cover
Contact Name
Iqbal Rosyidi
Contact Email
jki@kemenparekraf.go.id
Phone
-
Journal Mail Official
jki@kemenparekraf.go.id
Editorial Address
Wisma Antara Lantai 18 Jalan Medan Merdeka Selatan No.17 Jakarta 10110
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia
ISSN : 19079419     EISSN : 26859076     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
Jurnal Kepariwisataan Indonesia : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia diterbitkan dua nomor dalam setahun yaitu setiap bulan Juni dan Desember oleh Direktorat Kajian Strategis, Deputi Bidang Kebijakan Strategis, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jurnal Kepariwisataan Indonesia memuat hasil-hasil penelitian baik secara empiris, pengembangan teori, kajian, serta pemikiran dalam bidang kepariwisataan yang memenuhi kaidah ilmiah. Fokus dan ruang lingkup jurnal meliputi : 1. Bidang Destinasi dan Infrastruktur Pariwisata, meliputi Wisata Bahari dan Pesisir, Pariwisata Berkelanjutan, Ekowisata, Wisata Perbatasan, Pola Perjalanan Wisata, dan topik lainnya yang relevan dengan pengembangan destinasi dan infrastruktur wisata 2. Bidang Pemasaran Pariwisata, meliputi Komunikasi Pemasaran, Perilaku Wisatawan, dan topik lainnya yang relevan dengan pemasaran pariwisata 3. Bidang Industri dan Investasi Pariwisata, meliputi Bisnis Pariwisata, Teknologi dan Informasi Bisnis Pariwisata, investasi pariwisata, dan topik lainnya yang relevan dengan industri dan investasi pariwisata 4. Bidang Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan, meliputi Perencanaan dan Kebijakan Kepariwisataan, Tenaga Kerja Pariwisata, hubungan antar lembaga, dan topik lainnya yang relevan dengan SDM dan Kelembagaan kepariwisataan
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 14 No 1 (2020): Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisata" : 6 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN ANGKA KUNJUNGAN MUSEUM MELALUI SOCIAL MEDIA MARKETING – STUDI PENDAHULUAN Cornellia, Ayu Helena; Hermawan, Hary
Jurnal Kepariwisataan Indonesia : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia Vol 14 No 1 (2020): Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisata
Publisher : Ministry Of Tourism

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1716.62 KB)

Abstract

Digital marketing, termasuk social media marketing, memegang peran penting dalam memaparkan banyak hal. Museum di Yogyakarta sudah banyak melakukan promosi melalui media sosial dan mengikuti tren, antara lain Museum Sonobudoyo dan Museum Sandi. Berbagai tantangan ditemui dalam mengembangkan media sosial di museum, misalnya kondisi nyata museum yang belum dapat melakukan banyak inovasi dan regulasi yang mendasari. Kedua museum (Museum Sonobudoyo milik Pemerintah Daerah Yogyakarta dan Museum Sandi adalah milik Badan Sandi Negara Jakarta) dipilih berdasarkan purposive random sampling, yaitu berdasarkan keaktifan dalam update media sosial selama 6 bulan terakhir terhitung dari Oktober 2019 ? Maret 2020. Studi kualitatif dan kuantitatif diadakan untuk menilai persepsi dan opini masyarakat terhadap museum serta mencari tahu apa yang sebaiknya ditingkatkan oleh pihak museum sehingga masyarakat semakin tergerak untuk datang ke museum. Hasil studi ini diharapkan akan menjadi panduan museum untuk memperbaiki diri dan beradaptasi dengan situasi dan trend wisata yang ada di masyarakat berdasarkan disrupsi teknologi yang ada saat ini.
HUBUNGAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN MANCANEGARA DENGAN RATA-RATA TINGKAT PENGHUNIAN KAMAR HOTEL PROVINSI DKI JAKARTA TAHUN 2012—2018 Suwanto, Suwanto
Jurnal Kepariwisataan Indonesia : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia Vol 14 No 1 (2020): Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisata
Publisher : Ministry Of Tourism

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (701.945 KB)

Abstract

Penelitian ini membahas masalah hubungan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dengan rata-rata tingkat penghunian kamar hotel Provinsi DKI Jakarta. Riset ini dilakukan untuk menganalisis hubungan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dengan rata-rata tingkat penghunian kamar hotel Provinsi DKI Jakarta. Penelitian kuantitatif ini menggunakan sumber data sekunder dan jenis data times series dengan skala ratio. Data jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan data rata-rata tingkat penghunian kamar hotel Provinsi DKI Jakarta tahun 2012?2018 diperoleh dari Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta dalam bentuk data bulanan. Pengolahan dan analisis data menggunakan teknik korelasi Pearson. Analisis temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat, dan arah hubungan yang searah (positif) antara jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dengan rata-rata tingkat penghunian kamar hotel Provinsi DKI Jakarta. Terdapat kecenderungan jika jumlah kunjungan wisatawan mancanegara naik maka rata-rata tingkat penghunian kamar hotel juga naik, begitu pula sebaliknya.  Rekomendasi yang dapat disampaikan adalah memperhatikan faktor-faktor yang relevan selain jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, seperti jumlah kunjungan wisatawan nusantara dari berbagai daerah di Indonesia, daya tarik wisata, aksesibilitas tempat wisata, serta keamanan dan kenyamanan wisatawan dalam pengembangan usaha di bidang perhotelan sebagai upaya untuk menaikkan rata-rata tingkat penghunian kamar hotel.
BAGAIMANA MENGUKUR EFEKTIFITAS CO-BRANDING WONDERFUL INDONESIA: STUDI KONSEPTUAL Hakim, Imam Nur
Jurnal Kepariwisataan Indonesia : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia Vol 14 No 1 (2020): Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisata
Publisher : Ministry Of Tourism

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1061.585 KB)

Abstract

Kementerian Pariwisata, melalui program Wonderful Indonesia (WI), memutuskan untuk menggunakan peningkatan Country Brand Ranking (edisi pariwisata) pada 2015 sebagai momentum untuk menerbitkan kebijakan co-branding. Sekarang, kolaborasi ini telah melibatkan 172 mitra dari 14 kategori perusahaan. Seharusnya, kolaborasi ini dapat meningkatkan ekuitas merek WI dan berdampak pada perluasan jangkauan pasar, peningkatan kesadaran, dan menunjukkan citra merek yang lebih positif. Namun, peringkat merek WI terus kalah dari pesaing utamanya. Oleh karena itu perlu dilakukan langkah evaluatif terkait efektivitas kerja sama co-branding. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan yang secara konseptual mengungkapkan beberapa pilihan metode dalam mengukur efektivitas co-branding WI dari perspektif wisatawan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pilihan kesadaran merek, citra merek, sikap terhadap merek, niat beli, dan kekuatan elemen pembentuk co-branding dapat menjadi alat ukur untuk menentukan sejauh mana kolaborasi ini dianggap efektif.
PARIWISATA BERBASIS ALAM: MEMAHAMI PERILAKU WISATAWAN Novianti, Evi; Larasati, Ajeng Ramadhita; Asy'ari, Rifqi; Pribadi, Teguh Imam; Sariadi, Sarmoko; Hadian, Mohammad Sapari Dwi; Wulung, Shandra Rama Panji
Jurnal Kepariwisataan Indonesia : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia Vol 14 No 1 (2020): Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisata
Publisher : Ministry Of Tourism

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (565.903 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memahami perilaku wisatawan dalam fungsi interaksi di suatu destinasi pariwisata khususnya kepariwisataan di Indonesia dengan menggunakan metode bibliometric study atau dengan metode penelitian dari data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa interpretasi yang baik akan sangat mempengaruhi suatu destinasi dan calon wisatawan yang akan mengunjunginya. Semakin tinggi nilai tambah suatu destinasi  yang ditawarkan kemudian ditambah interpretasi yang baik maka semakin menarik calon wisatawan untuk melakukan perjalanan, khususnya Nature-Based Tourismyang sejatinya memiliki banyak hal untuk dipelajari oleh wisatawan.
FAKTOR PENENTU PARIWISATA VIRTUAL SITUS WARISAN DUNIA DI INDONESIA: SEBUAH TELAAH PUSTAKA DAN KERANGKA KONSEPTUAL Artha, Bhenu; Hadi, Antonius Satria; Sari, Niken Permata
Jurnal Kepariwisataan Indonesia : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia Vol 14 No 1 (2020): Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisata
Publisher : Ministry Of Tourism

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.405 KB)

Abstract

Industri pariwisata mulai melemah khususnya di Indonesia di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi sekarang ini. Di tengah menurunnya tren pariwisata, teknologi justru semakin berkembang. Untuk itu diperlukan sebuah model baru untuk memajukan dan mengembangkan pariwisata dengan memanfaatkan teknologi. Tujuan utama dari penulisan artikel ini adalah untuk mengajukan dan memberikan model ataupun kerangka konseptual alternatif tentang pariwisata virtual. Lebih lanjut, kerangka konseptual yang baru ini bertujuan untuk menguji pengaruh  variabel online destination experience, online destination authenticity, virtual reality, dan augmented reality terhadap pariwisata virtual pada situs warisan budaya di Indonesia. Dalam artikel ini, peneliti mengusulkan empat hipotesis untuk menguji setiap pengaruh antar variabel yang ada dalam kerangka konseptual yang diusulkan. Karena artikel ini termasuk dalam artikel konseptual, maka peneliti menyarankan pada penelitian selanjutnya dilakukan penelitian empiris berdasarkan kerangka konseptual yang diusulkan di dalam artikel ini.
ANALISIS MEDAN KEKUATAN TERHADAP BARAPAN KEBO SEBAGAI ATRAKSI COMMUNITY BASED TOURISM (CBT) DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT Ma'ruf, Amir
Jurnal Kepariwisataan Indonesia : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia Vol 14 No 1 (2020): Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisata
Publisher : Ministry Of Tourism

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1020.993 KB)

Abstract

Pariwisata berbasis masyarakat atau Community Based Tourism (CBT) merupakan konsep pengelolaan pariwisata yang menjanjikan manfaat maksimal bagi masyarakat, menjadikan pariwisata inklusif bagi masyarakat, dan lebih menjamin keberlanjutan pariwisata sendiri. Atraksi wisata yang paling mungkin dikelola ala CBT adalah wisata budaya yang memiliki banyak atraksi yang digemari para wisatawan saat ini. Dalam pada itu, Barapan kebo merupakan permainan rakyat yang secara rutin diselenggarakan oleh masyarakat di Pulau Sumbawa. Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesesuaian barapan kebo untuk dijadikan daya tarik wisata berbasis masyarakat dan menganalisis langkah strategis apa yang perlu dilakukan untuk menjadikan barapan kebo sebagai daya tarik wisata berbasis masyarakat. Alat yang digunakan adalah AMK. Hasilnya menunjukkan bahwa Barapan Kebo layak dijadikan daya tarik wisata berbasis masyarakat dan Faktor Kunci Keberhasilan (FKK) pendorongnya adalah kecenderungan wisatawana terhadap budaya yang unik dan FKK penghambatnya adalah belum dipasarkannya Barapan Kebo sebagai daya tarik wisata. Opsi langkah strategis terbaik yang harus segera dilakukan adalah memadukan atara penguatan FKK pendorong dan pelemahan FKK penghambat. Yaitu mempromosikan Barapan Kebo ke pasar pariwisata.

Page 1 of 1 | Total Record : 6