cover
Contact Name
Suryansah
Contact Email
jurnalporkes@hamzanwadi.ac.id
Phone
+6287855004260
Journal Mail Official
jurnalporkes@hamzanwadi.ac.id
Editorial Address
Jln. TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid No. 132 Pancor Lombok Timur
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal PORKES
Published by Universitas Hamzanwadi
ISSN : -     EISSN : 26148781     DOI : -
Core Subject : Education,
Lingkup Jurnal Porkes adalah: Pendidikan Olahraga, Kesehatan Olahraga, Kepelatihan Olahraga, Olahraga Tradisional, Manajemen Keolahragaan, Kebugaran Jasmani, Biomekanika, Fisiologi Olahraga, Fisikologi Olahraga.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2020): PORKES" : 22 Documents clear
ANALISIS MEDIA PROMOSI PRODI PENJASKESREK STKIP PGRI SUMENEP Supriyanto, Nugroho Agung; Arisetiawan, Rachlai Eko; Rasyid, Ainur
Jurnal Porkes Vol 3, No 1 (2020): PORKES
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan perguruan tinggi dan program studi di Indonesia semakin meningkat sehingga menyebabkan persaingan untuk mendapatkan calon mahasiswa juga semakin ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan media promosi yang paling banyak memberikan ioformasi kepada mahasiswa program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP PGRI Sumenep sehingga masuk ke dalam program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Penelitian ini menggunakan medode deskripsi berdasarkan media promosi yang sudah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media promosi yang paling banyak memberikan informasi adalah spanduk, baliho dan brosur karena informasi yang diberikan lebih nyata dan dapat dilihat secara jelas dan detail. DOI: 10.29408/porkes.v3i1.2117 
LABORATORIUM MICROTEACHING PORTABLE OUTDOOR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN OLAHRAGA FKIP UMS Indarto, Pungki; Amri, Muhammad Saiful; Wicahyo, Alif Mufivian
Jurnal Porkes Vol 3, No 1 (2020): PORKES
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu kompetensi mahasiswa pendidikan olahraga FKIP UMS pedagogik (pengelolaan pembelajaran). ketrampilan mengajar dapat dilakukan dengan simulasi pembelajaran micro. Aktifitas dalam pembelajaran olahraga lebih banyak dilakukan di luar ruangan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan laboratorium microteaching yang sesuai dengan aktifitas luar ruangan dan dapat dilakukan dengan mudah dan murah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D. Analisis data menggunakan lembar validasi ahli dan respons pengguna. nilai dari ahli laboratorium 77.25% dengan katagori BAIK, diperoleh nilai dari ahli media 77.33% dengan katagori BAIK, dan hasil angket kelompok kecil diperoleh nilai sebesar 82% dengan katagori BAIK. Artinya pengembangan produk laboratorium microteaching portable outdoor dapat dipergunakan sebagai model pada mata kuliah microteaching. DOI: 10.29408/porkes.v3i1.1947
PERBANDINGAN TINGKAT KETERAMPILAN DRIBBLING DENGAN METODE LATIHAN SLALOM DRIBBLING DAN TEPUKAN DRIBBLING Daniyantara, Didik; Suryadi, Lalu Erpan; Nuhayadi, Said Ahmad
Jurnal Porkes Vol 3, No 1 (2020): PORKES
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak Perbandingan tingkat keterampilan dribbling dengan metode latihan slalom dribbling dan tepukan dribbling pada club sepak bola wanita pakar angle tahun 2019. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk memperoleh data tersebut adalah metode tes perbuatan. Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota Club Sepak Bola Wanita Pakar Angel Lotim Tahun 2019 berjumlah 20 orang menjadi sampel dengan menggunakan teknik Total Sampling, yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian menggunakan Pre experimental design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes perbuatan dengan pre-test sebelum diberikan perlakuan, dan post-test setelah diberikan perlakuan. Data dianalisis menggunakan uji-t sebagai uji hipotesis penelitian. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel yaitu (3,462  > 2,821) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehinnga dapat di simpulkan bahwa Ada perbandingan tingkat keterampilan dribbling dengan metode latihan slalom dribbling dan tepukan dribbling pada club sepak bola wanita pakar angle tahun 2019. DOI: 10.29408/porkes.v3i1.2126
TINGKAT PRESTASI AKADEMIK DITINJAU DARI KEBUGARAN JASMANI (VO2 MAX) MAHASISWA Nurhidayat, Nurhidayat; Triadi, Chandra; Fathurrahman, Fathurrahman
Jurnal Porkes Vol 3, No 1 (2020): PORKES
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat prestasi akademik dengan kebugaran jasmani (VO2 max) pada mahasiswa semester IV POR FKIP UMS tahun 2019. Sampel penelitian ini berjumlah 90 mahasiswa. Teknik pengumpulan data kebugaran jasmani (VO2 max) menggunakan test lari MFT (Multistage Fitness Test), sedangkan pengumpulan data prestasi akademik mahasiswa berdasarkan Indeks Prestasi mahasiswa yang diambil dari KHS (Kartu Hasil Studi) mahasiwa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional. Dalam menghitung koefisien korelasi masing-masing prediktor terhadap kriterium menggunakan rumus Pearson Product Moment Correlation Research Methods in Physical Activity, (2011: 130). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hubungan tingkat kesegaran jasmani (VO2 max) terhadap prestasi akademik adalah signifikan dengan nilai korelasi 0.529. Nilai r tabel untuk taraf kesalahan 5% dengan n = 90 diperoleh r tabel 0.207 dan untuk 1% diperoleh r tabel 0.270. Karena harga r thitung lebih besar dari r tabel baik untuk kesalahan 5% dan 1% ( 0.529 > 0.270 > 0.207 ), maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan. DOI: 10.29408/porkes.v3i1.2010
PENINGKATAN PENGUASAAN TEKNIK RENANG GAYA DADA DENGAN METODE PEMBELAJARAN RESIPROKAL Sistiasih, Vera Septi
Jurnal Porkes Vol 3, No 1 (2020): PORKES
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan penguasaan teknik renang gaya dada dengan metode pembelajaran resiprokal. Sample dari penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 Pendidikan Olahraga UMS berjumlah 35 mahasiswa. Dari hasil observasi awal penguasaan teknik renang gaya dada peserta didik pada taraf kurang. Kemudian dilaksanakan metode resiprokal diluar jam perkuliahan dengan dua siklus. Pada akhir siklus dua diperoleh hasil dengan tingkat kebenaran kategori baik yaitu gerakan kaki 25 mahasiswa atau 71,14%, gerakan lengan dan pengambilan nafas 27 mahasiswa atau 77,14%, sedangkan untuk posisi badan 30 mahasiswa atau 85,71%. Dari hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa ada peningkatan penguasaan teknik renang gaya dada dengan metode pembelajaran resiprokal. DOI: 10.29408/porkes.v3i1.2201
PENGARUH AKTIVITAS PENGEMBANGAN PROFESI GURU PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA TERHADAP HASIL UJI KOMPETENSI GURU Maifa, Sitti; suryansah, Suryansah
Jurnal Porkes Vol 3, No 1 (2020): PORKES
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil uji kompetensi guru pendidikan jasmani dan olahraga belum mencapai standar minimal yang ditentukan oleh pemerintah. Kegiatan pengembangan keprofesian dilakukan guru untuk meningkatkan keterampilan, kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif untuk menjelaskan fenomena yang ditemukan. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode wawancara langsung dan studi dokumen kemudian dilakukan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Sebanyak 86,67% guru melakukan aktivitas pengembangan diri. Presentase kegiatan ini terbesar daripada dua kegiatan lainnya, dengan kata lain dapat dikatakan bahwa aktivitas pengembangan diri lebih banyak diminati oleh guru, (2) Sebanyak 20,74% guru melakukan aktivitas publikasi ilmiah. Prosentase kegiatan ini yang terkecil dibandingkan dua kegiatan lainnya, hal ini menunjukkan bahwa aktivitas publikasi ilmiah jarang dilakukan oleh guru, (3) Sebanyak 64,44% guru mampu membuat/modifikasi alat pelajaran, hal ini tentunya sangat membantu membuat pelajaran yang bermakna. Prosentase kegiatan ini menunjukkan banyaknya guru yang melakukan kegiatan karya inovatif, juga menunjukkan bahwa aktivitas karya inovatif dapat membantu secara langsung proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru, (4) perolehan skor rata-rata 30,2 dari aktivitas pengembangan profesi tidak jauh berbeda dengan perolehan skor rata-rata hasil uji kompetensi guru. Simpulan yang didapat dari penelitian ini adalah aktivitas pengembangan profesi yang dilakukan oleh guru merupakan salah satu faktor yang dapat membantu meningkatkan hasil uji kompetensi guru. DOI: 10.29408/porkes.v3i1.1937
ANALAISIS FAKTOR ANTROPOMETRI, BIOMOTOR DAN PSIKOMOTOR TERHADAP LEMPARAN POINTING OLAHRAGA PETANQUE ATLET PORPROV Kustiawan, Arif; Perkasa, Bima Satria
Jurnal Porkes Vol 3, No 1 (2020): PORKES
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Petanque merupakan cabang dari olahraga prestasi yang ada di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Olahraga petanque memiliki salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh atlet yaitu adalah lemparan pointing. Untuk melakukan lemparan pointing terdapat faktor dari ranah antropometri, biomotor dan psikomotor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor daipada ranah antropometri, biomotor dan psikomotor yang paling dominan terhadap lemparan pointing olahraga petanque dari variabel diatas diambil indikator indikator berupa tes yang ditempuh oleh atlet petanque Kabupaten Ngawi yang berjumlah 13 (N:13).Metode yang digunakan dalam analisis ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data mengginakan teknik observasi dan mengumpulkan hasil dari observasi.Dari hasil penelitian yang dilakukan maka variabel yang paling berpengaruh dominan terhadap lemparan pointing olahraga petanque adalah dari ranah antopometri rentang lengan dengan nilai thitung 6,428, dari ranah biomotor push up dengan nilai thitung 12,920 serta dari ranah psikomotor adalah lari multitahap dengan nilai thitung adalah 2,609. DOI: 10.29408/porkes.v3i1.2041
APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA Prayoga, Aba Sandi
Jurnal Porkes Vol 3, No 1 (2020): PORKES
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitiani inii bertujuani untuki mengetahui:i (1)i Peningkatkani aktivitasi belajari renangi gayai dadai padai siswai kelasi XIi TKR,i SMKi Moderni Ngawii Tahuni Ajarani 2019/2020,i melaluii modeli pembelajarani langsung.i (2)i Peningkatkani hasili belajari renangi gayai dadai padai siswai kelasi XIi TKR,i SMKi Moderni Ngawi,i melaluii modeli pembelajarani langsung.Penelitiani inii menggunakani metodei Penelitiani Tindakani Kelasi (PTK).i Sumberi datai dalami penelitiani inii siswai kelasi XIi TKRi SMKi Moderni Ngawii berjumlahi 33i orangi yangi terdirii atasi 13i siswai putrii dani 20i siswai putra.i Tekniki pengumpulani datai dengani obeservasii dani penilaiani hasili belajari sertai ketangkasani renangi gayai dada.i Tekniki analisisi datai yangi digunakani dalami penelitiani inii adalahi secarai deskriptifi yangi didasarkani padai analisisi kualitatifi dengani prosentase.Berdasarkani hasili penelitiani diperolehi simpulan:i (1)i Modeli pembelajarani langsungi berbantukani mediai video,i sangati baiki untuki meningkatkani aktivitasi belajari renangi gayai dadai siswai kelasi XIi TKRi SMKi Moderni Ngawi.i Darii hasili analisisi yangi diperolehi peningkatani yangi signifikani darii siklusi I,i siklusi IIi dani siklusi III.i Padai siklusi Ii aktivitasi siswai yangi meiliputii ketangkasani dani kemampuani renangi gayai dadai padai kategorii baiki sebesari 9,09%i dani 6,06%.i Padai siklusi IIi ketangkasani renangi gayai dadai siswai dalami kategorii baiki meningkati menjadii 15,15%i sedangkani kemampuani renangi gayai dadai dalami kategorii baiki sekalii sebesari 18,18%.i Padai siklusi IIIi ketangkasani renangi gayai dadai siswai padai kategorii baiki meningkati menjadii 30,30%,i sedangkani kemampuani renangi gayai dadai padai kategorii baiki sekalii meningkati 51,51%.i (2)i Modeli pembelajarani langsungi berbantukani mediai video,i sangati baiki untuki meningkatkani hasili belajari renangi gayai dadai siswai kelasi XIi TKRi SMKi Moderni Ngawi.i Darii hasili analisisi yangi diperolehi peningkatani yangi signifikani darii siklusi I,i siklusi IIi dani siklusi III.i Hasili belajari renangi gayai dadai padai siklusi Ii padai kategorii baiki adalahi 6,06%i jumlahi siswai yangi tuntasi adalahi 22i siswa.i Padai siklusi IIi terjadii peningkatani prosentasei hasili belajari siswai padai kategorii Baiki Sekalii sebesari 18,18%,i sedangkani siswai yangi tuntasi 25i siswa.i Padai siklusi IIIi terjadii peningkatani hasili belajari siswai padai ketegorii baiki sekalii sebesari 60,60%i sedangkani siswai yangi tuntasi 32i Siswa. DOI: 10.29408/porkes.v3i1.2087
LATIHAN KELINCAHAN BOOMERANG RUN DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN FUTSAL Hulfian, Lalu
Jurnal Porkes Vol 3, No 1 (2020): PORKES
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang dilaksanakan penelitian ini adalah pemain futsal membutuhkan keterampilan dasar dalam permainan, terutama keterampilan menggiring bola. Kemampuan menggiring bola dapat ditingkatkan melalui latihan yang kontinue, salah satu latihan yang bisa meningkatkan kelincahan adalah latihan boomerang run. Dengan meningkatnya kelincahan, maka kemampuan menggiring bola juga tentu akan meningkat. Akan tetapi belum kita ketahui bagaimana peningkatan menggiring bola akibat dari latihaan boomerang run ini. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh latihan Boomerang Run terhadap keterampilan menggiring bola dalam permainan futsal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan Boomerang Run terhadap keterampilan menggiring bola dalam permainan futsal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan rancangan penelitian ?One Group Pretest-Postest Design?. Populasi dalam penelitian ini pemain Club Putra Kenari Tahun 2019 yang berjumlah 12 orang dengan menggunakan studi populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian ini pada taraf signifikan 5% menunjukan bahwa : ada pengaruh latihan Boomerang Run terhadap keterampilan menggiring bola futsal dengan hasil thitung > ttabel (4,555 > 1,796/ Berdasarkan hasil penelitian diperoleh ada pengaruh latihan Boomerang Run terhadap keterampilan menggiring bola dalam permainan futsal. DOI: 10.29408/porkes.v3i1.1932
KONTRIBUSI KECEPATAN, KELINCAHAN DAN KESEIMBANGAN DENGAN KEMAMPUAN MENGGIRNG DALAM PERMAINAN FUTSAL S, Jusran; Hariadi, Hariadi
Jurnal Porkes Vol 3, No 1 (2020): PORKES
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang menggunakan rancangan penelitian "korelasional Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi antara kecepatan, kelincahan dan keseimbangan terhadap kemampuan menggiring pada permainan futsal terhadap kemampuan menggiring pada permainan futsal siswa SMPN 8 Mantewe. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan tiga variabel bebas yaitu kecepatan, kelincahan dan keseimbangan dengan satu variabel terikat kemampuan menggiring pada permainan futsal. Jumlah sampel penelitian ini dibatasi sebanyak 34 orang siswa laki-laki, dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan pengukuran kecepatan dengan lari jarak 30 meter, kelincahan dengan shutle run, keseimbangan dengan tes Modified Bass Test of Dynamic Balance  dan tes kemampuan menggirng. Teknik analisis data diolah dengan menggunakan bantuan komputer melalui program SPSS 22.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Ada kontribusi kecepatan terhadap kemampuan menggiring pada permainan futsal siswa SMPN 8 Mantewe, terbukti dengan nilai r hitung (ro) = 0,477 (0,004<0.05), (2) Ada kontribusi kelincahan terhadap kemampuan menggiring pada permainan futsal siswa SMPN 8 Mantewe, terbukti dengan nilai r hitung (ro) = 0,698 (0,000<0.05), (3) Ada kontribusi keseimbangan terhadap kemampuan menggiring pada permainan futsal siswa SMPN 8 Mantewe. terbukti dengan nilai r hitung (ro) = 0,608 (0,000<0.05)  dan (4) Ada kontribusi kecepatan, kelincahan dan keseimbangan terhadap kemampuan menggiring pada permainan futsal terhadap kemampuan menggiring pada permainan futsal siswa SMPN 8 Mantewe, terbukti dengan nilai R hitung diperoleh R = 0,797, nilai R2 = 0,635 atau 63,5% dan nilai F hitung = 17,391 (0,000<0.05). DOI: 10.29408/porkes.v3i1.2108

Page 1 of 3 | Total Record : 22