cover
Contact Name
Dewi Rulia Br Sitepu
Contact Email
serunaibudidaya@gmail.com
Phone
+6281370463131
Journal Mail Official
Jl. Gaharu No. 147 Kel. Jati Makmur, Binjai Utara
Editorial Address
Jl. Gaharu No. 147 Kel. Jati Makmur, Binjai Utara
Location
Kota binjai,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan
ISSN : 20899483     EISSN : 26558386     DOI : 10.37755
jurnal serunai pancasila dan kewarganegaraan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tabun yakni bulan februari dan agustus. Penerbitan jurnal ini sebafagai sarana untuk menampung arikel-artikel ilmiah berasal dari penelitian, kajian-kajian atau makalah ilmiah dari para peneliti maupun dosen yang sudah dipilih pada bidang pancasila dan kewarganegaraan. artikel ilmiah yang dikirim pada redaksi harus merupakan naskah asli dan tidak pernah dipublikasi di tempat lain. artikel ilmiah dalametiap penerbitan meryupakan tanggung jawab penulis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2021): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN ( MARET) 2021" : 4 Documents clear
EFEKTIVITAS MAL PELAYANAN PUBLIK (MPP) SEBAGAI WADAH TERINTEGRASI DALAM KAITAN PEMENUHAN KEBUTUHAN PUBLIK DI KABUPATEN LANGKAT Muhlis Fahdiar Sembiring; Muslim Sembiring
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 10, No 1 (2021): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN ( MARET) 2021
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jspk.v10i1.379

Abstract

Tujuan dalam penelitian yaitu sebagai berikut untuk mengetahui pelayanan publik di Kabupaten Langkat dan untuk mengetahui kendala yang ditemui saat melaksanakan pemenuhan kebutuhan layanan publik di Kabupaten Langkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kabupaten Langkat yakni Langkat Hulu dan Langkat Hilir. Subjek dalam penelitian ini adalah Penduduk Kabupaten Langkat. Adapun objek dalam penelitian ini adalah Kebutuhan masyarakat di wilayah Kabupaten Langkat terhadap pelayanan publik yang diberikan dalam kaitannya dengan Efektivitas Mal Pelayanan Publik (MPP) Sebagai Wadah Terintegrasi Dalam Kaitan Pemenuhan Kebutuhan Publik Di Kabupaten Langkat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model analisis data menurut Miles dan Huberman. Hasil dalam penelitian ini tingkat efektifitas dan efesiensi menjadi indikator suksesi dalam pemenuhan kebutuhan pelayanan publik di Kabupaten Langkat. Dan Untuk mewujudkan sistem pelayanan administrasi yang memiliki karakter demikian, salah satu strategi yang perlu dikembangkan dalam MPP adalah melalui pembentukan Unit Pelayanan (UP) yang memiliki kewenangan khusus dalam pemberian perizinan.
PERANAN GURU PPKn SEBAGAI PENDIDIK BERKARAKTER DALAM MEMBENTUKSIKAP SISWA YANG BAIK PADA SEKOLAH SMP NEGERI 10 TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR Roni Pranata Depari; Muhlis Fahdiar Sembiring; Muhazir Muhazir
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 10, No 1 (2021): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN ( MARET) 2021
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jspk.v10i1.380

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan guru PPKn sebagai pendidik berkarakter dalam membentuk sikap siswa yang baik pada Sekolah SMP Negeri 10 Tapung Hulu Tempat yang digunakan dalam penelitian ini di Sekolah SMP Negeri 10 Tapung Hulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Waktu peleksanaan penelitian ini dilakukan pada semester 2 (ganjil) tahun pelajaran 2020/2021. populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa Sekolah SMP Negeri 10 Tapung Hulu Tahun Pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari 161 siswa. Sampel dalam penelitian ini dari jumlah populasi yang terdiri dari 48 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersumber dari data-data kualitatif. Penelitian ini juga bisa disebut dengan penelitian deskriptif (qualitative research) adalah suatu penelitian ditunjukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual atau kelompok. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawncara dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah penanaman   nilai-nilai   pendidikan   karakter  oleh  guru   PPKn  di  Sekolah SMP Negeri 10 Tapung Hulu difokuskan pada tiga aspek, yaitu tanggung jawab, disiplin dan kejujuran siswa. Para siswa-siswa Sekolah SMP Negeri 10 Tapung Hulu dituntut untuk bisa bertanggung jawab atas segala perbuatannya, bersikap disiplin dalam melaksanakan proses belajar, dan bersikap jujur dalam segala hal. Ke tiga hal tersebut dimulai dari guru PPKn sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan pendidikan karakter dengan cara memberikan contoh teladan kepada  siswa-siswa  untuk  belajar  bertanggung  jawab,  bersikap  disiplin  dan  bersikap jujur.
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MATERI NILAI SEMANGAT SUMPAH PEMUDA MASA SEKARANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS VIII MTs NURUL IMAN „IZZATI BINJAI TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Mardiana Mardiana; Muhlis Fahdiar Sembiring; Agustinawati Agustinawati
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 10, No 1 (2021): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN ( MARET) 2021
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jspk.v10i1.381

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yaitu rendahnya motivasi belajar siswa siswa terhadap mata pelajaran PPKn. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui materi nilai semangat sumpah pemuda masa sekarang dengan menggunakan model pembelajaran talking stick pada siswa kelas VIII MTs Nurul Iman „Izzati Binjai. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Iman „Izzati Binjai yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala, observasi dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan (plainning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, dan tes. Pada pembelajaran PPKn pra siklus dilakukan observasi oleh rekan sejawat terhadap respon siswa, yang hasilnya yaitu hanya 40% atau termasuk dalam kategori kurang. Maka dilakukan tindakan pada siklus I, adapun hasilnya menunjukkan adanya peningkatan yaitu menjadi 60% atau kategori cukup pada lembar observasi oleh rekan sejawat terhadap respon siswa, dan 79% atau kategori baik pada lembar observasi oleh rekan sejawat terhadap aktivitas guru dan hasil angket motivasi belajar siswa. Namun, masih terdapat siswa yang belum mencapai hasil pembelajaran seperti yang diharapkan. Berdasarkan hasil tersebut dilakukanlah pengulangan kegiatan pembelajaran pada siklus II. Dari hasil kegiatan belajar siklus II diperoleh data adanya peningkatan motivasi belajar siswa, yaitu sebesar 77% atau kategori baik pada lembar observasi oleh rekan sejawat terhadap respon siswa, dan 88% atau kategori sangat baik pada lembar observasi oleh rekan sejawat terhadap aktivitas guru dan hasil angket motivasi belajar siswa. Jadi, dengan demikian model pembelajaran talking stick ini sangat memungkinkan untuk diterapkan dalam pembelajaran PPKn karena dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 
PELAKSAAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR BELAJAR KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBELAJARAN PKN DI MTS NURUL HUDA KECAMATAN SELESAI Dedi Hermawan Syahputra
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 10, No 1 (2021): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN ( MARET) 2021
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jspk.v10i1.382

Abstract

Pelaksanaan Kegiatan Belajar dan Mengajar dilaksanakan dengan menumbuh kembangkan  sika, pengetahuan dan keterampilan Kewarganegaraan.  Dan yang lebih penting Pelaksanaan Kegiatan Belajar dan Mengajar  Kewarganegaraan di MTS Nurul Huda Kecamatan Selesai untuk memotivasi siswa lebih bersemangat sehingga pembelajaran menghasilkan reaksi belajar sehinggga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik.Adapun saran dari penelitian ini adalah [1] agar guru lebih termotivasi uyuk meningkatkan kompetensi manajemen kelas mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan reevaluasi dan tertuang di dalam indikator perangkat pembelajaran sehingga dapat terlihat reaksi belajar, belajar, perilaku belajar dan hasil belajar.Untuk memperoleh hasil belajar agar guru tidak hanya memberikan tugas baik yang bersifat individu maupun kelompok namun tetap mendorong siswa berinteraksi dalam formasi berkomunkasi, berkoordinasi dan berkolaborasi dalam pembelajaran yang disesuaikan dengan  perencanaan pembelajaran, management pelaksanaan pembelajaran dan pengevaluasianpembelajaran.Dalam aktualisasi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraa [PKn] belum mencapai hasil seperti yang diharapkan untuk menumbuh kembangkan misi nasional sesuai dengan tujuan pendidikan nasonal yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Objektivitas   adalah  untuk  mengaktualisasikan  potensi siswa agar menjadi warga Negara Indonesia yang berakhlak , cerdas, aktif, dan bertanggung jawab, serta dirancang secara progmatik sebagai subjek pembelajaran yang menitik beratkan dan mengutamakan  pada isi yang mencerminkan  nilai-nilai dan pengalaman belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 4