cover
Contact Name
Yustina Heny Tantrasary
Contact Email
yustina.heny@starki.id
Phone
+6281294858225
Journal Mail Official
yustina.heny@starki.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
ISSN : 2541075X     EISSN : 25982451     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ilmiah bagi para ahli dan spesialis ilmu administrasi perkantoran, kesekretarisan, dan ilmu-ilmu terkait lain yang mengedepankan pemikiran-pemikiran dalam bentuk karya tulis, analitis, refleksi kritis dan bertujuan menyebarluaskan ide, pandangan, opini, hasil studi ilmiah dan hal lain yang berhubungan langsung dan tidak langsung dengan administrasi dan kesekretarisa
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2023): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan" : 6 Documents clear
Cover, Editorial Team and Table of Contents Editorial Team
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 8, No 1 (2023): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jak.v8i1.947

Abstract

-
Menciptakan Bibit Unggul Sumber Daya Manusia Bidang Kearsipan Stella Maris Putri Nirwana; Yohanes Maryono
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 8, No 1 (2023): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jak.v8i1.893

Abstract

This article is the result of a literature study focusing on efforts to create archival human resources in Indonesia. Archives as evidence of various events have a very important meaning for the continuity of a country and really need educated and superior resources. Assumption that the field of archives can be managed by anyone is a particular concern, eventhough archive management requires special competencies that require academic, professional and practical skills. Therefore, Indonesia needs to increase the quantity and quality of human resources in the archieve field through the opening of archival study programs in formal tertiary education institutions starting from the undergraduate, postgraduate, and doctoral levels and to provide job vacancies in archiving. It is hoped that these ecosystems will increase public interest in getting involved in archiving. ABSTRAK Artikel ini merupakan hasil studi literatur yang berfokus pada upaya menciptakan sumber daya manusia bidang kearsipan di Indonesia. Arsip sebagai bukti dari berbagai peristiwa memiliki arti yang sangat penting bagi kelangsungan suatu negara dan sangat membutuhkan sumber daya yang terdidik dan unggul. Adanya anggapan bahwa bidang kearsipan dapat dikelola oleh siapapun menjadi keprihatinan tersendiri padahal pengelolaan kearsipan menuntut kompetensi khusus yang membutuhkan kemampuan akademis, profesional, dan praktis. Oleh karena itu Indonesia perlu meningkatkan kuantitas dan kualitas SDM di bidang kearsipan melalui pembukaan program studi kearsipan di lembaga pendidikan formal perguruan tinggi mulai dari jenjang S1/D4, S2, dan S3 serta menyediakan lowongan kerja di bidang kearsipan. Ekosistem yang tercipta dengan pembukaan pendidikan formal bidang arsip serta lowongan bagi tenaga kerja arsiparis diharapkan akan dapat meningkatkan animo masyarakat untuk terjun di bidang kearsipan.
Prosedur Pembuatan dan Pencabutan Surat Wasiat Menggunakan Sistem Aplikasi Ditjen AHU di Kantor Nining Herlina, S.H., M.Kn Gerung Lombok Barat Henni Comala Hikmi; Baiq Ishariaty Wika Utary; Agus Hermanto
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 8, No 1 (2023): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jak.v8i1.900

Abstract

Abstract This study raises the title of the procedure for making and revoking a will (testament) using the Directorate General of AHU application at the office of Nining Herlina, S.H., M.Kn.Gerung, West Lombok. The aim is to find out the procedure for making and revoking a will using the Ditjen AHU application at the Nining Herlina, S.H., M.Kn.Gerung West Lombok office. The results of the study provide an overview of the procedure for making and revoking a will using the Directorate General of AHU application at the office of Nining Herlina, S.H., m.Kn Gerung, West Lombok. The qualitative approach method is the method used in this study which can provide an overview of the procedures for making and revoking a will (testament) using the Directorate General of AHU application at the office of Nining Herlina, S.H., M.Kn.Gerung, West Lombok. The research results obtained that the procedure for making and revoking a will uses the Directorate General of AHU application at the office of Nining Herlina, S.H., M.Kn.Gerung, West Lombok. Abstrak Penelitian ini mengangkat judul prosedur pembuatan dan pencabutan surat wasiat (testament) menggunakan aplikasi Ditjen AHU pada kantor Nining Herlina, S.H., M.Kn.Gerung Lombok Barat. Tujuannya adalah untuk mengetahui prosedur pembuatan dan pencabutan surat wasiat menggunakan aplikasi Ditjen AHU pada kantor Nining Herlina, S.H., M.Kn.Gerung Lombok Barat. Hasil penelitian memberikan gambaran mengenai prosedur pembuatan dan pencabutan surat wasiat menggunakan aplikasi Ditjen AHU pada kantor Nining Herlina, S.H., m.Kn Gerung Lombok barat. Metode pendekatan kualitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini dimana dapat memberikan gambaran tentang prosedur pembuatan dan pencabutan surat wasiat (testament) menggunakan aplikasi Ditjen AHU pada kantor Nining Herlina, S.H., M.Kn.Gerung Lombok Barat. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa prosedur pembuatan dan pencabutan surat wasiat menggunakan aplikasi Ditjen AHU pada kantor Nining Herlina, S.H., M.Kn.Gerung Lombok Barat.
Evaluasi Kemudahan Pengguna Media Informasi Linktree Pengumuman_D3ADBIS bagi Mahasiswa D3 Administrasi Bisnis Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya Lintang Edityastono; Danti Nurleili; Sovia Rosalin
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 8, No 1 (2023): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jak.v8i1.904

Abstract

Digital media is utilized by educational institutions in supporting the process of delivering information to make it faster, easier, and more Accurate. One of the digital information media provided by the D3 Business Administration Study Program, Faculty of Vocational Studies, Universitas Brawijaya in supporting the delivery of information is Linktree. With the Linktree information media, it is easier for students to get more detailed information. On the other hand, the existence of digital information media can allows the students access information more easily anywhere and anytime. This research was conducted using descriptive methods, with data collection in the form of questionnaires and observations. The results of this study resulted in an evaluation of the views of students as a consideration in developing Linktree digital information media for D3 Business Administration. Abstrak Media digital yang dimanfaatkan oleh institusi pendidikan dalam mendukung proses penyampaian informasi agar lebih cepat, mudah, dan akurat. Salah satu media informasi digital yang disediakan oleh Program Studi D3 Administrasi Bisnis Fakultas Vokasi universitas Brawijaya dalam menunjang penyampaian informasi adalah Linktree. Dengan adanya media informasi Linktree memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan sebuah informasi yang lebih detail. Disisi lain dengan adanya media informasi digital dapat memudahkan mahasiswa untuk mengakses informasi dimana saja dan kapan saja. Pada penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif, dengan pengumpulan data berupa kuesioner dan observasi. Adapun hasil dari penelitian ini menghasilkan evaluasi dari pandangan mahasiswa sebagai pertimbangan dalam pegembangan media informasi digital Linktree bagi D3 Adminsitrasi Bisnis
Kompetensi Sekretaris Mengelola Jadwal Kegiatan Pimpinan dengan Google Calendar di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada Yohannes Suraja; Yolanda Elisabeth Tamba
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 8, No 1 (2023): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jak.v8i1.923

Abstract

Abstract The secretary has various activities to assist the leader. One of the tasks of the secretary is to manage the leader’s schedule of activities. In the current era of information and communication technology, secretary must has competence in managing the leader’s schedule of activities with the Google Calendar (GC) application. This study aims to find out and describe the competence of the secretary to manage the leader’s schedule of activities with the GC applications at the Faculty of Dentistry, Gadjah Mada University. The secretary of the Faculty of Dentistry UGM leader has the competence to manage the leader’s schedule of activities with the GC application including knowledge of management practices, skills in using technology and information devices, self-development abilities, personality in communication skills and in attitudes and behavior. Abstrak Sekretaris mempunyai aneka kegiatan untuk membantu pimpinan. Salah satu tugas sekretaris yaitu mengelola jadwal kegiatan pimpinan. Pada era teknologi informasi dan komunikasi sekarang, sekretaris harus memiliki kompetensi pengelolaan jadwal kegiatan pimpinan dengan aplikasi Google Calendar (GC). Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui dan mendeskripsikan kompetensi sekretaris mengelola jadwal kegiatan pimpinan dengan aplikasi GC di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada. Sekretaris pimpinan FKG UGM memiliki kompetensi mengelola jadwal kegiatan pimpinan dengan aplikasi GC meliputi pengetahuan praktik manajemen, keterampilan penggunaan perangkat teknologi dan informasi, kemampuan pengembangan diri dan kepribadian keterampilan berkomunikasi serta sikap dan perilaku yang baik.
Peranan Keterampilan Bahasa Inggris terhadap Efisiensi Penyelesaian Tugas Sekretaris di Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI-ICMA) Flavianus Batan; Rania Ashari; Gabriella Novianty Soedjarwo
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 8, No 1 (2023): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jak.v8i1.865

Abstract

ABSTRACT Globalization that is developing at the speed of light forces secretaries to improve their quality in terms of both hard and soft skills. English skills are an undeniable need in various fields of business. This study aims to see the role of English skills in the efficiency of completing secretarial assignments at the Indonesian Coal Mining Association (APBI-ICMA). The research method used is field observation and this research is descriptive qualitative research because the influencing variables are unable to be tightly controlled. The researcher became practitioners when carrying out Industrial Work Practices (Prakerin) at APBI-ICMA. The results of the study show that English writing skills are the skills that play the most role in completing the duties of a researcher's secretary at APBI-ICMA. ABSTRAK Globalisasi yang berkembang dengan kecepatan cahaya memaksa sekretaris untuk meningkatkan kualitas baik dibidang hard dan soft skills. Keterampilan Bahasa Inggris menjadi kebutuhan yang tidak terbantahkan lagi diberbagai bidang usaha. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peranan keterampilan Bahasa Inggris terhadap efisiensi penyelesaian tugas sekretaris di Asosisasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI-ICMA). Metode penelitian yang digunakan adalah observasi lapangan dan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif karena variabel-variabel yang berpengaruh tidak dapat dikontrol dengan ketat. Peneliti menjadi Praktikan ketika melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin) di APBI-ICMA. Hasil penelitian menujuukan bahwa Keterampilan Bahasa Inggris menulis (writing) adalah keterampilan yang paling berperan dalam penyelesaian tugas sekretaris Peneliti di APBI-ICMA.

Page 1 of 1 | Total Record : 6