cover
Contact Name
Nungky Viana Feranita
Contact Email
nungky_viana@yahoo.com
Phone
+6281234700771
Journal Mail Official
dian-ilmu@stiapembangunanjember.ac.id
Editorial Address
Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Majalah Ilmiah Dian Ilmu
ISSN : 08532516     EISSN : 26207451     DOI : 10.37849/midi
Core Subject : Science, Social,
The "DIAN ILMU" Scientific Magazine is a journal that publishes the results of empirical research that is updated with up-to-date references and contributes to the development of scientific fields in Business Administration and Public Administration. The Editorial Team invited the writings of academics and practitioners to be published in this journal with the focus of the study being: 1. Public Policy 2. Public Management 3. Regional Autonomy Policy 4. Public Services 5. Public Policy with Gender Perspective 6. E-Government 7. Village and Village Development Policy 8. Strategic Management 9. Public Sector Coordination Management 10. State Administrative Law 11. Bureaucracy and Public Governance 12. Business Administration 13. Management 14. Finance 15. Human resources 16. Marketing 17. Management information system 18. Production operations 19. Research methods 20. Organization 21. Business policy 22. Business strategy
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 1 (2015): MAJALAH ILMIAH "DIAN ILMU" OKTOBER 2015" : 5 Documents clear
TRANSISI PENYEDIAAN TRANSPORTASI PUBLIK BERBASIS PELAYANAN Asmuni Asmuni
Majalah Ilmiah DIAN ILMU Vol 15, No 1 (2015): MAJALAH ILMIAH "DIAN ILMU" OKTOBER 2015
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.523 KB) | DOI: 10.37849/midi.v15i1.51

Abstract

Transportasi publik merupakan sarana yang erat dengan peradaban. Dimana kompenen dasarnya terkait dengan kondisi sosial, ekonomi dan strukturmasyarakat. Di Indonesia, seperti halnya beberapa negara berkembang di Asiasistem transportasi publik terkesan dibiarkan apa adanya. Persoalan-persoalanseperti kemacetan, tingginya kecelakaan dan waktu yang tidak efesian menjadiciri utama. Pelayanan transportasi publik seperti kereta api atau perbaikan modatransportasi darat merupakan upaya-upaya untuk memuaskan pelanggan danmemberi pilihan kepada pelanggan atau warga negara. Secara umum, perubahancara pandang tersebut terkait dengan cara pelayanan kepada penggunanya.
KUALITAS PELAYANAN PERPANJANGAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) GOLONGAN C Suryawan, Dewa Ketut
Majalah Ilmiah DIAN ILMU Vol 15, No 1 (2015): MAJALAH ILMIAH "DIAN ILMU" OKTOBER 2015
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.752 KB) | DOI: 10.37849/midi.v15i1.52

Abstract

Dalam menganalisis kualitas Pelayanan Perpanjangan Surat IzinMengemudi (SIM) golongan C yang mengacu dan memodifikasi dari dimensikualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Parasuraman, Zeithaml, dan Berry,yaitu kualitas pelayanan adalah ?tingkat kesesuaian antara persepsi danekspektasi/harapan pelanggan?.  Data primer yang terkumpul melalui teknikkuisioner, dianalisis menggunakan metode analisis kesenjangan kualitaspelayanan (Gap Analysis Model) antara barang/jasa yang diterima (dipersepsikan)dengan barang/jasa yang diharapkan disebut model ServQual (Service Quality).Selanjutnya, dengan model ServQual ini dapat diketahui bahwa kualitaspelayanan tidak sesuai harapan pemohon/masyarakat. Hal ditunjukkan oleh nilainegatif dari ServQual pada semua dimensi kualitas pelayanan, yang berartikualitas pelayanan tidak baik. Maka perlu diupayakan perbaikan pelayanan agarkualitas pelayanan sesuai dengan harapan pemohon/masyarakat.
RASIO AKTIVITAS YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS PERUSAHAAN PADA SEKTOR OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Milda Unik Sartika; Nungky Viana Feranita; Koko Denik Wahyudi
Majalah Ilmiah DIAN ILMU Vol 15, No 1 (2015): MAJALAH ILMIAH "DIAN ILMU" OKTOBER 2015
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.574 KB) | DOI: 10.37849/midi.v15i1.53

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran modal kerja,perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran persediaan terhadapprofitabilitas secara simultan dan parsial. Populasi penelitian sebanyak 17perusahaan dan sample yang diteliti 8 perusahaan. Teknik sampling yangdigunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan regresilinier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan perputaranmodal kerja, perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaanberpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dengan nilai signifikan 0,000a.Secara parsial perputaran modal kerja tidak berpengaruh signifikan terhadapprofitabilitas dengan nilai signifikan 0,070. Perputaran kas berpengaruh signifikanterhadap profitabilitas dengan nilai signifikan 0,004. Perputaran piutang tidakberpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dengan nilai signifikan 0,666. Danperputaran persediaan  tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dengannilai signifikan 0,193.
KINERJA SEKERTARIS DESA PASCA DIANGKAT MENJADI PEGAWAI NEGERI SIPIL DI KABUPATEN BANYUWANGI Setyowati Karyaningtyas
Majalah Ilmiah DIAN ILMU Vol 15, No 1 (2015): MAJALAH ILMIAH "DIAN ILMU" OKTOBER 2015
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.979 KB) | DOI: 10.37849/midi.v15i1.49

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Sekertaris Desa pascadiangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Banyuwangi.Penelitian ini dilakukan dengan metode survey pada 14 desa di KabupatenBanyuwangi yang Sekertaris Desanya telah diangkat menjadi PNS. KinerjaSekertaris Desa ini akan dinilai secara kuantitatif dan secara kualitatif. Jenispenelitian dan tipe pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenispenelitian kuantitatif dengan tipe pendekatan 1rofes. Teknik pengumpulan datadilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan kuisioner. Kuisioner ini dibagikan pada 28 perangkat desa yang terdapat pada 14desa yang dipilih secara acak. Jadi setiap desa yang dijadikan sampel penelitiandiberikan dua kuisioner untuk diisi oleh perangkat desa agar dapat menilai kinerjaSekrearis Desa Pasca diangkat menjadi PNS. Teknik analisis data dalampenelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Tujuan analisis deskriptifhanya menyajikan dan menganalisis data agar bermakna dan komunikatif.Analisis deskriptif masih dibagi menjadi dua, yaitu: analisa deskriptif univariatdan analisis deskriptif bivariat dan dalam penelitian ini menggunakan analisaunivariat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dari indikator kuantitatif,diperoleh hasil sebanyak 5 orang (17,8%) menyatakan kinerja Sekdes buruk, 9orang (32,2%) kinerja Sekdes sedang, dan sebanyak 14 orang (50%) kinerjaSekdes baik. Hal ini berarti kinerja Sekretaris Desa secara kuantitatif dinilai baikkarena kecepatan dan ketepatan waktu Sekertaris Desa dalam melaksanakan tugasdan kewajibannya menurut 14 orang responden atau 50% dari jumlah respondenmenyatakan baik. Sedangkan dari indikator kualitatif sebanyak 16 orang (57%)menyatakan kinerja Sekdes buruk, 11 orang (39,2%) menyatakan kinerja Sekdessedang, dan 1 orang (3,6%) menyatakan kinerja Sekdes baik. Hal ini berartikinerja Sekretaris Desa secara kualitatif dinilai buruk karena mutu kinerja atauhasil kerja Sekertaris Desa dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya masihbanyak terdapat kesalahan. Hal ini berdasarkan jawaban 16 orang responden atau57% dari jumlah responden yang menyatakan buruk.
KEMAMPUAN MENGELOLA KOPERASI DAN MOTIVASI PIMPINAN SEBAGAI UPAYA KEBERHASILAN USAHA PADA KOPERASI SEKAR KARTINI JEMBER Sovia Anggraini Setiono
Majalah Ilmiah DIAN ILMU Vol 15, No 1 (2015): MAJALAH ILMIAH "DIAN ILMU" OKTOBER 2015
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.836 KB) | DOI: 10.37849/midi.v15i1.50

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menguji variabelKemampuan Mengelola Koperasi (X1) dan Motivasi Pimpinan (X2) yangmemberi pengaruh pada variabel  Keberhasilan Usaha Koperasi (Y) baiksecara simultan maupun secara parsial pada Koperasi Sekar KartiniJember. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi linier bergandaberdasarkan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Variabel Keberhasilan UsahaKoperasi (Y) diperoleh thitung sebesar 1,997. Variabel Motivasi Pimpinan (X2)terhadap Keberhasilan Usaha Koperasi (Y) diperoleh thitung sebesar 1,997. Diketahuibahwa variabel Kemampuan Mengelola Koperasi (X1) dan MotivasiPimpinan (X2) yang memberi pengaruh yang sama pada variabel Keberhasilan Usaha Koperasi (Y).

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2015 2015