cover
Contact Name
lusi marlisa
Contact Email
lusimarlisa1@gmail.com
Phone
+6281373739955
Journal Mail Official
hericahyono808@gmail.com
Editorial Address
https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/attajdid/pages/view/editorial-team?attajdid=Editorial+Teams
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
ISSN : 25485784     EISSN : 25492101     DOI : http://dx.doi.org/10.24127/att.v4i01
Fokus dan scope: jurnal At-Tajdid merupakan jurnal pendidikan dan pemikiran islam,yang diterbitkan dua kali dalam setahun periode januari – juni, dan juli-desember. At-Tajdid merupakan artikel hasil penelitian dalam bentuk penelitian pengembangan, kualitatif, kuantitatif, studi literatur, aplikasi teori, dan studi analisis kritis dalam bidang pendidikan agama islam yang mencakup topik : pemikiran pendidikan islam pendidikan multikultural media dan teknologi pembelajaran pengembangan kurikulum pendidikan islam manajemen pendidikan islam Artikel menganalisis isu-isu terkini, masalah, kebijakan, dan praktik, serta menawarkan kebaruan dan implikasi praktis dalam pengembangan pendidikan islam.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 02 (2020): JULI-DESEMBER 2020" : 9 Documents clear
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE MIND MAPPING (STUDI DI SEKOLAH ALAM MADINAH SCHOOL TANGERANG) Siti Munawati; Neni Nuraeni
AT-TAJDID Vol 4, No 02 (2020): JULI-DESEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/att.v4i02.1466

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara akan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam penelitian ini, penulis hanya membatasi mengenai kajian Aplikasi Pembelajaran Pendidikan agama Islam melalui metode Mind Mapping untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) di Sekolah Alam Madinah School Tangerang. Penelitian yang dilakukan penulis adalah dengan mengobservasi dari siswa kelas IV dan V SD, dengan pembatasan. Adanya studi kasus merupakan bentuk penelitian yang dapat  dilakukan terhadap individu, segolongan manusia, lingkungan   hidup   manusia   atau   lembaga sosial. Hal ini dipandang efektif karena mampu digunakan untuk mencari motif-motif dibalik   fakta   sosial   yang   tampak   secara empirik. Penelitian ini menggunakan pendekatan metodologi kualitatif yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) di mana peneliti adalah sebagai instrument kunci, tehnik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisa data bersifat kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisas. Implementasi  pembelajaran Pendidikan agama Islam melalui metode mind mapping sangat membantu siswa untuk aktif dan dapat meningkatkan motovasi, kreatifitas, dan minat belajar siswa.
UPAYA GURU PAI DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI SMP NEGERI 3 PURWOHARJO fararida herrin; Hairul Huda; Sofyan Rofi
AT-TAJDID Vol 4, No 02 (2020): JULI-DESEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/att.v4i02.1244

Abstract

SMP Negeri 3 Purwoharjo adalah sekolah dengan kondisi dimana siswanya masih belum bisa menerapkan nilai-nilai akhlak yang baik misalnya siswa belum bisa menerapkan sikap sopan santun terhadap guru serta belum mampu untuk menegakkan sholat berjamaah tepat waktu. Penelitian ini menggunakan”penelitian kualitatif yang dalam proses pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan dokumentasi. Setelah dilaksanakan penelitian, maka peneliti menyimpulkan bahwa; (1) upaya guru PAI dalam membentuk akhlak siswa di SMP Negeri 3 Purwoharjo ini adalah bentuk pembiasaan yang antara lain adalah pembiasan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Salim), Pembiasaan melaksanakan shalat dhuha dan shalat dzuhur berjamaah, Melaksanakan kegiatan mengaji bersama setiap satu minggu satu kali, dan membentuk tim rohani untuk memonitoring segala kegiatan pembentukan akhlak siswa yang dilaksanakan di sekolah. (2) faktor penunjang”upaya guru PAI dalam membentuk”akhlak siswa di SMP Negeri 3 Purwoharjo adalah dengan adanya dukungan fasilitas yang diberikan oleh pihak SDN 3 Grajagan dan adanya bentuk kerjasama antara pihak SMP Negeri 3 Purwoharjo dengan tokoh masyarakat yang ada di lingkungan sekolah. Sedangkan faktor penghambat upaya guru PAI dalam membentuk akhlak siswa adalah belum adanya fasilitas ibadah yang dimiliki oleh SMP Negeri 3 Purwoharjo serta kurang adanya kepedulian dari orang tua siswa terhadap akhlak pada anak.
KOMPETENSI GURU ZAMAN NOW DALAM MENGHADAPI TANTANGAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Shalahudin Ismail
AT-TAJDID Vol 4, No 02 (2020): JULI-DESEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/att.v4i02.1229

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana kompetensi guru zaman now dalam menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian konsep, dimana penulis mendasarkan pada sumber-sumber data atau referensi yang berbentuk teks dari pendapat para ahli yang telah diformulasikan dalam bentuk buku, jurnal, maupun yang lainnya. Hasil kajian konsep yang dilakukan oleh peneliti melalui beberapa referensi menyebutkan bahwa kompetensi guru zaman now dalam menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0 adalah educational competence,  competence for technological commercialization,  competence in globalization,  competence in future strategies,   conselor competence.
URGENSI PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM MEMPERBAIKI PRAKSIS PEMBELAJARAN Lailya Mufidah
AT-TAJDID Vol 4, No 02 (2020): JULI-DESEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/att.v4i02.1426

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan bentuk penelitian tindakan yang dilakukan oleh guru secara sistematis reflektif untuk memperbaiki praktik pembelajaran di kelas dan meningkatkan kinerja guru sehingga menjadi guru yang profesional. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dapat dijadikan sebagai acuan untuk memperbaiki praktik pembelajaran menjadi lebih efektif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperbaiki praksis pembelajaran. Adanya tindakan-tindakan tertentu yang dilakukan oleh peneliti (guru) untuk memperbaiki permasalahan pembelajaran menjadi karakteristik khas dari penelitian tindakan kelas. Adapun fokus kegiatan dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas antara lain; planning (perencanaan), acting (tindakan), observing (pengamatan), dan reflecting (refleksi). Setelah melakukan penelitian tindakan kelas, peneliti (guru) membuat laporan penelitian tindakan kelas. Hal yang perlu ditulis pada laporan penelitian tindakan kelas setidaknya memuat beberapa aspek yang berkaitan dengan keadaan kelas, hasil setiap siklus, dan analisis keseluruhan siklus. Karya ilmiah yang telah dibuat oleh peneliti (guru) bisa dipublikasikan melalui penerbitan ataupun presentasi.
Aktualisasi Pendidikan Karakter Religius untuk Membentuk Perilaku Baik Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Ash Sholihuddin Dampit Alif Achadah; Muhammad Muhammad Ilyas
AT-TAJDID Vol 4, No 02 (2020): JULI-DESEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/att.v4i02.1348

Abstract

Pendidikan adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam perjalanan perkembangan suatu negara. Terkait dengan hal tersebut adanya lembaga pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam upaya untuk mencetak dan melahirkan generasi muda yang berintelektual modern serta mempunyai perilkau baik sebagai pedoman dalam pendidikan Islam. Aktualisasi pendidikan karakter sangatlah diperlukan dalam konteks lembaga pendidikan baik di tingkat SD/SMP, maupun SMA bahkan PT. Dalam kajian ini lebih khusus membahas tentang aktualisasi pendidikan karakter dalam bidang keagamaan sebagai upaya untuk membentuk perilaku baik siswa di MTs As-Sholihuddin Dampit. Terkait hal tersebut, dalam riset ini membahas tentang: 1) bagaimana aktualisasi pendidikan karakter religius siswa di MTs As-Sholihuddin Dampit, 2) apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan pendidikan karakter religius di MTs As-Sholihuddin Dampit.
NURCHOLISH MADJID (1939-2005) (Gagasan-Gagasan Pembaruan Pemikiran Islam Kontemporer di Indonesia) cahaya khaeroni
AT-TAJDID Vol 4, No 02 (2020): JULI-DESEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/att.v4i02.1464

Abstract

Nurcholish Madjid merupakan salah satu tokoh pembaruan pemikiran Islam di Indonesia. Lewat gagasannya tentang teologi Islam Inklusif dan sekularisasi yang dipopulerkannya pada era 1970-an, Nurcholish Madjid tampil menjadi sosok intelektual dan pembaharu yang berdiri di garda depan dalam kancah pemikiran Islam di-Indonesia. Kendatipun demikian, juga tidak dapat dipungkiri bahwa  pemikiran-pemikiran yang dilontarkannya juga kerap memunculkan polemik-polemik mendalam diantara banyak kalangan elit intelektual Muslim. Menanggapi hal inilah, penelitian ini berusaha mengkaji lebih lanjut mengenai pemikiran-pemikiran Nurcholish Madjid, seorang tokoh pembaharu kontemporer yang cukup kontroversial  baik dikalangan masyarakat awam maupun elit intelektual di Indonesia. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan filosofis. Karakteristik dari pendekatan ini lebih menekankan pada fundamental structure dan ide-ide dasar serta menghindarkan detail-detail persoalan yang kurang relevan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pemikiran pembaharuan Nurcholish Madjid terbagi ke dalam 3 wilayah: Pertama, gagasan Modernisasi Islam; Kedua, Sekularisasi; dan ketiga, gagasan teologi inklusif.
BIMBINGAN KONSELOR BAGI ORANG TUA ANGKAT ANAK TERLANTAR ANAK TERLANTAR (STUDI KASUS DI DINAS SOSIAL KOTA BANDAR LAMPUNG) Winda Sabrina; Dwi Noviatul Zahra
AT-TAJDID Vol 4, No 02 (2020): JULI-DESEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/att.v4i02.1417

Abstract

Bimbingan konselor adalah salah satu cara yang dilakukan pemerintah dalam pemberian bantuan kepada calon orang tua angkat yang akan mengangkat anak dengan cara berdialog, memberikan motivasi untuk menemukan jalan keluar dan mencapai tujuan yang diinginkan Penelitian ini dilakukan karena dilatarbelakangi oleh banyaknya masalah yang timbul saat proses pengangkatan anak dan masalah pribadi yang dihadapi oleh orang tua angkat saat mengangkat anak. Tujuan adanya bimbingan bagi orang tua angkat adalah untuk membantu orang tua angkat dalam menghadapi masalah yang timbul ketika proses pengangkatan anak dan masalah pribadi yang dihadapi oleh orang tua angkat saat mengangkat anak dan sesudah mengangkat anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 7 orang dengan rincian 4 pasang orang tua angkat anak terlantar dan 3 konselor. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah pelaksanaan Bimbingan Konselor Bagi Orang Tua Angkat Anak Terlantar dan Apa metode yang digunakan konselor dalam melakukan bimbingan bagi orang tua angkat . adapun analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian bahwa pelaksanaan bimbingan konselor bagi orang tua angkat yang dilakukan konselor di Dinas Sosial Kota Bandar Lampung adalah dengan menggunakan metode langsung dengan teknik individual atau teknik kelompok dengan pendekatan Client-Centered Therapy yang melalui beberapa tahapan dalam bimbingan yaitu tahap penyululuhan, konsultasi, konseling, pendapingan dan pelatihan. Teknik individu dengan menggunakan bimbingan individu dan pendekatan Client-Centered Therapy. Dengan tujuan untuk membuka cara berfikir klien untuk mencapai realisasi diri yang optimal. Dengan adanya pelaksanaan bimbingan konselor dan diberikannya metode Client-Centered Therapy kepada orang tua angkat hal ini juga memberikan pengaruh baik kepada anak angkat dengan menjadikan anak angkat menjadi anak yang mandiri, percaya diri, sabar dan berkepribadian baik kepada orang tua dan masyarakat sekitarnya.
ANALISIS POTENSI PENYEBAB DISTABILITAS JIWA KEBERGAMAAN PADA MASA DEWASA iswati iswati; heri cahyono
AT-TAJDID Vol 4, No 02 (2020): JULI-DESEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/att.v4i02.1465

Abstract

Idealnya dengan berakhirnya masa remaja, maka berakhir pula kegoncangan kegoncangan jiwa yang menyertai pertumbuhan remaja itu. Yang berarti bahwa orang yang telah melewati usia remaja, mempunyai ketentraman jiwa, ketetapan hati dan kepercayaan yang tegas, baik dalam bentuk positif, maupun negatif. Pada masa dewasa, agama hendaknya menjadi menjadi kendali diri atas semua keyakinan, pembicaraan sikap, prilaku bahkan apa yang terlintas dalam benak pikirannya. Kendatipun demikian, dalam kenyataan hidup sehari-hari, masih banyak orang yang merasakan kegoncangan jiwa pada usia dewasa, bahkan perubahan-perubahan kepercayaan dan keyakinan kadang-kadang masih kerap terjadi di masa itu. Fenomena  kejadian-kejadian ini, sangat menarik perhatian ahli agama, sehingga mereka berusaha terus-menerus memberikan pengertian-pengertian tentang agama. Karena ketika manusia memiliki komitmen beragama yang tinggi idealnya manusia itu mampu menjalankan semua ajaran yang terkandung dalam ajaran agama itu.
Urgensi Standarisasi Islam ASWAJA ANNAHDLIYYAH untuk Perdamaian Indonesia dan Dunia Muhammad Fadil
AT-TAJDID Vol 4, No 02 (2020): JULI-DESEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/att.v4i02.1418

Abstract

Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk mengajak siapapun tanpa tebang pilih agar lebih dekat dengan Nahdlatul Ulama, sebuah organisasi masyarakat yang salah satu tujuan dilahirkannya adalah demi melembagakan wawasan keagamaan yang dianut sebelumnya yakni A hlussunnah wal Jama’ah dan juga demi memenuhi kebutuhan perdamaian dunia di mana dewasa ini sangat rawan terhadap perpecahan akibat berbagai kepentingan mulai dari perbedaan pandangan politik, sosial, hingga kultur. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan karya tulis ini adalah memaparkan betapa urgennya peran Islam Nahdlatul Ulama (An-Nahdliyyah) berpaham Aswaja bagi perdamaian dunia, khususnya bagi Negara Indonesia dengan background kemajemukan serta keberagamannya. Indonesia menjadi negara demokrasi dengan segala perbedaan dan kemajemukan yang ada, tetapi tetap bersatu padu, menciptakan kedamaian dalam satu bingkai kebangsaan. Indonesia bisa menjadi role model bagi negara-negara di dunia, khususnya bagi negara konflik dengan isu agama, bahwa perdamaian dan persatuan adalah perlu demi menjaga keutuhan suatu bangsa, dan Indonesia telah membuktikan harmoni itu. Selain sebab ideologi  Pancasila yang terbukti mampu menyatukan perbedaan, Indonesia juga memiliki organisasi sebesar Nahdlatul Ulama yang telah terbukti hadir menjawab tantangan perbedaan. Nahdlatul Ulama merupakan organisasi masyarakat yang ramah, tidak marah. Merangkul, bukan memukul. Keberadaannya di tengah masyarakat mampu menjadi oase yang menyejukkan, dan menjadi garda terdepan dalam menjaga perdamaian serta keutuhan bangsa, sebagaimana yang tertuang dalam butir prinsip-prinsip yang selama ini Nahdlatul Ulama pegang teguh. Apakah Negara-negara di dunia, khususnya negara konflik yang kental dengan isu agama dapat mencontoh harmoni yang tercipta di tengah keberagaman Indonesia? Oh, tentu saja bisa. Oleh karena itu, dalam bab perdamaian mari belajar kepada Indonesia, dan mari lebih dekat dengan Nahdlatul Ulama.

Page 1 of 1 | Total Record : 9