cover
Contact Name
Hendra
Contact Email
hendra@stmik-im.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jalan jakarta No.79 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
ISSN : 20858795     EISSN : 27157040     DOI : 10.37424
Core Subject : Science,
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) terbit pertama kali pada tahun 2009. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian di bidang teknik informatika, manajemen informatika dan sistem informasi. Jurnal Informatika terbit 2 (dua) kali setahun, yaitu pada bulan Mei dan November.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 1 (2021): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)" : 6 Documents clear
Implementasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Technique for Order Preference by Similariy to Ideal Solution (TOPSIS) pada Penerimaan Karyawan (Studi Kasus : PT. Seikou Seat Cover) Olvi Oktavia; Sri Kurniasih
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 13 No 1 (2021): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK Indonesia Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37424/informasi.v13i1.62

Abstract

Karyawan merupakan sumber daya manusia yang sangat penting dalam suatu perusahaan. Tujuan diadakannya rekrutmen adalah untuk mencari calon karyawan dengan kriteria tertentu dalam memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu pihak perusahaan dalam proses penerimaan karyawan menggunakan sistem pendukung keputusan dengan tujuan dapat merekomendasikan pihak perusahaan dalam menentukan posisi/jabatan yang sesuai dengan kriteria pelamar. Sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). SAW digunakan dalam mencari pejumlahan terbobot dari rating kinerja setiap alternatif, melakukan normalisasi matrik keputusan dan perankingan untuk menghasikan lima alternatif tertinggi dari yang terpilih. Sedangkan metode TOPSIS digunakan untuk menghitung setiap alternatif terpilih untuk menghasilkan rekomendasi posisi/jabatan bagi pelamar. Dalam membangun perangkat lunaknya menggunakan bahasa pemrograman PHP dan server database yang digunakan terdiri dari XAMPP dan MySQL. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu pihak perusahaan dalam menentukan proses penerimaan karyawan dan merekomendasikan posisi/jabatan untuk pelamar sesuai dengan penilaian kriteria dari masing-masing pelamar.
Sistem Informasi Perpustakaan dengan Implementasi Model Waterfall Adi Nurseptaji; Yudi Ramdhani
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 13 No 1 (2021): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK Indonesia Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37424/informasi.v13i1.68

Abstract

Sistem Informasi Perpustakaan merupakan gabungan melalui teknologi informasi dan juga aktivitas manusia yang menanfaatkan dari teknologi itu sendiri sebagai dukungan operasi untuk manajemen dalam pengolahan data dan juga informasi. Dalam pemahaman yang begitu luas, istilah dari sistem informasi perpustakaan yang lebih dikenal mengacu pada interaksi antar manusia dan teknologi pada proses algoritma, data, informasi dan juga teknologi sehingga menghasilkan informasi yang bermanfaat. Sistem Informasi Perpustakaan ini bertujuan untuk mempermudah proses pengelohan data dan informasi yang ada pada perpustakaan umumnya. Sistem Informasi Perpustakaan ini menggunakan metode waterfall yang merupakan sebuah metode klasik yang bersifat sistematis secara berurutan dalam membangun perangkat lunak dari mulai tahap analisis, desain, coding, testing dan juga maintenance. Tools yang digunakan untuk pemodelan perangkat lunak menggunakan unified modeling language (UML) seperti use case diagram, activity diagram, sequence diagram. Sistem Informasi Perpustakan ini dapat mempermudah dan mempercepat proses pengelolaan data dan informasi yang ada pada perpustakaan sehingga diharapkan tidak terjadi kesalahan dalam proses pencarian dan pengelolaan data informasi yang ada pada perpustakaan seperti data buku, data peminjam, data pengembalian serta pembuatan laporan dapat lebih real time, efektif dan efesien. Sistem informasi Perpustakaan harus selalu di maintenance secara berkala sesuai dengan kebutuhan user.
Penggunaan Artificial Neural Network pada Sinyal Elektrokardiogram untuk Mendeteksi Penyakit Jantung Aritmia Supraventrikular Niendy Alexandra Yosephine; Ratnadewi
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 13 No 1 (2021): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK Indonesia Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37424/informasi.v13i1.69

Abstract

Aritmia supraventrikular adalah salah satu jenis gangguan irama jantung yang bersumber dari nodus AV atau impuls listrik di atrium, dengan keadaan jantung yang berdetak lebih cepat dari normal. Aritmia supraventrikular masih dapat diobati dengan obat tertentu sehingga akan sangat membantu penderita bila penyakit tersebut terdeteksi lebih awal. Pemrosesan sinyal elektrokardiogram (EKG) terhadap penyakit Aritmia supraventrikular perlu dilakukan untuk mendeteksi lebih awal adanya permasalahan pada jantung khususnya penyakit aritmia supraventrikular. Artificial Neural Network (ANN) digunakan untuk mendeteksi penyakit jantung Aritmia supraventrikular dan jantung normal karena kelebihannya dalam mengklasifikasi suatu data dengan tepat, proses yang singkat dan pengelolaan mandiri. Hasil akhir dalam penelitian ini didapatkan nilai tertinggi dalam keberhasilan mengklasifikasi berasal dari struktur algoritma Multi-Layer Perceptron. Nilai akurasi hasil pengujian tertinggi berasal dari metode pelatihan menggunakan Resilient Backpropagation yaitu sebesar 87,5%. Nilai specificity hasil pengujian tertinggi berasal dari metode pelatihan menggunakan Levenberg Marquard sebesar 83,3%. Nilai sensitivity hasil pengujian tertinggi berasal dari metode pelatihan menggunakan Resilient Backpropagation yaitu sebesar 100%.
Implementasi Sistem Pakar dengan Algortima Naïve Bayes dengan Laplace Correction untuk Diagnosis Tuberkulosis Paru Yanti Apriyani; Iqbal Dzulfiqar Iskandar Iskandar; Mira Kusmira; Melisa Winda Pertiwi; Imam Amirulloh; Taufik Wibisono
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 13 No 1 (2021): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK Indonesia Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37424/informasi.v13i1.72

Abstract

Tuberkulosis atau tuberculosis (TBC) merupakan salah satu penyakit menular berbahaya yang disebabkan oleh kuman dari kelompok Mycobacterium Tuberculosis. Sebagian besar kuman tuberkulosis menyerang organ paru-paru dan menyerang organ yang lainnya. Menurut WHO Indonesia menjadi salah satu negara dengan beban tuberkulosis tinggi dengan jumlah kasus terbaru Tuberkulosis di Indonesia mencapai 420.994 kasus pada tahun 2017, hal tersebut dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan masyarakat akan tuberculosis dan enggan untuk memeriksakan gejala-gejala awal yang diderita kepada dokter. Dari permasalahan tersebut perlu dibangun sebuah sistem pakar yang berbasis perangkat lunak bertujuan untuk membantu dan memudahkan masyarakat dalam mendiagnosis gejala awal tuberculosis sebelum berkonsultasi kepada tenaga Kesehatan lebih lanjut. Diagnosis penyakit dengan menggunakan sistem pakar memerlukan sebuah metode algoritma dalam penyelesaiannya. Pada riset ini metode yang digunakan untuk membangun perangkat lunak sistem pakar diagnosis tuberculosis paru menggunakan waterfall, sedangakan proses klasifikasi untuk menentukan Diagnosis menggunakan algortima Naïve Bayes dengan Laplace Correction. Tujuan dari riset ini adalah untuk mendiagnosis gejala-gejala yang dialami pasien dan dapat menyimpulkan layaknya seorang pakar atau dokter saat mendiagnosis pasiennya serta memberikan pengetahuan gangguan apa yang diderita oleh pasien. Terkait hasil riset ini adalah berupa aplikasi sistem pakar Diagnosis penyakit tuberculosis paru berbasis desktop, dan telah dilakukan Pengujian sistem. Pengujian sistem ini dilakukan menggunakan black box testing yang berfokus pada proses masukan dan keluaran dari aplikasi terhadap perangkat lunak Diagnosis penyakit tuberkulosis. Sedangkan data hasil uji aplikasi Diagnosis menunjukan Kelas Positif Tuberkulosis lebih besar dengan nilai 0.000129803, dibandingkan dengan nilai kelas Negatif Tuberkulosis dengan nilai 0.0000000018. Maka dapat dinyatakan bahwa pasien tersebut Positif Tuberkulosis atau Pasien Mengalami Tuberkulosis Paru. Dampak dari riset ini masyarakat dapat mendiagnosis secara mandiri sehingga dapat mengetahui gejala awal dari tuberculosis.
Efektifitas Penggunaan Games Edukasi untuk Meningkatkan Kemampuan dan Hasil Belajar Siswa dengan Aplikasi Mobile Learning pada Mata Kuliah Computer Programming Patmah Fatoni; Mira Rosalina
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 13 No 1 (2021): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK Indonesia Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37424/informasi.v13i1.74

Abstract

Mata kuliah Computer Programming merupakan mata kuliah yang cukup banyak menyita waktu dalam menjelaskan model, kode sumber, rangkaian instruksi dan fungsi spesifik pada bahasa komputer, dan setiap mahasiswa membutuhkan konsentrasi agar dapat memahami dan mengerti mata kuliah computer programming dalam waktu satu semester. Namun mahasiswa mengalami kejenuhan sehingga isi mata kuliah tidak dapat tersampaikan dengan baik oleh karena itu penelitian ini menggunakan metode proses pembelajaran menggunakan games edukasi dalam satu semester. Bahasa pemrograman fungsional dan bahasa pemrograman logikal yang terdapat dalam mata kuliah computer programming dapat disampaikan melalui games edukasi yang memiliki operasi matematika dan sumber kode yang dibutuhkan dalam modus interaktif yang dapat diterjemahkan dan dieksekusi lebih mendalam dan sederhana. Games edukasi ini merupakan media pembelajaran yang bersifat mendidik, mandiri dan merdeka dalam menjalankan pembelajaran, diharapkan mahasiswa dapat berpikir kreatif, inovatif dan produktif secara asyik dan menyenangkan. Metode penelitian pengambilan data menggunakan model pembelajaran mobile learning berupa tutorial, latihan praktek, penemuan dan simulasi pengambilan data. Dengan games edukasi aplikasi mobile learning, mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar pada mata kuliah computer programming dengan melakukan metode penelitian secara kuantitatif berupa angka dan analisa menggunakan teknik statistika yang dapat dilihat dari hasil normalisasi gain yang diperoleh sebesar 0.52 atau 52% termasuk ke dalam kategori sedang atau sebagian besar mahasiswa mengalami peningkatan hasil belajar. Penggunaan games edukasi mobile learning cukup efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dilihat dari nilai normalisasi gain dan respon belajar mahasiswa dalam pencapaian pembelajaran yang terarah dan tercapai seluruh isi satuan pembelajaran mata kuliah computer programming. Dengan meningkatnya hasil belajar yang diperoleh maka mahasiswa memiliki kepercayaan diri yang lebih, dapat merancang tujuan lebih detail dan dapat menerima serta mempelajari hal baru yang meningkatkan ilmu dan keterampillannya.
Pemetaan Penyebaran Titik Rawan Kriminalitas di Kota Bandung Menggunakan Leaflet Javascript Library Berbasis Website Rio Ariswendi; Chairuddin .
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 13 No 1 (2021): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK Indonesia Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37424/informasi.v13i1.76

Abstract

Kota Bandung sebagai Ibu kota Propinsi Jawa Barat menjadi pusat perekonomian yang akan berdampak besar terhadap peningkatan pergerakan dan mobilitas. Bandung juga memiliki masalah yang pada umumnya dimiliki kota besar lainnya, yaitu kriminal. Kota Bandung merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki jumlah kasus kriminal yang cukup tinggi dengan banyak kasus kriminal yang terjadi di sekitar jalan raya. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi kasus kriminal di jalan raya adalah dengan memberikan informasi mengenai daerah mana saja yang rawan kriminal yang terjadi sebelumnya. Titik wilayah merupakan salah satu cara untuk menyajikan informasi tersebut. Dalam pendataan dan kolaborasi dengan Leaflet.Js sebagai perpustakaan yang digunakan untuk pembuatan peta WEBGIS, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengaksesnya dimanapun dan kapanpun sebagai informasi tentang penyebaran titik rawan kriminalitas di kota Bandung.

Page 1 of 1 | Total Record : 6