cover
Contact Name
Jurnal altaujih
Contact Email
altaujih@uinib.ac.id
Phone
+6281266784647
Journal Mail Official
altaujih@uinib.ac.id
Editorial Address
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG Jl. Mahmud Yunus Lubuk Lintah Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami
ISSN : 25020625     EISSN : 27157571     DOI : -
Jurnal AL-TAUJIH adalah jurnal pengembangan kajian keilimuan bimbingan dan konseling Islam, kajian pendidikan konseling, dan berbagai kajian bimbingan konseling dalam berbagai pendekatan yang diterbitkan oleh salah satu Program Studi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Sebagai salah satu wadah literasi akademik, jurnal ini memberikan kesempatan bagi dosen, praktisi, guru, pengamat dan ahli di bidang bimbingan dan konseling. Tulisan dalam jurnal ini berupa (a) Kumpulan/akumulasi pengetahuan baru, (b) Pengamatan empirik, (c) Pengembangan gagasan atau usulan baru, (d) hasil penelitian, (e) Artikel konseptual dan telaah (review) buku baru.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2018): Juli-Desember 2018" : 10 Documents clear
UPAYA MENGATASI PROBLEMATIKA REMAJA Nurana Haris
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 4, No 2 (2018): Juli-Desember 2018
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v4i2.503

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kompleksnya bentuk kenakalan yang dilakukan remaja dengan berbagai hal yang mempengaruhi, dan apa upaya untuk meminimalisir kenakalan remaja tersebut. Ada tiga faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja. pertama keluarga, dimana keluarga yang kurang harmonis, kurang komunikasi serta kurang  respon dari orang tua terhadap persoalan remaja. Kedua, pengaruh teman sebaya, karena remaja sebagai individu yang dalam proses pencarian identitas perlu teman yang sama, sehingga banyak efek negatif dari pergaulan. Ketiga, masyarakat sekitar, kurangnya respon dan perhatian ternyata sangat mempengaruhi tingkah laku remaja. Kurang kontrol masyarakat terhadap kenakalan remaja menjadikan remaja berbuat sesuai keinginannya. Hasil penelitian ini memperlihatkan beberapa solusi untuk mengatasi kenakalan remaja. Solusi yang sudah peneliti buat dalam penelitian ini belumlah sempurna. Untuk itu, peneliti menyarankan adanya kajian kritis yang akan menjadi kajian lanjutan setelah penelitian ini, sebagai upaya penyempurna metode atau cara mengatasi kenakalan remaja
DAMPAK PLAY STATION TERHADAP PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK DAN UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASINYA DI SMP N 10 PADANG Hidayat, Rahmat; Anidar, Jum
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 4, No 2 (2018): Juli-Desember 2018
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v4i2.498

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah banyak peserta didik yang hobi bermain play station, dengan hobinya tersebut banyak dampak negatif yang ditimbulkannya. Peserta didik banyak  berperilaku yang tidak ada kelembutan bahkan telah melakukan kekerasan. Ketika di luar kelas ada peserta didik yang berkelahi dengan temannya sampai melukai. Jenis penelitian adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggambarkan fakta dan realita secara aktual dan akurat mengenai keadaan di lapangan. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan  wawancara. Hasil penelitian bahwa jenis game yang sering dimainkan oleh peserta didik antara lain sepak bola, naruto dan smack down. Bentuk perilaku  agresif yang ditimbulkan play station menyakiti atau merusak diri sendiri dan orang lain. Dampak play station terhadap perilaku agresif peserta didik adalah banyak peserta didik yang memiliki perilaku agresif sesudah main play tation. Sedangkan upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi peserta didik yang memiliki kecanduan play station dan perilaku agresif adalah memanggil ke ruangan BK untuk konseling individual.
RUANG LINGKUP KONSELING Haryatri, Haryatri
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 4, No 2 (2018): Juli-Desember 2018
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v4i2.504

Abstract

Bimbingan sebagai bantuan yang diberikan kepada individu untuk dapat memilih, mempersiapkan diri dan memangku suatu jabatan. Bimbingan membantu individu untuk memahami dan menggunakan secara luas kesempatan-kesempatan pendidikan. Bimbingan adalah bagian dari proses pendidikan yang teratur dan sistematik guna membantu pertumbuhan anak muda atas kekuatannya dalam menentukan akan mengarahkan hidupnya sendiri. Dan bimbingan sebagai proses layanan yang diberikan kepada individu guna membantu mereka memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam membuat pilihan-pilihan dan rencana-rencana.
KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DAN PENGEMBANGANNYA OLEH GURU PEMBIMBING Khadijah, Khadijah
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 4, No 2 (2018): Juli-Desember 2018
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v4i2.499

Abstract

Fokus utama dalam penelitian ini adalah Kemampuan Interaksi Sosial Siswa dan Pengembangannya oleh Guru Pembimbing di SMK N 4 Padang. Dalam berinteraksi banyak hal yang ditemukan, baik yang bersifat negative maupun positif. Hal demikian menunjukkan bahwa interaksi merupakan kemampuan yang dipelajari dalam proses kehidupan sehari-hari. Kemampuan dalam berinteraksi ini dapat dikembangkan melalui layanan bimbingan dan konseling, sebagaimana yang di terapkan di SMK N 4 Padang. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pada penelitian ini penulis melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang dibutuhkan.Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa: Pertama, dalam menyesuaian diri di lingkungan sosial, ada siswa yang mampu dan ada yang tidak mampu. Siswa yang tidak mampu dalam menyesuaikan diri pada umumnya siswa juga kurang mampu berinteraksi di lingkungan sosial SMK N 4 Padang. Kedua, untuk menemukan teman akrab, ada siswa yang mampu mendapatkannya dan juga yang tidak. Siswa yang tidak mampu menemukan teman akrab ini adalah yang siswa tidak mampu menyesuaikan diri, trauma dengan teman akrab sebelumnya, kurang terbuka dan siswa kurang mampu berinteraksi. Ketiga, ada siswa yang mampu menimbulkan rasa percaya diri saat belajar dan ada juga yang tidak. Kepercayaan diri yang tidak timbul karena faktor dalam dan luar diri individu tersebut. Keempat, upaya yang dilakukan oleh guru pembimbing dalam mengembangkan kemampuan siswa dalam menyesuaikan diri, untuk menjalin keakraban dan menimbulkan percaya diri ini adalah dengan memberikan layanan bimbingan konseling baik di bidang pribadi maupun sosial oleh guru pembimbing di SMKN 4 Padang.
KENAKALAN ORANGTUA PENYEBAB KENAKALAN REMAJA Rahmatul Ulfa Auliya
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 4, No 2 (2018): Juli-Desember 2018
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v4i2.505

Abstract

Media masa akhir-akhir ini menunjukkan kenakalan remaja di Indonesia semakin meningkat. Secara teoritik diketahui bahwa peran orangtua kelak memberikan dampak kepada anak, salah satu bentuk negatif yang muncul dari kesalahan orangtua dalam membimbing anak adalah kenakalan remaja. Usia remaja merupakan masa peralihan menuju dewasa yang penuh akan gejolak. Pada masa ini dibutuhkan arahan dan kedekatan anak dengan orang tuanya untuk memberikan kenyamanan dan pembimbingan. Hal ini tentunya akan sulit dilakukan oleh orangtua jika orangtua teralu mengekang bahkan tidak membiarkan anaknya berfikir sendiri tentang masa depan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kenakalan yang ternyata penyebab dari kenakalan dari orangtuanya dan faktor yang mempengaruhinya. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja yang sedang mengalami masa transisi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang mengambil sumber dari buku-buku yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola tingkahlaku dan peran orangtua yang salah menjadi penyebab kenakalan remaja sehingga remaja melakukan pertentangan dengan berbuat hal-hal yang disukainya tanpa diketahui orangtua. Banyak remaja yang melakukan berbagai hal yang negatif seperti menggunakan narkoba,minum-minuman keras, melakukan seks bebas, melakukan perusakan tempat umum dan suka berkelahi dengan orang lain. Hal ini disebabkan beberapa faktor seperti proses keluarga, kelas sosial ekonomi, harapan pendidikan nilai-nilai disekolah dan kualitas lingkungan sekitar tempat tinggal.
EFEKTIVITAS KURIKULUM JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM KONSENTRASI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM (Studi tentang Kesesuaian Kurikulum dengan Lapangan Kerja Alumni) Jum Anidar
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 4, No 2 (2018): Juli-Desember 2018
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v4i2.500

Abstract

Keberhasilan sebuah institusi yaitu mampu menghasilkan lulusan yang dapat mengamalkan ilmu dalam bidangnya di masyarakat. Hal ini sejalan dengan salah satu tujuan pembelajaran agar peserta didiknya dapat berguna serta bermanfaat dalam menyumbangkan keahliannya sesuai dengan bidangnya. Rumusan masalah penelitian adalah apakah kompetensi alumni Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam sudah efektif dalam mempersiapkan alumni di dunia kerja? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi alumni MPI konsentrasi BKI dan tanggapan stakeholder. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif, dengan metode penelitian Mixed methods. Sumber datanya adalah: pimpinan sekolah/madrasah, guru BK   (stakeholder), dan alumni. Populasi penelitian ini adalah seluruh alumni Jurusan MPI Konsentrasi BKI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Imam Bonjol Padang dari tahun 2005 sampai 2016 yang berjumlah 518 orang dan sampel 52 orang. Hasil Penelitian menunjukkan Pekerjaan alumni yang sesuai dengan pendidikan dan spesifikasi keilmuan sebanyak 96,2%. Masa tunggu sebelum mendapatkan pekerjaan,  pada umumnya  adalah 00 – 0,6 bulan, sebanyak 80,8%, Rata-rata tanggapan pihak pengguna lulusan tentang kompetensi alumni jurusan Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam adalah pada rentang sangat baik dan baik.
Menilik Kajian Konseling Karir Ahmad Masrur Firosad
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 4, No 2 (2018): Juli-Desember 2018
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v4i2.506

Abstract

BOOK REVIEW
PENERAPAN TERAPI REALITAS DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU BERTANGUNGJAWAB PADA ANGGOTA KELOMPOK Fadhilla Yusri
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 4, No 2 (2018): Juli-Desember 2018
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v4i2.501

Abstract

Group counseling in schools attracts many school students, especially when learning how they often brainstorm about interests and concerns. During this time the implementation of group counseling in schools is done with the stages of activities that have been formulated practically. At the stage of group counseling during this time there has been no application of various approaches in these activities. The knowledge that school counselors have about various approaches is not followed by their application in group counseling activities. This article will discuss about the application of one approach that is reality in group counseling activities.
HUBUNGAN ANTARA PERAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU MENCONTEK MAHASISWA DI PRODI BKI FITK UIN SUMATERA UTARA MEDAN Khairuddin Khairuddin
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 4, No 2 (2018): Juli-Desember 2018
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v4i2.502

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran yang jelas tentang hubungan antara peran sosial teman sebaya dengan perilaku mencontek mahasiswa di Prodi BKI FITK UIN Sumatera Utara Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Subyek penelitian  ini adalah mahasiswa Prodi BKI FITK UIN Sumatera Utara Medan jumlahnya keseluruhan adalah sebanyak 968 mahasiswa orang. Sedangkan yang dijadikan sampel sebanyak 30 orang mahasiswa yang berarti bahwa seluruh populasi dijadikan sebagai sampel dikarenakan jumlahnya sedikit. Alat pengumpul datanya adalah angket. Adapun jumlah item angket penelitian mengenai peranan sebaya adalah sebanyak 30 item. Sedangkan angket berkenaan dengan perilaku mencontek jumlahnya 30 item. Pengolahan datanya menggunakan teknik Product Moment. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa hubungan antara variabel peran sosial teman sebaya dengan perilaku mencontek sebesar -0,260 pada signifikansi 0,000. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hubungan antara variabel peran sosial teman sebaya dengan  perilaku mencontek sebesar -0,260 pada signifikansi 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan  kedua  variabel bersifat negatif. Artinya, jika variabel peran sosial teman sebaya meningkat, maka perilaku mencontek menurun.
PERANAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM UNTUK MENCAPAI PRESTASI DAN KUALITAS PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH Nursyamsi Nursyamsi
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 4, No 2 (2018): Juli-Desember 2018
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v4i2.497

Abstract

Dalam proses belajar dan pembelajaran bagi peserta didik di sekolah peran guru merupakan salah satu faktor penting, untuk mencerdaskan anak bangsa. Untuk itu guru harus bekerja secara profesional sesuai standar kompetensi guru di Indonesia. Guru sebagai faktor kunci dalam dunia pendidikan tentu harus siap dan mampu mengikuti perkembangan IPTEK terutama yang berkaitan dalam dunia pendidikan. Agar tercapai prestasi belajar peserta didik yang tinggi, tentu didukung oleh kurikulum yang bagus, karena kurikulum memegang peranan penting bagi pembentukkan dan perkembangan karakter anak bangsa. Guru pelaku kurikulum di lapangan, untuk itu guru benar benar dituntut bekerja secara kreatif, inovatif, dan profesional.n korelasi kecerdasan interpersonal dan intrapersonal dengan KSK tinggi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10