cover
Contact Name
Jurnal altaujih
Contact Email
altaujih@uinib.ac.id
Phone
+6281266784647
Journal Mail Official
altaujih@uinib.ac.id
Editorial Address
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG Jl. Mahmud Yunus Lubuk Lintah Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami
ISSN : 25020625     EISSN : 27157571     DOI : -
Jurnal AL-TAUJIH adalah jurnal pengembangan kajian keilimuan bimbingan dan konseling Islam, kajian pendidikan konseling, dan berbagai kajian bimbingan konseling dalam berbagai pendekatan yang diterbitkan oleh salah satu Program Studi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Sebagai salah satu wadah literasi akademik, jurnal ini memberikan kesempatan bagi dosen, praktisi, guru, pengamat dan ahli di bidang bimbingan dan konseling. Tulisan dalam jurnal ini berupa (a) Kumpulan/akumulasi pengetahuan baru, (b) Pengamatan empirik, (c) Pengembangan gagasan atau usulan baru, (d) hasil penelitian, (e) Artikel konseptual dan telaah (review) buku baru.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2022): Juli- Desember 2022" : 10 Documents clear
PENDAMPINGAN SANTRI BROKEN HOME (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AL-FATHANIYAH SERANG) Jubaedah Jubaedah
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 8, No 2 (2022): Juli- Desember 2022
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v8i2.3390

Abstract

Broken home kerap dilabelkan kepada anak yang jadi korban perceraian orang tuanya, sementara itu sesungguhnya broken home bukan cuma anak yang berasal dari orang tua yang berpisah, namun pula anak yang berasal dari keluarga yang tidak harmonis. Riset ini mempunyai tujuan buat mengenali serta menguasai pengalaman orang dikala anak muda yang jadi korban broken home dan membagikan cerminan menimpa gimana anak muda yang jadi korban broken home bisa bertahan serta menempuh kehidupan. Tata cara yang digunakan riset kualitatif. Tata cara pengumpulan informasi riset ini memakai wawancara semiterstruktur. Partisipan dalam riset ini diseleksi dengan metode purposive. Partisipan berjumlah dua orang, Partisipan ialah korban broken home. Penemuan dari riset, kedua partisipan bisa bertahan pada kondisi keluarga yang broken home sebab terdapatnya penerimaan diri yang positif. Kedua subjek mengaku kalau penerimaan diri yang timbul dipengaruhi oleh religiusitas. Kedua subjek sanggup membangun keahlian resiliensi ditunjukkan dengan bangkit kembali serta mempunyai harapan buat masa depan.
STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR DARING SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 Muhammad Rafiul Muiz; Wahidah Fitriani; Aulia Fikri
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 8, No 2 (2022): Juli- Desember 2022
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v8i2.3453

Abstract

Pandemi covid-19 yang terjadi, mempengaruhi sektor pendidikan Indonesia, sehingga kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 dan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 harus diberlakukan. Kebijakan tersebut dikenal dengan, kebijakan pendidikan jarak jauh dalam jaringan online (daring), proses belajar daring dilakukan sebagai sebuah solusi, namun di sisi lain hal ini juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah kejenuhan belajar yang dialami oleh siswa. Kejenuhan yang terus menerus tanpa diikuti oleh penanganan yang tepat dapat menyebabkan siswa kehilangan minat pada pembelajaran. Maka dari itu, harus ada upaya yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam rangka pengentasan kejenuhan belajar daring ini. Metode penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research, yang dilakukan dengan mengumpulkan data dengan menggunakan berbagai bahan seperti buku referensi, hasil penelitian sebelumnya, dan berbagai jurnal yang berkaitan dengan masalah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, teknik analisis data adalah analisis isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, strategi yang dapat dilakukan, oleh guru bimbingan dan konseling untuk mengatasi kejenuhan belajar daring pada siswa diantaranya adalah, strategi motivasi berprestasi, strategi konseling self regulated learning dan yang terakhir adalah strategi sinema konseling.
EFEKTIVITAS TERAPI SHALAT UNTUK MENGURANGI STRES AKADEMIK PADA SISWA SMA DI LBB GRIYA TALENTA BUNDA SURABAYA Adhystia Putri Henrizka; Eurika Septyarini; Nawabika Izzah Zaizafun; Abdul Muhid
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 8, No 2 (2022): Juli- Desember 2022
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v8i2.4333

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas terapi shalat guna mengurangi stres akademik pada siswa. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode eksperimen dengan pemberian pelatihan terapi shalat “FATULSHA RUSTA ULA”. Subjek penelitian ialah siswa SMA kelas 10 di LBB Griya Talenta Bunda Surabaya. Adapun kisaran umur subjek ialah berumur 16-17 tahun. Subjek yang berpartisipasi pada penelitian ini berjumlah 30 siswa (17 perempuan dan 13 laki-laki). Penelitian ini menggunakan analisis data uji-t sampel berpasangan dengan membandingkan nilai variabel coping stres akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan coping stres pada siswa dalam menghadapi tantangan akademik mengalami peningkatan antara sebelum dan sesudah diberikan pelatihan sholat. Setelah dilakukan pelatihan shalat siswa merasa beban pikiran berkurang, optimis bahwa masalah yang dihadapi dapat teratasi, semakin giat bersaing secara sehat, dan lebih tenang ketika hendak mengikuti ujian. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelatihan sholat merupakan salah satu intervensi yang efektif dalam mengatasi stress akademik pada siswa.
HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEMATANGAN EMOSI DI SMA NEGERI 5 SEMARANG Devi Tri Kumalasari; Eem Munawaroh
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 8, No 2 (2022): Juli- Desember 2022
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v8i2.3382

Abstract

Seorang remaja memiliki perkembangan emosi yang berbeda beda, hal ini pun dapat dipengaruhi oleh efikasi diri yang ada dalam dirinya dan dukungan sosial yang ada di lingkungan sekelilingnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap kematangan emosi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Semarang, yang mana teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan rumus slovin tingkat presisi 5%, didapatkan sampel penelitian sebanyak 252 siswa. Metode analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Dalam pengujian ditemukan validitas data setiap variabel memiliki rentang nilai 0,162 sampai dengan 0,791. Sedangkan, reliabilitas data untuk setiap variabel memiliki rentang nilai sebesar 0,817 sampai dengan 0,823. Kemudian, hasil penelitian menemukan bahwa variabel efikasi diri berpengaruh terhadap kematangan emosi dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hal ini dikarenakan siswa-siswa pada SMA N 5 Semarang memiliki kepercayaan diri lebih atau memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi mengenai kemampuan mereka dalam menyelesaikan setiap tugas yang Guru berikan atau juga dalam kegiatan bersosialisasi. Kemudian, dukunagn sosial juga berpengaruh terhadap kematangan emosi, dikarenakan mereka merasa bahwa mereka dicintai, diperhatikan, dihargai, dan dihormati, serta dilibatkan dalam jaringan komunikasi dan kewajiban sosial secara timbal balik.
URGENSI BIMBINGAN DAN KONSELING BERWAWASAN GENDER PADA ANAK USIA DINI SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN PENDIDIKAN RAMAH ANAK Nisaul Mustabsiroh
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 8, No 2 (2022): Juli- Desember 2022
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v8i2.3475

Abstract

Fenomena kekerasan dan diskriminasi terhadap anak diberbagai bidang tak terkecuali pada dunia pendidikan kerap kali terjadi. Salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk menghadapi hal tersebut adalah penerapan atas paham kesetaraan gender dalam menghadapi kekerasan dan diskriminasi. Penerapan atas paham kesetaraan gender perlu diterapkan sedini mungkin sejak anak masih dalam usia dini 0-6 tahun. Pada usia tersebut perkembangan anak sangat pesat dan berbagai stimulus yang positif sangat dibutuhkan sebab segala hal yang dipelajari pada masa usia tersebut akan berpengaruh terhadap kehidupan selanjutnya. Pada pendidikan anak usia dini memerlukan lingkungan yang kondusif atau lingkungan yang ramah anak terhindar dari kekerasan. Sehingga perkembangan anak selanjutnya bisa berjalan dengan optimal. Pendidikan yang ramah anak tidak bisa terlepas dari peran stakeholder salah satunya adalah peran konselor yang memberikan bimbingan dan konseling pada anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian library research dengan pendekatan analisis deskriptif. Dari penelitian ini, dengan cara memberikan bimbingan konseling berwawasan gender yang berkelanjutan dengan lingkungan yang ramah anak akan membuka peluang besar untuk mengembangkan potensi anak secara optimal dan dapat memberikan perlindungan kepada anak terhadap perlakuan kekerasan dan diskriminasi.
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP NEGERI SE-KECAMATAN BANYUMANIK Faiqotus Sa'adah; Maria Theresia Sri Hartati
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 8, No 2 (2022): Juli- Desember 2022
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v8i2.3367

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa sebagian siswa SMP Negeri se-Kecamatan Banyumanik memiliki kemampuan self regulated learning yang sedang. Hal ini ditunjukkan dengan beberapa siswa SMP Negeri se-Kecamatan Banyumanik merasa enggan mengerjakan tugas tanpa mau mencoba, terlebih ketika ia merasa dirinya tidak mampu mengerjakan tugas tersebut. Siswa juga seringkali menunda-nunda waktu dalam mengerjakan tugas. Selain itu, mereka juga tidak mengetahui strategi yang sesuai dengan dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan self regulated learning. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan menggunakan skala psikologis sebagai instrumen penelitian. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling yang menghasilkan 355 sampel untuk mewakili populasi dari seluruh siswa SMP Negeri se-Kecamatan Banyumanik. Skala psikologis yang menjadi instrumen penelitian diberikan kepada 355 sampel yang kemudian datanya diolah menggunakan SPSS versi 21. Berdasarkan data yang terkumpul diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan self regulated learning dengan nilai korelasi sebesar 0,728. Sehingga dapat disimpulkan semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa, maka semakin tinggi pula self regulated learning siswa SMP Negeri se-Kecamatan Banyumanik.
PENGARUH REGULASI EMOSI TERHADAP PERILAKU ASERTIF PADA SISWA SMK PANJATEK BEKASI Bahjatul Arifah
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 8, No 2 (2022): Juli- Desember 2022
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v8i2.4330

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran perilaku asertif siswa SMK Panjatek Bekasi, (2) untuk mengetahui gambaran regulasi emosi siswa SMK Panjatek Bekasi, dan (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh regulasi emosi terhadap perilaku asertif pada siswa SMK Panjatek Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan penelitian regresi linier sederhana yang bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh dari variabel bebas dengan variabel terikat. Subjek penelitian berjumlah 232 siswa yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Peneliti menggunakan angket skala likert dalam pengumpulan data. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment Karl Pearson dengan bantuan SPSS versi 26. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) gambaran regulasi emosi siswa SMK Panjatek Bekasi berada pada kategori rendah, (2) gambaran perilaku asertif siswa SMK Panjatek Bekasi berada pada kategori cukup rendah, (3) hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara regulasi emosi terhadap perilaku asertif.
ANALISIS DEGRADASI KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VIII DI MTS QUR’AN KISARAN ikke nurjanah sinaga; Casmini Casmini
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 8, No 2 (2022): Juli- Desember 2022
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v8i2.3446

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis degradasi keterampilan sosial pada siswa kelas VIII di MTs Qur’an Kisaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh dari observasi dan wawancara. Sample yang digunakan sebanyak 12 orang siswa kelas VIII yang terindikasi mengalami degradasi keterampilan sosial dan 2 orang informan yakni guru bimbingan konseling. Sedangkan analisis data dengan melakukan data reduction (mereduksi data). Hasil penelitian menyatakan bahwa degradasi keterampilan sosial siswa kelas VIII MTs Qur’an Kisaran diketahui berbagai jenis, seperti siswa menggunakan bahasa tidak sopan, menggunakan nada bicara tinggi ketika berkomunikasi dan berinteraksi, tidak mampu menerima kritik dan saran, sulit menghargai pendapat orang lain, terlihat pasif ketika kegiatan belajr mengajar (KBM), terisolir dari siswa lain.
EFEKTIVITAS CINEMA THERAPY BERBASIS ANIMASI DALAM MENINGKATKAN EMPATI SISWA KELAS VII-A SMP MUHAMMADIYAH KAMPUNG PISANG Syaiful Bahri; Nurbaity Nurbaity; RAMADHIAN ARIFAH
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 8, No 2 (2022): Juli- Desember 2022
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v8i2.4660

Abstract

Empati adalah sebuah bentuk perhatian yang melibatkan hubungan emosi dalam memahami perasaan orang lain. Namun masih banyak remaja yang belum dapat mengeskplorasi empati mereka, sehingga perlu ditingkatkan. Salah satu cara untuk meningkatkan empati adalah menggunakan teknik cinema therapy berbasis animasi. Cinema Therapy sebagai metode konseling yang menggunakan film untuk memberikan efek positif pada konseli. Animasi yang digunakan dalam treatment ini ialah yang mengandung nilai empati. Tujuan penelitian untuk menganalisis keefektifan peningkatan empati siswa SMP Muhammadiyah Kampung Pisang melalui cinema therapy berbasis animasi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif metode pre-experimental design jenis one-group pretest-posttest untuk melihat pengaruh cinema therapy untuk meningkatkan empati. Penelitian ini melibatkan 8 siswa kelas VII-A SMP Muhammadiyah Kampung Pisang yang memiliki skor pre-test empati rendah. Data diperoleh melalui skala empati yang kemudian dianalisis dengan bantuan SPSS versi 20 menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cinema therapy berbasis animasi efektif untuk meningkatkan empati siswa SMP Muhammadiyah Kampung Pisang.
TINGKAT STRES AKADEMIK PESERTA DIDIK SMP DI MASA PANDEMI SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH Ana Sahara; Muslikah Muslikah
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 8, No 2 (2022): Juli- Desember 2022
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v8i2.3380

Abstract

Stres akademik adalah suatu kondisi yang dialami peserta didik karena banyaknya tuntutan akademik. Banyak faktor yang membuat seseorang mengalami stres akademik. Untuk saat ini pembelajaran jarak jauh menjadi salah satu faktor munculnya stres akademik yang dialami peserta didik karena belum terbiasa melakukan pembelajaran dalam jaringan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat stres akademik yang dirasakan peserta didik selama pembelajaran jarak jauh. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala stres akademik yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan sampel sebanyak 258 siswa SMP Negeri di Kabupaten Pati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres akademik yang dialami peserta didik ada pada kategori tinggi (M=57,47) dapat disimpulkan bahwa mayoritas peserta didik SMP mengalami stres akademik selama pembelajaran jarak

Page 1 of 1 | Total Record : 10