cover
Contact Name
I Nyoman Laba Jayanta
Contact Email
laba.jayanta@undiksha.ac.id
Phone
+62817350209
Journal Mail Official
editor.jp2@undiksha.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Pendidikan Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116 Telp. +62362-22928
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
ISSN : 26143909     EISSN : 26143895     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/jp2
Core Subject : Education,
JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2020): April" : 15 Documents clear
Implementasi Workshop Pengembangan Keprofesionalismean Berkelanjutan Pendidikan Abad 21 untuk Meningkatkan Kinerja Guru Made Raksa
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2020): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v3i1.24355

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kinerja guru di SDN 1 Silangjana  Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 setelah mengikuti kegiatan pengembangan keprofesionalismean berkelanjutan pendidikan abad 21. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian adalah guru di SDN 1 Silangjana  yang berjumlah 8 orang guru. Data kinerja guru pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: apabila rata-rata kinerja guru minimal pada kategori Tinggi, dan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa melalui pengembangan keprofesionalismean berkelanjutan pendidikan abad 21 dapat meningkatkan kinerja guru di SDN 1 Silangjana  Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil ini terbukti dari peningkatan rata-rata siklus I sebesar 145,25 menjadi 172,38 pada siklus II. Ketuntasan klasikal siswa pun mengalami peningkatan dari 75% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II.
Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbasis (TIK) Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika I Gst. Ayu Sri Anggreni; I Wayan Wiarta; DB.Kt. Ngr. Semara Putra
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2020): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v3i1.24357

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelectual berbasis TIK terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas V di SD Gugus Letkol Wisnu. Sampel diambil dengan teknik acak kelompok. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 12 Peguyangan yang berjumlah 43 siswa dan kelas V SD Negeri 5 Peguyangan yang berjumlah 35 siswa. Data kompetensi pengetahuan matematika dikumpulkan dengan instrument tes pilihan ganda. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung= 4,05 > ttabel =2,000 dengan tarafsignfikansi 5% dan dk = 76. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelectual berbasis TIK kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Tahun Ajaran 2018/2019. Rata-rata GSn kelompok eksperimen X1 = 0,542 > X2 = 0,392 rata-rata GSn kompetensi pengetahuan matematika kelompok control. Jadi, model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelectual berbasis TIK berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Catur Paramitha Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Ni Km Trisna Wardani; I Km Ngr Wiyasa
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2020): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v3i1.24358

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis kearifan lokal Catur Paramitha terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV SD Gugus Yos Sudarso Denpasar Selatan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Gugus Yos Sudarso Denpasar Selatan sebanyak 278 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVA SDN 12 Sanur sebanyak 38 siswa dan kelas IVA SDN 10 Sanur sebanyak 30 siswa. Data hasil kompetensi pengetahuan matematika pada masing-masing kelompok dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda biasa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 2,39643 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% 14(α=0,05)">  = 1,99656. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis kearifan lokal Catur Paramitha terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV SD. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan matematika kelompok eksperimen adalah 23,342 lebih dari nilai rata-rata kompetensi pengetahuan matematika kelompok kontrol yaitu 21,133. Jadi, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis kearifan lokal Catur Paramitha berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas IV SD Gugus Yos Sudarso Denpasar Selatan. 
Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Tape Recorder Terhadap Keterampilan Berbicara Ni Md Lian Minarsih; Made Putra
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2020): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v3i1.24359

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think talk write berbantuan media tape recorder terhadap keterampilan berbicara kelas IV SD Gugus III Kecamatan Tabanan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Non-Equevalent Post Test Only Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus III Kecamatan Tabanan sebanyak  119  siswa.  Sampel  diambil dengan teknik Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu SDN 1 Denbantas sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan SDN 4 Dauh Peken sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode nontes dalam bentuk lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung= 8,532 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 60 diperoleh nilai ttabel = 2,000 sehingga thitung = 8,532 > ttabel = 2,000. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan media tape recorder dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional.  Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol ( 14x= "> 88,28 > 69,17). Jadi, terdapat pengaruh model pembelajaran think talk write berbantuan media tape recorder terhadap keterampilan berbicara kelas IV SD Gugus III Kecamatan Tabanan.
Pengaruh Pembelajaran Berpendekatan Saintifik Berorientasi (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Kovariabel Kemampuan Verbal Ni Putu Winda Purnamayani1; Nyoman Dantes; Kadek Yudiana
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2020): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v3i1.24360

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran berpendekatan saintifik berorientasi Cooperative, Integrated, Reading, And Composition (CIRC) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia, (2) pengaruh pembelajaran berpendekatan saintifik berorientasi Cooperative, Integrated, Reading, And Composition (CIRC)  terhadap hasil belajar bahasa Indonesia setelah kemampuan verbal dikendalikan, dan (3) besarnya kontribusi kemampuan verbal terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas V di gugus I kecamatan jembrana. Jenis penelitian ini adalah kuasi-eksperimental, dengan desain posstest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Jembrana yang berjumlah 162 orang. Sampel ditarik dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 41 siswa. Data hasil belajar Bahasa Indonesia dan kemampuan verbal dikumpulkan dengan metode tes. Data dianalaisis dengan menggunakan ANAKOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang mengikuti model pembelajaran CIRC dengan siswa yang mengikut pembelajaran konvensional (Sig =0,001 < 0,05), (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar bahasa Indonesia siswa dengan kovariabel kemampuan verbal dikendalikan (Sig = 0.046 < 0,05), (3) terdapat kontribusi kemampuan verbal terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa dengan besarya kontibusi yaitu 48,7%.
Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Ni Gusti Ayu Mirah Wirandari; Maria Goreti Rini Kristiantari
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2020): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v3i1.24361

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan peta konsep terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Gianyar Tahun Ajaran 2018/2019. Desain penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen semu dengan rancangan posttest only control group design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Gianyar yang terdiri dari 34 siswa dari 12 kelas 7 SD. Sampel penelitian siswa kelas V A SDN 5 Gianyar  sebanyak 29 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V A SDN 7 Gianyar sebanyak 29 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes objektif pilihan ganda biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa yang dibelajarkan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan peta konsep memiliki nilai rata-rata 85.05 dan kemampuan membaca pemahaman siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata 74.01. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thit = 8.7619 dan ttabel = 2.000 sehingga thit = 8.7619 > ttabel = 2.000. Hal ini berarti terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.  Jadi, model Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan peta konsep berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Gianyar.
Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition Berbasis Brainstorming Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Ni Kd. Mia Widiastari; Ni Wayan Suniasih
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2020): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v3i1.24362

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition berbasis Brainstorming terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan rancangan penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas IV di SD Gugus Letkol Wisnu yang berjumlah 327 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 5 Peguyangan sebanyak 30 siswa dan kelas IV SD Negeri 10 Peguyangan sebanyak 31 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung = 4,250 > ttabel = 2,000 dengan dk = 59 pada taraf signfikansi 5%. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition berbasis Brainstorming dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Tahun Pelajaran 2018/2019. Rata-rata GSn kelompok eksperimen = 0,664 > = 0,562 rata-rata GSn kompetensi pengetahuan IPS kelompok kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition berbasis Brainstorming berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu. 
“Yutu Gisel” Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Sel I Gusti Putu Sunaya
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2020): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v3i1.24363

Abstract

Yutu Gisel adalah akronim dari  ”Youtube Biologi Sel.com”  yang merupakan strategi pemecahan masalah guru dengan menggunakan  media pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas  dan hasil belajar  biologi tentang ”Sel” siswa Kelas XI-MIPA di SMA Negeri 1 Kuta Selatan. Youtobe Biologi Sel.com sebagai media pembelajaran Biologi Sel di kelas XI dengan materi pokok biologi sel; 1) komponen kimiawi penyusun sel, 2) struktur dan fungsi bagian-bagian sel, 3) kegiatan sel sebagai unit struktural dan fungsional makhluk hidup, 4) tranpor membrane, 5) sintesis protein untuk menyusun sifat morfologis dan fisiologis sel, dan 6) reproduksi sel sebagai kegiatan untuk membentuk morfologi tubuh dan memperbanyak tubuh. Data hasil penelitian berupa  data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar/ulangan formatif, sedang aktivitas belajar siswa  dikumpulkan dengan blanko observasi  tipe likert skala lima, dengan masing-masing kriteria penilaian : sangat aktif, aktif, cukup aktif,  kurang aktif , sangat kurang aktif dengan dianalisis secara deskriptif. Dengan penggunaan media Youtobe Biologi Sel.com dapat ditemukan bahwa kombinasi  Yout.com dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada Pelajaran Biologi Sel Siswa Kelas XI MIPA Semester I SMA Negeri 1 Kuta Selatan sejak Tahun Pelajaran 2017/2018 sampai dengan Tahun Pelajaran 2019/2020.
Studi Evaluasi Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dalam Rangka Mewujudkan Budaya Mutu I Made Pater; I Made Yudana; Nyoman Natajaya
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2020): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v3i1.24364

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) efektivitas implementasi SPMI ditinjau dari komponen contex (X1) di SMKN 3 Singaraja; (2) efektivitas pelaksanaan implementasi SPMI ditinjau dari komponen input di SMKN 3 Singaraja; (3) efektivitas implementasi SPMI ditinjau dari komponen process di SMKN 3 Singaraja: (4) efektivitas implementasi SPMI di ditinjau dari komponen product SMKN 3 Singaraja; (5) efektivitas implementasi SPMI ditinjau dari komponen contex (X1), input, process, dan product di SMKN 3 Singaraja; (6) kendala yang menjadi penghambat pelaksanaan implementasi SPMI di SMKN 3 Singaraja; (7) solusi yang dilakukan sehingga implementasi SPMI di SMKN 3 Singaraja dapat lebih efektif. Penelitian dilaksanakan di SMKN 3 Singaraja menggunakan metode evaluasi CIPP. Pengambilan data dengan kuesioner yang diisi oleh 129 responden. Hasil penelitan menunjukkan: (1) efektivitas implementasi SPMI Singaraja ditinjau dari komponen contex (X1) di SMKN 3 Singaraja, masuk skor T positif; (2) efektivitas pelaksanaan implementasi SPMI ditinjau dari komponen input di SMKN 3 Singaraja, masuk skor T negatif; (3) efektivitas implementasi SPMI ditinjau dari komponen process di SMKN 3 Singaraja, masuk skor T positif: (4) efektivitas implementasi SPMI di ditinjau dari komponen product SMKN 3 Singaraja, masuk skor T positif; (5) efektivitas implementasi SPMI ditinjau dari komponen contex (X1), input, process, dan product di SMKN 3 Singaraja berdasarkan skor T pada kuadran Glickman masuk kategori efektif; (6) Kendala yang menjadi penghambat pelaksanaan implementasi SPMI di SMKN 3 Singaraja adalah: (a) belum adanya alokasi dana pasti untuk pelaksanaan PPEPP SPMI yang dikelola mandiri oleh TPMPS dan belum adanya ruang, alat, serta bahan pendukung pelaksanaan PPEPP; (7) Solusi yang dilakukan sehingga implementasi SPMI di SMKN 3 Singaraja dapat lebih efektif adalah: (1) mengalokasikan anggaran khusus untuk pelaksanaan PPEPP SPMI di SMKN 3 Singaraja yang dapat dikelola secara mandiri oleh TPMPS dan Menyediakan ruang, alat, dan bahan yang mendukung pelaksanaan PPEPP oleh TPMPS
Pengaruh Bimbingan Berkelanjutan Terhadap Kemampuan Melaksanakan Asesmen Autentik pada Guru Ni Nyoman Srinadi; .A. Gede Agung; I Made Yudana
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2020): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v3i1.24365

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan berkelanjutan terhadap kemampuan melaksanakan penilaian autentik pada guru TK di Kecamatan Banjar. Metode penelitian menggunakan Nonequivalen Post Test Only control group design. Populasi penelitian sebanyak 77 guru PAUD yang tersebar dalam 23 PAUD yang ada di Kecamatan Banjar. Pengambilan sampel dilakukan secara acak 38 nama pertama sebagai kelompok eksperimen dan 38 sisanya sebagai kelompok kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah diklat  bimbingan berkelanjutan sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan melaksanakan asesemen autentik yang mengukur langsung prilaku peserta didik. Data penelitian dikomputasi analisis statistik deskriptif dan uji t menggunakan software  IBM SPSS 26 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan berkelanjutan terhadap kemampuan melaksanakan penilaian autentik pada guru TK di Kecamatan Banjar (t hitung 15,447; P 0,000<0,05). Nilai rerata kemampuan melaksanakan asesmen autentik kelompok eksperimen (81,16) jauh lebih baik dibandingkan kelompok kontrol (40,00). Berdasarkan hal tersebut disarankan guru PAUD sebaiknya diberikan bimbingan berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan asesmen autentik. Peneliti selanjutnya dapat mengimplementasikan bimbingan berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan gurun lainya misalnya kompetensi prosesional, social, pribadi, dan pedagogik guru untuk PAUD maupun sekolah pada level lainnya.

Page 1 of 2 | Total Record : 15