cover
Contact Name
INSAN DOKTOR EKONOMI INDONESIA
Contact Email
idei.jeb@gmail.com
Phone
+6231-5920819
Journal Mail Official
idei.jeb@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gayung Kebonsari VIII/29B Perum Injoko, Surabaya The Mezzanine A/21 Nginden Semolo-Surabaya, Jawa Timur.
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis
ISSN : -     EISSN : 27221008     DOI : http://doi.org/10.38076/ideijeb
Core Subject : Economy, Social,
“IDEI: JURNAL EKONOMI & BISNIS” diterbitkan oleh Insan Doktor Ekonomi Indonesia (IDEI) dengan tujuan sebagai wadah diseminasi hasil penelitian, hasil kajian konseptual, dan hasil pengabdian masyarakat. Jurnal ini diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun pada periode Juni dan Desember dalam bahasa Indonesia. Bidang kajian dari "IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis" meliputi: Ilmu Ekonomi Ilmu Manajemen Pemasaran Ilmu Manajemen Keuangan Ilmu Manajemen Manusia Ilmu Manajemen Produksi Ilmu Akuntansi, dll
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2022): JUNE 2022" : 5 Documents clear
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN PELATIHAN PADA KINERJA KARYAWAN YANG BERDAMPAK PADA PENINGKATAN PENJUALAN PERUSAHAAN START-UP Ferdy Muslifiansyah; Pompong Budi Setiadi; Sri Rahayu
IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 3, No 1 (2022): JUNE 2022
Publisher : Insan Doktor Ekonomi Indonesia (IDEI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38076/ideijeb.v3i1.109

Abstract

This studied aimed to analyze the influence of leadership and training on the employyees’ performance that have an impact on increasing sales in start-up companies. The population were 72 respondents, the census method in sampling, and collecting data by a questionnaire through Google Form and data analysis techniques were multiple linier regression and path analysis. The results showed that leadership and training had a positive and significant effect on employees’ performance. Leadership, training, and employees’ performance had a positive and significant impact on increasing sales so that the hypothesis was accepted. The results of the indirect research, namely leadership through performance on increasing sales, had an indirect calculation regression coefficient that was greater than the direct regression coefficient. Training through performance on increasing sales had an insignificant effect with the indirect regression coefficient value being smaller than the gradual regression coefficient so that in fact management performance had an effect on increasing sales while employees’ performance did not mediate training on increasing sales in start-up companies. This research was expected to be used as a reference for further research. Penelitian yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan dan pelatihan terhadap kinerja karyawan yang berdampak terhadap peningkatan penjualan pada Perusahaan Startup. Populasi sebesar 72 responden dengan menggunakan purposive sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui Google Form kepada karyawan dan teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dan path analisis. Hasil penelitian diperoleh: (1) Kepemimpinan (sig. 0,000) dan  pelatihan (sig. 0,000) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikansi yang diperoleh kurang dari tingkat sig.α = 0,05. (2) Kepemimpinan (sig. 0,001),  pelatihan (sig. 0,000) dan kinerja karyawan (sig. 0,000) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan sehingga hipotesis diterima. Hasil penelitian secara tidak langsung yaitu kepemimpinan melalui kinerja karyawan terhadap peningkatan penjualan memiliki pengaruh signifikan didapatkan thitung 4,283 lebih besar dibandingkan dengan (ttabel 1,995). Pelatihan melalui kinerja karyawan terhadap peningkatan penjualan memiliki pengaruh signifikan diperolah nilai thitung  9,042 lebih besar dibandingkan dengan ttabel sebesar 1,995.
PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN RELATIONSHIP QUALITY PADA REPURCHASE INTENTION PRODUK SKINCARE GARNIER MELALUI SERVICE QUALITY Sunaryo Sunaryo; Indra Syafii; Maurin Dewi Prameswari
IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 3, No 1 (2022): JUNE 2022
Publisher : Insan Doktor Ekonomi Indonesia (IDEI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38076/ideijeb.v3i1.103

Abstract

This study aims to determine the effect of customer experience on repurchase intention through service quality and to determine the effect of relationship quality on repurchase intention through service quality. The sample of this study were users of Garnier skincare products in Medan Johor District, amounting to 150 res­pon­dents. The analysis technique used is path analysis. The results showed that cus­tom­er experience had a positive and significant effect on repurchase intention mediated by service quality. Relationship quality has a positive and significant effect on re­pur­chase intention mediated by service quality.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer experience pada re­purchase intention melalui service quality dan untuk mengetahui pengaruh rela­tion­ship quality pada repurchase intention melalui service quality. Sampel dalam pe­ne­litian ini adalah pengguna produk skincare Garnier di Kecamatan Medan Johor yang berjumlah 150 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjuk­kan bahwa customer experience berpengaruh positif dan sig­nifikan pada repurchase intention yang dimediasi oleh service quality. Re­la­tion­ship quality berpengaruh postitif dan signifikan pada repurchase intention yang di­me­diasi oleh service quality.
PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PELAYANAN PADA LOYALITAS PASIEN DENGAN KEPUASAN PASIEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Sherly Natalia Dewi; Sukesi Sukesi
IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 3, No 1 (2022): JUNE 2022
Publisher : Insan Doktor Ekonomi Indonesia (IDEI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38076/ideijeb.v3i1.105

Abstract

The purpose of the study was to examine the effect of brand image and hospital service quality on patient loyalty with patient satisfaction as an intervening variable at Bhakti Dharma Husada Hospital Surabaya.  It is quantitative research with des- criptive and associative methods. The sample are 120 respondents. The data source uses primary data with the analytical technique used is SEM analysis. The results of the  study  explain  that  brand image  has  a  positive  and  significant  effect  on  patient loyalty, service quality has a positive and significant effect on patient loyalty. Brand image  has  a  positive  and  significant  effect  on  patient  satisfaction.  Service  quality has a positive and significant effect on patient satisfaction. Patient satisfaction has a positive and significant effect on patient loyalty. Brand image has an indirect effect through  patient  satisfaction  and  is  greater  than  directly.  Service  quality  has  an indirect  effect  through  patient  satisfaction  and  is  greater  than  directly.  Moreover, the results showed that all variables had a positive and significant effect on patient loyalty. This research is expected to be used as a reference for further research.  Tujuan penelitian untuk menguji pengaruh brand image dan kualitas pelayanan rumah  sakit  pada  loyalitas  pasien  dengan  kepuasan  pasien  sebagai  variabel  inter- vening  di  RSUD  Bhakti  Dharma  Husada  Surabaya.  Jenis  penelitian  kuantitatif dengan  metode  deskriptif  dan  asosiatif.  Dengan  jumlah  sampel  120  Responden. Sumber data menggunakan data primer dengan teknik analisis yang digunakan ialah analisis SEM. Hasil penelitian menjelaskan bahwa brand image berpengaruh positif dan  signifikan  pada  loyalitas  pasien,  kualitas  pelayanan  berpengaruh  positif  dan signifikan  pada  loyalitas  pasien.  Brand  image  berpengaruh  positif  dan  signifikan pada  kepuasan  pasien.  Kualitas  pelayanan  berpengaruh  positif  dan  signifikan  pada kepuasan pasien. Kepuasan pasien berpengaruh positif dan signifikan pada loyalitas pasien.  Brand  image  berpengaruh  secara  tidak  langsung  melalui  kepuasan  pasien dan lebih besar bila dibandingkan secara langsung. Kualitas pelayanan berpengaruh secara  tidak  langsung  melalui  kepuasan  pasien  dan  lebih  besar  bila  dibandingkan secara langsung. Lebih dari itu hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel berpengaruh  positif  dan  signifkan  pada  loyalitas  pasien.  Penelitian  ini  diharapkan dapat digunakan sebagai bahan referensi penelitian selanjutnya. 
PENGARUH NILAI TUKAR DOMESTIK PADA MASA COVID-19 TERHADAP PERTUMBUHAN PEREKONOMIAN DI INDONESIA Muhammad Riski Anugerah Pratama; Andriansyah Putra; Azky Wafy Hasibuan
IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 3, No 1 (2022): JUNE 2022
Publisher : Insan Doktor Ekonomi Indonesia (IDEI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38076/ideijeb.v3i1.104

Abstract

This study aimed to analyze the effect of the domestic exchange rate during the Covid- 19 period on economic growth in Indonesia. This research was qualitative in nature, obtained from books, journals, and other articles about the relationship between exchange rates during the  Covid-19  period  and  the  economy  at  the  same  time.  Data  retrieval  in  this  study  was secondary data which was generally in the form of evidence, either in the form of notes or reports  that  were  published  and  documented  as  well  as  published  and  unpublished.  The secondary data used in this study was Rupiah exchange rate data obtained from the official website of Bank Indonesia. The results of this research and analysis would show how the movement  of  the  domestic  exchange  rate  during  the  Covid-19  period  and  information  on Indonesia's economic growth taken from the official website of the Central Statistics Agency (BPS) which would later be obtained whether there was an influence of the exchange rate on economic growth in Indonesia and also how to control the exchange rate in the economy as a whole.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh nilai tukar domestik pada masa Covid-19 terhadap pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Penelitian ini bersifat kualitatif yang diperoleh dari buku, jurnal, dan artikel lainnya tentang hubungan nilai tukar pada masa Covid-19 dengan perekonomian dalam waktu yang sama. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang umumnya berupa bukti, baik berupa catatan atau laporan yang dimuat  dan  didokumentasikan  serta  dipublikasikan  dan  yang  tidak  dipublikasikan.  Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini berupa data nilai tukar Rupiah yang diperoleh dari laman resmi Bank Indonesia. Hasil dari penelitian dan analisis ini akan menunjukkan bagaimana pergerakan nilai  tukar domestik  di  masa  Covid-19  dan informasi  pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diambil dari laman resmi Badan Pusat Statistik (BPS) yang nantinya akan diperoleh apakah ada pengaruh dari nilai tukar tersebut pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia  dan  juga  bagaimana  pengendalian  nilai  tukar  tersebut  pada  perekonomian  selu- ruhnya.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI PADA KEPUASAN HARGA MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RESTORAN RICHEESE FACTORY JATIWARINGIN Vini Nurbaniyah; Meylani Tuti
IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 3, No 1 (2022): JUNE 2022
Publisher : Insan Doktor Ekonomi Indonesia (IDEI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38076/ideijeb.v3i1.114

Abstract

The purpose of this study was to analyze and determine the effect of product quality and promotion  on  price  satisfaction  through  purchasing  decisions  at  Richeese  Factory Jatiwaringin. The population in this study are consumers who have made purchases more than twice and the sampling technique used is accidental sampling with a total of 201 respondents. The data analysis method used is the Structural Equation Model using Lisrel 8.7. The results showed that promotion had a significant effect on price satisfaction but product quality had no effect on price satisfaction. On the other hand, product quality has an influence on purchasing decisions and vice versa promotion has no effect on purchasing decisions. Meanwhile, price satisfaction has a significant effect on purchasing decisions. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kualitas produk dan promosi pada kepuasan harga melalui keputusan pembelian di Richeese Factory Jatiwaringin. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang sudah melakukan pembelian lebih dari dua kali dan teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 201 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model dengan menggunakan Lisrel 8.7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi memiliki pengaruh signifikan pada kepuasan harga namun kualitas produk tidak memiliki pengaruh pada kepuasan harga. Di sisi lain, kualitas produk memiliki pengaruh pada keputusan pembelian dan sebaliknya promosi tidak berpenga- ruh pada keputusan pembelian. Sementara itu, kepuasan harga berpengaruh signifikan pada keputusan pembelian.

Page 1 of 1 | Total Record : 5