cover
Contact Name
I Wayan Agus Anggayana
Contact Email
lppmakmapindo@gmail.com
Phone
+628563855763
Journal Mail Official
lppmakmapindo@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kubu Gn. Br. Tegal Jaya, Dalung, Kec. Kuta Utara, Mangupura - Badung, Bali 80361
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel
  • manajemen_pelayanan_hotel
  • Website
ISSN : 26145510     EISSN : 26558173     DOI : 10.37484
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel (JMPH) is a journal that publishes results of tourism and hotel studies researches. All articles in JMPH have passed reviewing process by peer reviewers and edited by editors. JMPH is published by Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia twice a year, June and December.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel" : 6 Documents clear
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DENGAN TEKNIK ROLE PLAY PADA SISWA KELAS X SMA DWIJENDRA DENPASAR Ni Putu Lindawati; Fenny Sengkey
Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel
Publisher : Akademi Komunitas MAPINDO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.637 KB) | DOI: 10.37484/jmph.010101

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penggunaan teknik role play dapatmeningkatkan keterampilan berbicara peserta didik. Peneliti mengangkat peserta didik kelas X SMADwijendra Denpasar sebagai objek penelitian. Penelitian ini berfokus pada keterampilan berbicarakhususnya untuk meningkatkan kosa kata sehingga peserta didik mampu dan percaya diri berbicaradengan bahasa Inggris dengan menggunakan teknik role play yang diterapkan pada peserta didik.Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori behavioristik oleh J.B Skinner (1957),keterampilan berbicara oleh Harmer (1983) dan penelitian ini menggunakan pendekatan komunikatif(communicative Approach) yang bertujuan untuk menjadikan kompetensi komunikatif sebagai tujuanpengajaran bahasa serta untuk mengembangkan teknik-teknik pengajaran keterampilan bahasa.Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus danpada setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi.Sebelum dilaksanakan pembelajaran, tes awal diberikan untuk mengetahui kemampuan awalpeserta didik dalam kemampuan berbicara sehingga nilai yang diperoleh pada tes awal dapatdibandingkan dengan siklus I dan II setelah diberikan pembelajaran. Hasil dari data kuantitatifmenunjukkan bahwa penggunaan teknik role play dapat meningkatkan kemampuan berbicara pesertadidik khususnya pada siswa kelas X SMA Dwijendra Denpasar. Hal ini dapat dilihat dari hasil yangdiperoleh oleh peserta didik pada saat diberikan tes dan terjadi peningkatan selama teknik role playditerapkan. Nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik pada tes awal adalah 46.15% yang termasukpada kategori sangat kurang. Setelah diberikan pembelajaran pada siklus I, nilai rata-rata pesertadidik meningkat menjadi 70.82% dengan kategori baik.Pada siklus II nilai rata-rata peserta didikmeningkat menjadi 77% dan tetap berada dalam kategori baik.Aspek dari kemampuan berbicara yang dijadikan tolak ukur pada penelitian ini yaitu, kosakata,kelancaran, pelafalan tata bahasa, dan pemahaman. Penelitian ini juga didukung oleh datakualitatif.Dari hasil data kualitatif, terbukti bahwa peserta didik mampu berbicara dengan bahasaInggris ketika berdialog di depan kelas dengan lancar dan menggunakan susunan kalimat yang benarsesuai dengan tata bahasa. Selain itu, peserta didik juga mampu mengucapkan ide-ide yang adadalam pikiran mereka tanpa malu-malu atau takut salah dalam berbicara dengan rasa percaya diriyang mereka miliki.
KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MAHASISWA AKOMODASI PERHOTELAN: SEBUAH KAJIAN FONOLOGI I Wayan Agus Anggayana; Ni Luh Komang Julyanti Paramita Sari
Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel
Publisher : Akademi Komunitas MAPINDO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.173 KB) | DOI: 10.37484/jmph.010102

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelafalan bahasa Inggris mahasiswa jurusanAkomodasi Perhotelan Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia. Serta hambatan apasaja yang dialami.Data kualitatif berupa hasil proses pembelajaran di dalam kelas, berupa pencatatanhasil pengucapan (pronounciation) yang dipakai oleh mahasiswa.Instrumen penelitian (a) catatanharian, (b) renstra, (c) pedoman wawancara, (d) kamera.Metode observasi digunakan untukmemperoleh data penerapan teknik bermain peran. Penelitian ini menggunakan Teknik analisiskualitatif analisis yang terdiri atas komparasi data, verifikasi, dan penyajian data. Mahasiswa selamakegiatan belajar mengajar mengalami masalah serta hambatan dalam berkomunikasi bahasa Inggriskhususnya pada pelafalan. Pelafalan yang dilakukan terjadi akibat masih kuatnya pengaruh bahasa ibuyang dimiliki mahasiswa. Selain itu pemahaman dalam tata bahasa asing mereka juga kurangmemahami.
PENGARUH TEKHNIK “SPEAKING RANDOM CLUB” TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI TATA HIDANGAN DI AKADEMI KOMUNITAS MAPINDO PADA TAHUN AKADEMIK 2016/2017 admin; Nirmala Tari; Ni Putu Dianita Safitri
Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel
Publisher : Akademi Komunitas MAPINDO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.911 KB) | DOI: 10.37484/jmph.010103

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah ada pengaruh yang berarti pada kemampuan mahasiswadalam berbicara dengan menggunakan tekhnik Speaking Random Club. Yang menjadi populasi dalampenelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Program Studi Tata Hidangan di Akademi KomunitasMAPINDO. Penelitian ini menggunakan hipotesis nol; yang berarti tidak ada perbedaan yang berartidiantara dua grup mahasiswa yang diajar dengan menggunakan tekhnik Speaking Random Club dantekhnik lama. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, Post-Test Only Control Group digunakan sebagaimetode penelitian ini. Dua kelas dipilih secara acak sebagai sampel. Sistem undian diberikan, danhasilnya menunjukan bahwa kelas TH A sebagai grup experimental dan kelas TH B sebagai grup kontrol.Setelah tekhnik diaplikasikan, tes akhir kemudian diberikan untuk menemukan pengaruh tekhnik. Datayang didapatkan dari tes akhir dianalisa dengan menggunakan perhitungan deskriptif dan inferential.Pada perhitungan deskriptif, telah didapat bahwa rata-rata grup experimental adalah 85.16 sedangkanrata-rata grup kontrol adalah 70.93, ini berarti bahwa grup experimental memiliki kemampuan yang lebihbaik daripada grup kontrol. Pada perhitungan inferential, perbedaan mahasiswa yang diajar dengantekhnik Speaking Random Club dan tekhnik lama dibuktikan dengan tingkat significant 5 persen (0.05)dengan tobserved(15.46) lebih tinggi daripada tcritical value(1.96); ini berarti bahwa hipotesis nol ditolak.Berdasarkan penemuan di atas, dapat disimpulkan bahwa HO (Null Hypothesis) ditolak dan Ha(Alternative Hypothesis) diterima. Ini artinya mahasiswa yang diajar dengan tekhnik Speaking RandomClub lebih baik daripada mahasiswa yang diajar dengan tekhnik lama.
ANALISIS KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KOPERASI KREDIT TRITUNGGAL TUKA DI DALUNG KABUPATEN BADUNG admin; I Made Jevry Dwi Suryantha; Surya Nugraha
Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel
Publisher : Akademi Komunitas MAPINDO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.71 KB) | DOI: 10.37484/jmph.010104

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja karyawan,untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan, untuk menganalisis danmengidentifikasi pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja secara simultan terhadap kinerjakaryawan Koperasi Kredit Tritunggal Tuka. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dataprimer dan data sekunder. Data primer diperoleh oleh peneliti langsung dari penyebaran kuesionerkepada karyawan Koperasi Kredit Tritunggal Tuka. Data sekunder merupakan data yangpengumpulan dan pengolahannya diperoleh dari tempat penelitian, seperti bagan organisasi danjumlah karyawan yang bekerja. Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan Koperasi KreditTritunggal Tuka yang berjumlah 80 orang. Dalam penelitian ini teknik sampel yang digunakan adalahteknik sensus atau sampel jenuh. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan uji validitas,uji reliabilitas, uji asumsi klasik: normalitas, multikolinieritas, dan heterokedastisitas, serta analisis jalur/ path analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa Kepemimpinan (X1) dan Motivasi Kerja(X2) secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan (Y). Variabel Kepemimpinan secaraparsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Namun variabel Motivasi Kerjasecara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan.
PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWANDI MAXONE HOTEL SEMINYAK - BALI admin; Bagus Putu Ekadharma Susila; Ni Putu Oka Ariantini
Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel
Publisher : Akademi Komunitas MAPINDO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.57 KB) | DOI: 10.37484/jmph.010106

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pelatihan dan Motivasi terhadap KinerjaKaryawan di Maxone Hotel. Seminyak- Bali. Kuesioner yang disebarkan kepada 93 respondenmerupakan seluruh anggota populasi. Penelitian ini, mempergunakan teknik analisis regresidengan pengujian hipotesis menggunakan Uji T dan Uji F. Hasil Uji T menunjukan bahwaPelatihan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan (Y), dimanakoefisien regresi X1(b1) thitung = 8.614 > ttabel (0,05 : 34) = 1.6909 dan sig t = 0,000 (p < 0,05)menunjukkan bahwa Ho ditolak dan menerima Ha. Sedangkan pengaruh Motivasi(X2) terhadapKinerja Karyawan (Y) adalah X2(b2) thitung = 9.254 > ttabel(0,05 : 34) =1.609 dan sig t = 0,000(p < 0,05), yang berarti bahwa Motivasi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerjakaryawan (Y). Sehingga Ho = ditolak dan menerima hipotesis alternative (Ha). Uji F menunjukanbahwa Pelatihan (X1) dan Motivasi (X2) terhadap Kinerja Karyawan (Y) dimana F hitung =422.319 > Ftabel =3.28dan sig F= 0,000 (p < 0,05). Sehingga dapat disimpulan bahwa H0 ditolakdan menerima Ha serta berpengaruh positif dan signifikan.
PENGARUH SERVICE PERFORMANCE TERHADAP NILAI SEKOLAH KEPUASAN DAN LOYALITAS PELAJAR PADA SMK PARIWISATA TRIATMA JAYA TABANAN admin; Ni Wayan Anggayani; Rosvita Flaviana Osin
Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel
Publisher : Akademi Komunitas MAPINDO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.853 KB) | DOI: 10.37484/jmph.010105

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh service performance terhadap nilaisekolah, kepuasan dan loyalitas pelajar. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah service performanceberpengaruh terhadap nilai sekolah, kepuasan dan loyalitas pelajar?”. Data dikumpulkan dengan caramenyebarkan kuesioner kepada 89 siswa pada kelas X, XI, XII di SMK Pariwisata Triatma Jaya Tabanan.Hasil penelitian membuktikan bahwa service performance berpengaruh terhadap nilai sekolah dankepuasan pelajar. Akan tetapi nilai sekolah tidak mampu meningkatkan kepuasan pelajar. Namun nilaisekolah berpengaruh terhadap loyalitas pelajar. Sementara itu kepuasan pelajar tidak mampumempengaruhi loyalitas pelajar. Hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa hubungan yang erat antaraservice performance, nilai, kepuasan dan loyalitas. Dimana service performance memengaruhi kepuasanpelajar yang kemudian kepuasan pelajar tersebut akan berlanjut kepada loyalitas pelajar. Denganmemberikan value yang baik kepada pelajar, maka akan berdampak positif terhadap loyalitas pelajar.Apabila faktor-faktor tersebut dapat bersinergis dengan baik, maka SMK Pariwisata Triatma JayaTabanan akan mampu mempertahankan eksistensinya.

Page 1 of 1 | Total Record : 6