cover
Contact Name
Panggih Nur Adi
Contact Email
panggi.s3@gmail.com
Phone
+6285215900604
Journal Mail Official
panggi.s3@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC)
ISSN : 24606111     EISSN : 26852063     DOI : 10.36987
CIVITAS : Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, dosen dan mahaiswa dalam disiplin ilmu kependidikan dan pembelajaran serta ilmu civic umumnya. CIVITAS : Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan PKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Labuhan Batu. Dewan Editor menerima tulisan terpilih berupa hasil penelitian, review atau artikel bidang pendidikan, pembelajaran dan sains yang sudah diringkas untuk dipertimbangkan pemuatannya, dengan frekuensi terbit secara berkala 2 (dua) kali setahun. Naskah disampaikan ke dewan editor paling lambat dua bulan sebelum penerbitan atau akhir bulan Januari dan Juli pada setiap tahunnya. Naskah yang dimuat merupakan pandangan dari penulis, Dewan Editor hanya menyunting naskah sesuai format dan aturan yang berlaku tanpa mengubah substansi naskah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2016)" : 5 Documents clear
PENGARUH PENERAPAN MODEL AKTIF TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PKN KELAS XI DI SMA NEGERI 2 KAMPUNG RAKYAT KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016 Murni Budiati
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.859 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v2i1.1488

Abstract

Model Pembelajaran Team Quis merupakan model pembelajaran yang dapat mempermudah proses penerimaan materi pelajaran yang akan di sampaikan pendidik dengan memilih model yang lebih variatif dan sudah barang tentu mempermudah pencapaian keberhasilan tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Team Quis pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI (Sebelas) SMA Negeri 2 Kampung Rakyat yang berjumlah 137 orang, dan yang menjadi sampel penelitian sebanyakk 70 orang siswa kelas XI 2 dan kelas XII 2 .Model Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Untuk hubungan metode pembelajaranTeam Quis (Variabel X ) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ( Variabel Y ) , dilakukan korelasi product moment diperoleh rhitung> rtabel ,Dengan demikian menunjukkan Terhadap pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran Team Quis terhadap hasil belajar siswa kelas XI (Sebelas ) SMA Negeri 2 Kampung Rakyat Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Maka dengan Model Team Quis peneliti dapat menerapkan di sekolah dan dapat di gunakan oleh guru yang ada di sekolah sebagai model pembelajaran yang menyenangkan,dengan kata lain model team Quis ini dapat merubah hasil belajar siswa lebih baik dari sebelumnya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 2 Kampung Rakyat,kecamatan Kampung Rakyat di peroleh data-data yang menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Aktif Team Quistergolong tinggi dalam mata pelajaran Pkn. 
PERAN MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 PASAL 70 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DI DESA AIR MERAH KECAMATAN KAMPUNG RAKYAT KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN TAHUN 2014.RANTAU PRAPAT Agus Anjar
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.875 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v2i1.1092

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran serta masyarakat terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Desa Air Merah Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Penelitian ini adalah merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan masyarakat Desa Air Merah Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan sebanyak 884 kepala keluarga (KK) dengan sampel sebanyak 50 kepala keluarga(KK). Alat yang digunakan untuk memperoleh data penilaian ini adalah Observasi,Angket,dan Wawancara. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif selanjutnya penulis akan menganalisis data dengan menggunakan rumus tabel frekuensi. Bentuk peran serta masyarakat sesuai UUPPLH Nomor 32 Tahun 2009 Pasal 70 dan bentuk pengawasan sosial sebesar 50% menjaga kebersihan lingkungan,memelihara dan melestarikan lingkungan tempat tinggalnya. Bentuk pemberian saran,pendapat,usul atau pengajuan sebesar 30%. Serta 14% dalam bentuk peran serta yang dilakukan adalah dalam bentuk penyampaian informasi atau laporan yang berhubungan dalam kegiatan pengelolaan lingkungan. Untuk itu perlu ditumbuhkan partisipasi aktif masyarakat yang digunakan dengan menumbuhkan adanya rasa kesadaran dan tanggung jawab masyarakat yang tercermin dengan adanya perubahan sikap mental,pandangan hidup,cara berfikir,dan cara kerja.
HUBUNGAN KEMAMPUAN GURU MERUMUSKAN TUJUAN PEMBELAJARAN KHISIS DENGAN PRESTASI BELAJAR PPKN PADA SMA NEGERI SEI BEROMBANG Khairul Fahmi Lubis
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.36 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v2i1.1093

Abstract

Dalam penelitian, sudah merupakan hal yang lazim untuk melakukan penelitian terlebih dahulu dengan menetukan tujuan apa yang hendak dicapai, sebab tanpa tujuan segala yang dilakukan akan membawa hasil yang sia-sia. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang kemampuan guru membuat TPK sebelum menyampaikan materi pelajaran, untuk memperoleh data dan informasi prestasi belajar yang diperoleh siswa khususnya dalam bidang studi PPKn pada siswa SMA Negeri Sei Berombang, dan untuk memperoleh data dan informasi tentang hubungan antara kemampuan guru menyusun TPK dengan prestasi belajar PPKn pada SMA Negeri Sei Berombang. Penelitian ini merupakan penelitian kolerasional dengan populasi berjumlah 250 orang dan sampel yang diambil 26 orang dari banyak populasi yang ada pada siswa dan guru bidang studi PPKn di SMA Negeri Sei Berombang. Maka untuk menguji kebenaran hipotesa teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan menggunakan kolerasi Product Moment untuk mencari besarnya nilai kolerasi diperoleh nilai t sebesar 3,17 sedangkan nilai t dalam tabel adalah 1,706. Hipotesis yang ditetapkan diterima adalah hipotesis alternative H(a), sebab nilai t (hitung) lebih besar dari nilai t (tabel). Atau 3,17 > 1,706 pada prestasi belajar siswa PPKn SMA Negeri Sei Berombang.
PERSEPSI GURU TENTANG PENGARUH SERTIFIKASI DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMP NEGERI 3 RANTAU UTARA KABUPATEN LABUHANBATU Junita Kiyoto
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.43 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v2i1.1091

Abstract

Sertifikasi guru bertujuan untuk: menemukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional, meningkatkan proses dan mutu basil pendidikan, meningkatkan martabat guru, meningkatkan profesionalitas guru, meningkatkan kesejahteraan guru. Seiring dengan digulirkannya program sertifikasi diharapkan mampu meningkatkan mutu pembelajaran. Populasi dari penelitian ini adalah guru-guru di SMP Negeri 3 Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu yang kemudian menjadi sampel total berjumlah 20 orang. Masalah yang diteliti dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimana persepsi guru terhadap program sertifikasi. 2) Bagaimana kualitas pembelajaran di sekolah tersebut. 3) Apakah persepsi guru tentang sertifikasi berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi korelasional untuk menetapkan besarnya hubungan antara variabel- variabel. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisa data sepenuhnya diolah dengan menggunakan perhitungan statistic deskriptif program SPSS 14.0 (Statistical Program for Social Services).Koefisien korelasi antara persepsi guru tentang sertifikasi (Variabel X) dengan kualitas pembelajaran (Variabel Y) adalah sebesar 0,434 menunjukkan korelasi sedang. Artinya, kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di SMP Negeri 3 Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu menunjukkan kualitas baik dan dipengaruhi sedang oleh adanya program sertifikasi. Oleh karena angka koefisien korelasi itu signifikan pada taraf keberartian 0,05, maka dapat disimpulkan menerima hipotesis kerja (H1), yang menyatakan
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMES PUZZLE DENGAN MEDIA CHARTA MATERI POKOK PELAKSANAAN DEMOKRASI DI BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 RANTAU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2016 Lucy Anggraini
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (833.641 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v2i1.1466

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran games puzzle dengan media Charta pada  materi pokok Pelaksanaan Demokrasi di Berbagai aspek kehidupan di kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara  Tahun Pembelajaran2015/2016.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara T.P 2015 / 2016 terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 210 siswa. Sampel dalam penelitian ini dibagi atas 2 kelas yang diambil secara acak dan masing-masing kelas berjumlah 34 siswa. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa test pilihan berganda sebanyak 25 soal. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media games puzzle dengan rata-rata X 1 = 73,06dan SD=9.05 dan rata-rata untuk kelas yang diajar dengan menggunakan media charta adalah X2 = 60.82 dan SD = 7.85. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,01, dimana thit <ttab (3,49>2,36) yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan. Hasil Belajar yang menggunakan media games puzzle dengan media charta pada materi pokok Pelaksanaan Demokrasi di Berbagai Aspek Kehidupan di kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau UtaraT.P.2015/2016.Kata Kunci; Media Games Puzzle, Media Charta, Hasil Belajar  

Page 1 of 1 | Total Record : 5