cover
Contact Name
Robin
Contact Email
robinzheng@stmb-multismart.ac.id
Phone
+6281381139829
Journal Mail Official
lppmstmbmultismart@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pajak Rambe, Martubung, Kec. Medan Labuhan, Kota Medan, Sumatera Utara 20252
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Smart
Published by STMB MULTISMART
ISSN : 25495836     EISSN : 27223019     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ilmiah Smart provied as vehicle for sharing timely and up-to-date publication of scientific research and review articles. The journal publishes original full-length research papers in all areas related to corporate governance, human resource management, strategic management, entrepreneurship, marketing, e-business, services, information technology management, production & operations management, financial management, decision analysis, management research methods and managerial economics, etc. JMBA aims to enhance the dissemination of knowledge across the business and management community.
Articles 64 Documents
Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Budaya Terhadap Produktivitas Karyawan Pada PT Home Center Medan Hernawaty Hernawaty
Jurnal Manajemen Akuntansi Dan Administrasi Bisnis Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah SMART
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis (STMB) MultiSmart

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (671.017 KB)

Abstract

Produktivitas karyawan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah komitmen organisasi yang kuat dan budaya organisasi yang baik. Menurunnya produktivitas karyawan karena tidak didukung dengan budaya organisasi yang kuat sehingga berdampak pada komitmen karyawan untuk tetap bertahan diperusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan dapat menjelaskan pengaruh komitmen organisasi dan budaya organisasi terhadap produktivitas karyawan PT Home Center Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah Karyawan Home Center Medan yang berjumlah 124 orang, Pengambilan sampel menggunakan sampel accidental sampling dengan jumlah responden 55 orang yang diperoleh dari rumus Slovin. Teknik pengambilan data dengan menggunakan teknik wawancara, kuesioner, dan dokumentasi dan skala Interval dan diolah secara statistic dengan menggunakan metode Analisis Jalur dengan persamaan structural dan diolah dengan program SPSS 18.0. Berdasarkan hasil penelitian Uji R Square dilakukan untuk mengetahui derajat hubungan antara variabel-variabel bebas (X) secara bersama-sama terhadap variable terikat (Y). pada hasil diatas dapat dilihat bahwa koefisien determinasi (R Square) sebesar 80,1 %. Nilai ini menunjukkan bahwa variable produktivitas kerja (Y) dapat dijelaskan oleh variabel Komitmen organisasi dan budaya Organisasi sebesar 80,1% sedangkan sisanya 19,9 % dipengaruhi oleh faktor lain seperti upah/kompensasi, lingkungan kerja dan iklim organsiasi yang berasal dari luar model penelitian ini. Dari hasil analisis diperoleh persamaan jalur yaitu : Y= 0,437 X1+ 0,622 X2+ e Uji t pada taraf signifikansi (taraf kepercayaan) alpha 0,05 diperoleh nilai thitung X1= 2,642 >ttabel = 2,006 dan probalitas thitung X2 = =3,596 >2,006. Uji F pada taraf signifikan alpha 0,05 diperoleh diperoleh Fhitung (104,716) > Ftabel (3.1751), maka hipotesis diterima yang artinya bahwa Komitmen organisasi dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas karyawan PT Home Center Indonesia Medan. Secara parsial dan serentak.
Pengaruh Promosi Dalam Mempengaruhi Pembelian Tanpa Perencanaan (Impulse Buying) Pada Suzuya Medan Mervin Angeline
Jurnal Manajemen Akuntansi Dan Administrasi Bisnis Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah SMART
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis (STMB) MultiSmart

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.509 KB)

Abstract

This research is conducted to analyze the influence of sales promotion on impulse buying at Suzuya Market Medan. The Goal of this research is also to know the sales promotion that influence the impulse buying , supporting factors and how the problems take place. This research use The descriptive-verificative method.. Field study covers observation, interview and structural questionnaires. The questionnaires are given to 45 consumers at Suzuya Medan. Data collection methods are literature and field studies The sistematic sampling is used as sampling tecgnique. Data are analyzed by qualitative analysis and correlation regresion statistical. The analysis confirms that there are influences on sales promotion, impulse buying at Hypermarket Bandung. That is, if sales promotion is carefully done, it will increase the impulse buying.
Pengaruh Personal Selling Dan Harga Jual Terhadap Peningkatan Volume Penjualan PT Solid Andalas Makmur Medan Irina Yoshinta
Jurnal Manajemen Akuntansi Dan Administrasi Bisnis Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah SMART
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis (STMB) MultiSmart

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1016.956 KB)

Abstract

This study aims to determine the effect of personal selling and the selling price to the increased sales volume PT Solid Andalas Makmur Medan. Data were collected based on random sampling of 66 respondents. Data collection method used in this research is to use a questionnaire. Model analysis of the data used is multiple linear regression analysis. Sampling using random sampling method is randomly chosen sample. This data was obtained directly using a questionnaire on customer PT Solid Andalas Makmur Medan. Hypothesis testing tools used in this research is by using SPSS Version 20. Results of research on PT Solid Andalas Makmur Medan indicates that personal selling variables have a significant impact on sales volumes PT Solid Andalas Makmur Medan. Test results on the selling price koefisien multiple linear regression has a positive effect on sales volume but not significantly. Partial results of significance test (t test) showed that personal selling positive and significant impact on sales volume on PT Solid Andalas Makmur Medan.
Pengaruh Advertising, Personal Selling, Promosi Dan Publisitas Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Handphone Merek Oppo Pada CV Anugrah Ponsel Medan Edi Wijaya
Jurnal Manajemen Akuntansi Dan Administrasi Bisnis Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah SMART
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis (STMB) MultiSmart

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.856 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, dan publisitas baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan konsumen membeli Handphone merek OPPO pada CV. Anugrah Ponsel Medan. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan software statistik SPSS versi 21. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan atau konsumen yang membeli Handphone Merek OPPO pada CV Anugrah Ponsel Medan. Hasil penelitian menunjukan bahwa periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, dan publisitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli Handphone merek OPPO pada CV. Anugrah Ponsel Medan. Hal ini berdasarkan nilai sig. F-hitung =0,002 < alpha 0,05. Sedangkan secara parsial diketahui bahwa variabel Penjualan pribadi berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli Handphone merek OPPO pada CV. Anugrah Ponsel Medan. Hal ini diketahui dari nilai Sig. t-hitung X2 0,009 < Alpha 0,05. Variabel Promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen Handphone merek OPPO pada CV. Anugrah Ponsel Medan. Hal ini diketahui dari nilai Sig. t-hitung X3 0,000 < Alpha 0,05. Dari hasil regresi diketahui bahwa nilai standardized coefficients beta yang terbesar adalah variabel promosi yaitu sebesar 0,442 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel promosi penjualan memiliki pengaruh paling besar terhadap variabel keputusan konsumen Handphone merek OPPO pada CV. Anugrah Ponsel Medan (Y).
Pengaruh Kompensasi Dan Karakteristik Pekerjaan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Unit Pemasaran Pada PT Indah Sejahtera Leony Hoki
Jurnal Manajemen Akuntansi Dan Administrasi Bisnis Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah SMART
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis (STMB) MultiSmart

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.903 KB)

Abstract

Kepuasan kerja karyawan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah Kompensasi dan Karakteristik perkerjaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitas dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Jumlah sampel adalah 93 responden dan pengumpulan data dilakukan dengan mengisi beberapa kuesioner. Ada dua kelompok variabel dalam penelitian ini. Itu adalah variabel bebas yaitu kompensasi dan karakteristik pekerjaan, dan variabel dependen lainnya adalah kepuasan kerja karyawan Unit Pemasaran pada PT. Indah Sejahtera regresi linier digunakan untuk menganalisis pengaruh variabel kompensasi dan karakteristik pekerjaan terhadap kepuasan kerja. Menurut hasil analisis regresi, didapatkan bahwa secara simultan variabel kompensasi dan karakteristik pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja produksi Unit kerja karyawan pada PT. Indah Sejahtera. Sebagian, variabel karakteristik pekerjaan yaitu outonomy of job (X3) memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan kerja karyawan unit pemasaran pada PT. Indah Sejahtera.
Pengaruh Insentif, Pelatihan, Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Madrasah Tsanawiyah Swasta Perguruan Darul Maimanah Pematang Siantar Ferry Hidayat
Jurnal Manajemen Akuntansi Dan Administrasi Bisnis Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah SMART
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis (STMB) MultiSmart

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.702 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh insentif, pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Pada Madrasah Tsanawiyah Swasta Perguruan Darul Maimanah Pematang Siantar. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Model analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Nilai koefisien determinasi (r2) diperoleh sebesar 81,9 %, hal ini berarti bahwa kemampuan variabel independen yakni insentif, pelatihan dan motivasi kerja menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel dependen yaitu kinerja sebesar 81,9%, sedangkan sisanya merupakan variabel yang tidak terungkap. Hasil penelitian pada tingkat kepercayaan 95% dan test of level 5% dengan jumlah sampel sebanyak 21 orang menunjukkan secara simultan dan parsial insentif, pelatihan dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah Swasta Perguruan Darul Maimanah Pematang Siantar.
Pengaruh Periklanan, Sales Promotion, Personal Selling Dan Publicity Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aksesoris Mobil ( Studi Kasus Kilat Service Medan ) Silvia Sofyan
Jurnal Manajemen Akuntansi Dan Administrasi Bisnis Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah SMART
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis (STMB) MultiSmart

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.042 KB)

Abstract

This research is aimed to analyze the influence of Advertising, Sales Promotion, Personal selling, and Publicity on Purchase Decision of Automotive Accesories at Kilat Service Medan. This is an associative type of research using a judgment sampling approach and the multiple linear regressions as the tools of analysis. 100 respondents were used as samples, with the hypothesis testing of F and t-tests, where data were analyzed using SPSS 21.0. The findings show that Advertising and Personal Selling do not have significant effect on Purchase Decision, while Sales Promotion, Publicity, and Word-of-mouth have significant influence on Purchase Decision.
PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP PRESTASI KERJA STAF MARKETING STMIK TIME Devi Wu
Jurnal Manajemen Akuntansi Dan Administrasi Bisnis Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah SMART
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis (STMB) MultiSmart

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.953 KB)

Abstract

Kompensasi merupakan sumber kehidupan yang penting bagi setiap pegawai. Oleh karena itu dalam suatu sistem pengupahan perlu memperhatikan prinsip keadilan. Keadilan ini sangat diperhatikan dan merupakan hal yang sangat sensitif bagi pegawai. Untuk itu perlu diteliti seberapa besar pengaruh antara kompensasi yang diterima oleh pegawai dengan prestasi kerja yang mereka hasilkan. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh secara lansung dari obyek penelitian yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuisioner yang terstruktur dan wawancara langsung dengan responden yang dalam penelitian ini adalah marketing STMIK TIME. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh tidak secara langsung dari obyek penelitian. Dimana data sekunder ini bisa diperoleh dengan melalui peneliti lain, buku-buku atau dokumen-dokumen dari obyek penelitian. Dalam pengujian variabel kompensasi terhadap prestasi kerja, diperoleh nilai t hitung < t table untuk taraf signifikan 5 % ( 0,026 < 1,771). Berdasarkan penilaiaan tersebut, maka hipotesis nol (ho) diterima sedangkan hipotesis alternatif (ha) ditolak. Dari hasil pengujian pengaruh variabel kompensasi terhadap variabel prestasi kerja menggunakan koefisien regresi didapatkan nilai r hitung < r table baik untuk taraf signifikan 5 % dan 1 % (0,0079 < 0,553 < 0,684). Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh sangat rendah atau dapat dikatakan tidak signifikan terhadap variabel kompensasi prestasi kerja. Jika dilihat dari kesimpulan tersebut maka STMIK TIME akan bisa meningkatkan prestasi kerja marketing dengan terus mengadakan perubahan dan penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan pada variabel bebas system bonus. Mengingat variabel ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi marketing.
PENGARUH EXPERIANTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada UD CC PRODUCTION) Andriasan Sudarso
Jurnal Manajemen Akuntansi Dan Administrasi Bisnis Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah SMART
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis (STMB) MultiSmart

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.532 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh panca indera, perasaan, pikiran, tindakan dan hubungan terhadap kepuasan pelanggan pada UD CC Production. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah jumlah pelanggan pada UD CC Production yaitu dari bulan Januari 2017 sampai Desember 2017 yang berjumlah 79 orang. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dapat diketahui perasaan, pikiran, tindakan dan hubungan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sedangkan panca indera tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Secara simultan, panca indera, perasaan, pikiran, tindakan dan hubungan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada UD CC Production. Kesimpulan menyatakan bahwa hanya perasaan, pikiran, tindakan dan hubungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada UD CC Production.
PENGARUH SUPERVISI DAN KOMPENSASI TERHADAP KOMITMEN GURU SERTA HUBUNGANNYA DENGAN KINERJA GURU PADA SMA SWASTA HANG KESTURI MEDAN joni joni
Jurnal Manajemen Akuntansi Dan Administrasi Bisnis Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah SMART
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis (STMB) MultiSmart

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (660.137 KB)

Abstract

Kinerja guru merupakan faktor penting yang dapat mendorong tercapainya penyelenggaraan sistem pendidikan di sekolah secara optimal. Komitmen guru dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidik diyakini memiliki korelasi dengan kinerja guru. Semakin tingginya komitmen yang dimiliki guru diharapkan akan menghasilkan kinerja yang lebih baik juga. Melalui supervisi dan kompensasi, diharapkan pembentukan komitmen guru yang lebih baik dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah supervisi dan kompensasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap komitmen serta untuk mengetahui apakah komitmen guru berhubungan dengan kinerja guru. Penelitian ini dilakukan terhadap 35 orang guru pada SMA Swasta Hang Kesturi Medan. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS 17.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis, supervisi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap komitmen, sedangkan kompensasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap komitmen, namun secara simultan, keduanya berpengaruh signifikan terhadap komitmen. Hubungan antara komitmen guru dan kinerja guru menunjukkan korelasi positif.