cover
Contact Name
Musnizar Safari
Contact Email
musni167@gmail.com
Phone
+626517555156
Journal Mail Official
stkipannurnad@gmail.com
Editorial Address
Kampus STKIP An-Nur Lamgugob Banda Aceh, 25115
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
ISSN : 25489970     EISSN : 27235173     DOI : -
Mempublikasikan berbagai artikel ilmiah bidang Seni Humaniora baik Sosial, pendidikan, Bahasa, Seni, Agama, dan lainnya yang berhubungan dengan ilmu kependidikan.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 5 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)" : 7 Documents clear
STRATEGI DAKWAH AGAMA UNTUK ORANG TUA (STUDI KASUS DI RUMOH GEUNASEH SAYANG JROH NAGUNA BANDA ACEH) Abdullah, Supiati
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) Vol 3, No 5 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Publisher : STKIP An-Nur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.04 KB)

Abstract

Makalah ini menginformasikan pentingnya nasehat keagamaan yang benar kepada warga lanjut usia di Rumoh Geunaseh Sayang Jroh Naguna Banda Aceh. Strategi yang tepat dalam membimbing lansia sangat penting untuk diinformasikan untuk memperluas audiensi mulai dari akademisi, komunitas, manajemen rumah lansia, dan pekerja medis sebagai individu yang selalu bekerja dengan lansia ini. Makalah ini telah membahas pendekatan dan strategi pengajarannya bagi para lansia, seperti memahami sifat lansia dengan perubahan mereka baik secara fisik maupun mental, manfaat informasi lansia, manfaat strategi pengajaran dan panduan lansia ini, agama khas yang baik mengajar untuk manula, manula psikiatrik, pendidikan strategis mereka yang bermasalah, dan terbaik. Oleh karena itu, strategi keagamaan ini akan berhasil disampaikan ketika dilakukan dengan sopan, menghormati orang tua dengan perhatian dan cinta. Kata kunci: Panduan Agama, Strategi Panduan, Warga Lanjut Usia
MUSIK DIDONG MENCERMINKAN IDENTITAS SOSIAL MASYARAKAT GAYO Aryesha, Vinny
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) Vol 3, No 5 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Publisher : STKIP An-Nur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.539 KB)

Abstract

Salah satu kesenian tradisional yang masih bertahan sampai saat ini adalah Didong, khususnya di tanah Gayo, Aceh. Musik Didong merupakan hasil ekspresi masyarakat Gayo baik ekspresi pribadi maupun ekspresi kelompok sosial masyarakatnya. Musik Didong sangat berpengaruh bagi masyarakat Gayo, sehingga melalui musik Didong dapat mengetahui identitas sosial masyarakat Gayo di Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan musik Didong sebagai identitas sosial masyarakat Gayo di Kabupaten Bener Meriah, meliputi individu dan kelompok dalam musik Didong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif interpretatif dengan pendekatan interdisiplin. Pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Selanjutnya dianalisis melalui alur interaktif, yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menandakan identitas dalam musik Didong melalui tepukan, syair, dan kelompok Didong. Musik Didong mengidentitaskan masyarakat Gayo yang berbuat baik terhadap sesama, cinta akan lingkungan sekitar, cinta tanah air, senang akan kedamaian, disiplin, sangat senang bernyanyi, etos kerja, dan kebersamaan. Kata Kunci: Musik Didong, Identitas Sosial
KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU Murni, Murni
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) Vol 3, No 5 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Publisher : STKIP An-Nur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.57 KB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih adanya guru yang melanggar tata tertib sekolah dan kurang disiplin hadir di sekolah serta kurang bertanggung jawab terhadap tugas yang dijalankannya, ada juga guru yang berstatus PNS yang jarang masuk dan menggantikan mata pelajarannya dengan guru honorer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kinerja guru di Madrasah Aliyah Labuhan Haji Timur Aceh Selatan (2) kebijakan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di Madrasah Aliyah Labuhan Haji Timur Aceh Selatan (3) kendala kepala sekolah dalam pelaksanaan kebijakan kepala madrasah dalam peningkatan kinerja guru di Madrasah Aliyah Labuhan Haji Timur Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, untuk mengumpulkan data yang akurat dan terpercaya terhadap kebijakan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru, dilakukan dengan tehnik pengumpulan data yaitu: wawancara dan observasi dengan kepala sekolah dan dewan guru di Madrasah Aliyah Labuhan Haji Timur Aceh Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kinerja guru di Madrasah Aliyah Labuhan Haji Timur Aceh Selatan sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan, misalnya guru sudah menerapkan kedisiplinan dan bertanggung jawab terhadap tugasnya, tapi walaupun demikian ada juga sebagian guru yang memiliki motivasi yang rendah dalam menjalankan tugasnya. (2) Kebijakan kepala sekolah dengan pemberdayaan dan partisipasi, sistem standar kehadiran 90%, membina sifat tranparansi, penerapan manajemen Qalbu, dan pemberian sanksi. (3) Kendala kepala sekolah yaitu banyak kasus  yang ditemukan guru yang belum mampu menyusun program pengajaran, dan kurangnya kedisiplinan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya persiapan dari guru itu sendiri. Kata kunci: Kebijakan Kepala Sekolah, Peningkatan Kinerja Guru
PENINGKATAN KETRAMPILAN MENEMPEL MEDIA BEKAS RAUTAN PENSIL PADA ANAK KELOMPOK A M. Jamil, Ibrahim; Mutia, Rahmah
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) Vol 3, No 5 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Publisher : STKIP An-Nur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.935 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Peningkatan Ketrampilan Menempel Media Bekas Rautan Pensil Pada Anak Kelompok A di TK Al-Jannah Busu. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan keterampilan menempel media bekas rautan pensil pada anak kelompok A di TK Al-Jannah Busu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan keterampilan menempel media bekas rautan pensil pada anak kelompok A di TK Al-Jannah Busu. Hipotesis penelitian ini adalah  dengan media bekas rautan pensil dapat meningkatkan keterampilan menempel pada anak kelompok A di TK Al-Jannah Busu. Sampel penelitian 44 orang siswa TK Al-Jannah Busu dengan teknik total sampling. Data dan informasi penulis peroleh menggunakan teknik observasi dianalisa menggunakan rumus persentase:                  14P= fN x 100 %">        Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menempel media bekas rautan pensil anak kelompok A di TK Al-Jannah Busu meningkat dari siklus ke siklus. Data awal 11 siswa (25%) kategori mampu , dan setelah penerapan metode pada siklus I meningkat 28 anak (63%), siklus II 31 anak (70,45%) dan siklus III 40 anak (90,90%). Kategori belum mampu hanya 4 orang anak (9.10%). Berdasarkan hasil penelitian maka hipotesis yang diajukan diterima yaitu media bekas rautan pensil dapat meningkat keterampilan menempel anak TK AL-Jannah Busu. Kata Kunci: Ketrampilan menempel, media bekas, rautan pensil.
EPISTIMOLOGI NEGARA Zulkarnaini, Zulkarnaini
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) Vol 3, No 5 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Publisher : STKIP An-Nur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.819 KB)

Abstract

Negara sebagai lembaga tempat bernaung para rakyat untuk hidup dan menentukan nasib memiliki berbagai persepsi dan konsep yang harus dijalankan pemerintah dan harus ditaati oleh rakyat serta pemangku kepentingan. Negara juga tegak sesuai dengan keperluan rakyatnya, sehingga aturan harus disesuaikan dengan kondisi situasi zaman. Beragam teori dikembangkan demi tegaknya sebuah negara, terutama monarkhi, republik dan demokrasi yang di dalamnya ada dewan-dewan rakyat. Jauh sebelumnya dalam perubahan negara pernah dikembangkan teori teokrasi, metafisis, alamiyah, organis, pengalihan hak. penaklukan, garis keturunan, perjanjian masyarakat, filosofis dan historis. Dalam praktiknya negara akan langgeng apabila pembagian kekuasaan ini jelas. Dengan demikian, tulisan ini membahas secara mendalam teori negara dengan berbagai aspeknya. Kata Kunci: Epistimologi, negara
PENERAPAN METODE MUHADASAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN KEBERHASILAN SISWA Salahuddin, Salwati
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) Vol 3, No 5 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Publisher : STKIP An-Nur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.21 KB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan keberhasilan belajar bahasa Arab melalui penerapan metode Muhadasah pada siswa kelas XII MAN 1 Banda Aceh. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, serangkaian studi tindakan kelas telah dilakukan dengan mengamati keseluruhan kegiatan belajar mengajar di kelas untuk tindakan guru dan siswa selama kelas. Sebagai hasilnya, penerapan metode Muhadasah ini menyebabkan siswa tidak bosan di kelas, mereka merasa bahwa belajar bahasa Arab itu menarik seperti yang ditunjukkan oleh penelitian tindakan yang dilakukan di kelas. Selain itu, metode ini menunjukkan bahwa siswa telah membuat kemajuan statistik dalam "Pelafalan dan Kebiasaan Bahasa Arab" dan dalam memahami ucapan-ucapan baru. Penerapan metode atau demonstrasi Muhadasah dan tanya jawab untuk kelas XII MAN Banda Aceh 1 termasuk dalam kategori sukses. Terbukti bahwa mereka sangat antusias mengikuti pelajaran dibandingkan kelas sebelumnya. Semoga para siswa akan senang belajar bahasa Arab sebagai bahasa internasional. Kata Kunci: Penerapan, Metod Muhadasah, Keberhasilan siswa
HASIL BELAJAR STATISTIKA MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENGGUNAAN MODUL DI STKIP AN-NUR BANDA ACEH Hestaliana R, Ari
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) Vol 3, No 5 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Publisher : STKIP An-Nur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.256 KB)

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh hasil studi pendahuluan di PG-PAUD STKIP An-Nur yang menunjukkan bahwa hasil belajar statistika mahasiswa belum memadai. Untuk itu perlu dicari sebuah model pembelajaran dalam menindaklanjuti masalah tersebut. Salah satunya melalui pembelajaran dengan penggunaan modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil belajar statistika mahasiswa melalui pembelajaran dengan penggunaan modul. Desain penelitian ini merupakan penelitian penelitian eksperimen dengan static group comparison design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PG-PAUD STKIP AN-nur Banda Aceh. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester VI unit 1 dan unit 2. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar statistika. Analisis data menggunakan Pooled t-test.  Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar statistika mahasiswa melalui pembelajaran dengan penggunaan modul lebih baik daripada hasil belajar statistika mahasiswa melalui pembelajaran tanpa penggunaan modul. Kata Kunci: Hasil Belajar, Statistika, Modul

Page 1 of 1 | Total Record : 7