cover
Contact Name
Dewi Rulia Br Sitepu
Contact Email
serunaibudidaya@gmail.com
Phone
+6281370463131
Journal Mail Official
serunaibudidaya@gmail.com
Editorial Address
Jalan Gaharu no. 147 Kelurahan Jati Makmur Kecamatan Binjai Utara
Location
Kota binjai,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia
ISSN : 20899467     EISSN : 26215616     DOI : 10.37755
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Serunai Bahasa Indonesia merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun yaitu Februari dan Agustus . Penerbitan jurnal ini sebagai sarana untuk menampung artikel-artikel ilmiah yang berasal dari hasil penelitian, kajian-kajian atau makalah ilmiah dari para peneliti maupun dosen yang sudah dipilih pada bidang Bahasa Indonesia. Artikel yang dikirim pada redaksi harus merupakan naskah asli dan tidak pernah dipublikasi di tempat lain. Artikel ilmiah dalam setiap penerbitan merupakan tanggungjawab penulis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 2 (2019): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA (2019)" : 5 Documents clear
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI MEDIA “ELEGI ESOK PAGI ” KARYA EBID G.ADE SISWA KELAS XI SMA SWASTA NASIONAL NAMOTRASI TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Sri Ulina Beru Ginting
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 16, No 2 (2019): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA (2019)
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (614.333 KB) | DOI: 10.37755/jsbi.v16i2.198

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis cerpen  Siswa Kelas XI SMA Swasta Nasional Namotrasi dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia melalui penggunaan media lagu Elegi Esok Pagi . Penelitian ini diadakan berdasarkan adanya permasalahan dalam pembelajaran menulis cerpen. Kemampuan menulis cerpen siswa Kelas XI SMA Swasta Nasional Namotrasi  masih tergolong kurang. Sasaran yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas XI SMA Swasta Nasional Namotrasi Tahun Pelajaran 2018/2019.            Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Metode yang digunakan adalah metode diskusi. Prosedur pelaksanaan tindakan dan implementasi di lokasi terbagi dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: Perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi ( reflecting). Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru Bahasa Indonesia.            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media lagu Elegi Esok Pagi  ciptaan Ebid G.Ade dalam pembelajaran menulis cerpen mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa. Kemampuan rata-rata siswa dalam menulis cerpen sebelum adanya implementasi tindakan berkategori kurang. Namun setelah implementasi tindakan selama dua siklus, kemampuan rata-rata siswa dalam menulis cerpen menjadi berkategori baik. Hal ini berdasarkan hasil tes siswa dari pretes dengan nilai rata-rata hitung sebesar 33.8 meningkat di siklus I menjadi 58.8 dan pada akhir siklus II nilai rata-rata hitung kembali meningkat menjadi 88.2. Jadi kemampuan menulis siswa dari pretes sampai siklus II  mengalami peningkatan sebesar 54,4.
ANALISIS MAKHLUK SUPERIOR (NAGA) DALAM LEGENDA DANAU KEMBAR (KAJIAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES; DUA PERTANDAAN JADI MITOS) Prina Yelly
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 16, No 2 (2019): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA (2019)
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.858 KB) | DOI: 10.37755/jsbi.v16i2.200

Abstract

Kajian Semiotika Roland Barthes; dua pertandaan jadi mitos, dikaji dalam analisis legenda Danau Kembar. Legenda Danau Kembar menceritakan tentang pertarungan antara naga dan kakek (Inyiak). Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode deskriptif analisis. Objek yang dikaji adalah analisis legenda Danau Kembar semiotika Roland Barthes, yaitu berupa makna denotasi, makna konotasi, dan mitos.
Ketidakadilan Gender Pada Perempuan Karo di Desa Purwobinangun (Kajian Wacana Kritis) Erlinda Nofasari; Sri Ulina Beru Ginting
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 16, No 2 (2019): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA (2019)
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.292 KB) | DOI: 10.37755/jsbi.v16i2.201

Abstract

Ketidakadilan gender termanifestasi dalam berbagai bentuk yaitu subordinasi, marginalisasi dan diskriminasi, suatu jebakan dimana menempatkan perempuan hanyalah sebagai istri yang baik dan ibu yang baik dikeluarga dan dimasyarakat . Subordinasi merupakan keterpinggiran perempuan berperan didalam adat,dan mengiakan hasil dali pembicaraan tanpa berperan dalam mengambil sebuuah keputusan. perempuan hanya sebagai pendengar pada saat adat berjalan. Perempuan  Karo di Desa Purwobinangun adalah perempuan yang pekerja keras, apapun ia lakukan demi keluarga dan anak-anaknya. Perempuan Karo mempunyai tanggung  jawab yang besar didalam keluarga,baik di keluarga mertuanya maupun dikeluarga orang tuanya.keterpinggiran perempuan tergamabr jelas apabila ia tidak mampu memberikan keturunan anak laki-laki, karena anak laki-laki merupakan pembawa status social.  Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ketidakadilan gender pada perempuan Karo. Metode dalam  penelitian ini adalah kulitatif deskriftif dan mengunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup: Observasi,  wawancara , Dokumentasi.  Ideologi familialisme pada perempuan Karo tergambar bagimana perempuan pekerja keras yang memperjuangkan agar orang-orang yang ia kasihi mendapat yang terbaik di dalam kehidupannya, tanpa memperhitungkan pengorbanan baik moril maupun materil.Gambaran potret ketidakadilan gender pada perempuan Karo, seorang ibu yang baik itu pasti memperjuangan segala bentuk apapun demi memenuhi kebutuhan hidup anak-anaknya agar dapat bersekolah kejenjang yang lebih baik serta juga harus mampu merias diri untuk memberi pelayanan yang terbaik bagi suami.Pengorbanan inilah yang akan mengangkat status sosial keluaraga ketika anak anak yang mereka perjuangkan berhasil.
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS VIII MTs BINAUL IMAN KARANG SARI Netti Marini; Fheti Wulandari Lubis
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 16, No 2 (2019): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA (2019)
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (629.103 KB) | DOI: 10.37755/jsbi.v16i2.196

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe example non example terhadap kemampuan menulis puisi siswa. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini berbentuk essay test dan teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi pearson product moment.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai pada kemampuan menulis puisi saat dilaksanakannya pre-test dan post-tes. Nilai rata-rata yang diperoleh saat dilaksanakan  pre-test  kemampuan siswa dalam menulis puisi adalah 65,48 dan nilai rata-rata yang diperoleh saat dilaksanakan  post-test  kemampuan siswa dalam menulis puisi adalah 87,91. Diketahui dk =n-2 =60-2=58. Untuk penelitian taraf  nyata yang dipakai adalah α = 0,5. Nilai determinasi adalah 36% dari perhitungan analisis korelasi diperoleh nilai koofisien korelasi (r) = 0,60 yang digolongkan pada tingkat korelasi sedang. Hasil korelasi tersebut dilanjutkan dengan uji “t” dan diperoleh hasil t hitung  sebesar 5,70 sedangkan hasil t tabel sebesar 2,021, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model kooperatif tipe example non example terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII MTs Binaul Iman Karang Sari.
PENGARUH TEKNIK MEMBACA INTENSIF TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF DALAM ARTIKEL “KPK BATMAN YANG LELAH” PADA SISWA KELAS XII SMA SWASTA PABA SECANGGANG KAPUPATEN LANGKAT Sri Rahayu; M. Ali Sidiqin
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 16, No 2 (2019): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA (2019)
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.439 KB) | DOI: 10.37755/jsbi.v16i2.197

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik membaca intensif terhadap kemampuan menemukan ide pokok paragraf dalam artikel “KPK, Batman yang Lelah” pada siswa kelas XII SMA Swasta PABA Secanggang Kabupaten Langkat Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi yang diambil dari seluruh kelas XII SMA Swasta PABA Secanggang berjumlah 70 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu keseluruhan jumlah siswa kelas XII.1 dan XII.2 SMA Swasta PABA Secanggang sebanyak 70 orang. Untuk mendapatkan data yang diperlukan, pengumpulan data yang biasa disebut instrumen. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes. Tes yang dilakukan adalah tes objektif dan tes essay. Jenis penelitian kuantitatif  dan analisis datanya menggunakan korelasi Product moment. Dari hasil  korelasi  yang  besarnya 0,66  maka  koefesien korelasi yang ditemukan  adalah  korelasi tinggi, sedangkan r tabel adalah 0,238 dan  hasil  dari thitung > ttabel yaitu 7,29 > 2,00 maka dari itu Ha = diterima dan Ho = ditolak. uji terdapat pengaruh teknik membaca intensif yang signifikan terhadap kemampuan menemukan ide pokok paragraf dalam artikel “KPK, Batman yang Lelah” pada siswa kelas XII SMA Swasta PABA Secanggang Kabupaten Langkat.

Page 1 of 1 | Total Record : 5