cover
Contact Name
dppm
Contact Email
dppm@uui.ac.id
Phone
(0651) - 7555566
Journal Mail Official
dppm@uui.ac.id
Editorial Address
Jl. Alue Naga, Kec. Syiah Kuala Desa Tibang, Banda Aceh-Indonesia
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
JOURNAL OF INFORMATICS AND COMPUTER SCIENCE
ISSN : 24424714     EISSN : 26155346     DOI : -
Core Subject : Science,
Journal of Informatics and Computer Science (JICS) is the official publication of the Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI). The journal is open to submission from scholars and experts in the wide areas of : 1. Pure Research Information system development methodology Data warehouse manufacturing methodology Data mining / soft-computing Network concept Searching method Optimization theory Variable selection method Network security system Decryption encryption algorithm Programming language Data storage method Image processing 2. Applied Research Soft-computing based control system Hardware that implements new data storage methods Analysis method of soft-computing based medicine Research that compares theory / method An open source based operating system Database system with a new data indexing system Methods of increasing network effectiveness based on data mining Search system with a new searching method Word processing with the new spell checker method Database system with a new data storage method Image processing applications with new processing methods Data modeling application that accommodates new methods Programs (DLL or JSP) for certain methods Bioinformatics and Biomedicine Application of IT in other areas (Economy, Social etc.) 3. Research of System Development Financial information system Expert system Decision support system Data warehouse system Digital library system Open source based network system, etc. Soft-computing based control system Hardware that implements new data storage methods Analysis method of soft-computing based medicine Research that compares theory / method An open source based operating system Database system with a new data indexing system Methods of increasing network effectiveness based on data mining Search system with a new searching method Word processing with the new spell checker method Database system with a new data storage method Image processing applications with new processing methods Data modeling application that accommodates new methods Programs (DLL or JSP) for certain methods Bioinformatics and Biomedicine Application of IT in other areas (Economy, Social etc.)
Articles 28 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2019): Oktober 2019" : 28 Documents clear
PERANCANGAN PROTOTYPE INTERNET OF THINGS SEBAGAI SISTEM KENDALI LISTRIK MELALUI INTERNET BERDASARKAN JADWAL PERKULIAHAN UNIVERSITAS UBUDIYAH INDONESIA Rizal, Idris Salamus; Ardian, Zalfie
JOURNAL OF INFORMATICS AND COMPUTER SCIENCE Vol 5, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Ubudiyah Indonesia University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.884 KB)

Abstract

AbstrakSistem manajemen energi listrik sangat diperlukan untuk melakukan penghematan energi listrik yang dipakai dalam sehari-hari. Universitas Ubudiyah Indonesia dan umumnya pada bangunan kampus di Indonesia masih menggunakan sistem kendali manual untuk menyalakan dan mematikan perangkat listrik. Manajemen energi listrik tersebut tidak bisa menghemat energi listrik secara efektif dan efesien karena menggunakan jasa petugas yang terkadang bisa lalai, lupa, malas dalam menyalakan dan mematikan perangkat listrik yang berada pada setiap ruangan kampus. Dibutuhkan sistem kendali yang bisa melakukan controlling sekaligus monitoring perangkat listrik secara real-time. Sistem tersebut bisa dibuat dengan konsep internet of things sehingga perangkat listrik bisa dinyalakan dan di matikan secara manual melalui internet dan secara otomatis berdasarkan waktu yang telah ditentukan. Dengan memanfaatkan perangkat Arduino Uno, Ethernet Shield, RTC, Relay, Router dan Modem USB, sistem kendali dengan konsep tersebut diatas dapat dibuat dan di implementasikan pada setiap bangunan kampus. Dengan memanajemen energi listrik melalui sistem kendali yang bekerja dengan sistematis dan real-time, maka penghematan energi listrik akan naik signifikan dan mampu mengurangi sumber daya manusia yang di gunakan dalam memanajemen energi listrik. Kata Kunci : Sistem Kendali Listrik, Internet of Things, Arduino Uno, Ethernet Shield, Monitoring Listrik
PERANCANGAN GAME TEBAK KATA ISTILAH ILMU KOMPUTER BERBASIS ANDROID STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS UBUDIYAH INDONESIA Nuzulidar, Nuzulidar; Hamdi, Nurul
JOURNAL OF INFORMATICS AND COMPUTER SCIENCE Vol 5, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Ubudiyah Indonesia University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (868.72 KB)

Abstract

Penggunaan mobile smart phone dalam pendidikan dapat berkaitan dengan usaha peningkatan mutu pendidikan khususnya di  Universitas Ubudiyah Indonesia. Banyak istilah-istilah dalam bidang ilmu  komputer yang belum di  pahami oleh mahasiswa Universitas Ubudiyah Indonesia. Perkembangan perangkat lunak game (permainan) saat ini sudah mulai beralih kearah mobile smart phone, yang memungkinkan pengguna dapat memainkan dimana saja dan kapan saja. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi game tebak kata istilah ilmu komputer berbasis android, sebagai salah satu bentuk usaha pemanfaatan fasilitas media smart phone  kedalam media pendidikan. Metode penelitian yang digunakan merupakan  jenis  penelitian  dan  pengembangan  Research  and  Development (R&D).  Studi  kasus  di  ruang  lingkup Universitas Ubudiyah Indonesia  yang meliputi uji validasi dengan kuissioner. Perancangan Game Tebak Kata Istilah Ilmu Komputer berbasis Android menggunakan software Unity 3D, yang dapat membantu dalam pembuatan aplikasi game tebak kata. Aplikasi game tebak kata istilah ilmu komputer dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa dalam istilah ilmu komputer. Hasil uji validasi dengan kuissioner, 88% responden/mahasiswa menyatakan bahwa aplikasi game tebak kata istilah ilmu komputer ini sangat baik dan dapat membantu memberikan pemahaman kepada mahasiswa dalam istilah ilmu komputer. Kata Kunci: Ilmu komputer, Game Tebak kata, Unity 3D, Android.
PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN TOKOH PAHLAWAN ACEH BERBASIS ADOBE FLASH Zuhri, Zuhri; Dewi, Sarini Vita
JOURNAL OF INFORMATICS AND COMPUTER SCIENCE Vol 5, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Ubudiyah Indonesia University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.357 KB)

Abstract

ABSTRAKPemanfaatan teknologi secara otomatis memberi kemudahan dalam penyampaian sebuah informasi. Dalam penelitian ini pemanfaatan teknologi dapat dilakukan dengan menggunakan animasi untuk menyampaikan pengetahuan tentang sejarah pahlawan  Aceh  yang telah  berjasa dalam mempertahankan  daerah  tanah  lahirnya, dan  juga  mempunyai peran  pentingterhadap kemerdekaan negara Indonesia ini dalam mempertahankan wilayah ujung barat pulau sumatera dari penjajahan bangsa asing. Namun sayangnya pengetahuan terhadap sejarah perjuangan pahlawan Aceh pada generasi muda masih rendah. Hal ini dikarenakan kurangnya minat generasi muda dan kurangnya kepedulian masyarakat dalam menerapkan ilmu pengetahuan sejarah kepada generasi muda. Dari permasalahan ini maka penulis melakukan penelitian tentang perancangananimasi interaktif pengenalan tokoh pahlawan Aceh berbasis Adobe Flash. Software yang digunakan dalam penelitian ini adalah Adobe Flash Professional CS5, Adobe Photoshop, Format Factory, dan GoldWave sebagai software pendukung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang merupakan metode penelitian yang lebih difokuskan  dengan  situasi atau  fenomena-fenomena  yang diteliti. Adapun  juga tujuan  dari penelitian  ini adalah  untukmemperkenalkan dan memberi ilmu pengetahuan sejarah pahlawan Aceh kepada setiap generasi muda dan untuk mengingatkan kembali atau mengenang akan jasa para pahlawan. Kata Kunci : Pahlawan Aceh, Animasi Interaktif, Sejarah
PROTOTYPE WATER LEVEL TANK DENGAN DISPLAY WARNA LED DAN LCD BERBASIS ARDUINO UNO Faisal, Muhammad
JOURNAL OF INFORMATICS AND COMPUTER SCIENCE Vol 5, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Ubudiyah Indonesia University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.323 KB)

Abstract

Aliran air PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) khususnya di Kota Banda Aceh sering tidak stabil. Besarnyadebit air yang mengalir keluar sangat sedikit antara pagi sampai sore hari tetapi sangat deras pada saat malam hari, jumlah air yang   kurang tentu dapat berdampak tidak tersedianya air yang memadai pada tangki atau bak penampungan hal ini bisa jadi disebabkan tidak memiliki waktu yang banyak dalam memonitoring persediaan air didalam tangki penampungan kemudian mengukur tingkat kedalaman air menggunakan tongkat ataupun galah panjang beserta masih kurang akuratnya penggunaan ball floater dan sinker sebagai sensor yang digunakan untuk mendeteksi ketinggian air didalam tangki dikarenakan alat tersebut secara langsung bersentuhan fisik dengan air didalam tangki yang bisa menyebabkan kedua alat tersebut mengalami kerusakan. Namun seiring dengan perkembangan teknologi elektronika kontrol yang terus berkembang pesat dapat ditemukan cara modern lainnya yaitu dengan menggunakan sensor ultrasonik yang di pasang di atas tangki. Dimana sensor tersebut mendeteksi jarak dari sensor ke permukaan air sehingga pendeteksian tidak perlu dilakukan dengan kontak fisik antara sensor dengan permukaan air dan monitoring ketinggian level air dapat dilakukan dengan memasang indikator dari varian warna lampu LED (Light Emitting Diode) dimana varian dari warna LED tersebut berfungsi sebagai monitoring tiap-tiap level air didalam tangki beserta penggunaan LCD (Liquid Cristal Display) yang akan menginformasikan status pompa air on/of dimana keseluruhan komponen tersebut nantinya akan terhubung dengan mikrokontroller arduino uno sehingga pengukuran dapat dilakukan dengan tepat dan akurat. Dimana tujuan dari dibuatnya alat tersebut untuk merancang suatu sistem yang mendeteksi ketinggian air didalam tangki dan mengontrol ketinggiannya dengan sensor ultrasonik dan membuat suatu alat kontrol otomatis untuk selalu mengisi air didalam tangki penampungan yang memiliki manfaat agar stabilitas dan distribusi air selalu terjaga dan memudahkan manusia dalam mengontrol dan memonitoring persedian air pada tangki penampungan. Kata Kunci :Air, Elektronika Kontrol, Sensor Ultrasonik, Arduino Uno, LED, LCD, Pompa Air
MERANCANG SISTEM INFORMASI PEMETAAN LOKASI RUMAH SAKIT SELURUH KOTA BANDA ACEH DAN ACEH BESAR Zulhelmi, Zulhelmi; Yusian, Desita Ria
JOURNAL OF INFORMATICS AND COMPUTER SCIENCE Vol 5, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Ubudiyah Indonesia University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.645 KB)

Abstract

Dinas Kesehatan merupakan salah satu unsur pendukung rumah sakit dalam memberikan pelayanan publik yang diperlukan oleh masyarakat, mulai dari pelayanan rumah sakit ataupun pelayanan-pelayanan lain dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang kesehatan. Seiring dengan semakin vitalnya fungsi Rumah Sakit, maka setiap masyarakat diharapkan tahu lokasi-lokasi rumah sakit yang paling dekat dengan tempat tinggalnya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah Menerapkan sistem informasi geografis (SIG) sebagai sistem yang dapat memberikan info mengenai lokasi rumah sakit, Fasilitas Rumah Sakit di Banda Aceh dan Aceh Besar dan juga mempermudah Dinas Kesehatan dalam memberikan penilaian dan kualitas tentang rumah sakit. Sehingga mampu memberikan informasi kepada pengguna yang  ingin mencari lokasi-lokasi rumah sakit yang ada di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, Output ini nanti nya adalah sebuah file Aplikasi Berbasis Webgis yang berisi informasi mengenai lokasi rumah sakit Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. Aplikasi ini diharapkan dapat digunakan oleh masyarakat Banda Aceh dan Aceh Besar untuk melihat lokasi rumah sakit yang ada di kota/kabupaten nya. Kata Kunci :Sistem Informasi Geografis, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, PHP, MySQL.
RANCANG BANGUN PROTOTIPE SISTEM DETEKSI BANJIR MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIK DAN MIKROKONTROLER ARDUINO UNO Sarbunis, Sarbunis; Ardian, Zalfie
JOURNAL OF INFORMATICS AND COMPUTER SCIENCE Vol 5, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Ubudiyah Indonesia University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.369 KB)

Abstract

Curah  hujan  di  Indonesia  tiap  tahunnya  cukup  tinngi.  Hal  ini  menyebabkan  beberapa  wilayah Indonesia sering terjadi bencana banjir ketika musim penghujan tiba karena beberapa faktor seperti kondis lingkungan yang rusak, penebangan hutan secara liar dan kondisi tempat yang lebih rendah dari sekitarnya. Cara mencegah banjir bermacam-macam, kita harus bias mencegahnya sebelum terjadinya  bencana tersebut.  Salah  satu cara  yang dapat di lakukan  untuk menanggulangi  banjir dengan memanfaatkan alat pendeteksi banjir karena dengan adanya alat tersebut masyarakat di dkat pusat banjir bias mengetahui lebih awal terjadinya bencana. Namun pembuatan alat-alat tersebut membutuhkan dana yang tidak sedikit bahkan bias menyita waktu serta pengujian yang lama serta tidak semua orang bias membuatnya karena memerlukan keahlian khusus atau di katakana cukup rumit.  Oleh  karena  itu  di  perlukan  alat  pendeteksi  banjir  sederhana  yang  dapat  di  buat  oleh masyarakat secara mandiri dan dapat berfungsi secara efektif. Tujuan dari penelitian ini aadalah membangunperalatan pendeteksi banjir dalam upaya antisipasi banjir agar masyarakat cepat tanggap dalam menghadapi bencana banjir dan mengembangkan system teknologi informasi dengan memanfaatkan teknologisederhana dengan menggunakan sensor ultrasonic dan mikrokontroler agar menjadi sistem pencengahan banjir yang dapat mendeteksi banjir lebih awal. Hasil penelitian ini adalah Peralatan yang di rancang telah dapat berkerja untuk mendeteksi banjir secara otomatis dengan sistem kendali yang sesuai dengan flowchart yang direncanakan dengan menggunakan mikrokontroler Arduino Uno dan Sensor Ultrasonik. Kata Kunci;Banjir, Mikrokontroler, Ultrasonik
PERANCANGAN APLIKASI PORTAL INFORMASI MAHASISWA PADA UNIVERSITAS UBUDIYAH INDONESIA BERBASIS ANDROID Dewi, Sarini Vita; Mayuska, Edi Noviar
JOURNAL OF INFORMATICS AND COMPUTER SCIENCE Vol 5, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Ubudiyah Indonesia University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.743 KB)

Abstract

ABSTRAK Portal informasi pada sebuah universitas mempunyai peranan yang sangat penting bagi para mahasiswa, dosen serta staff universitas maupun yang lainnya. Kebutuhan informasi sekarang ini menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa diremehkan terutama di dunia pendidikan, bagi kalangan mahasiswa informasi harus cepat dan akurat agar tidak ketinggalan sesuatu hal. Penyampaian informasi kepada mahasiswa pada Universitas Ubudiyah Indonesia sekarang ini hanya bisa diakses melalui website, grup facebook, dan sms gateway. Penggunaan website dan grup facebook dalam memberikan pelayanan informasi masih memiliki kekurangan dalam pelaksanaanya, berdasarkan data dari Direktorat Administrasi Akademik (DAA) bahwasanya masih banyak mahasiswa yang ketinggalan informasi karena tidak adanya notifikasi khusus yang bersifat portable kepada mahasiswa. Selain itu Universitas Ubudiyah Indonesia juga memiliki smartphone khusus berbasis Android yang merupakan salah satu fasilitas yang ada. Fasilitas ini sangat mendukung karena Android bersifat portable dan mudah digunakan. Faktor inilah yang menjadikan penulis membangun aplikasi portal informasi berbasis android. Untuk mendukung penelitian ini maka pengambilan data dilakukan di Direktorat Administrasi Akademik selaku bidang yang membawahi pendistribusian informasi seputar perkuliahan. Aplikasi ini dibentuk diatas bahasa JAVA sebagai algoritma dan struktur data serta bahasa pemograman XML sebagai bahasa yang membentuk interface dari aplikasi. Notifikasi yang dikirimkan langsung ke smartphone Android menggunakan layanan Firebase Cloud Messaging.  Kata kunci : Android, Firebase Cloud Messaging, Java, Portal Informasi, Web Service
PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ENGLISH GRAMMAR BERBASIS ANDROID Payana, Mahendar Dwi; Pramunsyie, Harastha
JOURNAL OF INFORMATICS AND COMPUTER SCIENCE Vol 5, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Ubudiyah Indonesia University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.062 KB)

Abstract

ABSTRAK Pesatnya perkembangan teknologi dan kecanggihan multimedia menjadi dasar pembuatan media pembelajaran english grammar ini. Ide ini didapat karena pentingnya grammar dalam segala aspek berbahasa Inggris yaitu bahasa internasional. Kurangnya minat dalam pembelajaran tata bahasa inggris ini, serta efisiensi waktu tanpa perlu membeli buku yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun menjadi bahan pokok utama penelitian ini. Perancangan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman JAVA sebagai algoritma serta bahasa pemrograman XML sebagai Bahasa yang membentuk interface aplikasi. Aplikasi ini memuat topik materi dari the basic part of speech, the sixteen of tenses, passive voice dan tips dengan tampilan user friendly. Hasil Penilitian ini dapat menjadi alternative media pembelajaran dalam peningkatan aspek pembelajaran english grammar. Kata Kunci : Android, English Grammar, JAVA, XML
AMBULANCE TRACKING SYSTEM BERBASIS WEB PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH Wibawa, Muhammad Bayu; Mujibullah, Mujibullah
JOURNAL OF INFORMATICS AND COMPUTER SCIENCE Vol 5, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Ubudiyah Indonesia University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.001 KB)

Abstract

Abstrak - Ketersediaan ambulance di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) terkadang sulit diprediksi. Ketika ambulance dibutuhkan sedangkan semua ambulance di rutenya masing- masing, posisi yang pasti tiap ambulance akan sulit ditentukan secara manual. Pada kasus ini, pemanfaatan fungsi GPS pada smartphone yang dihubungkan dengan web melalui PhoneGap atau disebut juga dengan ambulance tracking sistem (ATS) dibangun untuk mengurangi masalah di instalasi kemotoran RSUDZA Banda Aceh. GPS pada smartphone di mobil ambulance akan mengirim titik koordinat latitude/longitude ke satelit dan koordinat posisi tersebut akan dikirim juga ke internet melalui BTS seluler dalam bentuk data tracking. Sementara itu, data tracking yang terdiri dari koordinat posisi mobil ambulance, id_supir, id_ambulans, id_smartphone, waktu keberangkatan dan tujuan mobil ambulance dari internet dikirim ke admin dan disimpan di server. Oleh karena itu, rancangan ini lebih efektif dan efesien karena admin dan supir ambulance dapat berinteraksi melalui sistem tracking.Kata Kunci: Ambulance, Tracking Sistem, PhoneGap, Website, GPS, RSUDZA.. B. (2016) ?Sistem Keamanan Kendaraan Bermotor Menggunakan SMS Dengan metode GPS Tracking Berbasis Arduino?. Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makasar. Alvianto, R., dan Heru, S. (2015). Aplikasi Sistem Pelacakan Kinerja Pengiriman Pada Truk Pengangkut Barang Berbasis Android. UniversitasMuhammadiyah Surakarta. Dewinta, F., Yoesoef, A., & Nurasiah. (2017). Perkembangan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Tahun 1979-2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa PendidikanSejarah FKIP Universitas Syiah Kuala, 2(2): Inc, Google, Google. (2012). Overview Google Apps. [Online] Tersedia di: https://developers.google.com/googl e-apps/. [diakses 03 Desember 2016] Irawati, D. (2016). Sistem Informasi Tracking Jalur Rute Lokasi Chemical Store di Kota Medan Menggunakan Metode             Equirectangular Approximation. Universitas Potensi Utama Medan. Kadir, A. (2008). Dasar Pemograman Web Dinamis Menggunakan PHP. Yokyakarta: PenerbitAndi. Kushwaha, A. & Kushwaha, V. (2011). Location Based Services using Android Mobile. International Journal of Advances in Engineering &Technology.Murad, Dina, F., dan Nia, K. (2013).Database Melalui Metode DMQ Base Level. Jurnal CCIT. 4 (3).Nugroho, B. (2013). Dasar Pemograman Web PHP ? MySQL dengan Dreamweaver. Yogyakarta: Gava Media. Riyanto, Membuat Aplikasi Mobile GIS, Yogyakarta: Andi, 2010. Safaat, N. (2012). Android: Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika. Setiabudi, D. H., Tjahyana, L. J., & Winsen. (2013). Mobile Learning Application Based on Hybrid Mobile Application Technology Running on Android 86 Smartphone and Blackberry. Doctoral dissertation, Petra Christian University. Retrieved November 9, 2014,
PEMBUATAN PETA JARINGAN UNTUK MEMONITORING KONEKSI KOMPUTER MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN BASH SCRIPT Nurhanif, Nurhanif; Maizi, Zahrul
JOURNAL OF INFORMATICS AND COMPUTER SCIENCE Vol 5, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Ubudiyah Indonesia University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.953 KB)

Abstract

Telah dirancang dan dibuat sebuah sistem monitoring jaringan komputer berbasis peta ruang. Sistem tersebut sangatdibutuhkan karena belum adanya sistem untuk mendukung monitoring jaringan komputer tersebut di Universitas Ubudiyah.  Sistem  monitoring tersebut  berkaitan erat  dengan  pengelolaan keseluruhan jaringan  pada  unit-unit administrasi dan akademik Universitas yang berbasis komputer. Aplikasi monitoring berbasis peta ruang ini dapat membantu admin dalam menangani masalah jaringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dalam pengumpulan data IP dan pendataan keadaan jaringan. Aplikasi berbasis peta ruang ini dijalankan di sistem operasi Linux Ubuntu dengan menggunakan protokol ICMP, bahasa pemrograman Bash, AWK, PHP, Web Server Apache, MySQL dan Adobe Flash. Di dalam skrip Bash terdapat perintah Bash dan AWK. Perintah Bash akan menjalankan perintah-perintah berupa ping ke setiap client dan hasil ping disimpan dalam bentuk teks yang diproses oleh AWK. Hasil dari file AWK disimpan dalam bentuk teks di folder Web Server. Web Server selanjutnya akan melakukan penjadwalan (crontab) untuk menjalankan suatu perintah yang dibuat dalam script Bash. Aplikasi ini dapat dijalankan dengan Browser komputer dan dapat diakses di lingkungan Universitas, yaitu melalui desktop, laptop dan smartphone. Hasil penelitian ini dapat memudahkan pengelola jaringan di tingkat Universitas untuk memantau pengguna jaringan yang mengalami gangguan koneksi dan membantu admin dalam penanganan koneksi jaringan. Tampilan monitoring berbasis peta ruang ini menggunakan aplikasi Adobe Flash. Kata Kunci :   Adobe Flash, AWK, Bash, Crontab, MySQL, Monitoring Jaringan, PHP, dan Web Server Apache. 

Page 1 of 3 | Total Record : 28