cover
Contact Name
Yafid Effendi
Contact Email
mbjtm@umt.ac.id
Phone
+6281320262711
Journal Mail Official
mbjtm@umt.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Tangerang Jl. Perintis Kemerdekaan No.1/33, RT.007/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Indonesia 15118
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
ISSN : 25495038     EISSN : 25804979     DOI : -
Motor Bakar adalah jurnal online prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang berisi tentang artikel hasil penelitian dibidang Konversi Energi, Perancangan dan Teknik Manufaktur serta Rekayasa Teknik Otomotif. Sebagai wadah bagi para dosen maupun mahasiswa dalam membuat karya ilmiah, karena sesuai dengan tuntutan perguruan tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, maka dibuatlah Jurnal Teknik Mesin.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2019): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin" : 7 Documents clear
ANALISA KEKASARAN HASIL PROSES KERJA MESIN SIMULATOR CNC ROUTER UNTUK MATERIAL ALUMUNIUM Parta Parta
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 3, No 1 (2019): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v3i1.3068

Abstract

Bentuk dan kekasaran permukaan dari sebuah produk yang dihasilkan oleh mesin perkakas seperti mesin bubut memegang peranan yang penting. Hal ini disebabkan oleh bentuk dan kekasaran permukaan produk tersebut berkaitan dengan gesekan, keausan, sistem pelumasan dan lain-lainnya. Proses permesinan akan menentukan kekasaran permukaan pada level tertentu dimana kekasaran permukaan tersebut dapat dijadikan acuan untuk evaluasi produk pemesinan. Kekasaran permukaan sebuah produk tidak harus memiliki nilai yang kecil.Dalam analisa kekasaran permukaan, tahapan yang dilakukan adalah pemilihan jenis material benda kerja dan jenis pahat potong yang sering digunakan pada bengkel-bengkel produksi di Indonesia. Material yang dipakai yaitu alumunium untuk proses selanjutnya adalah proses pembentukan ukiran sesuai dengan mesin CNC Router.Dari pengambilan data yang didapat bahwa Semakin tinggi kecepatan makan, maka tingkat / nilai kekasaran suatu permukaan benda yang didapat semakin tinggi begitu juga sebaliknya semakin rendah kecepatan makan, maka nilai kekasaran suatu permukaan benda yang didapat akan rendah. Kata Kunci : Kekasaran Permukaan, CNC Router, Alumunium
PENGARUH AIR COOLER TERHADAP TEMPERATUR MESIN PADA KAWASAKI DTRACKER 150 Fanni Fattah; Dhiki Wisnu Wardana
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 3, No 1 (2019): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v3i1.3073

Abstract

Sebuah inovasi dilakukan dengan cara membuat alat pendingin untuk mesin Kawasaki Dtracker 150, bertujuan mengurangi panas pada mesin dengan menggunakan teknologi yang sederhana. Hal ini bertujuan agar Mesin Kawasaki Dtracker 150 yang tidak dilengkapi dengan sistem pendingin dan juga dengan kecepatan standar agar mampu bersaing dengan sepeda motor terbaru dalam hal kecepatan dan akselerasi. Pembuatan alat pendingin pada Kawasaki Dtracker 150 dibuat ketika Kawasaki Dtracker 150 yang telah di modifikasi mesinya sering terjadi piston rusak. Dampak kerusakan tersebut pasti sangat merugikan dan dari kejadian ini muncul gagasan bahwa bagaimana sebuah mesin harus dalam temperatur standar. Penelitian menggunakan metode design of experiment untuk mendapatkan design yang paling optimum. Desain dibuat menggunakan perangkat lunak solidwork dalam hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko kegagalan. Setelah desain selesai baru akan dibuat secara real pada Kawasaki Dtracker 150 dan menghasilkan hasil yang memuaskan. Penggunaan alat pendingin untuk mesin motor Kawasaki Dtracker 150 sangat efektif dan mampu mengurangi panas mesin hingga 22% Kata Kunci: Panas, Oil Cooler, Pendingin, Dtracker 150
ANALISA KEKUATAN PENGELASAN DAN PAKU PADA RANGKA MESIN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP 1300 WATT Sumarno Sumarno
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 3, No 1 (2019): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v3i1.3069

Abstract

Dengan semakin meningkatnya penggunaan energi yang dibutuhkan dari sumber-sumber yang diakibatkan oleh fosil purba, semakin terancam punah dan menipisnya cadangan energi fosil di dunia merupakan fakta yang harus diterima bahwa penggunaan energi berbasis fosil telah menjadi salah satu penyebab kelangkaan energi. , maka untuk itu perlu dilakukan pengembangan dan pemanfaatan energi terbarukan yang dimiliki. Energi terbarukan dibutuhkan untuk mendukung kebutuhan listrik yang terus meningkat. Indonesia mengoptimalkan pengembangan sumber energi alternatif guna mengurangi ketergantungan pada sumber energi tak terbarukan (fosil). Pemanfaatan energi pada tahun 2019 masih relatif kecil dibandingkan dengan sumber energi berbasis fosil. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan rencana pengelasan pada rangka pembangkit listrik tenaga uap dinyatakan aman karena tegangan tarik yang diijinkan adalah 7.027 kg / mm2 <7.9 kg / mm2, untuk perencanaan paku keling tunggal adalah dikatakan aman karena efisiensi maksimum 26% dari desain adalah 21% <26%. Kata kunci: pengelasan, paku keling, pembangkit listrik tenaga uap gas
PERENCANAAN PROTOTIPE MENARA PENDINGIN MINI UNTUK ALAT PENUKAR KALOR TIPE PLAT DATAR Yafid Effendi; Anggi Ardyanta Saputra
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 3, No 1 (2019): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v3i1.3074

Abstract

Prototipe Menara Pendingin Mini salah satu alat penukar panas, dimana aliran fluida panas (air) akan dikontak langsung dengan fluida dingin (udara). Dengan menggunakan plat datar tipis sebagai media perpindahan panas yang bertujuan untuk memperluas permukaan perpindahan panas dimana fluida panas mengalir diatas plat dibantu dengan kipas untuk memperlambat laju aliran yang jatuh sehingga dengan memperlambat laju aliran maka energi panas yang hilang lebih besar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui berapa besar laju aliran dan koefisien laju aliran perpindahan panas plat datar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan melakukan pengujian langsung pada prototype Mini Cooling Tower dengan menganalisa laju aliran dan koefisien laju aliran perpindahan panas. Laju Aliran 0.5 liter/menit yang diukur dalam interval waktu 5 menit. Dari hasil penelitian ini didapat bahwa laju aliran  perpindahan panas plat datar q adalah 5,537 W/m2ºC dan koefisien laju aliran perpindahan panas plat datar h adalah 8.859W/m2ºC.Laju perpindahan panas ini masih bisa ditingkatkan dengan memperluas dimensi permukaan plat ataupun dengan menggunakan kipas/fan blower sehingga temperatur yang keluar lebih rendah. Kata kunci: Prototipe Menara Pendingin Mini, perpindahan panas, plat datar, air
ANALISA KEKUATAN TARIK HOOK SEBAGAI PERANCANGAN OVERHEAD CRANE DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR Slamet Riyadi; Rio Darmawan
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 3, No 1 (2019): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v3i1.3070

Abstract

Perkembangan teknologi banyak menciptakan alat yang bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia, serta dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi. Terutama untuk alat pengangkat salah satunya adalah OverHead Crane yang merupakan suatu alat yang berfungsi untuk mengangkat, menurunkan dan memindahkan barang yang dapat digerakkan secara vertikal maupun horizontal yang bisa dioperasikan dengan menggunakan tangan (manual) atau dengan Remote Control (Otomatis). Pengujian tarik merupakan salah satu pengujian material yang paling banyak dilakukan Karena pengujian ini terbilang yang paling mudah dan banyak data yang bisa diambil dari pengujian ini. Diantaranya adalah kekuatan tarik (Ultimate Tensile Strenght), kekuatan luluh (Yield Strenght or Yield Point), keuletan (Ductility), modulus elastis dari material, kelentingan dari suatu material dan ketangguhan (Hardness). Seiring dengan berkembangnya teknologi banyak juga muncul software yang bisa melakukan simulasi uji tarik, salah satunya adalah Autodesk Inventor. yang dirancang khusus untuk keperluan bidang Teknik seperti desain produk, desain mesin, desain mold dan simulasi Stress Analysis. Berdasarkan hasil pengujian kekuatan material FCD-50 untuk pembuatan hook pada alat uji tarik langsung diketahui tegangan maksimum yaitu pada spesimen 2 dengan beban tarik 78.75 kN, kuat tarik 643.1 N/mm2 dan6.555 Kgf/cm2. Sedangkan untuk mengetahui hasil dari uji tarik spesimen material FCD-50 sebagai langkah awal pendesainan hook crane yaitu dengan cara melakukan simulasi uji tarik menggunakan software Autodesk Inventor didapatkan tegangan maksimum dengan beban tarik 78.75 kN dengan kekuatan 943.249 N/mm2 dan 96165 Kgf/Cm2 Kata kunci : Overhead Crane, Uji Tarik, Hook, FCD-50, Autodesk Inventor, Stress Analysis
ANALISA PENGARUH TEMPERATUR TERHADAP LUBRIKASI PADA MOULD DAN KUALITAS WHEEL PADA PROSES DIE CASTING Ahmad Iskandar; Amir Duta; Amrullah Amrullah
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 3, No 1 (2019): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v3i1.3071

Abstract

Teknologi pada proses cetakan Die Casting telah digunakan untuk membuat produk yang relatif mudah dibandingkan dengan proses Machining. Selain itu, berbagai literatur melaporkan keunggulan teknologi proses die casting yang terbukti mampu memproduksi suatu produk dengan harga yang relatif rendah dengan kualitas yang lebih baik. Modal utama proses produksi dengan rute ini adalah proses die casting dengan berbagai metoda baik secara mekanik, kimiawi, dan pressure. Dalam penelitian ini difokuskan pada proses produksi Casting Wheel dengan metode cetakan pada proses High pressure die casting dengan cara menganalisa suatu temperatur cetakan untuk memaksimalkan lubrikasi cetakan dalam mempengaruhi terhadap kualitas suatu produk wheel. Hasil yang diharapkan setelah menganalisa proses ini yaitu dapat dihasilkannya suatu produk dengan kualitas terbaik untuk memenuhi standar pada proses die casting karena kebutuhan dari pihak perusahaan untuk dimanfaatkan sebagai meningkatkan produktifitas produksi pada proses die casting. Kata kunci : Die Casting, Wheel, High pressure, Dies/Cetakan
ANALISA PERANCANGAN TRANSMISI SPROCKET AND CHAIN PADA KENDARAAN PROTOTYPE BENSIN KONTES MOBIL HEMAT ENERGI (KMHE) MENRISTEKDIKTI UMT Efrizal Efrizal; Mohammad Sabar
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 3, No 1 (2019): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v3i1.3072

Abstract

Perkembangan teknologi ini sangat pesat, salah satunya adalah teknologi di bidang penggerak mula. Salah satu jenis pengerak mula yang banyak digunakan masyarakat adalah motor bakar atau biasa disebut dengan dunia otomotif. Secara umum dunia otomotif saat ini sangat beragam penerapannya baik itu digunakan sebagai alat transportasi, dan bidang olahraga. Secara umum untuk penerapan dalam bidang olah raga, motor bakar digunakan untuk penggerak pada kendaraan, baik itu sepeda motor ataupun mobil. Dari mobil itu sendiri terdapat berbagai macam jenis seperti, mobil Formula One, mobil Rally, Gokart, dan lain-lain. Rantai dan sproket merupakan salah satu bagian penting pada mobil yang harus mempunyai kontruksi kuat untuk tegangan yang terjadi saat akselerasi maupun deakselerasi akibat engine brake. Semua beban dalam kendaraan baik itu penumpang, mesin, sistem kemudi, dan segala peralatan kenyamanan semuanya diletakan di atas rangka kemudian rantai berperan untuk memberikan gaya putar pada poros sehingga roda mampu berputar. Oleh karena itu setiap perancangan  rangka harus mampu untuk menahan semua gaya torsi mesin dan beban dari kendaraanya.Dari hasil analisa perancangan sprocket dan rantai  yang dilakukan pada Gokart Bensin 4 Tak Sistem FI 125 CC Universitas Muhammdiyah Tangerang. Dari hasil penelitian yang telah di lakukan di dapatkan perencanaan transmisi dengan limit percepatan  dan torsi roda = 88,3872 Nm  didapatkan diameter gear sprocket belakang 209.5 mm dan gear sprocket depan  63,3mm sehingga daya mesin yang dibutuhkan supaya gokart mampu untuk berjalan adalah 3,912 kW, mesin dengan daya 7,4 kW > 3,912 kW maka mesin mampu untuk menjalankan gokart,diperoleh jenis rantai yang sesuai dengan kendaraan gokart yaitu Sproket yang digunakan no 40 dan pitch rantai dengan ukuran 12,7 mm dan dengan jumlah mata rantai 46. Kata kunci: gokart prototype, analisa perangcangan sprocket dan  rantai, daya.

Page 1 of 1 | Total Record : 7