cover
Contact Name
Robin
Contact Email
robinzheng@stmb-multismart.ac.id
Phone
+6281381139829
Journal Mail Official
lppmstmbmultismart@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pajak Rambe, Martubung, Kec. Medan Labuhan, Kota Medan, Sumatera Utara 20252
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Smart
Published by STMB MULTISMART
ISSN : 25495836     EISSN : 27223019     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ilmiah Smart provied as vehicle for sharing timely and up-to-date publication of scientific research and review articles. The journal publishes original full-length research papers in all areas related to corporate governance, human resource management, strategic management, entrepreneurship, marketing, e-business, services, information technology management, production & operations management, financial management, decision analysis, management research methods and managerial economics, etc. JMBA aims to enhance the dissemination of knowledge across the business and management community.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Ilmiah SMART" : 8 Documents clear
STUDI LITERATUR: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU BERBAGI PENGETAHUAN Edi Edi
Jurnal Manajemen Akuntansi Dan Administrasi Bisnis Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Ilmiah SMART
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis (STMB) MultiSmart

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (568.151 KB)

Abstract

Dalam era ekonomi berbasis pengetahuan (knowledge-based economy), pengetahuan merupakan senjata utama dalam menghadapi persaingan bisnis yang kompetitif. Berbagi Pengetahuan (BP) adalah salah satu proses dari manajemen pengetahuan yang menjamin agar pengetahuan tetap bisa tersimpan dan digunakan kembali di dalam organisasi. Artikel ini mengulas sejumlah penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi BP. Penulis menyimpulkan ada tiga faktor utama yang mempengaruhi terjadinya BP yakni faktor individu (efikasi diri, kesenangan membantu orang lain, penghargaan, kepercayaan dan keahlian berkomunikasi), faktor organisasi (iklim organisasi dan budaya organisasi) dan faktor sosial (saling timbal balik dan kolaborasi tim).
PENGARUH TRUST DAN SATISFACTION TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DI ERA E-COMMERCE PADA TOKO CHEIRE August Halomoan Siregar
Jurnal Manajemen Akuntansi Dan Administrasi Bisnis Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Ilmiah SMART
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis (STMB) MultiSmart

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1090.945 KB)

Abstract

Fenomena menjamurnya bisnis strart-up sejalan dengan revolusi industri 4.0 telah menjadikan online shop sebagai gaya hidup masyarakat modern saat ini yang menawarkan berbagai kemudahan dan efisiensi waktu. Di Indonesia transaksi e-commerce mengalami pertumbuhan setiap tahun, diperkirakan tumbuh 44% (di tahun 2014), 35% (tahun 2015), 66% (tahun 2016), 22% (tahun 2017) dan diproyeksikan masih akan tetap bertumbuh 15%-21% di tahun 2018-2022. Kondisi ini merupakan peluang bisnis termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang salah satunya bernama Toko Cheire Amore di Kota Medan yang menjual berbagai produk fashion untuk kalangan usia remaja hingga dewasa terutama kaum wanita. Berbagai produk ditawarkan seperti jam, tas, baju, tali pinggang, sepatu, celana, pakaian dalam, perhiasan dan berbagai produk fashion lainnya. Realisasi penjualan e-commerce Toko Cheire Amore selama 4 tahun terakhir belum sesuai harapan pemilik karena pencapaian omzet penjualan 13% di bawah target. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh Trust dan Satisfaction terhadap Customer Loyalty pada Toko Cheire Amore dengan populasi penelitian 80 orang yakni seluruh pelanggan yang melakukan pembelian secara online pada Toko Cheire Amore. Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial dimana analisis statistik inferensial menggunakan metode analisa regressi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial angka signifikansi variabel Trust adalah 0,675 > α (0,05) maka dikatakan tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel Trust terhadap variabel Customer Loyalty. Kemudian angka signifikansi variabel Satisfaction adalah sebesar 0,000 < α (0,05) sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel Satisfaction terhadap variabel Customer Loyalty. Dengan demikian secara parsial hanya variabel Satisfaction yang memiliki pengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty. Kemudian dari uji secara simultan diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000 < α (0,05) yang berarti variabel Trust dan Satisfaction secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel Customer Loyalty.
ANALISIS PENGARUH IKLIM STUDI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN STMB MULTISMART joni joni; Erwin Erwin
Jurnal Manajemen Akuntansi Dan Administrasi Bisnis Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Ilmiah SMART
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis (STMB) MultiSmart

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (666.922 KB)

Abstract

Prestasi belajar merupakan salah satu tolak ukur yang menunjukkan kompetensi akademik mahasiswa. Untuk menghasilkan prestasi belajar dalam proses studi mahasiswa, banyak faktor yang dapat dikembangkan. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi tercapainya prestasi belajar adalah iklim studi yang terdapat pada institusi pendidikan. Dalam penelitian ini diharapkan adanya iklim kampus yang semakin baik dapat memengaruhi peningkatan prestasi belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah iklim kampus berpengaruh signifikan dan positif terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini dilakukan terhadap 30 orang mahasiswa jurusan manajemen STMB MultiSmart. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner daring. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS 17.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh model regresi Y = 2,938 + 0,007X, di mana iklim studi tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Koefisien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 0,019.
PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. SUMBER SUKSES REZEKI Leony Hoki; Silvia Sofyan
Jurnal Manajemen Akuntansi Dan Administrasi Bisnis Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Ilmiah SMART
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis (STMB) MultiSmart

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.202 KB)

Abstract

Elemen yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan kegiatan perusahaan adalah Sumber Daya Manusia, Untuk itu dalam mencapai tujuan perusahaan dibutuhkan kompetensi sumber daya manusia yang memadai dalam mendorong kinerja Karyawan. Karyawan sebagai sumber daya terpenting yang dibutuhkan perusahaan diharapkan merupakan orang-orang yang mampu memberikan tenaga, bakat, kemampuan, kreatifitas, dan usaha mereka untuk kemajuan perusahaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia, yang berkaitan dengan Kompetensi, Kedisiplinan, dan Kinerja. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dan sifat penelitian ini adalah deskriptif eksplanatory. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, daftar pertanyaan dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda (regresi sederhana). Populasi pada penelitian ini sebanyak 149 orang dengan sampel penelitian sebanyak 60 orang. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian berdasarkan uji parsial (uji t) kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Karyawan dan memberikan perhatian yang besar terhadap faktor kompetensi karena semakin tinggi kompetensi yang dimiliki seorang Karyawan sesuai bidangnya maka semakin tinggi pula kinerja Karyawan tersebut di perusahaan.
ANALISIS MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA STMIK TIME MEDAN Pieter Octaviandy; Mervin Angeline
Jurnal Manajemen Akuntansi Dan Administrasi Bisnis Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Ilmiah SMART
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis (STMB) MultiSmart

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.982 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui motivasi terhadap kinerja karyawan pada STMIK TIME Medan tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan motivasi karyawan bekerja sangat tinggi yang dapat dilihat dari kinerja semester 1 (satu) 2019 yang cukup baik.
ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PT. BERKAT SUKSES SEJATI MEDAN Surianti Kie; Edi Wijaya
Jurnal Manajemen Akuntansi Dan Administrasi Bisnis Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Ilmiah SMART
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis (STMB) MultiSmart

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (984.277 KB)

Abstract

Kantor PT. Berkat Sukses Sejati Medan berperan dalam memberikan informasi yang berkualitas dalam rangka mendukung kebijakan Kantor Pusat dan pengembangan ekonomi di wilayah. Beberapa permasalahan yang terjadi pada Kantor PT. Berkat Sukses Sejati Medan berkaitan dengan pengimplementasian budaya organisasi yaitu performance based culture, yang masih belum dapat diterima oleh beberapa satuan kerja. Adanya ketidaksesuaian antara kompetensi sumber daya manusia yang dimiliki pegawai dengan jabatan yang sedang diduduki juga menyebabkan terjadinya penurunan kinerja pegawai. Kompetensi sumber daya manusia yang tidak sesuai dengan jabatan menjadikan perlunya pelaksanaan pelatihan bagi pegawai untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan terhadap jabatan, juga keharusan dalam membuat perencanaan karir baik bagi organisasi maupun bagi pegawai. Berdasarkan uraian singkat tersebut, maka dirumuskan masalah sebagai berikut: 1). Sejauh mana pengaruh budaya organisasi dan kompetensi sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai pada Kantor PT. Berkat Sukses Sejati Medan, 2). Sejauhmana pengaruh perencanaan karir dan pelatihan terhadap kompetensi sumber daya manusia pada Kantor PT. Berkat Sukses Sejati Medan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia, yang berkaitan dengan Budaya Organisasi, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Kinerja, Perencanaan Karir dan Pelatihan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survey, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dan sifat penelitian ini adalah penjelasan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, daftar pertanyaan dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Populasi adalah seluruh pegawai Kantor PT. Berkat Sukses Sejati Medan yang berjumlah 115 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dengan menggunakan taraf kepercayaan sebesar 90% dan jumlah sampel sebanyak 53 orang pegawai. Hasil penelitian pada hipotesis pertama menunjukkan bahwa budaya organisasi dan kompetensi sumber daya manusia secara serempak maupun parsial berpengaruh sangat signifikan terhadap kinerja pegawai, dan budaya organisasi merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi kinerja pegawai. Sedangkan hasil penelitian pada hipotesis kedua menunjukkan perencanaan karir dan pelatihan secara serempak dan parsial mempengaruhi kompetensi sumber daya manusia, dan perencanaan karir merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi kompetensi sumber daya manusia. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1). Secara serempak dan parsial budaya organisasi dan kompetensi sumber daya manusia berpengaruh sangat signifikan terhadap kinerja pegawai, serta 2). Secara serempak dan parsial perencanaan karir dan pelatihan berpengaruh sangat signifikan terhadap kompetensi sumber daya manusia pada Kantor PT. Berkat Sukses Sejati Medan.
ANALISIS ANGGARAN BIAYA PRODUKSI SEBAGAI ALAT PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PADA PT. INDAPO BATU RONGKAM Ratna Ginting; Lamria Sagala
Jurnal Manajemen Akuntansi Dan Administrasi Bisnis Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Ilmiah SMART
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis (STMB) MultiSmart

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.397 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan anggaran biaya produksi sebagai alat perencanaan dan pengendalian biaya produksi pada PT. INDAPO. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi manajemen perusahaan mengenai peran anggaran sebagai alat perencanaan dan pengendalian. Dalam skripsi ini penulis akan membandingkan antara anggaran yang telah disusun perusahaan dengan biaya produksi yang sesungguhnya terjadi serta melakukan analisa varians terhadap penyimpangan yang terjadi. Hasil penelitan menunjukkan bahwa penggunaan anggaran haruslah juga disertai dengan analisis varians yang lebih dalam untuk mengetahui penyebab terjadinya penyimpangan yang ada sehingga kedepannya dapat diambil langkah yang diperlukan untuk dapat meminimalkan varians yang tidak mengguntungkan. Dengan demikian fungsi anggaran sebagai alat perencanaan dan pengendalian dapat lebih efektif dan efisien.
PENGARUH BALAS JASA DAN PENGAWASAN TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN PT. LESTARI KARYA MEDAN Ferry Hidayat
Jurnal Manajemen Akuntansi Dan Administrasi Bisnis Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Ilmiah SMART
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis (STMB) MultiSmart

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh balas jasa dan pengawasan terhadap disiplin kerja karyawan PT. Lestari Karya Medan. Penelitian ini adalah penelitian kausal yaitu ingin melihat apakah suatu variabel yang berperan sebagai variabel bebas berpengaruh terhadap variabel lain yang menjadi variabel terikat. Model analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Nilai koefisien determinasi (r2) diperoleh sebesar 78,4%, hal ini berarti bahwa kemampuan variabel independen yakni balas jasa dan pengawasan menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel dependen yaitu disiplin kerja sedangkan sisanya merupakan variabel yang tidak terungkap. Hasil penelitian pada tingkat kepercayaan 95% dengan jumlah sampel sebanyak 82 orang menunjukkan secara simultan dan parsial balas jasa dan pengawasan berpengaruh terhadap disiplin kerja karyawan PT. Lestari Karya Medan Kata Kunci : Balas Jasa, Pengawasan, Disiplin Kerja

Page 1 of 1 | Total Record : 8