cover
Contact Name
Budi Priyo Prawoto
Contact Email
budiprawoto@unesa.ac.id
Phone
+6231-8280009
Journal Mail Official
jurnallitdikmipa@unesa.ac.id
Editorial Address
gedung c8 jurusan matematika FMIPA Universitas Negeri Surabaya kampus ketintang
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
ISSN : -     EISSN : 2580586X     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains (JPPMS) adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya. Jurnal ini memuat artikel penelitian yang berorientasi pada pokok-pokok kajian pendidikan matematika dan sains (fisika, kimia, biologi, dan IPA). Fokus dan cakupan Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains meliputi: Inovasi Pembelajaran Asesmen dan Evaluasi Media Pembelajaran Konsepsi dan Miskonsepsi Kurikulum dan Filsafat Psikologi Kognitif
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2020): Vol. 4, No. 1 (2020)" : 3 Documents clear
Profil Pengetahuan Statistis Siswa dalam Literasi Statistis Nabiila, Silvi Mi’rojun; Rosyidi, Abdul Haris
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN SAINS Vol 4, No 1 (2020): Vol. 4, No. 1 (2020)
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jppms.v4n1.p1-14

Abstract

Abstrak — Pengetahuan statistis merupakan salah satu komponen dari literasi statistis. Pengetahuan statistis sangat penting untuk siswa dalam pengambilan keputusan. Penelitian dengan pendekatan kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan profil pengetahuan statistis siswa dalam literasi statistis. Subjek penelitian adalah 5 siswa kelas IX SMP di Jombang. Subjek yang dipilih adalah siswa yang memiliki jawaban lengkap dan bervariasi. Data diambil dari wawancara berbasis tugas. Tugas tersebut berupa 4 butir soal Tes Pengetahuan Statistis. Data dianalisis berdasarkan empat indikator komponen pengetahuan statistis, yaitu mengetahui aturan dasar terkait statistika deskriptif, mengetahui aturan dasar terkait representasi grafik dan tabel, memahami gagasan dasar probabilitas, dan mengetahui bagaimana kesimpulan statistika didapatkan. Hasil penelitian menunjukkan, pada komponen “mengetahui aturan dasar terkait statistika deskriptif”, 4 siswa mengalami kesalahan menentukan data yang dijumlahkan dalam penghitungan rata-rata. Pada komponen “mengetahui aturan dasar terkait grafik dan tabel”, siswa hanya menjadikan kemudahan penyajian sebagai alasan pemilihan diagram untuk menyajikan data, bukan berdasarkan jenis data. Pada komponen “memahami gagasan dasar probabilitas”, siswa mengamati kecenderungan data secara umum untuk menentukan kemungkinan suatu kejadian. Pada komponen “mengetahui bagaimana kesimpulan statistika didapatkan”, siswa membuat kesimpulan dengan memperhatikan informasi-informasi pada tabel, berorientasi pada rata-rata atau pada data secara parsial. Siswa paling banyak mengalami kesalahan pada komponen aturan statistika deskriptif, serta aturan grafik dan tabel. Maka sebaiknya guru memperhatikan dan melatih siswa mengenai statistika deskriptif dan ketepatan pemilihan penyajian data beserta argument yang menyertainya.Kata kunci: profil, pengetahuan statistis, literasi statistis Abstract — Statistical knowledge is one component of statistical literacy. Statistical knowledge is very important for students in decision making. This qualitative research approach aims to describe the profile of students' statistical knowledge in statistical literacy. The research subjects were 5 students of grade IX junior high school in Jombang. The subjects chosen were students who had complete and varied answers. Data taken from task-based interviews. The assignment was in the form of 4 items of the Statistical Knowledge Test. Data were analyzed based on four indicators of statistical knowledge components, namely knowing basic rules related to descriptive statistics, knowing basic rules related to graph and table representations, understanding basic ideas of probability, and knowing how statistical conclusions were obtained. The results showed, in the component "know the basic rules related to descriptive statistics", 4 students experienced errors in determining the data added in the average calculation. In the "knowing the basic rules related to graphs and tables", students only use the ease of presentation as a reason for choosing a diagram to present data, not based on the type of data. In the "understanding the basic idea of probability" component, students observe general data trends to determine the probability of an event. In the component "knowing how statistical conclusions are obtained", students make conclusions by paying attention to the information in the table, oriented to the average or partial data. Students experience the most errors in the components of descriptive statistical rules, as well as graph and table rules. Then the teacher should pay attention and train students in descriptive statistics and the accuracy of the selection of data presentation accompanied by the arguments.Keywords: profile, statistical knowledge, statistical literacy
Pengaruh Musik Pop Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI Pada Topik Barisan Dan Deret Haque, Auliaul; Sari, Ika Kurnia; Amin, Siti M
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN SAINS Vol 4, No 1 (2020): Vol. 4, No. 1 (2020)
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jppms.v4n1.p15-21

Abstract

Abstrak — Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah musik pop berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMA. Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas XI SMAN 1 Pamekasan semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 pada materi aplikasi barisan dan deret. Jenis penelitian ini berupa eskperimen dengan rancangan penelitian Post-test Only Control Design. Teknik pengumpulan data yang gunakan adalah post-test berupa tes hasil belajar dengan lima soal uraian. Kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji homogenitas terlebih dahulu menggunakan data nilai ulangan sebelumnya. Kemudian diperoleh bahwa kedua kelas homogen. Pada perhitungan nilai post-test dengan SPSS diketahui bahwa nilai sinignifikansi < α yaitu sebesar 0,047 sedangkan nilai α = 0,05, yang menandakan bahwa musik pop berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Hasil belajar siswa yang diperoleh, menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi yaitu sebesar 84,61 daripada kelas kontrol yaitu sebesar 76,16. Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa musik pop berpengaruh secara positif terhadap hasil belajar matematika siswa sehingga dapat digunakan sebagai alternatif strategi pembelajaran.Kata kunci: Musik Pop, Hasil Belajar Siswa, Barisan dan Deret Abstract — This study aims to determine whether pop music has an effect on Mathematics’ student learning outcomes. This research was conducted of Class XI at SMAN 1 Pamekasan of sequence and series application matter. This research was experimental research with a Post-test Only Control Design. The technique to collect data used a post-test that consisting of five descriptive questions. The experimental class and the control class were homogeneity tested first using the previous test data. Then it is obtained that both classes are homogeneous. In the calculation of the post-test value with SPSS, it is known that the significance value <α is 0.047 while the value of α = 0.05, which indicates that pop music has a significant effect on learning outcomes. There are differences in significant learning outcomes in the experimental class and the control class. The experimental class had a higher average learning outcome of 84.61 than the average of the control class of 76.16. Based on research data, it can be concluded that pop music has a positive effect on student mathematics learning outcomes so it can be used as an alternative learning strategy.Keywords: Pop Music, Learning Outcomes, Sequence and Serie
Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Qomariyah, Nur; Setianingsih, Rini
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN SAINS Vol 4, No 1 (2020): Vol. 4, No. 1 (2020)
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jppms.v4n1.p22-32

Abstract

Abstrak — Komunikasi matematis merupakan cara penyampaian ide, strategi, maupun solusi masalah matematika secara tertulis maupun lisan. Gaya kognitif yang berbeda memungkinkan terjadinya perbedaan komunikasi dalam menyelesaikan masalah matematika baik secara lisan maupun tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya kognitif reflektif dan impulsif dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu satu siswa bergaya kognitif reflektif (SR) dan satu siswa bergaya kognitif impulsif (SI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis tulis siswa yang bergaya kognitif reflektif dapat dikatakan tidak akurat, tidak lengkap, dan lancar pada tahap memahami masalah. Kemampuan komunikasi lisan siswa yang bergaya kognitif reflektif dapat dikatakan akurat, lengkap, dan lancar disetiap tahap penyelesaian masalah. Kemampuan komunikasi matematis tulis siswa yang bergaya kognitif impulsif dapat dikatakan tidak akurat, tidak lengkap dan lancar pada tahap memahami masalah. Selain itu, di tahap memeriksa kembali dapat dikatakan tidak akurat, tidak lengkap, dan tidak lancar. Kemampuan komunikasi matematis lisan siswa bergaya kognitif impulsif dapat dikatakan tidak akurat, tidak lengkap dan tidak lancar di tahap memeriksa kembali.Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Gaya Kognitif Reflektif, Gaya Kognitif Impulsif  Abstract — Mathematical communication is a way to convey ideas of problem solving, strategies and mathematical solutions both in writing and verbally. The different cognitive styles allowing communication differences in solving mathematical problems both verbally and in writing. This study aims to describe the mathematical communication skills of students with reflective and impulsive cognitive styles in solving mathematical problems. This research is a qualitative descriptive study. The research subjects were one student with reflective cognitive style (SR) and one student with impulsive cognitive style (SI). The results of this study indicate that students' written mathematical communication skills with reflective cognitive style can be said to be inaccurate, incomplete, and fluent at the step of understanding the problem. The verbal communication skills of students who are reflective cognitive style can be said to be accurate, complete, and fluent at every step of problem solving. The students' written mathematical communication skills with impulsive cognitive style can be said to be inaccurate, incomplete and fluent at the stage of understanding the problem. In addition, the step of looking back can be said to be inaccurate, incomplete, and influent. The verbal mathematical communication skills of students with impulsive cognitive style can be said to be inaccurate, incomplete and influent at the step of looking back.Keywords: Mathematical Communication, Reflective Cognitive Style, Impulsive Cognitive Style

Page 1 of 1 | Total Record : 3