Brantas lebih rendah dibandingkan dengan dasar anak sungai Brantas (sungai Kedungsoro). Akibatnya, air sungai Brantas tidak bisa mengalir ke sungai Kedungsoro apalagi ke parit hingga  ke sawah (kerusakan lingkungan). Karena sulitnya untuk memperoleh air, maka petani tidak bisa menanam tanaman yang biasa ditanam yaitu padi - kedelai - tebu - jagung, karena kondisi tersebut menyebabkan para petani merubah pola tanamnya dari pola tanam padi - kedelai - tebu - jagung ke pola tanam tebu - tebu - bero; tebu - tebu - padi; tebu - tebu - jagung; tebu - tebu - padi dan kedelai. Untuk memperoleh air dalam memenuhi kebutuhan tanaman dan pengerjaan sawah, petani berupaya untuk memenuhinya dengan cara mengebor tanah sawah dengan menggunakan mesin pompa. Mesin pompa untuk menyedot air, menjadikan biaya produksi usaha tani padi meningkat. Tambahan biaya yang dikeluarkan oleh para petani adalah biaya  pembuatan sumur bor, pembelian atau menyewa pompa, pembelian solar dan pembayaran ongkos kerja penjaga pompa. Mengairi sawah dengan air sungai dan mengairi sawah dengan air pompa ternyata menjadikan  hasil panen yang berbeda. Hasil panen dengan pengairan air sungai lebih bagus hasil panennya daripada pengerjaan sawah dengan air pompa. Dengan demikian, penambangan pasir sungan Brantas berdampak pada meningkatnya biaya produksi usaha tani dengan hasil panen yang relatif lebih rendah. Memperhatikan kondisi yang demikian maka dapat dinyatakan bahwa dampak tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya social cost yang tinggi tidak sebanding dengan social benefitnya. Untuk menanggulanginya perlu adanya regulasi disertai kontrol masyarakat. Kata Kunci: Aliran air sungai, Pendapatan Petani,  Sungai Brantas
PENERAPAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS KIT IPA DALAM UPAYA MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SDN 2 PURWASANA KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA Misno, Misno
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 3, No 1 (2017): Vol. 3 No. 1 Januari 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v3n1.p358-363

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode eksperimen berbasis KIT IPA dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana siswa kelas V SDN 2 Purwasana Kecamatan Punggelan Kabupaten  Banjarnegara.  Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas yang dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran. Tiap siklus pembelajaran terdiri atas (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Perangkat pembelajaran yang digunakan meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa, buku siswa, dan lembar evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar pengamatan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, lembar aktivitas siswa mengikuti pembelajaran, serta angket respon siswa terhadap pembelajaran. Kurikulum yang digunakan dalam penelitian ini adalah kurikulum tingkat satuan pendidikan (2006) dengan materi pokok energi dan perubahannya sub materi pesawat sederhana.Adapun data yang dianalisis sebagai hasil penelitian meliputi: (1) hasil belajar  siswa,  (2)  aktivitas  guru  dalam  mengelola  pembelajaran,  (3)  aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, (4) respon siswa terhadap pembelajaran yang diikutinya.Dari hasil analisis diperoleh: (1) hasil belajar ranah kognitif dengan rata- rata kelas 78,52 dengan kategori ?tuntas? dan ketuntasan klasikal mencapai 89% dengan kategori ?tuntas?, (2) aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran mencapai persentase ketercapaian 86,17% berada dalam kategori ?sangat baik?, (3) aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran mencapai kategori ?efektif?, (4) respon siswa terhadap pembelajaran mencapai kategori ?positif? yaitu senang, baru, berminat, dan jelas. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode eksperimen berbasis KIT IPA. Kata Kunci: Metode ekspermen berbasis KIT IPA, hasil belajar
MINAT BACA ANAK-ANAK DI KAMPOENG BACA KABUPATEN JEMBER Maharani, Ony Dina
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 3, No 1 (2017): Vol. 3 No. 1 Januari 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v3n1.p320-328

Abstract

ABSTRAKMembaca menjadi topik penting yang menyita banyak perhatian masyarakat dunia. Kualitas membaca menentukan keberadapan suatu bangsa. Bangsa yang memiliki kualitas membaca rendah akan mengalami keterbelakangan dan ketertinggalan. Hal ini dapat diatasi dengan peningkatan minat dan kebiasaan membaca. Pola asuh orang tua dan keadaan situasional menjadi faktor penentu tumbuhnya kebiasaan tersebut. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor dasar timbulnya kebiasaan membaca. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor dasar yang membentuk kebiasaan baca ada faktor situasional dan pola asuh orang tua. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kebiasaan membaca tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca.  Kata kunci: kebiasaan membaca, anak-anak, faktor membaca.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TERPADU TIPE WEBBED FOKUS IPA DENGAN TEMA “MASYARAKAT TANEYAN LANJHANG” PADA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SUMENEP Dewi, Ike Yuli Mestika
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 3, No 1 (2017): Vol. 3 No. 1 Januari 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v3n1.p364-371

Abstract

ABSTRAKPengembangan potensi siswa Sekolah Dasar dengan pembelajaran yang terpisah, masih memunculkan masalah yang serius dalam menghasilkan kualitas pembelajaran. Model pembelajaran yang kurang menarik dianggap sebagai hambatan utama dalam memotivasi anak dalam melaksanakan proses pembelajaran. Pengembangan perangkat pembelajaran terpadu tipe webbed dengan tema ?Masyarakat Taneyan Lanjhang? dapat dijadikan sebagai solusi yang tepat dalam menjawab problem tersebut, sehingga pembelajaran terpadu tipe webbed ini dapat digunakan sebagai model pembelajaran yang bisa mendorong tumbuhnya minat belajar siswa lebih maksimal.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran terpadu tipe webbed fokus IPA pada pokok bahasan perilaku manusia terhadap lingkungan, sumber daya alam (SDA), dan siklus air, yang menggambarkan tentang validitas (perangkat pembelajaran), kepraktisan (keterlaksanaan pembelajaran), dan keefektifan (aktivitas siswa, respon siswa, ketuntasan hasil belajar siswa, serta kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran). Penelitian ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan. Pertama, tahap pengembangan perangkat pembelajaran terpadu yang dilaksanakan dengan mengadopsi model pengembangan pembelajaran 4-D, diantaranya Define, Design, Develop, dan Dissiminate. Kedua, tahap penelitian terhadap perangkat pembelajaran di SDN Pajagalan II Kabupaten Sumenep (ujicoba 1 dan replikasi I), dan SDN Andulang Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep (replikasi II).Hasil analisis dalam penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, antara lain: perangkat dan instrumen pembelajaran yang dikembangkan rata-rata memiliki skor yang valid dengan katagori baik. Keterlaksanaan RPP secara umum dikatagorikan baik dan aktivitas siswa menunjukkan katagori baik. Kemudian, respon siswa juga cukup positif terhadap pelaksanaan pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa dikatagorikan tuntas dan mengalami peningkatan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran terpadu tipe webbed fokus IPA ini dikatagorikan baik dan dapat digunakan.Kata kunci: Pembelajaran terpadu tipe webbed, Pengembangan perangkat, Sekolah Dasar
PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA S1 PGSD Solehun, Solehun
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 3, No 1 (2017): Vol. 3 No. 1 Januari 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v3n1.p329-338

Abstract

ABSTRAKTujuan umum dalam penelitian ini adalah mengembangkan Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia Berorientasi Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa S1 PGSD. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses pengembangan buku ajar mata kuliah bahasa Indonesia berorientasi pendekatan saintifik untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa S1 PGSD (2) mendeskripsikan kualitas buku ajar mata kuliah bahasa Indonesia berorientasi pendekatan saintifik yang dikembangkan.Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan desain model 4D. Prosedur pengembangan meliputi tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Data penelitian berupa dokumen proses pengembangan, dan data kualitas buku ajar dari validator serta calon pengguna. Selanjutnya pengumpulan data dilakukan melalui teknik validasi, observasi, angket dan tes dengan instrumen berupa lembar identifikasi, pemetaan KI, KD dan indikator-indikator, lembar pemerolehan bahan ajar, lembar validasi materi, lembar validasi penyajian, lembar validasi bahasa, lembar validasi kegrafikaan. Penganalisisan data dilakukan dengan teknik deskripsi kualitatif kuantitatif secara berurutan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan biku ajar meliputi tahap pendefinisian dengan hasil berupa peta kebutuhan pembelajaran; tahap perancangan dengan hasil draf buku ajar; dan tahap pengembangan dengan hasil berupa model final buku ajar. Kualitas buku ajar yang dikembangkan dinilai dari komponen materi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan. Masing-masing komponen mendapat persentase 100%, 87,5%, 100%, dan 80%. Pemerolehan hasil observasi terhadap aktivitas dosen, respon dosen, aktivitas mahasiswa, dan respon mahasiswa  berturut-turut 95%, 91,66%, 93,75%, dan 92,3%, hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan sebesar 53,4%.Kata Kunci: Pengembangan Buku Ajar, Mata Kuliah Bahasa Indonesia, Berorientasi Saintifik
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS BERORIENTASI KARAKTER DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA SD MATERI KERAGAMAN SUKU DAN BUDAYA Firdaus, Ardiyansah Yuliniar
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 3, No 1 (2017): Vol. 3 No. 1 Januari 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v3n1.p311-319

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran IPS berorientasi karakter dengan model Learning Cycle 7E pada materi keragaman suku dan budaya Indonesia di kelas IV SD ditinjau dari hasil validasi perangkat pembelajaran. (2) untuk mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran IPS berorientasi karakter dengan model Learning Cycle 7E untuk meningkatkan sikap sosial siswa kelas IV SD.Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan mengacu model pengembangan Borg & Gall (1983). Uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas IV SDN Sen Asen 1 dengan jumlah sebanyak 25. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik validasi, observasi, angket, dan instrumen pretest-posttest.Analisis data penelitian ini menghasilkan: (1) Kualitas perangkat pembelajaran IPS berorientasi karakter dengan model Learning Cycle 7E pada materi keragaman suku dan budaya Indonesia di kelas IV SD ditinjau dari hasil validasi  yaitu 88,32%; (2) peningkatan sikap sikap sosial dengan persentase 83,9%, dan. Dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPS berorientasi karakter dengan model Learning Cycle 7E pada materi keragaman suku dan budaya Indonesia sangat berkualitas dan dalam pelaksanaannya dapat meningkatkan sikap sosial. Serta disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan pengembangan menggunakan kesepuluh tahap
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DENGAN ARAHAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN EKSPERIMEN DAN PENGUASAAN KONSEP MATERI GAYA PADA SISWA KELAS IV SD Munawaroh, Siti
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 3, No 1 (2017): Vol. 3 No. 1 Januari 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v3n1.p372-377

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran dengan arahan untuk melatihkan keterampilan eksperimen dan penguasaan konsep materi gaya pada kelas IV SD. Melalui penerapan pembelajaran dengan arahan siswa dilatih untuk melakukan eksperimen tahap demi tahap sesuai dengan langkah-langkah percobaan sehingga siswa mampu melakukan eksperimen sendiri. Dengan melakukan eksperimen secara mandiri, keterampilan eksperimen dan penguasaan konsep siswa dapat meningkat.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan bentuk one group pretest postest. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Garung Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas satu kelompok eksperimen yang berjumlah 25 siswa. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran dengan arahan. Instrumen  penelitian  yang  digunakan  adalah lembar observasi dan instrumen tes.Berdasarkan hasil analisis data menggunakan lembar pengamatan, keterlaksanaan pembelajaran model direct instruction menunjukkan skor rata-rata 3,6 dalam kategori baik, keterampilan eksperimen siswa mencapai 100% dengan kategori aktivitas tinggi dan penguasaan konsep siswa pada materi gaya meningkat setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran dengan arahan dengan rata-rata proporsi 0,88. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran dengan arahan dapat melatihkan keterampilan eksperimen dan penguasaan konsep materi gaya kelas IV SD. Kata Kunci: Model Pembelajaran dengan Arahan, Keterampilan Eksperimen, Penguasaan Konsep, Gaya.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA MTB UNTUK MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DI KELAS IV SEKOLAH DASAR Umah, Enik Chairul
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 3, No 1 (2017): Vol. 3 No. 1 Januari 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v3n1.p339-345

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Hal ini  dikarenakan peserta didik cenderung menerima apa yang disampaikan guru dalam memelajari materi baru dan jarang mengungkapkan pendapatnya. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran pendidikan matematika realistik berbantuan media MTB. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika realistik berbantuan  media MTB yang baik dan mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan perangkat pembelajaran matematika realistik berbantuan media MTB di kelas IV SD.Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 1 Pucang Anom Sidoarjo tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari enam kelas paralel, terpilih kelas IV Ali bin Abi Thalib untuk kelas uji coba dan  kelas IV Khalid bin Walid untuk kelas implementasi. Dalam penelitian ini peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D. Perangkat yang dihasilkan meliputi: RPP, media MTB, LKP, dan Lembar penilaian yang terdiri atas THB , lembar penilaian afektif dan psikomotor.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria: (a) kevalidan, dimana penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran adalah baik dengan skor antara 4,00-5,00, (b) kepraktisan, hal ini ditunjukkan oleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berkategori baik dengan rata-rata setiap pertemuan 4,18 dan 4,27 (c) keefektifan, ditunjukkan oleh aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berada pada rentang waktu ideal, ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif mencapai 97,4%, hasil belajar afektif 89,7%, dan hasil belajar psikomotor 97,44%, dan respon peserta didik positif  (2)  pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran matematika realistik berbantuan media MTB efektif untuk mengajarkan materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Hal ini ditunjukkan oleh: (a) ketuntasan hasil belajar klasikal pada kelas implementasi untuk hasil belajar kognitif mencapai 87,09%, hasil belajar afektif mencapai 87,10%, dan hasil belajar psikomotor mencapai 80,65%, (b)  aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berada pada rentang waktu ideal, (c) respon peserta didik terhadap pembelajaran positif. Dengan demikian, perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Kata-kata kunci: matematika realistik, media MTB, bilangan bulat.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Amrullah, Ahmad Khoirussyifa
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 3, No 1 (2017): Vol. 3 No. 1 Januari 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v3n1.p378-387

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep siswa sekolah dasar setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN kalirungkut IV Surabaya. Adapun materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi yang terdapat dalam Tema Lingkunganku Sahabatku Sub Tema manusia dan Lingkungan. Penelitian dilaksanakan pada semester kedua tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu yang didahului dengan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Postes Desain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 1) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran; 2) lembar pengamatan aktivitas siswa; 3) instrumen tes penguasaan konsep; dan 4) instrumen tes berpikir kreatif. Adapun teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan yang dialami peneliti menggunakan analisis N-Gain Skor. Berdasarkan hasil analisis N-gain Skore diperoleh skor N-gain untuk penguasaan konsep siswa tentang materi yang diajarkan adalah 0,67 dengan kategori sedang. Sedangkan dari hasil analisis N-gain skor untuk keterampilan berpikir kreatif yaitu aspek kelancaran 0.59, aspek keluwesan 0.58, aspek keaslian 0.59, dan aspek elaborasi 0.58. kategori dari keseluruhan adalah pada level sedang. Kata Kunci: prototipe buku siswa, prototipe buku guru, keterampilan proses sains
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Rahmawati, Ery
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 3, No 1 (2017): Vol. 3 No. 1 Januari 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v3n1.p346-350

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kelayakan LKS lingkungan tempat tinggalku dengan menggunakan pendekatan kontekstual, (2)mendeskripsikan efektifitas penggunaan LKS dengan pendekatan kontekstual dalam KBM berdasarkan keterlaksanaan RPP.dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan LKS yang menggunakan pendekatan kontekstual subtema lingkungan tempat tinggalku.Penelitian ini dilakukan di SDN 3 Bambe dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IVA dan IVB tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang dilakukan  adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan  ADDIE  (Analysis,  Design,  Development,  Implementation, Evaluation).Penelitian ini menghasilkan LKS subtema lingkungan tempat tinggalku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil validasi LKS yang meliputi aspek isi atau materi, aspek penyajian, aspek kebahasaan, dan aspek kegrafikan mendapat skor rata-rata 3,62 dengan kategori sangat baik. (2) Berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran mendapat skor yang dipersentase 94,3% dalam kategori sangat baik. (3) Berdasarkan hasil posttest hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol  dapat dilihat pada angka t-test yang mengasumsikan kedua populasi sama yaitu 6.597 diperoleh probabbilitas (sig) sebesar 0,000. Dengan angka probabilitas <0,05, maka dapat diartikan adanya perbedaan antara nilai yang diperoleh kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol sehingga dapat disimpulkan, pengembangan LKS dengan  menggunakan pendekatan kontekstual subtema lingkungan tempat tinggalku secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV Sekolah Dasar.Kata Kunci : LKS, Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar.

Page 1 of 2 | Total Record : 18


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol. 9 No. 3 (2023): Vol. 9 No. 3 September 2023 Vol. 9 No. 2 (2023): Vol. 9 No. 2 Mei 2023 Vol. 9 No. 1 (2023): Vol. 9 No. 1 Januari 2023 Vol. 8 No. 3 (2022): Vol. 8 No. 3 September 2022 Vol. 8 No. 2 (2022): Vol. 8 No. 2 Mei 2022 Vol. 8 No. 1 (2022): Vol. 8 No. 1 Januari 2022 Vol. 7 No. 1 (2021): Vol. 7 No. 1 Januari 2021 Vol. 7 No. 3 (2021): Vol. 7 No. 3 September 2021 Vol 7, No 2 (2021): Vol. 7 No. 2 Mei 2021 Vol. 7 No. 2 (2021): Vol. 7 No. 2 Mei 2021 Vol 7, No 1 (2021): Vol. 7 No. 1 Januari 2021 Vol. 6 No. 3 (2020): Vol. 6 No. 3 September 2020 Vol 6, No 3 (2020): Vol. 6 No. 3 September 2020 Vol. 6 No. 2 (2020): Vol. 6 No. 2 Mei 2020 Vol 6, No 2 (2020): Vol. 6 No. 2 Mei 2020 Vol. 6 No. 1 (2020): Vol. 6 No. 1 Januari 2020 Vol 6, No 1 (2020): Vol. 6 No. 1 Januari 2020 Vol 5, No 3 (2019): Vol. 5 No. 3 September 2019 Vol. 5 No. 3 (2019): Vol. 5 No. 3 September 2019 Vol 5, No 2 (2019): Vol. 5 No. 2 Mei 2019 Vol. 5 No. 2 (2019): Vol. 5 No. 2 Mei 2019 Vol. 5 No. 1 (2019): Vol. 5 No. 1 Januari 2019 Vol 5, No 1 (2019): Vol. 5 No. 1 Januari 2019 Vol. 4 No. 3 (2018): Vol. 4 No. 3 September 2018 Vol 4, No 3 (2018): Vol. 4 No. 3 September 2018 Vol 4, No 2 (2018): Vol. 4 No. 2 Mei 2018 Vol. 4 No. 2 (2018): Vol. 4 No. 2 Mei 2018 Vol 4, No 1 (2018): Vol. 4 No. 1 Januari 2018 Vol. 4 No. 1 (2018): Vol. 4 No. 1 Januari 2018 Vol. 3 No. 3 (2017): Vol. 3 No. 3 September 2017 Vol 3, No 3 (2017): Vol. 3 No. 3 September 2017 Vol. 3 No. 2 (2017): Vol. 3 No. 2 Mei 2017 Vol 3, No 2 (2017): Vol. 3 No. 2 Mei 2017 Vol 3, No 1 (2017): Vol. 3 No. 1 Januari 2017 Vol. 3 No. 1 (2017): Vol. 3 No. 1 Januari 2017 Vol. 2 No. 3 (2016): Vol. 2 No. 3 September 2016 Vol. 2 No. 2 (2016): Vol. 2 No. 2 Mei 2016 Vol. 2 No. 1 (2016): Vol. 2 No. 1 Januari 2016 Vol 2, No 3 (2016): Vol. 2 No. 3 September 2016 Vol 2, No 2 (2016): Vol. 2 No. 2 Mei 2016 Vol 2, No 1 (2016): Vol. 2 No. 1 Januari 2016 Vol 1, No 1 (2015): Vol. 1 No. 1 September 2015 Vol. 1 No. 1 (2015): Vol. 1 No. 1 September 2015 More Issue