cover
Contact Name
Riyana Rizki Yuliatin
Contact Email
riyanarizki.y@gami.com
Phone
+6281803736337
Journal Mail Official
riyanarizki.y@gami.com
Editorial Address
Jln. TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid No. 132 Pancor Selong, Lombok Timur, NTB, 83611, Telp. (0376) 21394, 22953, Fax. (0376) 22953
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Tamumatra : Jurnal Seni Pertunjukan
Published by Universitas Hamzanwadi
ISSN : -     EISSN : 26217244     DOI : 10.29408/tmmt
Core Subject : Education, Art,
Jurnal TAMUMATRA (e-issn: 2621-7244) mempublikasikan hasil penelitian dan kajian analitis dalam bidang pendidikan seni dan seni pertunjukkan drama, tari, dan musik. TAMUMATRA terbit dua kali setahun yaitu Juni dan Desember
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2022)" : 2 Documents clear
Kendang Sunda Di Pusat Latihan Tari Bagong Kussudiardja Desa Kembaran Bantul Yogyakarta Asep Saepudin; Ela Yulaeliah; Subuh Subuh
TAMUMATRA Vol 4, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/tmmt.v4i2.5787

Abstract

Tujuan penulisan ini untuk menelusuri bagimana perkembangan dan peranan kendang Sunda di Pusat Latihan Tari dalam iringan karawitan tari Bagong Kussudiardja. Seringnya digunakannya kendang Sunda dalam iringan tari karya Bagong Kussuadiardja merupakan hal yang sangat menarik untuk dikaji keberadaannya mengingat di Yogyakarta sudah memiliki kendang Jawa yang secara tradisi masih berlaku pada waktu itu. Metode sejarah digunakan dalam penelitian ini meliputi pencarian data lapangan dan pustaka (heuristik), kritik, interpretasi, dan histografi. Hasil kesimpulan menunjukkan bahwa keberadaan kendang Sunda di Pusat Tari Bagong Kussudiardja dimulai dengan minat Bagong pada seni Tjetje Somantri, yang memberinya inspirasi untuk menciptakan langkah-langkah baru, terutama dalam gerakan, variasi tepak kendang, dan masalah waktu. Para seniman pertama kali berkenalan dengan kendang Sunda dimulai pada tahun 1962 ketika ada pertunjukan seni di tiga wilayah: Yogya, Sunda dan Solo dengan misi untuk membawa pertunjukan di luar Indonesia, seperti RRC, Thailand, Korea, dan Filipina. Pengembangan kendang Sunda terdiri dari dua elemen yaitu dalam instrumen dan pola-pola musik. Kendang Sunda sebagai instrumen di PLT berkembang menjadi dua jenis yaitu kendang Sunda asli dan kendang Sunda dengan pengaruh Jawa. Adapun pengembangan pola-pola kendang Sunda meliputi tahap penghargaan, imitasi, pembelajaran, pencarian identitas, dan tahap kreativitas. Kendang Sunda memiliki pengaruh besar pada iringan musik (karawitan) pada masing-masing karya tari Bagong Kussudiardja, meliputi: Tari Wira Pertiwi, Tari Mulat Wani, Tari Nyai Ronggeng, Tari Lenggotbawa, Tari Satria Tangguh, Tari Tenun, dll. Meskipun banyak iringan karawitan dipengaruhi oleh kendang Sunda, namun masih digunakan dalam kapasitasnya sendiri, di mana kendang Sunda digunakan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan karya yang dibuat. Kendang Sunda berfungsi sebagai instrumen yang dapat dimainkan secara bebas, tidak digunakan sebagai instrumen etnis tertentu.
Education Management at the Jekdong Puppet Performance in Malang Astrid Wangsagirindra Pudjastawa; Yudit Perdananto
TAMUMATRA Vol 4, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/tmmt.v4i2.4942

Abstract

The purpose of this study was to describe the management process of Wayang Jekdong performances in Malang as a form of management education from a puppeteer in managing and leading Wayang Jekdong. Researchers are a key instrument in collecting data by going to the field. The research method used is a descriptive qualitative approach by conducting observations, interviews, and documentation. The data analysis technique of this research uses the Miles and Huberman model by reducing, presenting, and verifying the data found. The results showed that there were several stages of management carried out by the puppeteer in the Wayang Jekdong show, namely: planning, forecasting, organizing, personnel, directing, implementing, coordinating, leadership, motivating, and supervising. A puppeteer must be able to apply management knowledge properly in order to perform smoothly in sequence according to plan, to satisfy the audience.

Page 1 of 1 | Total Record : 2