cover
Contact Name
Firmansyah
Contact Email
firmanyk@gmail.com
Phone
+6261- 6615683
Journal Mail Official
jurnaleduriligia@gmail.com
Editorial Address
Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan 20371, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
EDU RILIGIA: Journal of Islamic and Religious Education
ISSN : 25977377     EISSN : 25810251     DOI : http://dx.doi.org/10.47006
EDU RILIGIA: Journal of Islamic and Religious Education sciences formed in year 2017 with E-ISSN 2581-0251 with DECREE No. 0005.25810251/JI. 3.1/SK. ISSN/2017.07-27 July 2017 and P-ISSN 2597-7377 SK No. 0005.25977377/JI. 3.1/SK. ISSN/2017.09-19 September 2017. The study and judgment done by the experts (peer-reviewed). The journal is affiliated to the UIN graduate of North Sumatera Islamic Education study Program located in Medan. The purpose of this journal is to be a writing platform relating to education, research for students, alumni and other academic civitas related to the scope of this journal.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2022): Januari-Maret" : 5 Documents clear
Fenomena Komersialisai Pendidikan di Indonesia M. Fajri Syahroni Siregar; Fachruddin Azmi
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 6, No 1 (2022): Januari-Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v6i1.10818

Abstract

Pembiayaan pendidikan dilakukan untuk mendanai pengadaan seluruh unsur serta kegiatan yang dilakukan, sehingga seluruh program yang ditawarkan terlaksana dengan baik, terlebih pendidikan yang berkualitas, agar dapat menghasilkan out put yang berkualitas Akan tetapi pembiayaan pendidikan pada masa sekarang semakin hari semakin mahal, namun pembiayaan mahal belum ini banyak yang belum berkualitas.. Mahalnya pembiayaan pendidikan yang tidak sebanding dengan mutunya, dapat disinyalir sebagai indikator upaya semata-mata untuk memperoleh profit, dan pada tataran tertentu dikategorikan kepada komersialisasi pendidikan. Sehingga hal ini lah penelitian ini dilakukan agar menjelaskan secara detail apa itu komersialisasi pendidikan, penyebabnya, dampaknya dan solusi yang dilakukan. Adapun metode yang dipakai pada penelitan ini yakni metode penelitian kualitatif. Disebabkan penelitian ini termasuk penelitian studi pustaka (Library research), maka data dikumpulkan melalui buku-buku jurnal dan sumber kepustakaan lainnya.
ELECTRONIC LEARNING (STUDI TENTANG MODEL, KEBIJAKAN, DAN PROBLEMATIKANYA DI INDONESIA) Yusnaili Budianti; Rahmat Rifai Lubis
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 6, No 1 (2022): Januari-Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v6i1.10946

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model-model penerapan E-Learning, Kebijakan E-Learning di Indonesia, dan problematikanya. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif berbasis studi Pustaka. Adapun hasil penelitian menjelaskan bahwa model E-Learning jika ditinjau dari jenis pembelajaran terdiri dari Learner-Led E-Learning, Instructor-Led E-Learning, Facilitated E-Learning, Embedded E-Learning, Telementoring dan E-Coaching. Berdasarkan bentuk pembelajarannya model E-learning terdiri dari Pembelajaran Online, Pertemuan Online, Sumber Belajar Online, Penilaian Online. Prinsip kebijakan pendidikan di masa pandemi Covid-19 adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat secara umum, serta mempertimbangkan tumbuh kembang peserta didik dan kondisi psikososial dalam upaya pemenuhan layanan pendidikan selama pandemi Covid-19. Beberapa kendala yang dihadapi keterbatasan perangkat e-learning, Kendala Jaringan, kendala Sumber daya Manusia, tidak mampu menyentuh aspek psikologi, tidak memiliki perangkat sendiri, Sulit dalam pengawasan, penguasaan capaian, membatasi ruang gerak
Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Pengembangan Soft Skill Dedi Wahyudi; Nikma Pujiana Safitri
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 6, No 1 (2022): Januari-Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v6i1.1217

Abstract

AbstrakPendidikan agama merupakan bagian pendidikan yang sangat penting yang berkenaan dengan aspek-aspek sikap dan nilai, antara lain akhlak, keagamaan dan sosial masyarakat. Dengan demikian tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa pendidikan Aqidah akhlak mutlak diberikan, terutama di lembaga-lembaga pendidikan Islam yang sasaran utamanya adalah untuk membentuk anak didik memiliki kemantapan iman/aqidah dan memiliki kebermaknaan yang mantap atas akhlaknya sehingga hubungan dengan Tuhannya berjalan dengan baik dan hubungan dengan manusia/alam sekitar berjalan secara harmonis. Agar pembelajaran dapat difahami serta peserta didik dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, perlu adanya model pembelajaran untuk menunjang pelaksanaan agar pembelajaran tentang qidah akhlak berjalan dengan lancar. Dengan menggunakan Model Pembelajaran Tentang Soft Skill tersebut, maka seseorang peserta didik diajarkan agar memiliki kemampuan berkomnikasi dan bersosisalisasi dengan lingkugan sosialnya. Soft skill termasuk pembelajaran yang paling bagus dan cocok untuk meningkatkan kemampuan serta pengembangan yang terdapat dalam diri seseorang.  Serta dalam mengimplementasikan untuk kehidupan sehari hari seseorang akan dilatih kejujurannya. Kepribadian dan kemampuan dasar apabila dikembangkan akan mendukung dalam sosialisai dikehidupan yang nyata. Soft skill sendiri akan menghasilkan kemampuan, etika serta tingkah laku. Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, Aqidah Akhlak, Soft Skill 
Wacana Intelektual Keagamaan Islam di Indonesia dan Timur Tengah Irvan Mustofa Sembiring
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 6, No 1 (2022): Januari-Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v6i1.10380

Abstract

Pada zaman sekarang ini, bagi warga Indonesia yang melakukan rihlah ilmu pengetahuan ke Timur Tengah, timbul anggapan pada sebahagian orang bahwa seseorang yang melakukan rihlah tersebut akan membawa dampak negatif kepada Indonesia. Padahal semenjak Islam masuk ke Nusantara hubungan antara Nusantara dengan Timur Tengah telah terjalin. Sebanarnya, bagaimana wacana intelektual keagamaan Islam di Indonesia dengan Timur Tengah?. Penelitian ini menggunakan metode sejarah (history). Penelitian ini menginformasikan bahwa pertama, persentuhan intelektual Islam Indonesia dengan Timur Tengah telah berlangsung  semenjak Islam masuk ke Nusantara. Kedua, keintelektualan Islam di Indonesia ini semakin berkembang ketika kaum Muslim Nusantara mengadakan perjalanan ke Timur Tengah melalui ibadah haji, menuntut ilmu dan menetap di wilayah Timur Tengah, lalu mengembangkannya di Nusantara. Ketiga, intelektual keagamaan Islam di Indonesia muncul setelah adanya proses Islamisasi adalah aliran sufi. Keempat, kemudian keintelektualan Islam ini terus berkembang yang mengarah kepada fiqih seperti mazhab syafi’i, juga aliran akidah seperti ahlus sunnah wa al jamaah. Kelima, intelektual Islam di Indonesia masuk pada era modern dengan tokohnya seperti kaum muda yang ada di Minangkabau seperti Haji Muhammad Djamil Djambek, Haji Abdullah Ahmad, Haji Abdul Karim Amrullah dan Haji Muhammad Thaib Umar, yang telah lama menggali ilmu di Timur Tengah. Kata Kunci: Wacana, Intelektual, Indonesia, Timur Tengah
Refleksi atas Esensi Alam Semesta dalam Tinjauan Filsafat Pendidikan Islam Bima Wahyudin Rangkuti
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 6, No 1 (2022): Januari-Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v6i1.10581

Abstract

Artikel ini berusaha mengungkap hakikat alam semesta dan implikasinya bagi pendidikan Islam dalam perspektif filsafat pendidikan Islam. Ada beberapa pembahasan dalam artikel ini, yaitu pemahaman alam semesta, asal muasal dan proses penciptaan alam semesta, tujuan penciptaan alam semesta, dan implikasi alam semesta terhadap pendidikan Islam. Semua pembahasan mengenai hal ini ditinjau dari perspektif filsafat pendidikan Islam. Dengan dilatarabelakangi semakin pragamtis dan psositivistiknya cara berpikir dan berperilaku manusia hari ini, diharapkan tulisan ini kiranya akan mengantarkan kepada sesuatu yang esensial tentang alam semesta, khususnya bagi pendidikan Islam. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa dalam segala aspek kehidupan dan dimensinya, manusia selalu mengalami persentuhan dan keterlibatan dengan alam semesta yang kesemuanya merupakan tanda-tanda dari Sang Pencipta, Allah SWT.Kata Kunci: Alam Semesta, Filsafat Pendidikan Islam

Page 1 of 1 | Total Record : 5