cover
Contact Name
Theodorus Pangalila
Contact Email
theopangalila@unima.ac.id
Phone
+6281320593135
Journal Mail Official
theopangalila@unima.ac.id
Editorial Address
Jln. Kampus Unima Tondano Sulawesi Utara
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
JURNAL CIVIC EDUCATION: MEDIA KAJIAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
ISSN : 25991833     EISSN : 26213567     DOI : https://doi.org/10.36412/ce.v2i1.430
Core Subject : Education, Social,
Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Manado. Jurnal diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini mempublikasikan Karya Ilmiah/Hasil penelitian di bidang Pancasila dan Kewarganegaraan.
Articles 92 Documents
Search results for , from "2017" , to "2022" : 92 Documents clear
DIVERSIFIKASI OKUPASI (Studi Sosiologis Terhadap Masyarakat di Pesisir Pantai Malalayang Kota Manado) Lamadirisi, Maryam
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (771.332 KB) | DOI: 10.36412/ce.v1i2.504

Abstract

Penelitian ini lebih menfokuskan pada bagaimana masyarakat nelayan yang dahulunya menetap di pesisir pantai Malalayang yang kemudian oleh Pemerintah Daerah merelokasi ke daerah ketinggian. Namun mereka tetap melakoni hidupnya sebagai nelayan. Adanya perubahan daerah pertanian menjadi daerah pusat kegiatan, maka beralih pula pola kerja yang selama ini ditekuni (Diversifikasi okupasi adalah memilki beberapa kerja yang dikerjakan). Menurut Darmawan Salman bahwa terjadinya proses keragaman okupasi karena adanya perluasan bidang usaha ekonomi kelompok surplus hasil revolusi hijau ke usaha-usaha non tani (dagang dan industri kecil).Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang bertitik tolak pada pandangan fenomenologis yang meletakkan penekanannya pada "Vertehen". Dengan obyeknya adalah masyarakat pesisir pantai Malalayang. Hasil penelitian adalah a. Faktor-faktor yang mendorong masyarakat pesisir pantai dan nelayan Malalayang melakukan diversifikasi adalah karena lahan tempat tinggal digunakan oleh Pemerintah daerah (relokasi 1 km dari tepi pantai) sehingga mereka harus berusaha untuk dapat menghidupkan keluarganya. b. Faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam upaya dibeversivikasi okupasi adalah minimnya lahan dan modal usaha sehingga sebagian mereka hanya dapat membantu saudaranya yang memiliki kios. c. Signifikan diversivikasi okupasi dengan mobilitas status, ternyata ada beberapa keluarga yang telah memiliki usaha yang tetap dan kemudian menjadi tokoh agama di Malalayang. Kata Kunci: Diversivikasi, Okupasi, Masyarakat Pesisir Pantai
PROFESIONALITAS APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE Messe, Megawati Hardiana; Pangkey, Itje
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.936 KB) | DOI: 10.36412/ce.v2i2.769

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profesionalitas aparatur sipil negara dalam pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan Sangihe. Penelitian ini tergolong adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang mengambarkan bagaimana situasi sebagaimana memahami fenomena-fenomena tentang Profesionalitas Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik di Dinas Kependududukan dan Pencactatan Sipil Kabupaten Kepulauan Sangihe. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pisau analisis Sobandi (2002:64) yang menyebutkan bahwa profesionalitas adalah suatu tingkah laku atau suatu tujuan atau rangkaian kualitas yang menandai atau melukiskan coraknya atau profesi berdasarkan aturan atau kemampuan kompetensi dari seseorang alam bertindak dan bertingkah laku sesuai dengan profesi berdasarkan aturan, yang ditentukan dari: (1) Ahli (Expertise); (2) Mandiri (Autonomy); (3) Tanggung jawab (Responsibilty). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pekerjaan selalu terhalangi dengan kurangnya pegawai, 2) dokumen masyarakat belum lengkap, 3) pegawai yang bekerja sebagian belum sesuai dengan kompetensi tetapi hanya berdasarkan pengalaman kerja 4) saat tertentu terdapat sikap kompromi yang berdampak pada hasil kerja belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Untuk itu disarankan sebaiknya 1) Dilakukan perbaikan kualitas Sumber Daya Manusia, 2).pengadaan sarana prasarana untuk kepentingan pelayanan, 3).sosialisasi kepada masyarakat mengenai kelengkapan administrasi kependudukan yang harus disiapkan oleh masyarakat, 4). ditingkatkan kemandirian 5). ditingkatkan tanggung jawab ASN.Kata Kunci : Profesionalitas Aparatur Sipil Negara, DUKCAPIL
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM LINGKUP SOSIO-KULTURAL PENDIDIKAN NON-FORMAL Aulia, Syifa Siti; Arpannudin, Iqbal
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.721 KB) | DOI: 10.36412/ce.v3i1.902

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengurai beberapa landasan mengenai pendidikan kewarganegaraan dalam perspektif sosio-kultural konteks pendidikan non-formal. Penelitian ini berangkat dari asumsi bahwa pendidikan kewarganegaraan tidak cukup hanya diajarkan di dalam kelas dan sekolah saja. Artinya, diperlukan upaya lain yang tidak kalah pentingnya, yakni di dalam kehidupan masyarakat. Artikel ini menguraikan landasan filosofis penyelenggaraan pendidikan kewarganegaraan dalam domain non-formal. Dikaji juga dari perspektif yuridis formal dalam perundang-undangan di Indonesia, dan bagaimana secara sosiologis urgensi pendidikan kewarganegaraan di masyarakat.Kata kunci: pendidikan kewarganegaraan kemasyarakatan, domain sosio-kultural pendidikan kewarganegaraan, pendidikan kewarganegaraan non-formal
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DI KELURAHAN PINASUNGKULAN KECAMATAN RANOWULU KOTA BITUNG Emor, Anggreiny C. J.; Lonto, Apeles Lexi; Pangalila, Theodorus
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.714 KB) | DOI: 10.36412/ce.v3i1.907

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap pendidikan anak di kelurahan Pinasungkulan kecamatan Ranowulu kota Bitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu metode yang diarahkan untuk memecahkan masalah dengan cara memaparkan atau menggambarkan apa adanya hasil penelitian. Ketepatan penentuan metode ini didasarkan pada pendapat Winarno Surachmat (1982:139), bahwa aplikasi metode ini dimaksudkan untuk penelitan yang tertuju pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment. Dari perhitungan yang telah dilakukan diperoleh rxy = 0,753. Kemudian dilanjutkan mengukur keberartian koefisien dengan menggunkan uji-t, dengan memperoleh hasil thitung = 7,323. Dengan membandingkan thitung dengan ttabel atau 7,323 dengan 1,683. Karena thitung lebih besar dari ttabel atau 7,323 > 1,683 maka menerima Ha artinya Terdapat pengaruh yang signifikan antara Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Pendidikan anak di Kelurahan Pinasungkulan Kecamatan Ranowulu Kota Bitung dan menolak H0 yaitu Tidak Terdapat Pengaruh Yang Signifikan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Pendidikan Anak.Kata Kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Pendidikan Anak
Kajian Hukum Ratifikasi Konvensi Internasional Terhadap Penyiksaan Berkaitan Dengan Upaya Paksa Menurut KUHAP Runtunuwu, Yoan Barbara
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.517 KB) | DOI: 10.36412/ce.v3i2.1095

Abstract

Negara Republik Indonesia adalah negara hukum berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 yang menjunjung tinggi hak asasi manusia dan menjamin semua warga negara pada saat yang sama untuk posisi mereka dalam hukum dan pemerintahan dan harus menegakkan hukum dan pemerintahan tanpa kecuali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami ratifikasi Konvensi Internasional Menentang Penyiksaan terkait dengan pelaksanaan upaya paksa sesuai dengan (KUHAP) serta memeriksa faktor-faktor yang menyebabkan cara-cara yang melanggar hak asasi manusia dalam menangani masalah pidana. Penelitian ini menggunakan penelitian normatif dengan data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, yaitu bahan hukum yang terdiri dari perundang-undangan yang digunakan adalah peraturan perundangundangan yang berkorelasi dengan topik penelitian bahan hukum sekunder yang memberikan penjelasan tentang bahan hukum primer seperti buku, majalah, artikel, makalah dalam seminar yang berkaitan dengan topik penelitian.
Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa PPKn Semester 7 Pada Perkuliahan PKn Sore, Jaya Sasube; Kaunang, Natanael; Pangalila, Theodorus
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.545 KB) | DOI: 10.36412/ce.v3i2.1100

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan minat belajar dengan prestasi belajar mahasiswa PPKn semester 7 pada perkuliahan PKN. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan PPKn tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah 28 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian deskriptif kuantitatif ini diharapkan mampu memberikan gambaran atau hasil tentang hubungan minat belajar dengan prestasi belajar mahasiswa semester 7 PPKn pada perkuliahan PKN.
Keterlibatan warga negara dalam pembangunan berkelanjutan melalui program desmigratif Zakaria, Fahmi Arif; Widijatmoko, Engelbertus Kukuh; Ladamay, Iskandar; Petu, Viktor Kota
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.59 KB) | DOI: 10.36412/ce.v4i1.1872

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlibatan warga negara dalam pembangunan berkelanjutan melalui program desmigratif. Bentuk penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data dalam bentuk koding, kategori dan tema. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian keterlibatan warga Negara dalam pembangunan berkelanjutan dilaksanakan oleh kelompok tani dalam pengelolaan hasil alam kemiri melalui program desmigratif, yang merupakan salah satu pilar dari keempat pilar Desmigratif. Keterlibatan warga negara dalam pembangunan berkelanjutan yaitu pengembangan usaha produktif serta kreatifitas dalam pengelolaan kemiri menjadi minyak kemiri. Semua kegiatan ini dilaksanakan secara terorganisir dalam pelaksanaan pengelolaan hasil alam kemiri melalaui program Desmigratif
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD (STUDEN TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI SMP NEGERI 4 BEO DI LOBBO Tandea, Leidi; Pasandaran, Sjamsi; Pangalila, Theodorus
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.515 KB) | DOI: 10.36412/ce.v2i1.430

Abstract

Dalam penelitian ini ditemukan berbagai permasalahan seputar minat belajar siswa antara lain: tidak memiliki minat belajar dalam pelajaran PKn, kurangnya perhatian siswa dalam proses belajar mengajar, siswa pasif dan hanya guru yang aktif, tidak memiliki semangat untuk belajar pelajaran PKn, dan tidak membuat tugas yang diberikan oleh guru. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 4 Beo di Lobbo. Metode penelitian yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah metode penelitian deskriptif naratif dengan pendekatan kualitatif, dimana peneliti ingin menggambarkan suatu fakta yang ada disekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMP negeri 4 Beo di Lobbo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe STAD yang sudah diterapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan dapat menciptakan pembelajaran yang menarik sehingga siswa tertarik untuk belajar dan ikut berpartisipasi dalam proses belajar. Dan pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini diskusi dan kerja kelompok memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat berpikir, berdiskusi bersama teman-teman sekelompoknya dan membuat kuis yang membuat siswa tertarik untuk belajar. Oleh karena itu, penulis merekomendasikan untuk penelitian selanjutnya agar dalam meningkatkan minat belajar siswa maka guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division). Kata Kunci : Kooperatif Tipe STAD, Minat Belajar, PKn
PERKAWINAN DINI DAN PERMASALAHANNYA (Studi Kasus Kelurahan Tataaran 2 Kecamatan Tondano Selatan Kabupaten Minahasa) Turangan, Imelda M; Lonto, Apeles L; Biringan, Julien
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.684 KB) | DOI: 10.36412/ce.v2i1.441

Abstract

Penelitian tentang perkawinan dini dan permasalahannya di Kelurahan Tataaran 2 Kecamatan Tondano Selatan Kabupaten Minahasa. Adapun masalah yang terjadi dilapangan yaitu masih banyak terjadi perkawinan dini yang disebabkan karena hamil pranikah yang diakibatkan karena pergaulan yang terlalu bebas. Adapun teori yang mendukung dalam penelitian ini adalah teori tentang perkawinan, dan perkawinan dibawah umur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini, data yang digunakan adalah data primer berupa wawancara mendalam kepada pasangan-pasangan suami-isteri yang melakukan perkawinan dini di Kelurahan Tataaran 2, dan data sekunder yaitu data pelengkap dari pemerintah, dengan teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan triangulasi. Selanjutnya teknik analisis data dari penelitian ini dikelola dengan cara kualitatif. Hasil temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa pemahaman masyarakat yang ada di Kelurahan Tataaran 2 mengenai perkawinan dibawah umur dan perkawinan yang memenuhi syarat/ketentuan dipandang sama. Perkawinan dini yang terjadi di Kelurahan Tataaran 2 disebabkan karena pergaulan yang terlalu bebas dan menikah karena sudah hamil pranikah, serta sering terjadi percekcokkan/pertengkaran dalam kehidupan berumah tangga oleh para pasangan muda. Kata Kunci: Perkawinan, Perkawinan Dini
PENILAIAN KOMPETENSI SIKAP PADA MAHASISWA JURUSAN PPKN FIS UNIMA Rattu, Jan A
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (889.753 KB) | DOI: 10.36412/ce.v1i1.490

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memberikan deskripsi tentang: (1) Pentingnya penilaian kompetensi sikap, (2) Implementasi penilaian kompetensi sikap pada Mahasiswa Jurusan PPKn FIS Unima.Berdasarkan hasil kajian berbagai literatur penulis menyimpulkan bahwa: a) Penilaian kompetensi sikap dalam pembelajaran PPKn  merupakan hal yang patut dilaksanakan karena amanat dalam Undang-undang Nomor 10 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Permendikbud RI Nomor: 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi pasal 6:1, pasal 20:3, dan Panduan Akademik Universitas Negeri Manado edisi 2014 pasal 38 dan 39; b) Mahasiswa Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan sumberdaya manusia yang perlu dibekali dengan prilaku dan akhlak mulia sebagaimana diarahkan oleh falsafah hidup bangsa Indonesia yaitu Pancasila, sehingga dapat berperan sebagai warganegara yang efektif dan bertanggung jawab melalui mekanisme penilaian sikap; c) Implementasi penilaian sikap dalam bentuk observasi/pengamatan langsung dengan menggunakan program aplikasi.  dan; d)  Indikator penilaian sikap minimal meliputi: (1) Kompetensi spiritual, (2) Kompetensi kejujuran, (3) Kompetensi tanggung Jawab, (4) Kompetensi kerjasama, (5) Kompetensi Kesantunan dan (6) Kompetensi kepercayaan diri. Kata Kunci: Penilaian Sikap, Implementasi Penilaian Sikap.

Page 1 of 10 | Total Record : 92