cover
Contact Name
Ni Putu Yuliana Ria Sawitri
Contact Email
equilibrium.feb@unr.ac.id
Phone
+62895801000213
Journal Mail Official
equilibrium.feb@unr.ac.id
Editorial Address
Jalan Kampus Ngurah Rai No. 30, Desa penatih, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS EQUILIBRIUM
Published by Universitas Ngurah Rai
ISSN : 24433934     EISSN : 27231704     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium (MBE) adalah jurnal ilmiah elektronik yang menerbitkan hasil studi manajemen dan bisnis. MBE diterbitkan secara berkala setiap 6 bulan sekali dengan format online. Editor MBE menerima hasil studi tertulis di bidang ekonomi, manajemen, bisnis dan kewirausahaan, baik studi empiris dan teoritis yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dan belum pernah dan tidak akan dipublikasikan di media lain. Naskah yang masuk akan dievaluasi dan diedit untuk keseragaman format, istilah, dan prosedur lainnya sesuai dengan gaya lingkungan yang berlaku untuk Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium (MBE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ngurah Rai Denpasar. Selanjutnya naskah akan di lakukan review dan analisis kelayakan oleh Dewan Mitra Bestari yang terdiri dari 6 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, dan terdiri dari 1 orang Professor dan 9 orang Dosen bergelar Doktor dan telah memiliki Scopus ID. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium (MBE) diterbitkan dan dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ngurah Rai Denpasar.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium" : 10 Documents clear
Pengaruh Kualitas Tenaga Pemasar Kredit Serta Pengendalian Internal Kredit Terhadap Kredit Bermasalah di KSP. Amertha Nadi Jaya Kabupaten Klungkung Dewa Ayu Eka Wahyuni; Ade Maharini Adiandari
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.006 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v5i1.320

Abstract

Koperasi simpan pinjam tidak lepas dari masalah kredit, sebagai lembaga simpan pinjam harus mampu mengelola, menghimpun, dan menyalurkan dana masyarakat secara efektif dan efisien agar meningkatkan taraf hidup bagi anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya. Pemberian kredit merupakan suatu bentuk usaha yang dilakukan koperasi untuk mengolah modal yang dimiliki dari hasil donasi dan simpanan anggota untuk memberikan pinjaman kepada anggota dengan mengambil keuntungan dari pembayaran bunga anggota yang melakukan pinjaman. Namun, pengelolaan perkreditan mempunyai berbagai masalah yang cukup rumit seperti timbulnya kredit bermasalah. Untuk mendapatkan hasil yang baik diperlukan pengelolaan perkreditan yang baik dengan penerapan pengendalian internal yang efektif dan efisien, selain pengendalian internal kredit kualitas tenaga pemasar kredit juga memegang peranan penting dalam menjembati hubungan antar koperasi dengan anggotanya. Kualitas tenaga pemasar merupakan suatu bentuk pengetahuan atau kemampuan yang dimiliki oleh tenaga pemasar kredit yang nantinya akan berpengaruh pada hubungan bisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara kualitas tenaga pemasar kredit serta pengendalian internal kredit secara parsial maupun simultan terhadap kredit bermasalah, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kualitas tenaga pemasar kredit serta pengendalian internal kredit secara parsial dan simultan berpengaruh negatif terhadap kredit bermasalah.
Analisis Break Event Point Sebagai Dasar Perencanaan Laba Penjualan Pada CV. OSA Garmen Badung Nyoman Ayu Gayatri; Nyoman Dwika Ayu Amrita
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.608 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v5i1.321

Abstract

Penelitian ini berguna untuk mengetahui apakah perusahaan memperoleh laba dan tidak mengalami kerugian. Sehingga pihak manajemen perusahaan dapat merencanakan laba pada CV. Osa Garmen. Data di analisis dengan menggunakan metode kuadrat terkecil, break even point, penjualan minimal profil margin, margin of safety, dan degree of operating leverage. Hasil analisis diperoleh kesimpulan penjualan pada saat break even point dalam rupiah Rp. 1.276.058.340,68 sedangkan break even point atas unit terjual adalah 31.809 pcs. Maka penjualan minimal yang harus direalisasikan adalah Rp. 1.642.819.712,00. Sedangkan margin of safety yang dinyatakan dalam rupiah adalah sebesar Rp. 323.015.204,50 dan dalam persentase sebesar 20%. Perubahan degree of operating leverage adalah 11,63 kali pada tingat penjualan Rp. 1.396.056.000,00 ini berarti setiap penambahan 1% penjualan akan menambah laba 11,63%.
Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Bangli Medika Canti Ditinjau Dari Kualitas Pelayanan Ni Kadek Suci Ariska; Made Mulia Handayani
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.199 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v5i1.322

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Bangli Medika Canti ditinjau dari kualitas pelayanan dan untuk mengetahui atribut yang menjadi prioritas untuk diperbaiki pada pasien rawat inap Rumah Sakit Bangli Medika Canti. Jumlah sampel ditentukan dengan Rumus Slovin sebanyak 98 pasien rawat inap pada Rumah Sakit Bangli Medika Canti. Data dianalisis dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance-Performance-Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Bangli Medika Canti berada pada kriteria puas dan atribut yang menjadi prioritas untuk diperbaiki adalah atribut fasilitas penunjang pada pasien rawat inap Rumah Sakit Bangli Medika Canti.
Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Volume Penjualan Pada Media Komputer Denpasar I Ketut Lanus Arianta; I Made Kartika
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.165 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v5i1.323

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh promosi melalui media sosial dan word of mouth secara parsial terhadap volume penjualan pada Media Komputer Denpasar dan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh promosi melalui media sosial dan word of mouth secara simultan terhadap volume penjualan pada Media Komputer Denpasar. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, analisis uji t (t-test) dan analisis uji f. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Sosial Media dan Word of Mouth secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Volume Penjualan 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Sosial Media terhadap Volume Penjualan 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Word of Mouth terhadap Volume Penjualan.
Analisis Penentuan Pola Produksi Untuk Meminimalisasi Biaya Produksi Pada PT Satyaloka Tirta Amerta Bangli Ni Wayan Ernawati; I Gst Bgs Wirya Gupta
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.276 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v5i1.324

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pola produksi yang diterapkan oleh PT Satyaloka Tirta Amerta pada tahun 2018 dan untuk mengetahui efisiensi pola produksi yang telah diterapkan pada tahun 2018. Menggunakan analisis biaya tambahan atau analisis incremental cost yaitu pertimbangan biaya-biaya yang akan dikeluarkan bila menggunakan salah satu alternatif dari ketiga pola produksi. Hasil analisis, pola produksi yang diterapkan perusahaan adalah pola produksi moderat, dan dengan menggunakan ketiga pola produksi, melihat tambahan biaya yang dikeluarkan, ternyata penerapan pola produksi moderat pada perusahaan tidak efisien karena pola produksi moderat merupakan pola produksi yang memiliki biaya tambahan atau total incremental cost paling tinggi diantara ketiga pola produksi untuk tahun 2018.
Pengaruh Leverage dan Profitabilitas Terhadap Return Saham Pada PT. Semen Gresik Surticon Buana Perkasa Tbk. Denpasar Viky Ahmad Aditya; I Made Sumartana
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.717 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v5i1.325

Abstract

Leverage dan pofitabilitas terhadap return saham pada PT. Semen Gersik Surticon Buana Perkasa Tbk. Denpasar. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji signifikansi simultan (F-test), dan uji signifikansi parsial (t-test). Berdasarkan hasil analisis data, uji signifikansi simultan (F-test) dapat menunjukkan bahwa leverage dan profitabilitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham, hasil uji signifikansi parsial (t-test) menunjukkan bahwa leverage secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham dan profitabilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham.
Pengaruh Metode Assesment Center Terhadap Pengembangan Karir PT Tirta Investama Bali Ni Putu Eka Pebriani; I Made Santosa
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.573 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v5i1.326

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode assesment center terhadap pengembangan karir PT. Tirta Investama Bali. Jumlah sampel ditentukan dengan metode sensus sebanyak 100 orang. Data dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, analisis determinasi, dan uji signifikansi parsial (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode assesment center berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan karir PT. Tirta Investama Bali.
Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Pada Hotel Dante di Kabupaten Gianyar Ni Wayan Astari; Putu Gede Denny Herlambang
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.988 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v5i1.327

Abstract

Untuk mempertahankan agar tetap bertahan ditengah persaingan yang ketat, maka mereka berlomba lomba menawarkan nilai lebih yang dapat menarik minat konsumen. Karena bisnis ini berhubungan dengan orang-orang sebagai pelanggan, maka Pelanggan yang puas dan loyal merupakan peluang untuk mendapatkan pelanggan baru yang merupakan faktor yang menentukan keberhasilan bisnis ini. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah kepercayaan dan kualitas pelayanan secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap minat kunjungan wisatawan pada Hotel Dante di Gianyar ? Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui kepercayaan dan kualitas pelayanan secara parsial maupun secara simultan berpengaruh terhadap minat kunjungan wisatawan pada Hotel Dante Gianyar. Jumlah sampel ditentukan dengan metode sensus sebanyak 25 orang wisatawan yang berkunjung di Hotel Dante Gianyar. Data dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis determinasi, uji signifikansi simultan (F-test) dan uji signifikansi parsial (t-test). Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan maupun parsial antara Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Pada Hotel Dante Gianyar.
Analisis Laporan Keuangan Dengan menggunakan Rasio Keuangan Untuk Menilai Kemampuan Penyaluran Kredit Pada Koperasi Wanita Hindu Dewi Laksmi Provinsi Bali Ni Kadek Sudarmini; Luh Putu Virra Indah Perdanawati
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.099 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v5i1.329

Abstract

Koperasi sebagai salah satu lembaga di bidang jasa keuangan, selain berfungsi sebagai penyimpan dana dari masyarakat, juga sebagai penyalur kredit yang berupa pinjaman atau tambahan modal untuk kelancaran usahanya. Dalam menyalurkan kredit koperasi harus memiliki strategi untuk meminimalisir terjadinya kredit macet yang dapat merugikan pihak koperasi. Salah satu dengan melakukan analisis terhadap laporan keuangan dengan menggunakan rasio untuk menilai kemampuan penyaluran kredit koperasi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Koperasi Wanita Dewi Laksmi Provinsi Bali mampu menyalurkan kredit dengan baik ditinjau dari Cash Ratio, Return On Asset, Loan to Deposit Ratio, dan Non Performing Loan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Di mana data primer berupa laporan keuangan koperasi seperti neraca dan laporan laba rugi sedangkan data sekunder berupa keterangan langsung dari sumber berupa opini subyek (orang) secara individu atau kelompok.Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kemampuan koperasi dalam menyalurkan kredit ditinjau dari Cash Rasio, ROA,LDR serta NPL dalam keadaan baik karena setiap periodenya mengalami peningkatan dan Koperasi Wanita Hindu Dewi Laksmi Mampu Menyalurkan Kredit secara baik dilihat dari peningkatan nilai rasio.
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lingkungan Fisik Terhadap Kepuasan Pasien Pada Yayasan Peduli Kemanusiaan (YPK) Bali di Denpasar Ida Ayu Arini; Ni Kadek Ayu Trisna Dewi
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.959 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v5i1.330

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan lingkungan fisik berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pasien pada YPK Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 52 orang responden. Responden dalam penelitian ini adalah pendamping dari pasien yang menerima pelayanan pada YPK Bali. Data dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis determinasi, analisis statistik uji t (t-test) dan analisis statistik uji F (F-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan lingkungan fisik berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pasien pada YPK Bali.

Page 1 of 1 | Total Record : 10