cover
Contact Name
Mochamad Ridwan
Contact Email
jossae.fik@unesa.ac.id
Phone
+6282118870966
Journal Mail Official
jossae.fik@unesa.ac.id
Editorial Address
Sekretariat JOSSAE. Gedung U1 Lantai 2 FIK - Unesa Lidah Wetan, 60213 Surabaya - Jawa Timur
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JOSSAE (Journal of Sport Science and Education)
ISSN : -     EISSN : 25484699     DOI : -
Core Subject : Education,
Sport Science Physical Education Sport Coaching Sport Psychology Strength and conditioning Sport Biomechanic
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2016)" : 9 Documents clear
Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN Resty Resty Gustiawati
Journal of Sport Science and Education Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jossae.v1n1.p27-31

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Model-model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Penjasorkes pada Guru Penjasorkes di Sekolah Menengah Pertama PGRI Tegalwaru Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan jenis etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 3 orang informan dari guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Sekolah Menengah Pertama di wilayah Karawang Selatan. Dari hasil analisa data penelitian yaitu yaitu implementasi  model-model pembelajaran penjas dalam meningkatkan kemampuan guru memilih dan mengembangkan strategi pembelajaran pada guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Pertama PGRI Kecamatan Tegalwaru Karawang belum diimplementasikan kedalam proses pembelajaran sehingga peningkatan kemampuan guru dalam memilih dan mengembangkan strategi pembelajaran belum optimal.
PERUBAHAN KURIKULUM 2013 TERHADAP SIKAP PROFESIONAL GURU PENJASORKESREK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN KARAWANG fahrudin fahrudin gustiawati
Journal of Sport Science and Education Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jossae.v1n1.p15-18

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui berapa besar persentase Implementasi kurikulum 2013 berpengaruh positif dan negatif terhadap sikap Profesional guru Penjasorkes Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang. Sikap guru adalah tingkah laku yang cenderung menetap pada diri seorang pengajar dalam melakukan tugas-tugas yang terkait dengan kependidikan termasuk tugas mengajarnya. Pelaksanaan perubahan kurikulum yang terjadipun sukses tidaknya pemberlakuan kurikulum tersebut tergantung pada sikap guru dalam penerimaan pembaharuan tersebut sebagai ujung tombak mencapai tujuan pendidikan nasional. Hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan yaitu sebagian besar informan menyatakan, perubahan kurikulum 2013 berpengaruh positif terhadap sikap profesional guru penjasorkes sekolah menengah pertama di Kabupaten Karawang.
ANALISIS PENGGUNAAN MODEL AKTIVITAS RUNNING UPHILL TERHADAP PENINGKATAN GLUCOSE UPTAKE PADA MENCIT DIABETES havid yusuf
Journal of Sport Science and Education Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jossae.v1n1.p19-20

Abstract

Diabetes merupakan penyakit dimana terjadi peningkatan glukosa dalam darah. Peningkatan terjadi karena pankreas tidak dapat melepaskan insulin sehingga glukosa tidak masuk ke dalam otot. Reseptor insulin pada diabetes menghambat respon otot terhadap stimulasi insulin, namun otot tetap mampu merespon stimulasi kontraksi. Aktivitas tubuh pada penderita diabetes memiliki peranan yang penting dalam pengendalian kadar glukosa darah, yang mana saat melakukan aktivitas tubuh terjadi peningkatan ambilan glukosa (glucose uptake) oleh otot sehingga secara langsung dapat menyebabkan penurunan glukosa dalam aliran darah. Tipe aktivitas yang dapat dilakukan adalah aktivitas konsentrik dinamik berupa running uphill sebagai langkah untuk menurunkan kadar glukosa dalam aliran darah. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan penggunaan model aktivitas running uphill terhadap peningkatan glucose uptake pada mencit diabetes. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan The Randomize Post Test Only Control Group Design. Sampel penelitian dibagi menjadi 3 kelompok dengan randomisasi Hasil analisis uji beda delta glukosa darah (dGD) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok DM dengan kelompok DM+Konsentrik (p< 0,05) dengan nilai t lebih besar dari 0 (t > 0). Penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas running uphill lebih efektif dalam meningkatkan ambilan glukosa (glocose uptake) dari pada tanpa pemberian aktivitas running uphill pada mencit yang mengalami diabetes
PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEORI DAN PRAKTEK PENCAK SILAT UNTUK MAHASISWA IKIP BUDI UTOMO MALANG Amjad Elfarabi
Journal of Sport Science and Education Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jossae.v1n1.p24-26

Abstract

Pencak silat merupakan salah satu mata kuliah teori dan praktek. Mengingat media dan aktivitas pembelajaran yang menunjang untuk terlaksananya aktivitas perkuliahan yang mengarah pada ketercapaian tujuan pembelajaran belum memadai dan tidak terlalu banyak. Diperlukan kreativitas seorang dosen untuk mengembangkan sumber belajar pencak silat berupa teori dan praktek dalam bentuk buku ajar yang mengarah pada peningkatan kompetensi bidang pencak silat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku ajar teori dan praktek pencak silat untuk mahasiswa pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi yang layak menurut persepsi dosen dan mahasiswa. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Research & Development (R&D) dari Borg & Gall. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan deskriptif berupa persentase.Hasil pengembangan ini, secara umum termasuk pada kategori baik dengan analisis persentase ahli pembelajaran (83,6 %), ahli kepelatihan (78,4 %), ahli media (84,7 %), dosen pencak silat (88,3 %), uji coba kelompok kecil (79,3 %), uji coba produk i (75,2 %), uji coba produk ii (76,8%), sehingga produk ini dapat digunakan  sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran pencak silat untuk mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang.
MODEL PERMAINAN COLOURFULL BALL TARGET DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA KECIL BAGI SISWA TUNARUNGU aris mulyono
Journal of Sport Science and Education Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jossae.v1n1.p8-11

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pembelajaran penjasorkes melalui permainan colourfull ball target dalam pembelajaran permainan bola kecil bagi siswa tunarungu SDLB Negeri di kabupaten Kudus. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Brog & Gall. Hasil penelitian ini adalah validari dari ahli diperoleh data evaluasi produk  awal yaitu, ahli penjas adaptif 72,00% (Baik) dan ahli penjasorkes 74,66% (Baik). Uji kelompok kecil yaitu ahli penjas adaptif 81,33% (Baik) dan ahli penjasorkes 85,33% (Baik). Sedangkan untuk uji coba lapangan rata-rata presentase  89.78% (Baik). Berdasarkan hasil peneltian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa model permainan Colourfull Ball Target ini dapat diterapkan untuk siswa Tunarungu SDLB Negeri di Kabupaten Kudus dan disarankan bagi  guru PJOK SDLB Negeri di Kabupaten Kudus  model permainan ini agar model permainan ini menjadi alternatif penyampaian pembelajaran permainan bola kecil yang dengan adanya permainan ini diharapkan pembelajaran akan lebih menarik dan aman untuk siswa.
GAYA BELAJAR, MOTIVASI BERPRESTASI, LOCUS OF CONTROL DAN ACADEMIC SELF-CONCEPT MAHASISWA FIK UNCEN miftah fariz putra
Journal of Sport Science and Education Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jossae.v1n1.p1-7

Abstract

The aim of this research was to find out (1) profile of learning style, achievement motivation, locus of control, academic self-concept of the college student of FIK Uncen, (2) difference of learning style, achievement motivation, locus of control, academic self-concept of the college student of FIK Uncen to view gender.  The result of this research was (1) there was 7 (9,6%) college students that have visual learning style, 19 (26,0%) college students that have aural learning style, 16 (21,9%) college students that have read/write learning style, 31 (42,5%) college students that have kinesthetic learning style. There was no difference learning style to view gender, (2) the mean of achievement motivation of the effort dimension have more higly score (29) than both the choice dimension (21) and the persistence dimension (19). There was no difference achievement motivation to view gender, (3) there was 63 (86,3%) college students that have internal locus of control and 10 (13,7%) college students have external locus of control. There was no difference locus of control to view gender (4) there was 18 (24,7%) college students that have high academic self-concept, 55 (75,3%) college students that have medium academic self-concept, and 0 (0%) college students that have low academic self-concept. There was no difference academic self-concept to view gender. Key words: Gaya belajar, motivasi berprestasi, locus of control, academic self-concept 
PRESTASI PUSAT PENDIDIKAN DAN LATIHAN OLAHRAGA MAHASISWA (PPLM) PROVINSI BALI made agus dharmadi
Journal of Sport Science and Education Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jossae.v1n1.p12-14

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi prestasi olahraga Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga (PPLM) Provinsi Bali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan evaluasi. Metode pengumpulan data  secara triangulasi menggunakan wawancara, studi dokumen dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Program PPLM Provinsi Bali telah mampu meningkatnya kebugaran fisik para atletnya, 2) Program PPLM Provinsi Bali juga telah mampu meningkatnya teknik atlet, 3) dan perolehan medali pada kejuaraan nasional dengan jumlah yang beragam dan fluktuatif namun cendrung menurun. Dari kesimpulan tersebut, maka dapat direkomendasikan bahwa program PPLM Bali masih layak untuk dilanjutkan, namun perlu melakukan perbaikan pengelolaan untuk meningkatkan prestasi. Kata kunci: Prestasi Olahraga, Pusat Pendidikan Dan Latihan Olahraga Mahasiswa (PPLM), Evaluasi
MOTIVASI BELAJAR MATAKULIAH PENCAK SILAT PADA MAHASISWA PESERTA UNIT KEGIATAN MAHASISWA PENCAK SILAT (Studi pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga Angkatan 2014) hamdani hamdani
Journal of Sport Science and Education Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jossae.v1n1.p21-23

Abstract

Abstract, Motivation takes an important role to achieve success in learning, especially for pencak silat learning in physical education department. This research used descriptive method for physical education department student in grade 2014. The aim of this research is to know about intrinsic motivation and extrinsic motivation to learn pencak silat subject of student who participate in pencak silat Student Activity Unit.This research used questionnaire as the research instrument. The population of this research is the students of physical education department in grade 2014 who have never get pencak silat subject and now they have become the participant of Pencak Silat Student Activity Unit that have 146 participants.The result of this research use percentage that divided in three categories, high, fair, low. The students who have high category in intrinsic motivation is 53.42% and have frequency 78, in fair category get  13.70% percentage and 20 frequency. Then in extrinsic motivation, the student who have high category, get percentage 25.34% and have frequency 37, the fair category have 7.53% percentage and 11 frequency.The conclusion of the research, showing that the motivation in learning pencak silat subject of students who join pencak silat Student Activity Unit have more dominant in intrinsic motivation with 53.42% percentage (high category). keyword : learning motivation, pencak silat
Halaman Editor JOSSAE JOSSAE
Journal of Sport Science and Education Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jossae.v1n1.p%p

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 9