cover
Contact Name
Hendratno
Contact Email
hendratno@unesa.ac.id
Phone
+6282234206376
Journal Mail Official
S2pendidikandasar@unesa.ac.id
Editorial Address
Gedung CPD Kampus Lidah Wetan Universitas Negeri Surabaya 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
ISSN : -     EISSN : 24608475     DOI : http://dx.doi.org/10.26740/jrpd
Core Subject : Education,
The Journal focus and scope: Research in the field of scientific concept of basic education includes mathematics, science, social studies, civics and Indonesian.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2018): Vol. 4 No. 2 Mei 2018" : 10 Documents clear
PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD KARANGTENGAH BARU KECAMATAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL Diah Nur Puspa Fajrin
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 4 No. 2 (2018): Vol. 4 No. 2 Mei 2018
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v4n2.p653-663

Abstract

ABSTRACTThis research aims to increase student activity and learning outcomes of social studies in Karangtengah Baru Elementary School Grade IV Subdistrict Imogiri District Bantul through the application of inquiry learning by using flow chart media. This type of research is a classroom action research which is held in three cycles.each cycle conducted through planning, action, observation, and reflection. This research was conducted in the second semester of the school year 2016/2017 in Karangtengah Baru Elementary School Grade IV Subdistrict Imogiri District Bantul with subject 22 students. Data collection techniques used in this research by using observation, test and documentation and The result of the research shows the improvement of teacher activity, students activity and students achievement. Teacher activity in the first cycle reach percentage on 71,86%, improving in the second cycle to 81,90% and increase to 85,83% on the third cycle. Students activity in the first cycle reach percentage on 71,86%, improving in the second cycle to 81,90% and the third cycle on 85,83%. Student learning outcomes showed that in the first cycle an average 74,41 students with reach percentage of achievement on 72,72% or 16 students completed and 6 students uncompleted. In the second cycle with average of 78,32, percentage of achievement on 77,27% or 17 students completed and 5 students did not completed the study. Increase at third cycle with an average of 82,63, reach percentage of achievement on 86,36% or 19 students completed and 3 students did not completed the study. Based on data analysis, it can be concluded that the application of inquiry learning by using flow chart media can increase the activity and learning outcomes of social studies grade IV in Karangtengah Baru Elementary School Grade IV Subdistrict Imogiri District Bantul. Keywords: Flow Chart, Inquiry Learning, Learning Outcomes of Social Studies and Student Activit. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Karangtengah Baru Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan media gambar berseri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus dilakukan empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Karangtengah Baru Imogiri Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 22 siswa. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes hasil belajar IPS dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar yang dicapai siswa.  Hal ini dapat dilihat dari pencapaian aktivitas guru sebesar 73,62% pada siklus I menjadi 84,10% pada siklus II dan meningkat menjadi 87,50% pada siklus III. Aktivitas siswa dalam pembelajaran siklus I mencapai persentase keberhasilan sebesar 71,86%, meningkat pada siklus II menjadi 81,90% dan siklus III sebesar 85,83%. Hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata 74,41 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 72,72% atau 16 siswa tuntas dan 6 siswa tidak tuntas. Hasil belajar siswa pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 78,32% dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 77,27%, 17 siswa tuntas dan 5 siswa tidak tuntas, meningkat pada siklus III dengan rata-rata nilai siswa 82,63, persentase ketuntasan klasikal 86,36% atau 19 siswa tuntas dan 3 siswa tidak tuntas. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri dengan media gambar berseri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV SD Karangtengah Baru Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul. Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar IPS, Media Gambar Berseri,  Pembelajaran Inkuiri
PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS Nur Khasanah
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 4 No. 2 (2018): Vol. 4 No. 2 Mei 2018
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v4n2.p664-673

Abstract

ABSTRACTThis research is a Classroom Action Research which aims to improve the activity and student learning outcomes using around environment with mind mapping techniq in the IV grade of SDI Al-Irsyad  Tarakan. This study was conducted on January 5, 2017 to february 16, 2017.The research was carried out in three cycles of learning. Each cycle consists of two meetings.The research subject is the IV grade of SDI Al-Irsyad Tarakan which consists of 30 students in the second semester of the academic year 2016/2017. And the object of research is the students learning activities and student learning outcomes. The result showed that the application of using around environment with mind mapping techniq in social studies material economic activity related to natural resources and other potentials in its region can increase the activity and student learning outcomes. It can be seen from the observation and analysis of data in each cycle. Increased students activity can be seen from the increase of the percentage of students activity in the first cycle is 75,19% become 82,13% in the second cycle and 87,72% in the third cycle. Improving student learning outcomes can be seen from the increase in the learning outcomes completeness in the first cycle is 63,33% become 76,67% in the second cycle and 93,33% in the third cycle. Based on these results it can be concluded that the application of using aroud environment with mind mapping techniq in social studies material economic activity related to natural resources and other potential activity in its region can improve student learning activities and student learning outcomes the IV grade of SDI Al-Irsyad Tarakan. Keywords: Contextual Teaching and Learning, Mind Mapping, Student Activity, Learning outcomes. ABSTRAKPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pemanfaatan lingkungan sekitar dengan teknik Mind Mapping pada siswa kelas IV SDI Al-Irsyad Kota Tarakan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 5 Januari 2017 sampai dengan tanggal 16 Februari 2017. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDI A-Irsyad Kota Tarakan yang berjumlah 30 siswa pada semester 2 tahun pelajaran 2016/2017, dan objek penelitiannya adalah aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar dengan teknik mind mapping pada pembelajaran IPS materi pokok aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan dan analisis data pada setiap siklus yang telah dilaksanakan. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari peningkatan persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75,19% menjadi 82,13% pada siklus II dan 87,72% pada siklus III. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 63,33%% menjadi 76,67% pada siklus II dan 93,33% pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar dengan teknik mind mapping dalam pembelajaran IPS materi pokok aktivitas ekonomi  yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDI Al-Irsyad Kota Tarakan Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Mind Mapping, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN SOGE KANDANGHAUR INDRAMAYU Siti Muswaroh
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 4 No. 2 (2018): Vol. 4 No. 2 Mei 2018
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v4n2.p674-685

Abstract

ABSTRACTThis research aims to describe of execution of social studies by using cooperative learning model think pair share with media puzzles of class of V SDN Soge Kandanghaur Indramayu. This research design uses Classroom Action Research (CAR) model of Kemmis and Mc.Taggart. The research model consist of plan, act and observe, and reflect. Method of descriptive research qualitative.. Data collecting used by method observation and tes. This research showed result that 1) activity of students reach 75% at cycle I, 85,23% at cycle II and 89% at cycle III. 2) result of student learning outcomes of cycle I and cycle II by using cooperative learning model think pair share with media puzzles show improvement that 56,25% at cycle I and 75% at cycle II and 89% at cycle III. Based on these results it can be concluded that student learning activities and student learning outcomes has increased.  Keywords : Activity, Learning Outcomes, Think Pair Share With Media Puzzles ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan media puzzle kelas V SDN Soge Kandanghaur Indramayu. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc.Taggart. Model penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan observasi serta tahap refleksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa 1) aktivitas siswa baik pada siklus I, II maupun siklus III menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan persentase pada siklus I sebesar 75% menjadi 85,23% pada siklus II, dan 89% pada siklus III. 2) hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan media puzzle pada siklus I sebesar 56,25% menjadi 75% pada siklus II, dan 93,75 % pada siklus III. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Think Pair Share Berbantuan Media Puzzle
ETNOMATEMATIKA PASURUAN: EKSPLORASI GEOMETRI UNTUK SEKOLAH DASAR PADA MOTIF BATIK PASEDAHAN SUROPATI Bakhrul Ulum
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 4 No. 2 (2018): Vol. 4 No. 2 Mei 2018
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v4n2.p686-696

Abstract

ABSTRACTThis research aims to explore and describe the ethnomathematics on Pasuruan society from the concept of geometry for elementary school on the Pasedahan Suropati batik motive, the philosophical meaning of it, and the alternative usage in teaching geometry in primary school. This research is a qualitative research with ethnographic approach, in wich the technique of collecting a literature study, observation, interviews, fields note, and documentation. Based on the data collecting, there are 6 kinds of Pasedahan Suropati batik in Pasuruan, they are Suruh Leaves motive, Podang Bird motive, Harmoni Built motive, Tembikar motive, Phoniex Bird motive, and Mangrove motive. The meaning of Pasedahan Suropati batik philosophically is Untung Suropati is very wise person, so people who wear this Pasedahan Suropati batik is expected has a wise attitude Untung Suropati. The concept of geometry of elementary school on Pasedahan Suropati batik motive is the concept of point, straight lines, curved lines, zig-zag lines, high lines, parallel lines, angels, triangle, rectangle, oval, and fold symmetry. Thus, the geometry concept of Pasedahan Suropati batik motive in elementary school, can be used in learning geometry such as the introduction of line, the introduction of the angle, and the introduction of shape.  Keywords: Ethnomathematics, geometry, Pasedahan Suropati batik. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menggali dan mendeskripsikan etnomatematika yang ada pada masyarakat Kota Pasuruan yang dilihat dari konsep geometri untuk sekolah dasar yang terdapat pada motif batik Pasedahan Suropati, makna filosofis yang terkandung di dalamnya, serta alternatif penggunaannya dalam pembelajaran geometri di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi, yang mana teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara studi kepustakaan, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengumpulan data penelitian diperoleh 6 jenis motif batik Pasedahan Suropati yang ada di Kota Pasuruan, yaitu motif Daun Suruh, motf Burung Podang, motif Gedung Harmoni, motif Tembikar, motif Burung Phoenix, dan motif Mangrove. Secara filosofis batik Pasedahan Suropati memiliki makna bahwa Untung Suropati adalah orang yang sangat bijaksana, jadinya orang yang memakai batik Pasedahan Suropati diharapkan memiliki sifat bijaksana laksana Untung Suropati. Konsep geometri untuk sekolah dasar yang ada pada motif batik Pasedahan Suropati adalah konsep titik, garis lurus, garis lengkung, garis zig-zag, garis tinggi, garis sejajar, sudut, segitiga, persegipanjang, oval, dan simetri lipat. Dengan demiian, motif batik Pasedahan Suropati yang memiliki konsep geometri untuk sekolah dasar, tentunya dapat digunakan dalam pembelejaran geometri seperti pada pengenalan garis, pengenalan sudut, dan pengenalan bangun datar sederhana. Kata Kunci: Etnomatematika, geometri, batik Pasedahan Suropati.
PENGEMBANGAN BUKU TEKS BERBASIS KARAKTER MENGGUNAKAN MULTIMEDIA SEBAGAI PENUNJANG MODEL TGT Ariska Mandalika
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 4 No. 2 (2018): Vol. 4 No. 2 Mei 2018
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v4n2.p697-703

Abstract

ABSTRACTThe general objective of the research is to develop text books thematic books using multimedia as a support TGT model for class V SD. Type of research is the development of design research 4D models consisting of defining, design, development, and deployment. In this study, textbook development adapted only to the stage of development, textbooks used only in pilot school, with no spread to the other schools. The data was obtained as follows: the percentage of the material feasibility of 100%, 100% eligibility presentation, linguistic appropriateness 96.42%, and 95.83% grafic feasibility. All these categories, including quality category (very decent / good). Obtaining the results of observations of the activities of teachers and students respectively were 96.87% and 97.05%. The response of teachers and students to the textbook was 100% and 96.10%. Classical completeness of student learning outcomes of 85.71%, the completeness criteria ≥ 70. Based on the discussion of the results, we can conclude that in terms of products and the use of textbooks thematic use multimedia as a supporting character using TGT model fit for use.                                               Keywords: Character, Multimedia, Textbook Development, TGT. ABSTRAKTujuan umum penelitian adalah mengembangkan buku buku teks tematik menggunakan multimedia sebagai penunjang model TGT untuk kelas V SD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan desain model four-D yang terdiri atas tahap pendefinisisan, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Dalam penelitian ini pengembangan buku teks diadaptasi hanya sampai pada tahap pengembangan, buku teks yang dikembangkan hanya digunakan pada sekolah ujicoba, tanpa disebar pada sekolah lain.  Data hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: persentase kelayakan materi 100%, kelayakan penyajian 100%, kelayakan kebahasaan 96.42%, dan kelayakan kegrafikaan 95.83%. Semua kategori tersebut termasuk kategori berkualitas (sangat layak/baik). Perolehan hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa berturut-turut adalah 96.87% dan 97.05%. Respon guru dan siswa terhadap buku teks adalah 100% dan 96.10%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebesar 85.71% yang sesuai dengan kriteria ketuntasan ≥ 70.. Berdasarkan diskusi hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa segi produk dan penggunaan buku teks tematik berbasis karakter menggunakan multimedia sebagai penunjang model TGT layak digunakan. Kata Kunci: Karakter,  Multimedia, Pengembangan Buku Teks, TGT.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA PHOTO STORY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GLAGAHOMBO 2 SLEMAN Hasti Wulandari
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 4 No. 2 (2018): Vol. 4 No. 2 Mei 2018
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v4n2.p704-714

Abstract

ABSTRACTThis research was an action research that aims to insrease the activities and student learning result with the implementation model of cooperative learning type teams games tournament with photo story media to increase the activities and learning result of social science in the fifth grade of Glagahombo 2 Elementary School.. The increase of student activities could be seen from the percentage increase of student activities from the first cycle, that was 65,48% became 77,54% in the second cycle and in the third cycle achieved 86,58%. The percentage of student learning result also increased from the first cycle 57,89% became 68,42% in the second cycle and in the third cycle achieved 89,47%. Based on the research result could be concluded that the implementation model of cooperative learning type teams games tournament with photo story media, could increase the activities and the students learning result of Social Science with the material learning of the struggle againsted colonizer in the fifth grade students of Glagahombo 2 Elementary School Keywords: Student Activities, Learning Result, Photo Story Media. ABSTRAKPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan media Photo Story pada siswa kelas V SDN Glagahombo 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan media Photo Story, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus I sebesar 65,48% menjadi 77,54% pada siklus II dan pada siklus III mencapai 86,58%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa juga meningkat dari siklus I sebesar 57,89% menjadi 68,42% pada siklus II dan pada siklus III mencapai 89,47%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan media Photo Story dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS dengan materi Perjuangan Melawan Penjajah pada siswa kelas V SDN Glagahombo 2. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil belajar, Media Photo Story.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MATA PELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR Dessy Setyowati
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 4 No. 2 (2018): Vol. 4 No. 2 Mei 2018
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v4n2.p715-725

Abstract

ABSTRACTThis research aim to produce a students worksheet by using project based learning model which is feasible, practical, and effective to improve learning outcomes. Type of this research is reflective, recursive, and develomment (R2D2). Based on the data we collected, students worksheet as well as its support devices is feasible. Concerning implementation students worksheet, the developed students worksheet is practical. Field test results on students worksheet in the independent output of test sample showed that t calculation < t table (-5.427<-2.016) and P value (0.000 <0.05). Therefore in accordance with the decision making basis in t-test then alternative hypothesis is accepted. So it can be concluded that students worksheet by using project based learning model is feasible, practical, and effective to used to improve the learning outcomes in subject of social science for the fourth grade in elementary school. Keywords : Effectively, Feasibility, Practicatily, Project Based Learning Model,                    Students Worksheet. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan menghasilkan lembar kerja peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan Reflective, Recursive, Design and Development (R2D2). Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, maka lembar kerja beserta perangkat pendukungnya dinyatakan layak. Ditinjau dari keterlaksanaan, maka lembar kerja peserta didik dikatakan praktis. Hasil uji lapangan pada output Independent Sample T-test nilai t hitung<-t tabel (-5,427<-2,016) dan P value (0,000<0,05), maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam Uji T-Test maka Hipotesis alternatif diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV di Sekolah Dasar Kata Kunci: Efektif, Layak, Lembar Kerja Peserta Didik, Model Pembelajaran                     Berbasis Proyek, Praktis.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Dwi Indah Rahayuningsih
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 4 No. 2 (2018): Vol. 4 No. 2 Mei 2018
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v4n2.p726-733

Abstract

ABSTRACTThis study was aimed to produce students worksheet using scientific approach which can be properly used, practically implemented, and is effective to Improve Learning Outcomes of social science Subjects for fourth graders of Elementary school. This study used Dick and Carrey developemental model consisting of 10 steps. Based on the research results, it was found that (1) students worksheet was categorized as valid (87.5%) by the validator (2) the feasibility of students worksheet was categorized as very practical (88.5%) (3) The significant difference of learning outcomes between classes using students worksheet with a scientific approach and the one which was not, by a margin of 0.15 was  higher for class using students worksheet with a scientific approachKeywords: Scientific Approach, Social Science Subjects,  Students Learning                   Outcomes, Students Worksheet. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD dengan pendekatan saintifik yang layak digunakan, praktis dilaksanakan, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS bagi siswa Kelas IV SD. Prosedur pengembangan menggunakan model Dick and Carrey dengan 10 langkah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKPD dinyatakan sangat valid (87,5%) oleh validator (2) Keterlaksanaan pembelajaran sangat praktis (88,5%) (3) Perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan LKPD dengan pendekatan saintifik dan yang tidak, dengan selisih peningkatan 0,15 lebih tinggi kelas yang menggunakan LKPD dengan pendekatan saintifik. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, IPS, LKPD, Pendekatan Saintifik.
PENERAPAN PEMBELAJARAN PENGAJUAN MASALAH BERBANTUAN PAPAN MAGNETIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT Choirun Ulfanisa
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 4 No. 2 (2018): Vol. 4 No. 2 Mei 2018
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v4n2.p734-740

Abstract

ABSTRACTThis research is aimed to improve students understanding in integer arithmetic operations through the application of learning to use problem posing with magnetic board media in 4th grade student SDN Bangsal 4 Kediri City. This research was conducted in two cycles, cycle I and cycle 2. Each cycle consisted of two meetings which the students activity do problem posing with magnetic board. Research data show an increase students understanding on integer arithmetic operations. This achievement can be seen from the class average value of the final test cycle I at 76,75 with classical completeness 72,5% and the class average value of final test second cycle of 82,13 with classical completeness 85%. Students response to the problem posing learning with the help of a magnetic board in this research were very positive. This is evident from the results of the student questionnaire consisting of 8 statement and all of them gained very positive criteria of students. Problems were found during a lesson using a problem posing with magnetic board media especially student take a long time to create questions or in examining the matter and the results of the answers that the student. Based on the analysis of data can be concluded that the problem posing learning with the magnetic board media effective to enhance students understanding class IV SDN Bangsal 4 Kediri City. Keywords: Problem Posing, Magnetic Board Media, Understanding, Student Response. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap operasi hitung bilangan bulat melalui penerapan pembelajaran menggunakan pengajuan masalah dengan media papan magnetik pada siswa kelas IV SDN Bangsal 4 Kota Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dimana kegiatan siswa melakukan pengajuan masalah dengan bantuan papan magnetik. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa pada operasi hitung bilangan bulat. Pencapaian ini dapat dilihat dari rata-rata kelas nilai tes akhir siklus I sebesar 76,75 dengan ketuntasan klasikal sebesar 72,5% dan rata-rata kelas nilai tes akhir siklus II sebesar 82,13 dengan ketuntasan klasikal sebesar 85%. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan model pengajuan masalah dengan bantuan papan magnetik dalam penelitian ini sangat positif. Hal ini terlihat dari hasil angket siswa yang terdiri dari 8 pernyataan dan semuanya memperoleh kriteria sangat positif dari siswa. Kendala yang ditemukan pada saat pembelajaran menggunakan pengajuan masalah dengan media papan magnetik terutama siswa membutuhkan waktu yang lama dalam membuat soal ataupun dalam memeriksa soal dan hasil jawaban yang dibuat siswa. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pengajuan masalah dengan media papan magnetik efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa Kelas IV SDN Bangsal 4 Kota Kediri. Kata Kunci: Pembelajaran Pengajuan Masalah, Media Papan Magnetik,  Pemahaman, Respon Siswa.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDM 020 KUOK Muhammad Syahrul Rizal
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 4 No. 2 (2018): Vol. 4 No. 2 Mei 2018
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v4n2.p741-751

Abstract

ABSTRACTThis research aims to analyze the influence of cooperative learning model types Think Talk Write (TTW) against the liveliness of the grade IV SD and to analyze the influence of cooperative learning model type TTW against student learning outcomes grade IV SD.This research was conducted at SDM 020 Kuok Kampar to the subject of research is the grade IVa as a class experiment and grade 1Vb as class control in learning 2016/2017. This type of research is research conducted experiments with design research on non equivalent control group design. The instruments used in the penelitia this is the observation sheet liveliness student learning and learning outcomes a matter of grain. Data research results shows thitung (21.179) > ttabel (1.682), this means there are differences the liveliness of students. After holding of treatment and done posttest, experimental class students may be higher compared to the control class. So, there's the influence of model learning TTW against liveliness student learning. As for the second hypothesis testing, data student learning outcomes (pretest) with a value of thitung (0.015) < ttabel (1.682), this shows the lack of difference in the ability of the student learning outcomes. After being given treatment and posttest, then the data research results the results of student learning (posttest) indicates the value of the thitung (4,200) > ttabel (1.682), this means that there is a difference in the ability of the student learning outcomes. After being given treatment and posttest results, student learning in the classroom experiment higher compared to the control class. So, there's the influence of model learning student learning outcomes against TTW. Based on the results of data analysis, It can be concluded that cooperative learning model type TTW influence on learning outcomes and student activity significantly. Keywords: Cooperative Learning Model Types Think Talk Write (TTW), Learning Results, Students May Be. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap keaktifan siswa kelas IV SD dan untuk menganalisa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TTW terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Penelitian ini dilakukan di SDM 020 Kuok Kampar dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IVa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas 1Vb sebagai kelas control pada tahun pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitia ini adalah lembar observasi keaktifan belajar siswa dan butir soal hasil belajar. Data hasil penelitian keaktifan menunjukkan thitung (21,179) > ttabel (1.682), hal ini berarti ada perbedaan keaktifan siswa. Setelah diadakannya treatment dan dilakukan posttest, keaktifan siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas control. Jadi, ada pengaruh model pembelajaran TTW terhadap keaktifan belajar siswa. Sedangkan untuk pengujian hipotesis kedua, data hasil belajar siswa (pretest) dengan nilai thitung (0,015) < ttabel (1.682), ini menunjukkan tidak adanya perbedaan kemampuan hasil belajar siswa. Setelah diberikan treatment dan dilaksanakan posttest, maka data hasil penelitian hasil belajar siswa (posttest) menunjukkan nilai thitung (4.200) > ttabel (1.682), hal ini mengartikan bahwa terdapat perbedaan kemampuan hasil belajar siswa. Setelah diberikan treatment dan dilaksanakan posttest, hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Jadi, ada pengaruh model pembelajaran TTW terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TTW berpengaruh terhadap keaktifan siswa dan hasil belajar secara signifikan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW),                     Keaktifan Siswa, Hasil Belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol. 9 No. 3 (2023): Vol. 9 No. 3 September 2023 Vol. 9 No. 2 (2023): Vol. 9 No. 2 Mei 2023 Vol. 9 No. 1 (2023): Vol. 9 No. 1 Januari 2023 Vol. 8 No. 3 (2022): Vol. 8 No. 3 September 2022 Vol. 8 No. 2 (2022): Vol. 8 No. 2 Mei 2022 Vol. 8 No. 1 (2022): Vol. 8 No. 1 Januari 2022 Vol. 7 No. 1 (2021): Vol. 7 No. 1 Januari 2021 Vol. 7 No. 3 (2021): Vol. 7 No. 3 September 2021 Vol 7, No 2 (2021): Vol. 7 No. 2 Mei 2021 Vol. 7 No. 2 (2021): Vol. 7 No. 2 Mei 2021 Vol 7, No 1 (2021): Vol. 7 No. 1 Januari 2021 Vol. 6 No. 3 (2020): Vol. 6 No. 3 September 2020 Vol 6, No 3 (2020): Vol. 6 No. 3 September 2020 Vol. 6 No. 2 (2020): Vol. 6 No. 2 Mei 2020 Vol 6, No 2 (2020): Vol. 6 No. 2 Mei 2020 Vol. 6 No. 1 (2020): Vol. 6 No. 1 Januari 2020 Vol 6, No 1 (2020): Vol. 6 No. 1 Januari 2020 Vol 5, No 3 (2019): Vol. 5 No. 3 September 2019 Vol. 5 No. 3 (2019): Vol. 5 No. 3 September 2019 Vol 5, No 2 (2019): Vol. 5 No. 2 Mei 2019 Vol. 5 No. 2 (2019): Vol. 5 No. 2 Mei 2019 Vol. 5 No. 1 (2019): Vol. 5 No. 1 Januari 2019 Vol 5, No 1 (2019): Vol. 5 No. 1 Januari 2019 Vol. 4 No. 3 (2018): Vol. 4 No. 3 September 2018 Vol 4, No 3 (2018): Vol. 4 No. 3 September 2018 Vol 4, No 2 (2018): Vol. 4 No. 2 Mei 2018 Vol. 4 No. 2 (2018): Vol. 4 No. 2 Mei 2018 Vol 4, No 1 (2018): Vol. 4 No. 1 Januari 2018 Vol. 4 No. 1 (2018): Vol. 4 No. 1 Januari 2018 Vol. 3 No. 3 (2017): Vol. 3 No. 3 September 2017 Vol 3, No 3 (2017): Vol. 3 No. 3 September 2017 Vol. 3 No. 2 (2017): Vol. 3 No. 2 Mei 2017 Vol 3, No 2 (2017): Vol. 3 No. 2 Mei 2017 Vol 3, No 1 (2017): Vol. 3 No. 1 Januari 2017 Vol. 3 No. 1 (2017): Vol. 3 No. 1 Januari 2017 Vol. 2 No. 3 (2016): Vol. 2 No. 3 September 2016 Vol. 2 No. 2 (2016): Vol. 2 No. 2 Mei 2016 Vol. 2 No. 1 (2016): Vol. 2 No. 1 Januari 2016 Vol 2, No 3 (2016): Vol. 2 No. 3 September 2016 Vol 2, No 2 (2016): Vol. 2 No. 2 Mei 2016 Vol 2, No 1 (2016): Vol. 2 No. 1 Januari 2016 Vol 1, No 1 (2015): Vol. 1 No. 1 September 2015 Vol. 1 No. 1 (2015): Vol. 1 No. 1 September 2015 More Issue