cover
Contact Name
Robby Fauji
Contact Email
manajemenkreatif@ubpkarawang.ac.id
Phone
+6281283590900
Journal Mail Official
manajemenkreatif@ubpkarawang.ac.id
Editorial Address
Jalan Ronggo Waluyo Sirnabaya, Puseurjaya, Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41361
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif
ISSN : 25280597     EISSN : 25805428     DOI : https://doi.org/10.36805/manajemen
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif Dikelola oleh program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Buana Perjuangan Karawang. Ruang lingkup jurnal adalah manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen operasi dan bisnis kreatif.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Manajemen " : 12 Documents clear
PENGARUH MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN MANUFAKTUR DI KARAWANG (Studi Kasus di PT YPMI) Taufiq Hidayatulah
Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif
Publisher : LPPM Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/manajemen.v3i2.249

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, kepuasan kerja berpengaruh secara parsial maupun simultan, dan untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan pengaruh kedua variabel motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di perusahaan manufaktur. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus atau sempel jenuh jumlah populasinya hanya 71 karyawan . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah memberikan kuesioner kepada karyawan sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Kuesioner di buat menggunakan fasilitas di google form (formulir). Data dari pengukuran kuesioner masih berbentuk ordinal, maka semua data ordinal transformasi ke bentuk interval dengan menggunakan dengan metode MSI (Methods of Successive interval). Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Metode Kuantitatif dengan menggunakan lima rumus Analisis Regresi Berganda, Analisis korelasi, Uji-t, Uji F dan Uji koefisien determinasi (R2) dengan bantuan perangkat lunak SPSS 18.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Namun, dari hasil uji t, variabel kepuasan kerja memiliki pengaruh paling dominan bila dibandingkan dengan Motivasi. Hasil perhitungan SPSS pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan manufaktur di Karawang didapatkan Nilai Coefficients beta motivasi sebesar 0.250 dan kepuasan kerja sebesar 0.531 dan koefisien determinasi atau R-square adalah figur sebesar 0.544. Kata kunci: Motivasi, Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan
ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP RETURN ON ASSET BANK PERKREDITAN RAKYAT PADA PT. BPR POLIN JAYA Dedi Mulyadi; Alexander Din
Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif
Publisher : LPPM Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/manajemen.v3i2.250

Abstract

ABSTRACT Influence Analysis of Financial Ratios Return on Assets Rural Bank in PT . BPR Polin Jaya. The purpose of this study was to obtain empirical evidence and find clarity phenomena and conclusions about the effect of variable Financial Ratios Return on Assets Rural Bank in PT . BPR Polin Jaya This thesis is expected to provide input for the bank and customer management for decision making with regard to CAR, NPL, NIM, ROA, LDR and ROA, and economics in general. This research uses descriptive and verification methods, namely; collecting, presenting, analyzing, and testing hypotheses, and make conclusions and suggestions. From the analysis of research data, obtained the following conclusions: 1. The role of capital adequacy of banks in running the business anyway, is something that absolutely must be met. With the fulfillment of CAR by the bank then the bank can absorb losses suffered, so that the activities carried out will be run efficiently, and ultimately the profits from the bank is increasing. 2. The role of the bank's management is very cautious in lending to borrowers so as to minimize loans become problematic 3. The ability of banks to earn interest income from the good and bad effect on the bank's Return on Assets. If the acquisition of the bank NIM ratio increases, the Return on Assets (ROA) of the bank will also increase. 4. The level of efficiency of the bank's operating costs greatly affect the Return on Assets. The more efficient or small bank operating costs, the profit gained greater 5. The level of liquidity of a bank affects the bank's Return on Assets. The more optimal level of liquidity the bank, then the third party funds disbursed in the form of greater credit. With the growing amount of credit granted, the profits to be gained are also getting bigger 6. Effect of CAR, NPL, NIM, ROA, LDR simultaneously significant effect on ROA of 92.7% From these results, it can be concluded that the Return on Assets can be influenced by CAR, NPL, NIM, ROA, LDR, which means Return on Assets can be enhanced through improved CAR, NPL, NIM, ROA, LDR accordance with the regulations of Bank Indonesia and Otoritas Jasa Keuangan. Keywords: CAR, NPL, NIM, BOPO, LDR dan ROA
PENGARUH PERAN KEPEMIMPINAN DAN PROMOSI JABATAN TERHADAP MOTIVASI KERJA YANG BERDAMPAK PADA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PERUM PERURI KARAWANG Eva Varida Natalina MS
Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif
Publisher : LPPM Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/manajemen.v3i2.251

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk memperoleh bukti-bukti empirik dan menemukan kejelasan fenomena serta kesimpulan tentang pengaruh peran kepemimpinan dan promosi jabatan terhadap motivasi kerja yang berdampak pada peningkatan kinerja karyawan Perum Peruri karawang. Tesis ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu manajemen khususnya sebagai sumbangan pustaka ilmiah bidang manajemen sumber daya manusia, sebagai bahan referensi dalam penulisan ilmiah, sebagai bahan informasi, baik bagi pimpinan maupun rekan-rekan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang dalam pelaksanaan manajemen berbasis kinerja, sebagai bahan pertimbangan dan input dalam mengambil keputusan dan menentukan arah kebijakan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan metode deskriptif dan verifikatif, yaitu: mengumpulkan, menyajikan, menganalisis dan melakukan pengujian hipotesis, serta membuat kesimpulan dan saran. Berdasarkan hasil analisis penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1. Korelasi kepemimpinan dengan promosi mempunyai nilai koefesien korelasi (r) sebesar 0,568.Dengan demikian korelasi peran kepemimpinan dengan promosi jabatan memiliki tingkat korelasi sedang karena berada pada interval 0,40 – 0,599 (Sugiyono:2014:184) dan nilainya positif. Ini menunjukan bahwa jika kepemimpinan dengan promosi mampu meningkatkan kinerja karyawan jika dilakukan sesuai dengan prosedur yang baik dan benar. 2. Besarnya pengaruh kepemimpinan yang secara langsung berpengaruh terhadap motivasi karyawan adalah 23,43%. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan “kepemimpinan berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi karyawan” dapat diterima. 3. Besarnya pengaruh promosi jabatan yang secara langsung berpengaruh terhadap motivasi kerja karyawan adalah 2,56%. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan “promosi jabatan berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi kerja karyawan” dapat diterima. 4. Secara simultan kepemimpinan dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kinerja melalui motivasi karyawan sebesar 25,99%. Sisanya yaitu sebesar 74,01% merupakan pengaruh yang datang dari faktor lain. 5. Besarnya pengaruh motivasi kerja karyawan terhadap kinerja karyawan adalah 14,44%. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan “motivasi berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja karyawan” dapat diterima. Kata kunci : Peran Kepemimpinan, Promosi Jabatan, Motivasi, Kinerja Karyawan
PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA KEDAI MAKAN PA’MUR KARAWANG Armahadyani .
Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif
Publisher : LPPM Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/manajemen.v3i2.253

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan menjelaskan: (1) bagaimana harga di Kedai Pa’Mur, (2) bagaimana promosi di Kedai Pa’Mur, (3) bagaimana kualitas pelayanan di Kedai Pa’Mur, (4) bagaimana keputusan pembelian konsumen di Kedai Pa’Mur, (5) korelasi harga denga promosi, (6) korelasi promosi dengan kualitas pelayanan, (7) korelasi harga dengan kualitas pelayanan, (8) pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Kedai Pa’Mur secara parsial dan (9) pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Kedai Pa’Mur secara simultan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Kedai Pa’Mur. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 365 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan metode deskriptif dan verifikatif, yaitu: mengumpulkan, menyajikan, menganalisis dan melakukan pengujian hipotesis, serta membuat kesimpulan dan saran dan Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis jalur (path). Berdasarkan hasil analisis penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1. Korelasi harga (X1) dengan promosi (X2) mempunyai nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,108 dan jika diinterpretasikan dengan keeratan hubungan kedua variabel ini mempunyai tingkat hubungan yang rendah (Sugiyono, 2005 : 255) dan searah karena nilainya positif. Meskipun rendah terjadinya hubungan kedua variabel tersebut, tapi hal ini menunjukan bahwa harga berperan sebagai sarana informasi terhadap calon konsumen, informasi tersebut bisa didapat dalam bentuk iklan atau bahkan promo-promo yang dilakukan oleh para penjual untuk menarik calon konsumen. 2. Korelasi promosi (X2) dengan kualitas pelayanan (X3) mempunyai nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,653 dan jika diinterpretasikan dengan keeratan hubungan kedua variabel ini mempunyai tingkat hubungan yang kuat (Sugiyono, 2005 : 255) dan searah karena nilainya positif. Ini menunjukan bahwa jika promosi yang sering dilakukan, maka kualitas pelayananan pun akan ditingkatkan begitupun sebaliknya dengan meningkatkan kualitas pelayanan maka promosi yang dilakukanpun akan semakin meningkat karena dapat dijadikan sebagai nilai plus untuk menarik calon konsumen. 3. Korelasi harga (X1) dengan kualitas pelayanan (X3) mempunyai nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,353 dan jika diinterpretasikan dengan keeratan hubungan kedua variabel ini mempunyai tingkat hubungan yang rendah (Sugiyono, 2005 : 255) dan searah karena nilainya positif. Ini menunjukan bahwa jika harga meningkat maka kualitas pelayanan juga akan meningkat. Sebaliknya jika kualitas pelayanan meningkat maka harga juga akan meningkat. 4. Besarnya pengaruh harga yang secara langsung berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah 56,58%. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan “harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian” dapat diterima. 5. Besarnya pengaruh promosi yang secara langsung berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah 4,28%. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan “promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian” dapat diterima. 6. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan yang secara langsung berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah 2,07%. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan “kualitas pelayanan berkontribusi secara signifikan terhadap keputusan pembelian” dapat diterima. 7. Secara simultan harga (X1), promosi (X2), dan kualitas pelayanan (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 62,92%. Sisanya yaitu sebesar 37,08% merupakan pengaruh yang datang dari faktor-faktor lain. Kata kunci : Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian. ABSTRACT This research aims to know, analyze and explain: (1) how is the price at Kedai Pa'Mur, (2) how promotion at Kedai Pa'Mur, (3) how the quality of service at Kedai Pa'Mur, (4) (7) correlation of promotion with service quality, (7) price correlation with service quality, (8) price influence, promotion and service quality to purchase decision at Kedai Pa ' Partial and (9) influence of price, promotion and quality of service to purchase decision at Kedai Pa'Mur simultaneously. Type of research used in this research is survey. Population in this research is consumer of Kedai Pa'Mur. The sampling technique used random sampling method with 365 samples. Data collection techniques using questionnaires that have been tested for validity and reliability. The method used in this research is quantitative method with descriptive and verifikatif method, namely: collecting, presenting, analyzing and doing hypothesis testing, and making conclusions and suggestions and data analysis techniques used to answer the hypothesis is path analysis. Based on the results of the research analysis, the following conclusions are obtained: 1. The correlation of price (X1) with promotion (X2) has correlation coefficient (r) value of 0.108 and if interpreted by the closeness of the relationship of these two variables have a low level of relationship (Sugiyono, 2005: 255) and in the direction of positive value. Despite the low relation between the two variables, this shows that the price serves as a means of information to potential customers, the information can be obtained in the form of advertisements or even promos by the sellers to attract potential customers. 2. The correlation of promotion (X2) with service quality (X3) has a correlation coefficient value (r) of 0.653 and if interpreted by the closeness of the relationship of these two variables have a strong relationship level (Sugiyono, 2005: 255) and unidirectional because the value is positive. This shows that if the promotion is often done, then the quality of service will be improved vice versa by improving the quality of service then the promotion will be increased as it can be used as a plus to attract potential customers. 3. Price correlation (X1) with service quality (X3) has correlation coefficient (r) value of 0.353 and if interpreted with the closeness of relationship of these two variables have a low level of relationship (Sugiyono, 2005: 255) and unidirectional because the value is positive. This shows that if the price increases then the quality of service will also increase. Conversely, if the quality of service increases then the price will also increase. 4. The magnitude of the influence of prices that directly affect the purchase decision is 56.58%. Based on the findings of this study can be concluded that the research hypothesis stating "the price significantly influence the purchase decision" is acceptable. 5. The magnitude of promotion that directly affect the purchase decision is 4.28%. Based on the findings of this study can be concluded that the research hypothesis that states "promotion significantly influence on purchase decisions" is acceptable. 6. The magnitude of the influence of service quality which directly affects the purchase decision is 2.07%. Based on the findings of this study it can be concluded that the research hypothesis which states "service quality contribute significantly to the purchase decision" is acceptable. 7. Simultaneously the price (X1), promotion (X2), and service quality (X3) significantly influence the purchase decision (Y) of 62.92%. The remaining 37.08% is the effect that comes from other factors. Keywords : Price, Promotion, Service Quality, Purchase Decision
PENGARUH PERAN KEPEMIMPINAN, KOMUNIKASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA UPTD PUSKESMAS KECAMATAN KLARI KABUPATEN KARAWANG Eneng Sukmayanti
Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif
Publisher : LPPM Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/manajemen.v3i2.254

Abstract

ABSTRAK The purpose of this study is to obtain empirical evidence and to find clarity of phenomena and conclusions about the influence of leadership role, communication, and work environment on employee performance at UPTD Puskesmas Kecamatan Klari Kabupaten Karawang. This thesis is expected to contribute to the development of management science, especially as a contribution of scientific literature in human resources management, as reference material in scientific writing, as an information material, both for leaders and colleagues in District Health Office Karawang in the implementation of performance-based management, As a material consideration and input in making decisions and determine the direction of policy. The research is done by using quantitative method with descriptive and verification method, that is collecting, presenting, analyzing and doing hypothesis testing, and making conclusion and suggestion. Based on the results of the research analysis, the following conclusions are obtained: 1. The correlation of leadership (X1) with communication (X2) has a correlation coefficient value (r) of 0.512 and if interpreted by the closeness of relationship between these two variables has a fairly strong level of relationship (Sugiyono, 2005:255) and unidirectional because the value is positive. This shows that if leadership increases then communication will also increase. Conversely, if communication increases then leadership will also increase. 2. Communication correlation (X2) with work environment (X3) has correlation coefficient (r) value of 0.343 and if interpreted with the closeness of relationship of these two variables have a low level of relationship (Sugiyono, 2005:255) and unidirectional because the value is positive. This shows that if communication increases then the work environment will also increase. Conversely, if the work environment increases then communication will also increase. 3. The correlation of leadership (X1) with work environment (X3) has a correlation coefficient value (r) of 0.359 and if interpreted by the closeness of the relationship of these two variables have a low level of relationship (Sugiyono, 2005:255) and unidirectional because the value is positive. This shows that if leadership increases then the work environment will also increase. Conversely, if the work environment increases then leadership will also increase. 4. The magnitude of the influence of leadership role on employee performance is 24.4%. Based on the findings of this study can be concluded that the hypothesis of research that states "leadership has significant effect on employee performance" is acceptable. 5. The magnitude of communication effect on employee performance is 14.2%. Based on the findings of this study can be concluded that the hypothesis of research that states "communication has significant effect on employee performance" is acceptable. 6. The amount of work environment influence on employee performance is 13.4%. Based on the findings of this study it can be concluded that the research hypothesis which states "work environment contribute significantly to the performance of employees" is acceptable. 7. Simultaneously leadership (X1), communications (X2), and work environment (X3) have a significant effect on employee performance (Y) of 52.0%. The remaining 48.0% is the effect that comes from other factors. Keywords : Role of Leadership, Communication, Work Environment, Employee Performance
ANALISIS PENINGKATAN KOMPETENSI YANG BERBASIS PELATIHAN MODEL RETURN ON TRAINING INVESTMENT (ROTI) (STUDI KASUS DI PT ALPHA AUTOMOTIVE INDONESIA) Ayati Hernasari
Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif
Publisher : LPPM Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/manajemen.v3i2.255

Abstract

Abstrack Increased competence with training required in PT.Alpha Automotive Indonesia has constraints in the form of trouble maker on the performance of employees. One of the efforts made by PT. Alpha Automotive Indonesia to improve employee competence is by training organized by Institutions, Companies and Industrial Estate Management. The objective of the research is to increase competence using training on return on training investment model. The method used is using qualitative research approach. Observational research techniques, interviews, documentation and Focus Group Discussion (FGD). Nature of this research is case study with single case study design (single case study). The result of the research shows that the competence based on employee training in PT. Alpha Automotive Indonesia declared managed to improve the competence of employees of PT. Alpha Automotive Indonesia by showing a good relationship between the training required by the company (training from outside) and training conducted by the company. Keywords: Competence, Training.
DETERMINAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH UNSIKA (Universitas Singaperbangsa Karawang) Hani Febrian Agustin
Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif
Publisher : LPPM Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/manajemen.v3i2.256

Abstract

ABSTRAK Penelitian Determinan Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Unsika ini telah dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Oktober 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor bauran pemasaran jasa (marketing mix) 7P berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih Unsika dan Untuk mengetahui faktor apa dari bauran pemasaran jasa (marketing mix) 7P. Terdapat 8 (delapan) variabel diantaranya variabel bebas (independent variable) dalam penelitian ini adalah keseluruhan variabel-variabel bauran pemasaran jasa (marketing mix) 7P yang terdiri dari produk atau program studi (X1), harga atau uang SPP (X2), promosi (X3), lokasi (X4), orang (X5), proses (X6) pelayanan (X7). Variabel terikat (dependent variable) dalam penelitian ini adalah merupakan keputusan mahasiswa untuk memilih Universitas Singaperbangsa Karawang sebagai tempat kuliah untuk mendapatkan pendidikan (Y) yang menunjukan kepuasan mahasiswa memilih Unsika, yaitu keseluruhan upaya atau tindakan mahasiswa yang secara langsung dalam usahanya untuk memilih Universitas Singaperbangsa Karawang sebagai tempat untuk menuntut ilmu. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang dilakukan di Universitas Singaperbangsa Karawang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan model analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Jumlah responden sebanyak 360 orang. Pengukuran yang digunakan dalam kuesioner dengan skala Guttman. Hasil penelitian didapatkan koefisien determinanya sebesar 0.664, yang artinya bahwa variabel produk atau program studi (X1), harga atau uang SPP (X2), promosi (X3), lokasi (X4), orang (X5), proses (X6) pelayanan (X7) mampu mempengaruhi keputusan mahasiswa sebesar 66,4%. Berdasarkan hasil uji parsial atau uji t diketahui bahwa variabel orang (X5) berpengaruh paling signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih Unsika, dengan nilai sebesar 23,49%.Berdasarkan hasil tersebut perlu diperhatikan dan dipertahakankan serta dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap faktor tersebut, dapat diupayakan dengan melakukan upgrading atau peningkatan kemampuan terhadap tenaga pengajar atau dosen juga terhadap petugas administrasi kampus. Kata Kunci : Determinan, Marketing Mix 7P, Keputusan Mahasiswa ABSTRACT This study has been conducted from July to October 2017. The aim of this study is to identify how much factor marketing mix 7P influenced to the decision of student in choosing University of Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) and to examine the factor of marketing mix 7P that is the most significant to students’ decision in choosing UNSIKA. There are 8 variables which are independent variable of this study is all the variable of markerting mix 7p that consist of product or study program (x1), university tuition (x2), promotion (x3), place/location (x4), people (x5), process (x6), servise) (x7),. while, the dependent variable of this study is the decision of students in choosing UNSIKA as the place in getting education (y). It showed the satisfication of students in choosing UNSIKA which are the effort of students in chooisng UNSIKA as the place of studying. The approach of this study is study case which has been conducted in UNSIKA. Therefore, this is descriptive quantitative study whose analysis method is multiple regression analysis. the data of this study were obtained by the answer of 360 students of UNSIKA as respondents through questionnaire. Hence, Guttman scales is used in this study. The result of this study is 0.644 as the determinant coeeficient which means variables such as product or study program (x1), (x1), university tuition (x2), promotion (x3), place/location (x4), people (x5), process (x6),influenced the choice of students value of 66.4%. moreover, the result parsial test or T-test showed that x5 is the has significant influence on students' choice in choosing Unsika value of 23.59%. Hence, the result can be concluded that the service need to be upgraded which can be done by developing of lecturers' ability in lecturing and administration of campus. keywords: determinant, marketing mix 7p, choice of students
PENGARUH PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PEDES KABUPATEN KARAWANG Tina Destiana Pratama
Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif
Publisher : LPPM Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/manajemen.v3i2.257

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Suatu Kajian Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi dan kepuasan Kinerja terhadap Kinerja Guru di SD Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang. Masalah utama yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bahwa kinerja guru di lingkungan SD Kecamatan Pedes belum optimal. Hal ini diduga antara lain dipengaruhi oleh Kepemimpinan kepala sekolah, Motivasi Berprestasi dan Kinerja guru. Dari bahasan tersebut, peneliti sangat tertarik untuk mengadakan penelitian di SD Se-Kecamatan Pedes. Masalah yang dibahas perlu dibatasi yaitu sejauh mana pengaruh Kepemimpinan kepala sekolah, Motivasi Berprestasi dan Kepuasan Kerja terhadap kinerja guru. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SD Se-Kecamatan Pedes, sebanyak 146 orang. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil perhitungan deskriptif menunjukan bahwa berdasarkan persepsi responden mengenai Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprstasi dan Kepuasan Kinerja Guru SD Kecamatan Pedes serta Kinerja Guru berada pada kategori cukup baik. Sedangkan hasil analisis deskriptif melalui analisis jalur diperoleh nilai besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung menunjukan bahwa pengaruh Kepemimpinan kepala sekolah secara langsung adalah sebesar 31,9%, mengaruh tidak langsung melalui motivasi berprestasi sebesar 17.0%. pengaruh tidak langsung melalui kepuasan kinerja sebesar 25.3%, sehingga total pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah sebesar 25.8%. Pengaruh langsung motivasi berprestasi terhadap kinerja guru adalah sebesar 31,9%, pengaruh tidak langsung kompetensi guru terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja guru adalah sebesar 17.0% dan total pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru sebesar 25.3%,. Pengaruh langsung motivasi kerja guru terhadap kinerja guru adalah sebesar 31,9%, pengaruh tidak langsung melalui manajerial kepala sekolah sebesar 5,18% dan pengaruh tidak langsung melalui kompetensi guru adalah 25.8% dan total pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru sebesar 17.0%. Hasil perhitungan Koefisien determinasi (R kuadrat) yang dinyatakan dalam persentase mengambarkan besarnya kontribusi semua variabel bebas dalam menentukan kinerja (Y) adalah sebesar 74.2%. Sedangkan faktor lain yang tidak diteliti dan turut mempengaruhi kinerja ditunjukan oleh nilai PyЄ = 0.258 atau sebesar 25.8%. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi, Kepuasan Kerja , Kinerja Guru.
ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK DI UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG Ani Rahmawati Absi; Puji Isyanto; Eman Sulaeman
Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif
Publisher : LPPM Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/manajemen.v3i2.258

Abstract

ABSTRACT The aim of research to analyze policies, implementation, performance of academic administrative services, efforts Stakeholders in the supervision of management information systems academic administrative services, and the impact of academic information system (SIAKAD) in an effort to improve the performance of the academic administration at the University Singaperbangsa Karawang. The thesis is expected to contribute to the bearers of economics in particular; application of academic information system (SIAKAD), Human Resource Management, Information Systems Management, and economics in general. This study uses a qualitative approach to data collection techniques are observation, interviews and in-depth interviews. The results were analyzed by comparing answers interviews with expert informants Judgment and create Conclusions and Recommendations. From the analysis of research data, be concluded as follows: 1) Policy management Singaperbangsa University Karawang already exists and has been referred to the Higher Education regulations only require better oversight again. 2) University Singaperbangsa Karawang already implementing integrated SIAKAD but still partial. 3) Performance of academic administrative services at the University of Singaperbangsa Karawang good enough after their SIAKAD. 4) Efforts Stakeholders in the supervision of the University Singaperbangsa SIAKAD in Karawang enough and needs to be increased again. 5) The impact of the application of SIAKAD enough to affect the performance of academic administrative services at the University Singaperbangsa Karawang. Furthermore, the sustainability of recommendation; SOP has been given by the Higher Education dilakuka timely and well as impact on the Quality of Higher Education. Network of SIAKAD needs to be improved. Rules Regulations of Higher Education also greatly affect the performance improvement of the service provider and academic administration. About Integration of reporting systems in each Prodi needs to be implemented immediately. Hopefully, by the Decree of the Rector of the University of Singaperbangsa Karawang to consider remuneration as a reward from the important task. Keywords: Application, Academic Information Systems, Service Performance.
PENGARUH FUNGSI MANAJEMEN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA DOSEN UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG Aji Tuhagana
Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif
Publisher : LPPM Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/manajemen.v3i2.291

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fungsi manajemen terhadap produktivitas kerja dosen Universitas Buana Perjuangan Karawang. Data yang diperoleh melalu angket yang disebarkan kepada 52 orang dosen sebagai responden, kemudian diolah melaui bantuan program SPSS 18, diperleh data sebagai berikut : Hasilkorelasi analisa korelasi dan regresi variabel fungsi manajemen dan variable produktivitas kerja dosen memiliki nilai sebesar 0,662. Artinya arah hubungan kedua variabel tersebut positif, apabila variabel fungsi manajemen naik maka variabel produktivitas kerja dosen juga akan naik, di mana jika semakin baik fungsi manajemen dijalankan, maka produktivitas kerja dosen akan semakin baik pula, begitu juga sebaliknya. Sedangkan korelasi antara variabel X dan Y adalah kuat. Koefisien determinasi sebesar 0,438, menjelaskan bahwa persamaan regresi yang diperolah dapat menerangkan 43,8% variasi produktivitas kerja dosen atau bisa dikatakan bahwa persamaan regresi yang diperoleh cukup baik untuk menjelaskan variabel fungsi manajemen. Dari hasil uji statistik diperoleh pengaruh variabel bebas (fungsi manajemen) terhadap variabel terikat (produktivitas kerja dosen) dengan nilai p-value sebesar 0,0005. Ringkasan Hasil Pengolahan Data Regresi Keterangan B Standar Eror thitung Sig Keterangan Constant 20,843 7,457 2,795 0,007 Signifikan Fungsi Manajemen (X) 0,695 0,111 6,248 0,0005 Signifikan Nilai R = 0,662 Sig F = 0,0005 Jumlah Sampel = 52 Nilai R2 = 0,438 F hitung = 39,034 ά = 0,05 Persamaan Regresi Y = β0 + β1 X1 + e Produktivitas Kerja Dosen = 20,843 + 0,695*Fungsi Manajemen + e Hasil analisa statistik terhadap produktivitas kerja dosen dan fungsi manajemen, dengan nilai konstan sebesar 20,843 dan nilai b = 0,695 didapatkan persamaan regresinya sebagai berikut: Y = β0 + β1 X1 + e Produktivitas Kerja Dosen = 20,843 + 0,695*Fungsi Manajemen + e Dimana: a. Konstanta β0 sebesar 20,843 artinya jika faktor fungsi manajeman konstan atau sama dengan 0 (nol), maka besarnya produktivitas kerja dosen adalah 20,843 satuan. b. Nilai β1 yang merupakan koefisien regresi dari variabel X1 (fungsi manajemen) sebesar 0,695 artinya jika terjadi peningkatan fungsi manajemen sebesar 1 satuan, maka produktivitas kerja dosen akan mengalami kenaikan atau peningkatan sebesar 0,695 satuan. Kata Kunci : Fungsi Manajemen; Produktivitas Kerja

Page 1 of 2 | Total Record : 12