cover
Contact Name
Muhammad Ulul Albab
Contact Email
stitrsg@gmail.com
Phone
+623139923805
Journal Mail Official
stitrsg@gmail.com
Editorial Address
Jl. Dermaga Sungaiteluk Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman
ISSN : 26158477     EISSN : 26203057     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
the aim is how to share the idea in all paper into international. Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman, This journal was published by the STIT Raden Santri Gresik Islamic Education Study Program (PAI) twice a year in April and September with the concentration of Islamic Education and Islamic Studies. This journal contains internal papers from the campus as well as external papers from other universities.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 60 Documents
RELASI NEGARA, IDEOLOGI, MASYARAKAT DAN PENDIDIKAN ISLAM Ernawati, Luluk
Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman Vol 1 No 1 (2018): March 2018
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Santri Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (669.858 KB)

Abstract

Indonesia merupakan sebuah Negara yang memiliki beragam etnis, agama, suku dan tradisi  yang memiliki  tantangan dalam pendidikan Islam. Kondisi masyarakat suatu negara dipengaruhi oleh  ideologi yang diadopsi yang akan menentukan arah kebijakan pendidikan Islam atau politik pendidikan Islam. Hal ini menunjukkan bahwa antara negara, ideologi, masyarakat dan pendidikan Islam adalah sinergi yang dinamis, suatu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam membangun peradaban yang dicita-citakan dan mewujudkan visi, misi dan tujuan pendidikan Islam, yaitu membentuk manusia yang beriman dan takwa kepada Allah SWT, serta karakter yang mulia, memiliki kemampuan menjaga kedamaian dan keharmonisan hubungan antar dan antaragama, pengembangan siswa dalam memahami, hidup dan mempraktikkan nilai-nilai Islam dengan menyelaraskannya dalam sains, teknologi, dan seni.
TRANSFORMASI PERAN ULAMA INDONESIA PADA ERA INDONESIA MODERN : DARI ORDE BARU KE ORDE REFORMASI Indrawati, Indrawati
Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman Vol 1 No 1 (2018): March 2018
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Santri Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.624 KB)

Abstract

Persoalan hubungan agama (Islam) dan pollitik di Indonesia selalu menjadi kajian yang tidak pernah habis. Peran Islam lewat ulama dalam mempengaruhi kekuatan politik di Indonesia sudah dimulai jauh sebelum era modern, bahkan semenjak kelahiran Islam di bumi nusantara, ia telah memainkan perannya secara signifikan, baik dalam membentuk maupun memapankan kekuatan politik. Bahkan dalam era Indonesia modern, baik di era Orde Lama, Orde Baru, dan Orde Reformasi, menunjukkan konsistensinya. Fokus tulisan ini adalah mengkaji pergeseran/transformasi peran ulama pada masa Indonesia modern, yaitu pada masa Orde Baru ke masa Orde Reformasi. Adapun teori yang digunakan adalah strukturasi Anthony Giddens. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa peran ulama pada masa orde baru cenderung mandul akibat kuatnya institusi politik orde baru yang otoritarian, kecuali satu fatwa yang menunjukkan independensi agensi terhadap struktur, sehingga terjadi situasi kontrol dua arah. Sedangkan sebaliknya peran ulama pada masa orde reformasi cenderung independen karena struktur politik menjadi memampukan (enabling) ulama untuk berperan bebas, sehingga situasi kontrol dua arah benar-benar nyata pada masa ini. Sedangkan pola peran ulama Indonesia di dua masa ini, mengalama transformasi dari yang semula berperan sebagai pelayan penguasan berubah menjadi pelayan masyarakat/umat.
TREND BERHIJAB SYAR’I MUSLIMAH DALAM PERSPEKTIF KIAI Amaliati, Siti
Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman Vol 1 No 1 (2018): March 2018
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Santri Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (876.873 KB)

Abstract

Tulisan ini hendak  menganalisis secara utuh motivasi wanita muslimah memakai hijab syari serta  mendapatkan gambaran kompleks tentang pemahaman kiai terkait motivasi muslimah berhijab syar?i. Fenomena hijab syar?i di kalangan wanita muslimah telah merebak di seluruh sudut-sudut wilayah mulai perkotaan hingga pedesaan. Hijab syar?i yang dipakaipun beragam corak dan motif, mulai dari penutup kepala yang menjuntai dari atas kepala hingga dada dan baju panjang hingga menutupi mata kaki. Gambaran model pakaian demikianlah yang menjadi kiblat muslimah dalam berbusana dan berpakaian saat ini. Idealisnya ketika seorang  muslimah berhijab syar?i maka dapat dijadikan sebagai tolak ukur keshalihahan, ketaatan dan kepatutan seseorang dalam beragama. Namun realitanya ketika wanita muslimah berhijab syar?i[1] masih dilatarbelakangi dengan berbagai motivasi seperti motif teologis, motif psikologis, dan motif modis (trend fashion), maka hal ini menjadi pertanyaan yang menarik untuk dibahas tentang tampilan hijab syar?inya. Sementara Kiai merupakan individu yang dipandang memiliki andil yang cukup besar dan berpengaruh dalam masyarakat. Sosok kiai dapat menjadi panutan dan model bagi masyarakat di  sekitarnya, baik dari sisi perkataannya maupun perbuatannya. Maka bagaimana pandangan seorang kiai dalam melihat dan menyikapi fenomena hijab syar?i di kalangan wanita muslimah.  Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan field reseach observasion dan bersifat deskriptif. Hasil dari observasi tersebut kemudian dijadikan sebagai data untuk mengetahui pandangan kiai tentang fenomena hijab syar?i. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa memakai hijab syar?i di kalangan wanita masih sebatas mengikuti trend berbusana kekinian, berhijab syar?i lebih pada motivasi psikologis dan kurangnya pengetahuan tentang keislaman.
PENDEKATAN HERMENEUTIKA DALAM TAFSIR Salamah, Umi
Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman Vol 1 No 1 (2018): March 2018
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Santri Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (902.274 KB)

Abstract

Hermeneutika, sebagai sebuah metode pentafsiran, tidak hanya memandang teks, tetapi hal yang tidak dapat ditinggalkannya adalah juga berusaha menyelami kandungan makna literalnya, sebagai sebuah metode penafsiran, hermeneutika memerhatikan tiga hal sebagai komponen pokok dalam kegiatan penafsiran, yakni teks, konteks, dan kontektualisasi. Jadi, ketika konsep teks al-Quran dibongkar, dan dilepaskan dari posisinya sebagai Kalam Allah maka al-Quran akan diperlakukan sebagai teks bahasa dan produk budaya.
PENDEKATAN NILAI NILAI KEAGAMAAN DALAM PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA DI KABUPATEN GRESIK Naim, Naim
Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman Vol 1 No 1 (2018): March 2018
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Santri Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (880.666 KB)

Abstract

Tulisan ini bermaksuk ingin menyajikan bagaimana peran agama dalam penanggulangan efek global kenakanalan remaja yang meresahkan semua pihak, sehingga diharapkan mampu menjadi solusi terhadap gejala yang ditimbulkan oleh berbagai kenakalan remaja di masyarakat dalam lingkup yang luas,yang di fokuskan dilingkungan kabupaten Gresik pada umumnya. Pada perjalanannya diharapkan pemuda menjadi sebuah kekuatan yang dahsyat apabila mereka dalam kehidupannya diberikan sebuah wadah yaitu 1)  bimbingan dan tempat yang positif agar mereka mampu mengisi waktu luangnya dengan hal-hal yang positif sehingga dengan modal tersebut, mereka memiliki suatu bekal yang cukup untuk masa depannya. Diantara bidang keagamaan, olaharaga, seni, keretampilan, dan pendidikan. 2) mengutamakan dakwah dengan contoh konkrit bukan dilakukan hanya dengan ucapan dan kata-kata.
IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAJEMEN PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NU NURUL ISLAH GRESIK Khamdani, Akhmad
Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman Vol 1 No 1 (2018): March 2018
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Santri Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1113.518 KB)

Abstract

Pendidikan  Sekolah Dasar  adalah  suatu upaya pembinaan  yang ditujukan kepada anak  sejak  lahir  sampai dengan usia enam  tahun yang dilakukan melalui pemberian  rangsangan  pendidikan  untuk  membantu  pertumbuhan  dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan  lebih  lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menanamkan pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar. Penelitian  ini  menggunakan metode  penelitian  deskriptif  yang  menggunakan  metode  analisis  data  secara kualitatif  karena  metode  tersebut  menggambarkan  dan  memaparkan  hasil penelitian berupa keadaan atau peristiwa dan suatu objek sebagaimana adanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PAI dapat dilakukan dengan mengajarkan cara menghargai teman dan menyayangi ibu bapak yang diajakan pendidik. Nilai ibadah di SD NU Nurul Islah di Kabupaten Gresik diterapkan melalui mengajarkan praktek mendirikan sholat termasuk bagaimana pula urutan pengambilan air wudhu yang diajakan pendidik.
PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN BERBASIS INTERELASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN MATA PELAJARAN KEJURUAN DI SMK SHALAHUDDIN MALANG Wiyono, Dwi Fitri
Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman Vol 1 No 2 (2018): September 2018
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Santri Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1096.848 KB)

Abstract

Dinamika perkembangan ilmu pengetahuan menuntut semua lembaga pendidikan mengembangkan keilmuannya. Salah satunya SMK Shalahuddin Malang yang mengembangkan kurikulum dan pembelajaran berbasis interelasi yang mengkorelasikan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Mata Pelajaran Kejuruan (MPK). Jenis penelitian ini adalah riset and development (R & D) yang dikenal dengan istilah penelitian pengembangan. Adapun hasil penelitian mengungkap bahwa, seluruh produk pengembangan memiliki kategori sangat baik, dan khusus bahan ajar PAI berbasis interelasi memiliki tingkat kefektifan, efisiensi, dan kemenarikan yang sangat tinggi, serta sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pengguna, Dari hasil akhir penilaian  ahli isi, ahli desain dan para pengguna yang selanjutnya telah dilakukan perbaikan secara langsung, maka produk pengembangan ini dapat didesiminasikan atau digunakan.
PERAN WANITA DALAM PENDIDIKAN KELUARGA MENURUT PERSPEKTIF ISLAM Shofiyyah, Shofiyyah
Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman Vol 1 No 2 (2018): September 2018
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Santri Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (989.016 KB)

Abstract

Di era modern ini, prilaku amoral sudah tampak jelas terjadi di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat. Sebagai unit terkecil masyarakat, keluarga diakui menjadi pondasi pertahanan pertama dan terakhir dalam sitem pembangunan bangsa. Maka urgensi peran wanita (baca:ibu) sebagai tiang negara adalah untuk menjaga suatu negara agar tetap dapat berdiri dengan kokoh. Dan Islam pun memandang di sinilah peran wanita sebagai tiang negara pun dimulai. Perannya di mulai dari rumah, tempat ia tinggal bersama orang-orang yang disayanginya. Tujuan penelitian ini adalah memberikan wawasan tentang peran wanita dalam pendidikan keluarga menurut perspektif Islam serta mengetahui seberapa penting peran wanita dalam pendidikan keluarga menurut perspektif Islam. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka, dengan teknik analisa data diskriptif induktif. Dari hasil pengamatan dan pengolahan data maka disimpulkan bahwa peran wanita dalam pendidikan keluarga menurut perspektif Islam adalah memberikan pendidikan yang terbaik kepada buah hati, menjaga mereka tetap dalam fitrahnya dengan menanamkan pondasi yang kuat (Aqidah, syari`ah dan Akhlaq), motivasi (lingkungan yang mendukung), dan inspirasi (teladan) sehingga tumbuh menjadi generasi islami yang cerdas, berkualitas, mampu menghadapi tantangan zaman serta menjadi kebanggaan agama, nusa dan bangsa.
PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK DI SDIT AL HUDA DITINJAU BERDASARKAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK ALBERT BANDURA Syifa, Ilham
Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman Vol 1 No 2 (2018): September 2018
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Santri Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.615 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu memaparkan perilaku agresif berdasarkan teori belajar behavioristik. Penulis menemukan fakta adanya perilaku agresif pada peserta didik di SDIT AL Huda Sangkapura Bawean. Perilaku agresif tersebut ditunjukkan dalam berbagai bentuk sebagai manifestasi beragam faktor. Penelitian ini penting dilakukan sebagai dasar pijakan bagi guru dalam melakukan penanganan perilaku agresif  yang mengganggu proses belajar mengajar peserta didik. Metode  yang  digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas II SDIT Al Huda Bawean sebanyak dua peserta didik. Teknik pengumpulan data pada artikel ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu perilaku agresif muncul karena adanya peniruan ( modelling).
PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA RANTAU TERHADAP KARAKTER ANAK DESA GUNUNGTEGUH SANGKAPURA BAWEAN Wardah, Amil Cholisna
Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman Vol 1 No 2 (2018): September 2018
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Santri Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1131.331 KB)

Abstract

Penelitian ini hendak memaparkan bagaimana perhatian orangtua yang merantau terhadap perkembangan karakter anak di Desa Gunungteguh Bawean. Di Desa ini terdapat puluhan penduduk yang mencari mata pencaharian ke luar negeri, sementara anak-anaknya ditinggal di desa bersama keluarga lain seperti nenek, bibi, atau bahkan hanya dititipkan ke tetangga. Kepergian orangtua merantau otomatis merampas hak asuh dan pendampingan anak-anak tersebut, tidak ada lagi yang memperhatikan pendidikan, pola asuh, dan pengawasan anak-anak tersebut. Metode kualitatif yang digunakan dalam tulisan ini untuk memotret kondisi anak-anak yang ditinggal merantau oaring tua mereka, bagaimana perkembangan karakter mereka, siapa yang mempengaruhi dan bagaimana pola asuh keluarga.