cover
Contact Name
Pramitha Dwi Larasati
Contact Email
jurnal.siskomkb@tau.ac.id
Phone
+628569874091
Journal Mail Official
jurnal.siskomkb@tau.ac.id
Editorial Address
Jl. Swadarma Raya No. 58, Ulujami Pesanggrahan, Jakarta Selatan12250
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Sistem Komputer & Kecerdasan Buatan
ISSN : 2613991X     EISSN : 26212927     DOI : -
Jurnal Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan (SisKom-KB) adalah salah satu jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh kantor Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Tanri Abeng yang mencakup bidang Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Teknik Elektro dan beberapa bidang ilmu multidisipliner yang mengarah pada Sistem Komputer berbasis Kecerdasan Buatan. Jurnal ini diterbitkan berkala dengan dua volume setiap tahunnya. Jurnal Penelitian Ilmiah ini menerima hasil tulisan penelitian ilmiah dari luar civitas akademika Universitas Tanri Abeng
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2023): Volume VI - Nomor 2 - Maret 2023" : 8 Documents clear
Implementasi Metode Simple Multi Attribute Rating Technique untuk Pemilihan Platform Jual Beli Berbasis Sistem Pendukung Keputusan Rizal Furqan Ramadhan
Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan) Vol. 6 No. 2 (2023): Volume VI - Nomor 2 - Maret 2023
Publisher : Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47970/siskom-kb.v6i2.370

Abstract

Abstract— Teknologi informasi menghasilkan banyak hal baru dalam kehidupan manusia, salah satu inovasi dari teknologi informasi adalah internet. Munculnya internet juga memberikan pengaruh besar dengan munculnya banyak platform jual beli online. Dengan adanya platform jual beli membuat manusia begitu mudah untuk melakukan kegiatan belanja dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan adanya fenomena munculnya platform jual beli perlu adanya sebuah analisa dari berbagai bentuk dan jenis platform jual beli tersebut untuk diteliti. Pada penelitian ini dilakukan penilaian atau pemilihan terhadap berbagai jenis platform jual beli berdasarkan beberapa kriteria. Metode komputasi yang digunakan adalah Simple Multi Attributerating Technique karena sudah sering digunakan pada penelitian yang lain dengan kasus yang berbeda dan sudah teruji. Platform yang mendapatkan nilai tertinggi adalah Tokopedia dengan nilai 0,65 disusul dengan Shopee dengan nilai 0,59. Hasil akhir penelitian menyimpulkan bahwa rekomendasi keputusan dari Sistem Pendukung Keputusan dianggap mampu memberikan gambaran pengetahuan kepada manager atau pengguna. Perhitungan matematis metode Simple Multi Attributerating Technique dianggap sesuai dengan kondisi di lapangan karena alternatif dikombinasikan dengan nilai utiliti berdasarkan atribut kriteria.
Analisa Data Transaksi Penjualan Barang Menggunakan Algoritma Apriori Dan FP-Growth hariantao harianto; Aris Sudianto; Hariman Bahtiar
Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan) Vol. 6 No. 2 (2023): Volume VI - Nomor 2 - Maret 2023
Publisher : Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47970/siskom-kb.v6i2.371

Abstract

Abstract—Transaksi penjualan barang pada sebuah perusahaan terjadi setiap hari mengakibatkan semakin bertambah banyaknya catatan transaksi penjualan. Tidak banyak dari perusahaan menjadikan transaksi penjualan itu hanya sebagai arsip belaka, akibatnya perusahaan mengalami kekurangan stok barang. Tentunya hal demikian terjadi karena transaksi penjualan barang tidak dianalisa dan dipelajari polanya. Pada penelitian ini, bertujuan untuk menemukan pola pembelian barang secara bersamaan berdasarkan bulan selama satu tahun. Ada banyak metode data mining yang digunakan untuk menganalisa pola pembelian barang secara bersamaan oleh pembeli. Diantara metode yang sering sekali digunakan adalah Apriori dan FP-Growth. Untuk menemukan pola pembelian tersebut digunakan algoritma Apriori dan FP-Growth kemudian membandingkan hasil dalam menemukan pola kombinasi yang dihasilkan. Algoritma mana yang lebih banyak menghasilkan pola dengan waktu yang sedikt. Analisis prilaku pelanggan untuk transaksi pembelian selama satu tahun,Algoritma FP-Growth lebih banyak menampilkan pola yang dihasilkan dibandingkan dengan algoritma Apriori baik pada Rules Support >=0.5 paling banyak Apriori menghasilkan 5 Rules dan FP-Growth 338 Rules sedangkan pada Rules Lift Apriori 14 Rules 0.0051 detik dan FP-Growth 137 Rules 0.0068 detik.
Kepercayaan Generasi Z Dalam Menerima Sistem Informasi Kesehatan Mental di Indonesia Bayu Kelana; Anggar Riskinanto; Mudrikah Nasyiah
Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan) Vol. 6 No. 2 (2023): Volume VI - Nomor 2 - Maret 2023
Publisher : Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47970/siskom-kb.v6i2.372

Abstract

Abstract— Pandemi COVID-19 telah mengakibatkan tidak saja pada sisi fisik tapi juga mental dari para penduduk Indonesia. Tercatat bahwa Generasi Z merupakan kelompok usia yang paling banyak mengalami masalah yang berkaitan dengan psikologi, terutama kesehatan mental. Beberapa solusi telah diterapkan untuk mengatasi masalah ini, salah satunya dengan penggunaan sistem informasi kesehatan mental. Namun pada kenyataannya, implementasi dari sistem ini belum banyak teruji kebermanfatannya terutama bila dikaitkan dengan kepercayaan pengguna. Penelitian ini menggunakan model yang diadopsi dari TAM yang ditambahkan oleh variabel kepercayaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan menggunakan metode SEM-PLS sebagai alat analisisnya. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan hanya tiga hipotesis yang diterima dan Kepercayaan ternyata tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap model penelitian yang diajukan.
Penambahan Waktu Tunda Kondisi Paling Rendah Level Drum untuk Mengurangi Potensi Boiler Bocor Berdasarkan Debit Alir di PT. Indonesia Power PLTU Pelabuhan Ratu Marina Artiyasa; Yogi Listiarga; Anang Suryana
Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan) Vol. 6 No. 2 (2023): Volume VI - Nomor 2 - Maret 2023
Publisher : Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47970/siskom-kb.v6i2.373

Abstract

Abstract— PT. PLTU Indonesia di Pelabuhan Ratu Sukabumi memiliki boiler yang terdiri dari economizer, steam drum, downcomer, coal worker, wall stirrer, superheater, heater dan valve yang terhubung ke sistem. Salah satu sistem boiler yang akan diservis adalah steam drum level. Level drum uap tidak boleh mencapai level terendah (LLL). Pada tanggal 15 Mei 2019 terjadi kebocoran water heater tepatnya di blok 1 pipa dinding air belakang dan kiri. Sensor kebocoran uap No. peningkatan intensitas 1, 2, 3 dan 5, menandakan adanya kebocoran pada water wall unit 1 boiler. Setelah dianalisa apa akar penyebabnya , penyebab utamanya adalah panas berlebih jangka pendek. Salah satu pengamatan menyangkut logika level drum. Biasanya, jika 2 dari 3 sensor level drum mencapai nilai LLL, perangkat akan mati setelah 2 detik. Namun, perlindungan level drum sebenarnya tidak aktif. Akibatnya, permukaan drum meningkat menjadi -70 mm beberapa kali selama beberapa menit tanpa unit menembak. Ini mengancam tabung ketel, terutama tabung dinding air. Telah dilakukan penelitian terhadap permasalahan tersebut dengan judul Penambahan waktu tunda level drum terendah untuk mengurangi kemungkinan kebocoran/leakage boiler berdasarkan flow rate di PT Indonesia Power Pltu Pelabuhan Ratu. Metode penelitian ini adalah mengestimasi muatan berkurangnya jumlah pengisian air per detik saat terjadi BFPT. Oleh karena itu, dilakukan pengukuran volume secara empiris pada steam drum, underflow dan water wall. Berdasarkan hasil penelitian ini, kondisi dewatering steam drum yang paling buruk adalah 0,05 m3/s. Waktu tinggal dapat diperpanjang hingga maksimal 155 detik. Jika unit tidak rusak dalam waktu 72 jam karena perbaikan kebocoran boiler, maka nilai uangnya adalah Rp 6.511.629.600, jadi penelitian ini dirasakan sangat bermanfaat.
Agile Scrum Model for Development of e-Customer Relationship Management to Support Warehouse Rental Services Nizam Haqqizar; Tri Wahyu Widyaningsih; Meta Amalya Dewi
Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan) Vol. 6 No. 2 (2023): Volume VI - Nomor 2 - Maret 2023
Publisher : Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47970/siskom-kb.v6i2.374

Abstract

Abstract— Penggunaan Customer Relationship Management (CRM) sebagai strategi peningkatan layanan, khususnya bagi perusahaan logistik yang berorien-tasi pada pelanggan untuk memberikan kemudahan kepada tim penjualan dalam mengelola data klien dan aktivitas tim penjualan, karena saat ini tidak ada catatan detail klien dan aktivitas penjualan tim, ditambah in-formasi sarana dan prasarana unit yang terbatas sehingga menyulitkan tim penjualan dalam menawarkan produk. Makalah ini disajikan sebagai analisis kebutuhan pengembangan CRM berbasis web dengan menggunakan pendekatan Scrum. Scum dipilih karena mudah beradap-tasi dengan perubahan. Pembangunan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, framework YII 1.1, JavaScript, HTML, CSS, dan MySQL sebagai database, template bootstrap digunakan untuk memper-cantik tampilan. Hasil perancangan ZEUS CRM ini dapat memberikan layanan sewa gudang yang mudah kepada klien.
Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Menggunakan Codeigniter, Bootstrap Dan Mysql (Studi Kasus: Raudhatul Athfal Az-Zahra) Aldha Aulia Syahfitri; Muhamad Femy Mulya; Pramitha Dwi Larasati; Saipul Anwar
Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan) Vol. 6 No. 2 (2023): Volume VI - Nomor 2 - Maret 2023
Publisher : Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47970/siskom-kb.v6i2.375

Abstract

Abstract— Peserta didik merupakan sumber daya dasar dan terpenting dalam proses pendidikan formal. Penerimaan siswa baru adalah proses seorang menjadi siswa di sekolahan. Raudhatul Athfal merupakan tempat belajar bagi anak usia dini yang memilki muatan agama lebih banyak, termasuk menghafal surat-surat pendek dalam al-Qur’an. Pada proses penerimaan peserta didik baru saat ini di Raudhatul Athfal Az-Zahra masih dilakukan secara manual, sehingga menjadi kurang efektif dan efisien karena proses penerimaan peserta didik baru tersebut dapat memakan waktu dan tenaga bagi peserta yang ingin mendaftar sebagai peserta didik baru. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk menganalisis alur kerja sistem informasi penerimaan peserta didik baru berbasis website di RA Az-Zahra, sehingga orang tua calon peserta didik dapat dengan mudah mengakses informasi dan proses pendaftaran, serta pada penelitian kali ini juga akan dibangun sistem informasi berbasis website yang dapat mengatasi permasalahan baik dari sisi calon peserta didik maupun pihak sekolah. Pada penelitian ini, menggunakan metode perancangan sistem Waterfall, lalu untuk tools perancangan sistemnya menggunakan pemodelan UML, serta untuk pemodelan database menggunakan ERD. Sistem Informasi yang dibangun menggunakan Framework CodeIgniter dan Framework Bootstrap untuk mempercantik tampilan website yang dibangun. Kemudian dari hasil pengujian dengan menggunakan BlackBox Testing dari beberapa responden diperoleh tingkat keberhasilan sistem yang dibangun sebesar 95%.
Studi Potensi Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk Mendukung Sistem Ketenagalistrikan di Wilayah IKN Aryo Sidik; Harurikson Lumbantobing; Bayu Indrawan; Edwinanto Edwinanto; Yudha Putra; Yufriana Imamulhak; Ripal Rinaldi
Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan) Vol. 6 No. 2 (2023): Volume VI - Nomor 2 - Maret 2023
Publisher : Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47970/siskom-kb.v6i2.379

Abstract

Abstract—Energi adalah salah satu kebutuhan utama manusia untuk mendukung aktivitas yang jumlahnya terus semakin tinggi seiring dengan pertumbuhan penduduk dan ekonomi. Disisi lain, sebagian besar energi yang digunakan saat ini berasal dari energi berbasis fosil yg mempunyai sifat tidak terbarukan sehingga akan habis cadangannya Bila digunakan secara terus menerus. Indonesia secara umum serta wilayah IKN secara khusus mempunyai beraneka ragam potensi energi baru terbarukan (EBT) yg tersebar pada sebagian besar daerahnya, mencakup tenaga surya, tenaga angin, bioenergi, tenaga laut, hingga geothermal. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemetaan potensi EBT di wilayah IKN untuk mendukung sasaran pemerintah mencapai bauran energi nasional dan mendorong diversifikasi energi pada sistem ketenagalistrikan. Hasil penelitian memberikan adanya potensi EBT yang relatif besar dari berbagai jenis energi di daerah IKN yang bisa dimanfaatkan pada proses konversi menjadi tenaga listrik.
Identifikasi Kerusakan Air Conditioner Ruangan Dengan Metode Case Based Reasoning Berbasis Web Rusmawan Rusmawan; Tri Wahyu Widyaningsih
Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan) Vol. 6 No. 2 (2023): Volume VI - Nomor 2 - Maret 2023
Publisher : Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47970/siskom-kb.v6i2.384

Abstract

Abstract— Air Conditioner adalah sebuah alat atau mesin yang mampu mengatur kestabilan suhu dan kelembaban udara sebuah ruangan. Dalam pemakaiannya AC dapat mengalami kendala dan kerusakan. Area ruangan yang menggunakan AC antara lain kelas, laboratorium dan koridor dari lantai satu sampai dengan lantai empat dengan seluruh civitas akademik di Universitas Tanri Abeng sebagai penggunanya. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem yang mampu memberikan rekomendasi dan solusi kerusakan secara online agar pengguna dapat mengetahui kerusakan dan mengambil tindakan perbaikan. Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi dan menganalisis ciri – ciri kerusakan AC menggunakan metode Case Based Reasoning yaitu perhitungan similaritas. CBR merupakan metode untuk mencari nilai kemiripan atas ciri kerusakan yang dialami dengan cara membandingkan ciri kerusakan yang dipilih dengan ciri kerusakan yang ada dalam database sesuai dengan bobot yang telah diberikan. Pengujian pada kasus baru W dengan kasus lama A05 (kerusakan PCB) mencapai tingkat kemiripan sebesar 72%, pada kasus baru K dengan kasus lama A04 (kerusakan Evaporaot) mencapai tingkat kemiripan sebesar 53%, dan pada kasus baru T dengan kasus lama A02 (Kebocoran pada Freon) mencapai tingkat kemiripan sebesar 75%, sehingga penggunaan metode ini sudah cukup baik untuk menyelesaikan permasalahan terhadap kerusakan yang terjadi pada unit AC. Perancangan sistem menggunakan Unified Modelling Language yaitu diagram use case, diagram sequence, diagram activity dan diagam class dengan metode pengmbangan sistem adalah Agile XP, dan sistem diuji menggunakan metode blackbox.

Page 1 of 1 | Total Record : 8