cover
Contact Name
Dr. S. Bekti Istiyanto
Contact Email
bekti.istiyanto@unsoed.ac.id
Phone
+6285221626505
Journal Mail Official
bektiis@yahoo.com
Editorial Address
Jurusan Ilmu Komunikasi Jalan Kampus No 1 Grendeng Purwokerto Utara
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Widya Komunika: Jurnal Komunikasi Pendidikan
ISSN : 02167239     EISSN : 26861968     DOI : -
Jurnal Widya Komunika membahas dan mengkaji tema-tema komunikasi dan pendidikan yang bersumber dari hasil penelitian maupun sumbang saran pemikiran atau pengkajian ilmiah dari semua akademisi, praktisi dan pemerhati masalah komunikasi dan dunia pendidikan. Fokus dan Bidang Kajian artikel-artikel yang dapat diterima Jurnal Widya Komunika adalah kajian Komunikasi Kontemporer secara umum dan Komunikasi Pendidikan secara khusus. Dalam bidang Komunikasi Pendidikan tidak dibatasi dalam kajian konseptual teoretis saja namun juga kajian yang bersifat terapan/bersumber kasus di masyarakat secara langsung seperti Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Instruksional, Komunikasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Pemasaran Sosial, dan Perubahan Sosial.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2017): JURNAL KOMUNIKASI DAN PENDIDIKAN WIDYA KOMUNIKA" : 6 Documents clear
STRATEGI NATION BRAND SEBAGAI PROMOSI PARIWISATA INDONESIA Devi Purnamasari; Muhamad Noor Hidayat; Heni Indrayani
Widya Komunika Vol 7 No 2 (2017): JURNAL KOMUNIKASI DAN PENDIDIKAN WIDYA KOMUNIKA
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.653 KB) | DOI: 10.20884/1.wk.2017.7.2.1626

Abstract

ariwisata menjadi salah satu sektor prioritas nasional, untuk itu pemerintah berupayamengoptimalkan promosi destinasi wisata dengan cara national branding melalui VideoWonderful Indonesia versi The Journey of The World. Video tersebut menceritakan tentangkebudayaan, keindahan alam, dan petualangan wisatawan di Indonesia dan telah memperolehberagam perhargaan dunia. Mempromosikan suatu negara tidak lepas dari identitas negara, makapenelitian ini ingin membahas Strategi Brand Nation sebagai Promosi Pariwisata Indonesiadengan menggunakan pendekatan semiotika dari Video Wonderful Indonesia versi The Journey ofThe World. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam paradigmakonstruktivis dengan analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Objek Penelitian adalah videoWonderful Indonesia versi The Journey of The World. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didalam video Wonderful Indonesia versi The Journey of The World menampilkan aspek budaya(culture), alam (nature), dan jelajah (adventure). Perpaduan ketiganya digarap melalui visualisasivideo yang menampilkan pleasure tourism, leisure tourism, dan discovery tourism. Simbol-simbolyang ditampilkan dalam video seperti pengunaan batik dan kemaritiman menjadi tanda identitasnasional sekaligus strategi nation brand dalam mempromosikan pariwisata Indonesia.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN RPP MELALUI PEMBINAAN DALAM SUPERVISI AKADEMIK BAGI GURU MATEMATIKA SMP DI KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Joko Sumarno
Widya Komunika Vol 7 No 2 (2017): JURNAL KOMUNIKASI DAN PENDIDIKAN WIDYA KOMUNIKA
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.wk.2017.7.2.1213

Abstract

Penelitian tindakan sekolah dilakukan selama enam bulan dari bulan Januari sampai Juni tahun 2017 di SMP diKecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan guru matematikadalam menyusun RPP. Kegiatan penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah yang terdiri dari 2siklus. Langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari, Perencanaan (Planning), Pelaksanaan Tindakan (Acting),Pengamatan (Observing) dan Refleksi (Reflecting). Siklus I, pembinaan dalam supervisi akademik dilakukan secaraklasikal. Pada siklus II, pembinaan dalam supervisi akademik dilakukan secara individual. Data berupa kemampuanmenyusun RPP dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan data kondisiawal, siklus I dan siklus II. Pada kondisi awal jumlah guru yang menyusun RPP dengan predikat amat baik 2 orang,pada siklus I 8 orang, dan pada siklus II 13 orang. Jumlah guru yang menyusun RPP sendiri pada kondisi awal 4orang, siklus I 15 orang, dan pada siklus II 16 orang. Hasil penelitian baik secara teoretik maupun secara empirikmenunjukkan bahwa, melalui pembinaan dalam supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan menyusun RPPbagi guru matematika SMP di Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga pada semester genap tahun pelajaran2016/2017.
MOTIF PELAJAR DALAM MENGIKUTI AJANG DUTA SANITASI PROVINSI BENGKULU Giani Levina; Hanny Hafiar; Evi Novianti
Widya Komunika Vol 7 No 2 (2017): JURNAL KOMUNIKASI DAN PENDIDIKAN WIDYA KOMUNIKA
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.wk.2017.7.2.1208

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif pelajar untuk menjadi Duta Sanitasi oleh parapemenang Duta Sanitasi periode 2012-2014. Penelitian ini menggunakan paradigma kon-struktivisme dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wa-wancara mendalam, observasi, studi kepustakaan, informan ditentukan dengan cara teknik pur-posive sampling. Sedangkan teknik analisis data menggunakan empat tahap, yaitu pengumpulandata, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Teknik validitas data menggunakan triangulasisumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan motif para pemenang Duta Sanitasi mengikutiJambore Sanitasi dibagi menjadi dua kategori yaitu motif bergabung seperti menambah ilmu,menambah teman/membangun relasi, menambah/berbagi pengalaman, kegiatan menarik, menya-lurkan hobi, meningkatkan kemampuan, dan teori sosiogenetis seperti menjadikan Bengkulu lebihbaik. Saran untuk penelitian ini agar setiap elemen masyarakat membantu Duta Sanitasi untukmewujudkan sanitasi Indonesia lebih baik serta merubah pandangan mengenai kompetensi padaanak.
ADAPTASI KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DAN LINTASBUDAYA MAHASISWA PRODI S1 ILMU KOMUNIKASI Chusmeru Chusmeru
Widya Komunika Vol 7 No 2 (2017): JURNAL KOMUNIKASI DAN PENDIDIKAN WIDYA KOMUNIKA
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.wk.2017.7.2.1209

Abstract

Mahasiswa sekarang ini telah memiliki mobilitas untuk mengakses informasi tentang budaya diwilayah atau negara lain. Namun berbagai kendala dan kesulitan juga sering dialami saatseseorang berada di wilayah atau negara lain. Kesulitan memahami budaya masyarakat lainmerupakan hambatan dalam komunikasi lintas budaya dan lintas budaya. Penelitian ini dilakukandengan metode kualitatif dengan total informan sebanyak 72 siswa. Hasil penelitian menunjukkan,media internet dan sosial menjadi referensi terpercaya sebagai sumber informasi oleh mahasiswauntuk mengetahui budaya daerah atau negara lain. Bahasa, makanan, sarana ibadah, dan adatistiadat yang ada di daerah atau negara lain merupakan kesulitan dan kendala bagi siswa untukmelakukan komunikasi lintas budaya. Kehati-hatian mengatasi hambatan komunikasi lintasbudaya dilakukan dengan cara menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, belajar danmemahami budaya masyarakat wilayah atau negara lain, dan mencari informasi tentang budayalain melalui internet.
TANTANGAN PENGAJARAN MATERI GEOGRAFI BAGI SISWA SEKOLAH LANJUTAN Dodi Nurbadri; Ade Nur Arifin; Etty Athiroh
Widya Komunika Vol 7 No 2 (2017): JURNAL KOMUNIKASI DAN PENDIDIKAN WIDYA KOMUNIKA
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.wk.2017.7.2.1211

Abstract

Sebagai seorang pengajar, guru memiliki tantangan tersendiri dalam mengajar, terlebih jikapenunjang pengajaran belum tersedia secara lengkap di sekolah. Pelajaran Geografi merupakanpelajaran yang diberikan pada siswa tingkaat SMP maupun SMA. Pada mata pelajaran ini, guruacap kali mengalami beberapa tantanganyang membutuhkan kreativitas khusus untukmengatasinya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenaitantangan pengajaran materi geografi bagi siswa sekolah lanjutan. Penelitian ini menggunakanstudi deskriptif melalui cara pengumpulan data melalui teknik wawancara dan observasi. Adapunhasil yang diperoleh adalah, terdapat beberapa materi dalam pelajaran Geografi yang dianggapmemiliki tantangan khusus di mata guru budang, tantangan yang ditemukan meliputi materi ajartertentu yang relatif banyak, beririsan dengan materi lain, membutuhkan teknik penghitungn,ketidaktersedian alat peraga dan penunjang pembelajaran, masih kurangnya literasi dan sumberajar. Sedangkan cara yang telah dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut antara lain:mengajak siswa untuk kreatif membuat alat peraga mandiri, menggunakan teknik pembelajaranyang disesuaikan dengan kebutuhan, serta mengoptimalkan teknologi informasi walaupun masihdalam kondisi terbatas.
PENGARUH STATUS EKONOMI, PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG SMK DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN DI SMK NEGERI 1 PURWOKERTO Agus Nuryanto; Sumadi Sutrijat; Margani Pinasti
Widya Komunika Vol 7 No 2 (2017): JURNAL KOMUNIKASI DAN PENDIDIKAN WIDYA KOMUNIKA
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.wk.2017.7.2.1212

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh status ekonomi orang tua,pengetahuan orang tua, dan prestasi belajar siswa terhadap minat siswa SMP Negeri diPurwokerto untuk melanjutkan sekolah di SMK Negeri 1 Purwokerto. Penelitian ini merupakanpenelitian survey dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul datanya. Populasidalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri di Purwokerto tahun pelajaran2013/2014 sebanyak 2.068 siswa dan diambil sampel sebanyak 335 siswa dengan teknik purposiveproportional random sampling. Analisis data menggunakan uji persamaan regresi linier. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa status ekonomi orang tua berpengaruh negatif terhadap minatsiswa SMP Negeri di Purwokerto untuk melanjutkan sekolah di SMK Negeri 1 Purwokerto (t hitung= -8,083). Pengetahuan orang tua berpengaruh positif terhadap minat siswa SMP Negeri diPurwokerto untuk melanjutkan sekolah di SMK Negeri 1 Purwokerto (t hitung = 8,165). Prestasibelajar siswa berpengaruh negatif terhadap minat siswa SMP Negeri di Purwokerto untukmelanjutkan sekolah di SMK Negeri 1 Purwokerto (t hitung =-5,577). Implikasi dari hasil penelitianyaitu: Sekolah hendaknya memberikan program beasiswa terhadap siswa SMP yang berasal darikeluarga dengan status ekonomi yang kurang agar lebih berminat untuk melanjutkanpendidikanya ke SMK. Sosialisasi tentang pendidikan SMK perlu ditingkatkan, terutama padaorang tua siswa SMP agar orang tua dapat memberikan pertimbangan yang rasional dalammengarahkan anaknya untuk melanjutkan pendidikan di SMK. Sekolah hendaknya melakukanpendekatan yang persuasif kepada siswa SMP yang berprestasi tinggi agar berminat melanjutkanpendidikan ke SMK seperti menjamin penyaluran kerja ke perusahaan-perusahaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6