cover
Contact Name
Junior Hendri Wijaya
Contact Email
thejournalish@gmail.com
Phone
+6282326796566
Journal Mail Official
thejournalish@gmail.com
Editorial Address
Jl.Patukan Gamping Tengah, Ambarketawang, Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
TheJournalish: Social and Government
ISSN : -     EISSN : 27225402     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
Thejournalish: Social and Government bertujuan untuk menyebarluaskan pemikiran atau ide konseptual, tinjauan literatur dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan. Ketentuan penerbitan manuskrip tidak pernah dipublikasikan atau tidak diajukan di jurnal lain, manuskrip yang berasal dari nasional dan internasional. Jurnal TheJournalish sudah ber ISSN: 2722-5402 (media online). Selanjutnya Thejournalish: Social and Government dikelola oleh CV The Journal Publishing. TheJournalish juga bekerjsama dengan Community of Government Observer (CGO) Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Budaya UIGM. Thejournalish: Social and Government berfokus pada masalah utama dalam pengembangan ilmu bidang sosial dan bidang pemerintah. Adapun ruang lingkup sebagai berikut: SOCIAL: Bidang Kebijakan Sosial, Kesejahteraan Sosial, Kemiskinan, Bencana Alam dan Sosial, CSR, Inovasi Sosial, Pemberdayaan Sosial, dan Lingkup ilmu yang terkait lainnya. GOVERNMENT: Governance, Politics Government, E-Government, Pemerintahan Daerah, Pemerintahan Desa, Governability, Kepemimpinan Strategis dan Inovatif, dan Lingkup ilmu yang terkait. Thejournalish: Social and Government menerbitkan 4 kali dalam setahun yang dimulai dari edisi bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Setiap naskah yang dikirim ke Jurnal The
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 4 (2022): Social and Government" : 9 Documents clear
THE ENVIRONMENTAL DAMAGE CAUSED BY THE WASTE PROBLEM IN THE BATANGHARI JAMBI RIVER AFFECT ECONOMIC SUSTAINABILITY? Sanny Nofrima
TheJournalish: Social and Government Vol. 3 No. 4 (2022): Social and Government
Publisher : CV The Journal Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55314/tsg.v4i1.297

Abstract

This Batang Hari River has an essential role in the Jambi people's lives. Besides the river as a source of public search, the Batang Hari River is also used for the people's daily activities. Uncontrollable garbage dumps due to human activity will impact the beauty of the region, the emergence of the smell of waste decay, air pollution due to the burning of garbage that disrupts public health and becomes a source of disease for human health. There is a habit of people making rivers as a place of garbage dump into waterways. This research aims to study the factors affecting the behavior of people in removing garbage by ethnographic methods. Research with ethnographic approaches in the form of data collection and information through observing the situation that became the object of Research and combining with documentation serving. Research results showing a lack of public understanding of the consequences that can be caused by garbage, lack of government costs to provide/strive for proper waste management and qualify. Therefore, if not handled correctly, it will cause impacts such as water pollution, air, and soil resulting in the source of disease. There is also the relationship between knowledge, education, income, and attitude that affects people's behavior throwing waste.
IMPLEMENTASI PROGRAM MANAJEMEN TALENTA DI PT PLN (PERSERO) INDUK PEMBANGUNAN SUMATERA BAGIAN SELATAN Dwiki Adi Putra
TheJournalish: Social and Government Vol. 3 No. 4 (2022): Social and Government
Publisher : CV The Journal Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55314/tsg.v3i4.310

Abstract

Manajemen Talenta sangat penting di lingkungan pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Manajemen Talenta dalam organisasi tidak hanya untuk menarik orang-orang terbaik dari industri yang bersangkutan tetapi juga merupakan proses berkelanjutan yang melibatkan pencarian sumber, perekrutan, pengembangan, penahanan dan mempromosikan karyawan berbakat tersebut untuk memenuhi kebutuhan organisasi. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menerapkan program Manajemen Talenta yaitu PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Selatan memalui surat Keputusan Direksi PT PLN (Persero) Nomor : 387.K/DIR/2008 tentang Sistem Pembinaan Kompetensi dan Karir Pegawai. Pelaksanaan program Manajemen Talenta di PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan belum berjalan dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori manajemen talenta General Elektik melalui empat dimensi yaitu Attract, Develop, Manage, dan Retain. Hasil dari penelitian ini terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu yaitu latar belakang pendidikan pegawai, grade pegawai, kriteria talenta, hasil penilaian pegawai, dan pengalaman atau riwayat jabatan pegawai. Terdapat beberapa kekurangan dalam penempatan pegawai melalui program manajemen talenta yaitu masih banyak yang belum sesuai dan masih terdapat beberapa jabatan yang belum terisi. Hal ini disebabkan karena beberapa pegawai di PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Selatan belum mempunyai syarat kompetensi dan kemampuan yang cukup.
PENGEMBANGAN SUMBER DAYA APARATUR MENUJU ERA SMART ASN Atika Ayuningtyas
TheJournalish: Social and Government Vol. 3 No. 4 (2022): Social and Government
Publisher : CV The Journal Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55314/tsg.v3i4.312

Abstract

Sumber daya manusia dipandang sebagai faktor pendorong utama dalam menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Pentingnya peran sumber daya manusia khususnya dalam upaya penyelenggaraan manajemen pemerintah, maka perlu diformulasikan sebuah kebijakan baru yang lebih dinamis demi mengakomodir kebutuhan birokrasi masa kini serta mengantisipasi perubahan lingkungan strategis. Negara memerlukan lebih banyak lagi smart ASN dari talenta-talenta unggul yang perlu diasah dengan baik melalui pendidikan dan pelatihan yang berkualitas dan berstandar dunia, sehingga terbentuk ASN yang berintegritas, profesional, inovatif, dan kreatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis melalui studi literatur sebagai referensi bahan analisa. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui strategi yang relevan dalam pengembangan sumber daya manusia menuju era Smart ASN. Hasil penelitian menjelaskan tentang skema pengembangan sumber daya aparatur melalui aspek bakat, kompetensi dan ketahanan sehingga menghasilkan Smart ASN yang berintegritas, nasionalisme, profesionalisme, berwawasan global, menguasai teknologi informasi dan bahasa asing, hospitality, networking, dan entrepreneurship.
Implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri No 07 Tahun 2019 Tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring Citra Iasha; Putri Wulandari
TheJournalish: Social and Government Vol. 3 No. 4 (2022): Social and Government
Publisher : CV The Journal Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55314/tsg.v3i4.328

Abstract

Perkembangan teknologi informasi menimbulkan suatu revolusi baru, yaitu peralihan dari sistem kerja konvensional ke era digital. Sehingga untuk membantu meningkatkan akses penduduk kepada Pelayanan Adminduk Daring, pemerintah daerah melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menerapkan pembangun Kios Pelayanan Adminduk Daring pada desa dan/atau kelurahan yang sudah diatur dalam Permendagri No 07 tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring (Pasal 13). Tujuan penelitian untuk mengetahui Implemetasi Peraturan Menteri Dalam Negeri No 07 tahun 2019 tentang Pelayanan Adminduk Secara Daring (Studi Kasus Pasal 13). Metode Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif menggunakan data primer dengan observasi dan wawancara, data sekunder dengan dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisa data yang digunakan reduksi, penyaji data dan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa Implementasi Permendagri No 07 Tahun 2019 belum sesuai dengan yang ditargetkan berdasarkan dengan konsep sebuah implementasi. Adapun kendala adalah komunikasi yang dilakukan pemerintah Desa Sungai Pinang II Kepada Masyarakat, kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan, fasilitas teknologi, jaringan internet yang belum maksimal sehingga masih menghambat sebuah implementasi didalam pelayanan administrasi kependudukan secara daring.
PELAKSANAAN PEMBANGUNAN BERWAWASAN BENCANA DI KALURAHAN SRIMARTANI, PIYUNGAN, BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Paskalia Elwod
TheJournalish: Social and Government Vol. 3 No. 4 (2022): Social and Government
Publisher : CV The Journal Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55314/tsg.v3i4.339

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembangunan berwawasan bencana di Kalurahan Srimartani dan untuk mengetahui 4 fungsi dasar manajemen yang meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Untuk menemukan kendala yang dihadapi pada pelaksanaan pembangunan berwawasan bencana di Kalurahan Srimartani. Metode Penelitian yang digunakan: Deskriptif Kualitatif dengan Obyek Penelitian pelaksanaan pembangunan berwawasan bencana di kalurahan srimartani, kapanewon piyungan, kabupaten bantul, daerah istimewah yogyakarta. Subjek Penelitian pemerintah desa, FPRB, dan masyarakat. Teknik Pengumpulan Data, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis Data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan pembangunan berwawasan bencana sudah di laksanakan namun belum berjalan secara maksimal dapat di lihat dari empat hal yaitu;1) Perencanaan, proses dan mekanisme menyusun perencanaan sudah di laksanakan dengan menjaring aspirasi masyarakat melalui musyawarah dusun (musrembangdus) yang dilaksanakan satu kali dalam satu bulan lebih tepatya 35 hari. 2) Pengorganisasian sudah dilaksanakan dengan adanya Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB), yang di bentuk oleh pemerintah desa dengan tujuan untuk memberi informasi, perlindungan dan pendidikan kepada masyarakat terhadap ancaman bencana. 3) Pelaksanaan dapat dilihat dari tiga hal yaitu; pelaksanaan penanggulangan bencana, partisipasi masyarakat dan lumbung sosial. 4) Pengawasan sudah di lakukan oleh pemerintah desa melalui keterlibatan secara langsung dalam kegiatan-kegiatan dan pada pelaksanaan penanggulangan bencana. 5) Kendala, terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan penanggulangan bencana yaitu; kondisi geografis yang rawan akan bencana alam, (gunung berapi, gempa bumi, tanah longsor, pohon tumbang), terbatasnya anggaran dari kabupaten dan kendala lainnya.
PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN DANA DESA DI DESA PRAIBAKUL Satrio Aryanto Hamonagan Matadou
TheJournalish: Social and Government Vol. 3 No. 4 (2022): Social and Government
Publisher : CV The Journal Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55314/tsg.v3i4.340

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan uang desa telah berkembang dan untuk mengidentifikasi unsur-unsur yang mendorong dan menghambat partisipasi masyarakat. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang bersumber dari observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendeskripsikan peristiwa yang terjadi di Desa Praibakul, khususnya pelibatan masyarakat dalam pengelolaan dana desa. Kehadiran masyarakat dalam forum musyawarah desa menunjukkan partisipasi masyarakat dalam perencanaan keuangan desa, sesuai dengan temuan penelitian. Dalam musyawarah desa, pemerintah desa menerima semua saran masyarakat untuk pengembangan rencana tersebut. Peran serta masyarakat dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan desa. Masyarakat terwakili dalam tim pelaksana dan pengembangan desa. Keterlibatan masyarakat dalam akuntabilitas pengelolaan dana desa, baik secara teknis maupun administratif Dalam contoh ini, dewan desa telah mengeluarkan program yang mengharuskan desa mengadakan pertemuan rutin untuk membahas program-program yang terkait dengan pengembangan dan pengelolaan dana desa. Kegiatan masyarakat selalu memberikan kontribusi atas partisipasinya dalam pengelolaan dana desa, dan diadakan pertemuan-pertemuan untuk mengkaji setiap anggaran dan bentuk pengelolaan dana desa itu sendiri, sebagai bukti partisipasi masyarakat dalam pengawasan dana desa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa partisipasi masyarakat dalam perencanaan dana desa di Desa Praibakul dibuktikan dengan antusiasnya partisipasi masyarakat dalam musyawarah desa, bahwa partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pengelolaan dana desa di Desa Praibakul dicapai melalui partisipasi dalam pelaksanaan desa dan tim pembangunan, dan bahwa partisipasi masyarakat dalam pertanggungjawaban Dana Desa baik secara teknis maupun administratif, serta peran serta masyarakat dalam pengawasan berjalan dengan baik.
Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Tenaga Penyuluh Keluarga Berencana Di Kabupaten Aceh Besar Sri Raihan; Titi Darni; Hedi Heryadi
TheJournalish: Social and Government Vol. 3 No. 4 (2022): Social and Government
Publisher : CV The Journal Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55314/tsg.v3i4.356

Abstract

Abstract: The performance of Family Planning Extension Workers (PKB) has not been able to provide maximum service to family planning participants in Aceh District to obtain information and various services related to family planning, especially in Aceh Besar District.The purpose of this research isanalyze the influence of education and competency training and work motivation simultaneously or partially on the performance quality of Family Planning Extension Workers in Aceh Besar District.The population in the study were 61 people. In this study the entire population was sampled.The research results show thatjointly prove that competency education and training and work motivation jointly have an influence on improving the quality of PKB performance in Aceh Besar District, this is evidenced by the Fcount value of 50.242 and Ftable of 3.155 thus Fcount > Ftable, so the alternative hypothesis (Ha) which was proposed to get the results accepted and rejected the null hypothesis (Ho). While the partial results of the research on competency education and training have had an impact on improving the quality of PKB performance in Aceh Besar District, in this case the tcount is 3.679, so that the hypothesis (Ha) that has been proposed is accepted and rejects the null hypothesis (Ho). Then for the work motivation variable it also has an impact on improving the quality of PKB performance in Aceh Besar District.
Analisis Terhadap Kampanye Persuasif Zero Waste Indonesia Terhadap Pemahaman Ideologis Komunitas #Tukar Baju di Instagram Sophia Bernadette; Bertha Yunita Permatasari; Sylvia Alexandra Roennfeld
TheJournalish: Social and Government Vol. 3 No. 4 (2022): Social and Government
Publisher : CV The Journal Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract The #TukarBaju campaign is a social movement initiated by the Zero Waste Indonesia community to invite Indonesian society to care about the fashion industry waste threatens the environment and contributes greatly to global warming. Through a questionnaire distributed to 100 respondents, this paper aims to analyze the communication effectiveness of Zero Waste Indonesia through the #Tukar Baju campaign program that impacted @tukarbaju_ followers’ behaviour. This study uses an argumentative qualitative method based on the campaign perspective in persuasive communication by Robert M. Parloff (2003) and elements of persuasive advocacy communication from Charles Larson (2009. The result shows that respondents of the #TukarBaju campaign already know the purpose of the campaign and accept it as their way of life that can be implemented in their daily lives as their concrete contribution to maintaining the sustainability of the earth and environment. Keywords: textile waste, community, campaign, effective communication Abstrak Kampanye #TukarBaju adalah sebuah gerakan sosial yang diinisiasi oleh komunitas Zero Waste Indonesia untuk mengajak masyarakat Indonesia peduli terhadap limbah industri fesyen yang mengancam lingkungan ini, yang memberikan kontribusi besar terhadap pemanasan global. Melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 orang responden pengikut akun Instagram Zero Waste Indonesia, tulisan ini bertujuan untuk dapat menganalisis bagaimana komunikasi yang efektif yang dilakukan oleh Zero Waste Indonesia melalui program kampanye #TukarBaju memberikan adanya perubahan perilaku dari para pengikut @tukarbaju_. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif argumentatif dengan berlandaskan pada perspektif kampanye di dalam komunikasi persuasif Robert M Parloff (2003) dan elemen-elemen wajah komunikasi persuasif advokasi dari Charles U Larson (2009) dengan metode pengumpulan data berbasis data sekunder dan primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang telah mengetahui tujuan dari kampanye #TukarBaju, dapat menerima gagasan ini sebagai suatu cara hidup yang dapat diimplementasikan dalam keseharian hidup sehingga dapat berkontribusi konkret dalam menjaga keberlangsungan bumi dan lingkungan. Kata kunci: limbah tekstil, komunitas, kampanye, komunikasi efektif.
The Implementation Of Critical Educational Program In Improving The Knowledge And Skills For Women In Central Java Moh. Yamin Darsyah; Padmaningrum Padmaningrum
TheJournalish: Social and Government Vol. 3 No. 4 (2022): Social and Government
Publisher : CV The Journal Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55314/tsg.v3i4.450

Abstract

Issues that will be researched are to know the success and the ability of trainees of critical educational programs in terms of awareness and independence. The formulation of the problem can be determined as follows:  how the implementation of critical education in improving the knowledge and skills for women in Central Java. how the impact of the implementation of critical educational programs towards the awareness of women in Central Java Province. The implementation of critical education in improving the knowledge and skills for women in Central Java is by doing some teaching materials that suit the needs of the trainees, while the material is given on an ongoing basis and is based on the strategic issues that exist, then combined according to their needs, the material given such as workshop planning, assessment and organizing groups, gender training, gender awareness training, workshop planning of the establishment of women service center, training of social analysis, training of cadres/volunteers, advocacy training, training of community organizing, civic education training, management organizations training (community organizations), local resource management training, micro-enterprise management training, household economic management training, management training of Women Financial Institutions (LKP), and institutional strengthening of LKP.

Page 1 of 1 | Total Record : 9