cover
Contact Name
I Nyoman Laba Jayanta
Contact Email
laba.jayanta@undiksha.ac.id
Phone
+62817350209
Journal Mail Official
editor.jp2@undiksha.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Pendidikan Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116 Telp. +62362-22928
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
ISSN : 26143909     EISSN : 26143895     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/jp2
Core Subject : Education,
JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2019)" : 18 Documents clear
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI POKOK KEUNIKAN HUTAN HUJAN TROPIS MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN Puspayani, Desak Nyoman
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v2i1.17615

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pencapaian hasil belajar biologi dengan materi  keunikan hutan-hutan tropis, bagi siswa kelas X semester I SMA Negeri 1 Sukawati tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sukawati dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus dalam penelitian meliputi empat langkah yaitu (1)  perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar Biologi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil  yang dicapai dalam penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 78 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa: dengan menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran  biologi dapat meningkatkan hasil  belajar siswa kelas X Semester I SMA Negeri  1 Sukawati secara signifikan.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS VEKTOR Suarbawa, I Putu
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v2i1.17608

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Desain gravis vektor pada siswa kelas X DKV SMK Negeri 1 Sukasada Semester Ganjil tahun pelajaran 2017/2018 dengan penerapan model pembelajaran  Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X DKV SMK Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 28 orang. Data dianalisis menggunakan kuantitaif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan Terjadi peningkatan hasil belajar Desain gravis vektor siswa pada siklus I dengan rata-rata sebesar 78,7  yang termasuk ke dalam kategori kurang, dengan sedangkan ketuntasan klasikal sebesar 35,7 %. Sedangkan pada siklus II rata-rata Desain gravis vektor  siswa sebesar 89,6 yang termasuk klasifikasi baik, dan ketuntasan klasikal sebesar 100% dari 28 siswa. Dari analisis data di atas model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Desain gravis vektor siswa. Kata Kunci: Hasil belajar Desain gravis vektor, model pembelajaran kooperatif tipe STAD
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU NORMATIF DAN ADAPTIF DALAM MENYUSUN PROGRAM PEMBELAJARAN MELALUI PELAKSANAAN IN HOUSE TRAINING Sunita, I Wayan
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v2i1.17603

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan kemampuan guru Normatif dan Adaptif dalam menyusun Program Pembelajaran melalui pelaksanaan In House Training di SMK Negeri 1 Mas Ubud. Dari hasil pengamatan yang Peneliti lakukan terdapat data dan informasi bahwa dokumen program pembelajaran pada mata pelajaran Normatif dan Adaptif belum tersusun secara lengkap oleh guru sehingga menyulitkan bagi guru dalam mengadministrasikan dokumen pembelajaran dengan baik. Jika dilakukan pengecekan terhadap dokumen program pembelajaran rata-rata guru belum mempunyai dokumen pembelajaran secara lengkap. Berdasarkan kondisi tersebut Peneliti berupaya melakukan perbaikan-perbaikan terhadap kemampuan guru dalam menyusun dokumen program pembelajaran melalui pelaksanaan In House Training di sekolah. Karena dengan cara ini diyakini dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun program pembelajaran dengan lebih baik dan sistematis. Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan di SMK Negeri 1 Mas Ubud pada bulan Juli  tahun 2006  dengan obyek guru Normatif dan Guru Adaptif sebanyak 15 Orang dan  pelaksanaan Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan secara  kolaboratif  dengan partisipatif pelaksanaannya selama 2 siklus penelitian. Data hasil penelitian  yang telah dikumpulkan melalui penelitian ini  kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun Program Pembelajaran pada mata pelajaran Normatif dan Adaptif, setelah dilakukan In House Training di Sekolah secara terprogram. Berdasarkan data yang diperoleh dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)  ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan In House Training dapat meningkatkan kemampuan guru Normatif dan Adaptif dalam menyusun Program  Pembelajaran di  SMK Negeri 1 mas Ubud  tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: Peningkatan Kemampuan Guru Normatif dan Adaptif, In House Training
PENGARUH FAKTOR INTERNAL TERHADAP KEMAMPUAN GURU MENGAJAR AGAMA HINDU Mudana, I Gusti Agung Made Gede
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v2i1.17616

Abstract

AbstrakTujuan pokok dari penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan antara disiplin kerja guru, motivasi kerja guru dan semangat kerja guru dengan kemampuan mengajar guru agama hindu di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di Denpasar dengan mengobesrvasi 80 guru sebagai responden disekolah adasr pada tiga kecamatan yang ada di Kota Denpasar. Data dianalisis menggunakan statistic inferensial dengan mengunakan angket dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penelitian ini menemukan bahwa hubungan antara disiplin kerja guru (X1) dengan kemampuan guru mengajar agama Hindu (Y yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi ? = 6,523 +0,0467 X1 dengan ry1 = 0,404 adalah signifikan. Kedua, hubungan antara motivasi kerja guru (X2) dengan kemampuan guru mengajar agama Hindu (Y) yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi ? = 8,721 + 0,0445, koefisien ry2 = 0,402 adalah signifikan. Ketiga, hubungan antara semangat kerja guru (X3) dengan kemampuan guru mengajar agama Hindu (Y) yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi ? = 10,046 + 0,0529 X3 ry3 = 0,272 adalah signifikan. Keempat, hubungan antara disiplin kerja guru, motivasi kerja guru dan semangat kerja guru secara bersama-sama dengan kemampuan guru mengajar agama Hindu yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi ? = 0,762 + 0,0472 X1 + 0,0348 X2 + 0,0553 X3 dan koefisien korelasi ganda R y.123 = 0,607 adalah signifikan. Kelima Penelitian ini juga menemukan bahwa berdasarkan koefisien korelasi parsial ternyata (1) hubungan antara disiplin kerja guru dengan kemampuan guru mengajar menempati peringkat pertama jika motivasi kerja guru dan semangat kerja guru dikontrol, (2) hubungan antara motivasi kerja guru dengan kemampuan guru mengajar menempati peringkat kedua jika disiplin kerja guru dan semangat kerja guru dikontrol, dan (3) hubungan antara semangat kerja guru dengan kemampuan guru mengajar menempati peringkat ketiga jika disiplin kerja guru dan motivasi kerja guru dikontrol.
PENERAPAN METODE BELAJAR PART AND WHOLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJASKES MATERI SENAM LANTAI (LOMPAT KANGKANG) Jiwa, I Ketut
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v2i1.17611

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Penjasorkes dengan materi Senam Lantai (Lompat Kangkang) pada siswa kelas X AK 1 Semester Satu SMK Negeri 1 Mas Ubud. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Pariwisata pada tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan yang di dalamnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, serta refleksi. Data mengenai hasil belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan asesmen gerak senam lantai, Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penerapan metoda belajar Part and Whole dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) hasil siklus I dengan nilai rata-rata 76,26, dengan ketuntasan belajar mencapai 83,33%, dan 2) hasil siklus II dengan nilai rata-rata 81,66, dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Dengan demikian maka pada siklus II tidak ada siswa yang belum tuntas dan penerapan metode belajar Part and Whole terbukti keberhasilannya. Kata Kunci : Metode belajar Part and Whole, Hasil Belajar, Senam lantai Lompat Kangkang
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AP1 PADA PELAJARAN PPKN Kertia, Nyoman
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v2i1.17604

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PPKn siswa kelas X AP1 SMK Negeri 1 Sukasada semester genap  tahun pelajaran 2017/2018 dengan penerapan model pembelajaran  Kooperatif tipe Role playing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X AP1 SMK Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2017/2018 semester genap yang berjumlah 30 orang. Data dianalisis menggunakan kuantitaif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan terjadi peningkatan hasil belajar PPKn siswa siklus 1 dengan materi ?Wawasan Nusantara dalam konteks Negara kesatuan Republik Indonesia? pada siklus I dengan rata-rata sebesar 74,8  yang termasuk ke dalam kategori kurang, sedangkan ketuntasan klasikal sebesar 30 %. Sedangkan pada materi yang sama siklus II rata-rata PPKn siswa sebesar 85,81 yang termasuk klasifikasi baik, dan ketuntasan klasikal sebesar 100% dari 30 siswa. Dari analisis data di atas model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar PPKn, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Role Playing
PENGARUH METODE DEMONSTRASI BERBANTU PATEPIN TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU Khoiriyah, Siti; Raiz, Rahmat; ., Kiswoyo
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v2i1.17617

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa sehingga tidak mencapai KKM. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi berbantu patepin terhadap hasil belajar tema indahnya keragaman di negeriku siswa kelas IV SDN Sukorejo 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Pre-eksperimental Designs dengan one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan rata-rata pretest 57,81 menjadi 76,47 pada posttest. serta   thitung 12,96 lebih besar dari pada ttabel 2,021. Berdasarkan analisis data pada perhitungan ketuntasan belajar pretest-posttest meningkat 50% siswa yang tuntas. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode demonstrasi berbantu patepin memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar indahnya keragaman di negeriku siswa kelas IV SDN Sukorejo Semarang.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL Adia, Komang
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v2i1.17612

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Sukasada pada mata pelajaran simulasi digital melalui implementasi model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jenis penelitian ini adalah tergolong penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa Kelas X MM2 SMK Negeri  1 Sukasadayang berjumlah 36 siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil belajarsiswa pada mata pelajaran simulasi digital siklus I sebesar 61,11% (aspek kognitif), 83,33% (aspek afektif), dan 80,56% (aspek psikomotorik)yang tergolong cukup baik serta di siklus II sebesar 86,11% berada dalam kategori baik (aspek kognitif), kategori baik (aspek afektif), dan kategori baik (aspek psikomotorik), mengalami peningkatan antara siklus I ke siklus II secara klasikal sebesar 25%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digitalmeningkat melalui implementasi model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada siswa kelas X MM2 SMK Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2018/2019. Disarankan kepada guru simulasi digital agar mengimplementasikan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran simulasi digital.
MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PERMAINAN (GAMES) PADA ANAK ASRAMA SION SALATIGA Yuliani, Lilis; Dwikurnaningsih, Yari; ., Setyorini
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v2i1.17605

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu, bertujuan untuk mengetahui signifikansi peningkatan perilaku prososial melalui layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik permainan (games) pada anak Asrama Sion Salatiga. Subjek penelitian adalah 11 anak yang mempunyai perilaku prososial rendah dan sangat rendah. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok yang diambil secara random dan masuk dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Yang masing-masing kelompok terdiri dari 6 anak masuk dalam kelompok eksperimen dan 5 anak masuk dalam kelompok kontrol. Alat ukur yang digunakan adalah skala perilaku prososial yang diadaptasi oleh (Dayakisni. 2009), berdasarkan teori Einsberg & Mussen. Analisis data untuk menguji perbedaan perilaku prososial menggunakan analisis Mann Whitney. Dari hasil analisis data setelah post test, diperoleh p = 0,035 < 0,050 dengan hasil mean rank post test kelompok eksperimen sebesar 7,92 dan mean rank post test kelompok kontrol sebesar 3,70. Selisih mean rank post test antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol sebesar 4,22. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok secara signifikan dapat meningkatkan perilaku prososial anak asrama Sion Salatiga. Kata Kunci: Perilaku Prososial, Bimbingan Kelompok, Permainan (games)
PENGARUH MODEL TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SD DI GUGUS I KECAMATAN GEROKGAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Pandita Utama, I Gusti Made; Dibia, I Ketut; Renda, Tanggu
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v2i1.17619

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang dibelajarkan dengan model Talking Stick dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V semester II SD di Gugus I Kecamatan Gerokgak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan post test only control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus I Kecamatan Gerokgak dengan jumlah total 126 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas V SD Negeri 3 Tukadsumaga sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 1 Tukadsumaga sebagai kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif hasil belajar PKn. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan Independent sample t-tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar PKn antara siswa yang belajar dengan model Talking Stick dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Besarnya adalah 3,048, sedangkan  pada taraf signifikasi 5% dan db = 42 adalah 2,021. Hal ini berarti . Adapun rata-rata skor hasil belajar PKn siswa yang belajar dengan model Talking Stick (23,08) lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (19,26). Dengan demikian, model model Talking Stick berpengaruh terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas V Semester II di Gugus I Kecamatan Gerokgak Tahun Pelajaran 2017/2018 Kata Kunci: Talking Stick, Hasil Belajar PKn

Page 1 of 2 | Total Record : 18