cover
Contact Name
Musnizar Safari
Contact Email
musni167@gmail.com
Phone
+626517555156
Journal Mail Official
stkipannurnad@gmail.com
Editorial Address
Kampus STKIP An-Nur Lamgugob Banda Aceh, 25115
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
ISSN : 25489970     EISSN : 27235173     DOI : -
Mempublikasikan berbagai artikel ilmiah bidang Seni Humaniora baik Sosial, pendidikan, Bahasa, Seni, Agama, dan lainnya yang berhubungan dengan ilmu kependidikan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)" : 6 Documents clear
PERAN TOKOH MASYARAKAT DALAM MEMINIMALISIR PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI (STUDI DI DESA LAE PINANG KECAMATAN SINGKOHOR) Nelva Andriani Sinaga; Murni Murni
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) Vol 7, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Publisher : STKIP An-Nur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini membahas permasalahan dampak buruknya penggunaan gadget pada Anak Usia Dini, dimana anak yang sudah mengenal gadget bahkan kecanduan akan terlihat tidak mempunyai sifat sosialisasi yang baik terhadap lingkungannya. Penelitian ini berjudul Peran Tokoh Masyarakat dalam Meminimalisir Penggunaan Gadget Pada AUD (Studi di Desa Lae Pinang Kecamatan Singkohor). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran tokoh masyarakat dalam meminimalisir penggunaan gadget pada AUD di Desa Lae Pinang Kecamatan Singkohor. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tokoh masyarakat dalam meminimalisir penggunaan gadget pada AUD di Desa Lae Pinang Kecamatan Singkohor. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif artinya penelitian ini tentang data yang di kumpulkan berupa gambar dan diuraikan mengunakan kata-kata penulis, misalnya dari hasil wawancara yang dilakukan antara penulis dengan informan, memahami kenyataan yang terjadi di lapangan Adapun subyek dalam penelitian ini terdin dari 5 guru, 1 imam masjid, 1 ustadz dan 1 imam mukim Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: peran tokoh masyarakat dalam meminimalisir penggunaan gadget pada anak usia dini yaitu dengan mengawasi setiap aktivitas masyarakat yang ada di lingkungan sekitar, menjaga hubungan baikdengan orang tua, peran tokoh masyarakat juga terkait dengan mengawasi anak dengan memberikan batasan waktu bermain, dan menghindari penggunaan gadget dengan tingkat adiksi yang tinggi. Kata Kunci: Tokoh Masyarakat, Gadget, Anak Usia Dini.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD MELALUI MEDIA POHON HURUF PADA SATUAN PAUD SEJENIS (SPS) CERIA CEURIH KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH Fitriyani Fitriyani; Ismiati Ismiati
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) Vol 7, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Publisher : STKIP An-Nur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peningkatan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak usia dini dengan  menggunakan media pohon huruf. Sumber daa diperoleh dari 13 orang anak usia dini yang berusia 5-6 tahun pada  Satuan Paud Sejenis (SPS) Ceria Ceurih Ulee Kareng, Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Setelah melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, data dianalisis menggunakan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak mengenal huruf melalui media pohon huruf pada siklus pertama meningkat sebesar 23,07%, dan siklus ke dua meningkat sebesar 76,92%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa media pohon huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad.  Kata Kunci: huruf abjad, media pohon huruf.
MENGENDALIKAN PERILAKU ANAK BERMASALAH DI TK BINA ANEUK NANGGROE Cut Faridah Hanum; Musnizar Safari
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) Vol 7, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Publisher : STKIP An-Nur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Usia anak yang masih dini dan labil serta belum memiliki pemahaman yang baik mengenai bagaimana berperilaku baik adalah masih dalam kategori wajar. Hal ini dikarenakan mereka memang masih membutuhkan pembinaan dan pembimbingan yang berkelanjutan agar dapat berubah meskipun bisa saja membutuhkan waktu yang lama. Kondisi yang masih labil menyebabkan sewaktu-waktu sifat dan perilakunya bisa berubah-ubah. Beberapa anak akan terlihat perubahan dalam perilaku mereka seiring bertambahnya usia dan juga pengetahuan yang mereka miliki. Penelitian ini adalah studi kasus yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah MNY yang memiliki perilaku bermasalah. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Data hasil wawancara dianalisa dalam tiga tahap yaitu reduksi data, paparan dan penyimpulan. Sedangkan data hasil observasi dianalisis melalui teknik prosentase. Hasil penelitian menemukan bahwa dari 12 aspek yang diobservasi, ada 10 (83,3%) perilaku bermasalah yang tampak. Setelah adanya upaya pengendalian terhadap perilaku bermasalah, hanya tersisa 2 (16,7%) perilaku bermasalah yang masih tampak. Adapun upaya guru dalam mengendalikan perilaku bermasalah adalah memberikan nasehat secara perlahan, memberikan pujian dan hadiah ketika perilaku baik muncul, memberikan kesibukan bagi anak dengan berbagai kegiatan bermanfaat dan sering menyuguhkan cerita-cerita menarik tentang akhlak yang baik dan terpuji. Kata kunci: upaya guru, mengendalikan perilaku, anak bermasalah
MENGEMBANGKAN BAHASA LISAN ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PERMATA TERSEMBUNYI DI TKIT BAITUSSHALIHIN KECAMATAN ULEE KARENG Nurul Farina; Nova Sari
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) Vol 7, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Publisher : STKIP An-Nur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahasa lisan merupakan kemampuan individu menguasai kosa kata, ucapan, gramatikal, dan etika pengucapan dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan perkembangan umum kronologisnya. Berdasarkan hasil observasi awal peneliti di TK Baitussalihin, Kecamatan Ulee Kareng, kelompok B (usia 5-6 tahun), peneliti menemukan bahwa sebagian besar anak TK kelompok B belum mahir dalam kemampuan bahasa lisannya. Hal ini terlihat dari ketidakmampuan anak antara lain: menjawab pertanyaan yang diajukan pendidik, menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama, menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap, dan memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekpresikan ide pada orang lain. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana pengembangan bahasa lisan anak usia dini melalui permainan permata tersembunyi di TKIT Baitusshalihin Kecamatan Ulee Kareng. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan model Kurt Lewin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. PTK pengembangan bahasa lisan melalui permainan permata tersembunyi mendapati hasil pra siklus sebesar 32,8%. Kemudian dilaksanakan PTK siklus I yang mendapati nilai rata-rata yaitu 52%. Setelah itu meningkat pada siklus II menjadi 86%, sehingga penelitian pada siklus II dinyatakan sudah tuntas, dikarenakan sudah melewati ambang nilai indikator keberhasilan. Dengan demikian, permainan permata tersembunyi di TK IT Baitussalihin dapat meningkatkan kemampaun bahasa lisan. Kata Kunci: bahasa lisan, permainan permata tersembunyi, anak usia dini
PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA PERMAINAN MEMANCING ANGKA DI TK AL-MUTTAQIN Syamsiah Syamsiah; Musnizar Safari
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) Vol 7, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Publisher : STKIP An-Nur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak yang berusia 4-5 tahun sudah mulai mengenali beberapa simbol, tanda, bahasa dan gambar, serta konsep bilangan sebagai dasar dari ilmu matematika. Observasi awal di Taman Kanak-kanak (TK) Al-Muttaqin menemukan bahwa anak masih tertukar-tukar dalam menyebut angka dan lambang bilangan; belum dapat menyebutkan angka secara berurutan; belum dapat membandingkan lambang bilangan (konsep banyak dan sedikit); dan belum dapat menunjukkan banyaknya benda sesuai lambang bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak Kelompok A di TK Al-Muttaqin Kecamatan Seruway. Ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah anak kelompok A sebanyak 20 anak. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Analisa data menggunakan teknik prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep bilangan melalui permainan memancing angka, dari 72,08% (baik) pada siklus pertama menjadi 82,50% (sangat baik) pada siklus kedua. Kata kunci: Konsep bilangan; permainan memancing angka; kelompok A
PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL LADONG Cut Nilawati; Muhammad Iqbal
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) Vol 7, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Publisher : STKIP An-Nur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru merupakan faktor yang berperan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Pengelolaan pembelajaran yang baik dan menarik harus direncanakan oleh guru. Dalam mendidik anak usia dini atau taman kanak-kanak, guru pastinya harus mempersiapkan metode, media dan strategi yang dapat menarik perhatian dan meningkatkan motivasi belajar anak. Oleh karena itu penyusun melakukan penelitian dengan judul Penggunaan Media Flash Card Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Ladong. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam berhitung dan juga untuk mengetahui peningkatan motivasi peserta didik dalam belajar berhitung menggunakan media flash card.  Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B usia 5-6 tahun sebanyak satu kelas yang berjumlah 20 siswa di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Ladong. Setelah melakukan observasi dan wawancara dengan guru, penelitian dimulai dengan tindakan pada siklus I, hasil dari siklus ini menunjukkan hasil belajar mulai sedikit meningkat, dan motivasi belajar juga mulai terlihat membaik. Kemudian, dilakukan tindakan siklus II, pada siklus ini, flash card digunkaan lebih menarik dan beragam dari siklus sebelumnya. Hasil belajar siswa dari siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan, dan grafik motivasi belajar siswa juga meningkat dari siklus sebelumnya. Berdasarkan tindakan dari siklus pertama dan siklus kedua dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan media flash card angka dapat meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan motivasi belajar siswa di TKS Aisyiyah Bustanul Athfal Ladong. Kata kunci: Media, flash card angka, berhitung.

Page 1 of 1 | Total Record : 6