cover
Contact Name
I Nyoman Miyarta Yasa
Contact Email
miyarta.yasa@universitasbumigora.ac.id
Phone
+628175786708
Journal Mail Official
miyarta.yasa@universitasbumigora.ac.id
Editorial Address
UNIVERSITAS BUMIGORA JLN ISMAIL MARZUKI CILINAYA CAKRANEGARA
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi
Published by Universitas Bumigora
ISSN : -     EISSN : 26854120     DOI : https://doi.org/10.30812/sasak
Core Subject : Education, Art,
Jurnal “SASAK” Desain Visual dan Komunikasi diterbitkan sebagai media bagi para dosen dan mahasiswa Program Studi Disain Komunikasi Visual Fakultas Teknik dan Kesehatan Universitas Bumigora, dalam publikasi ilmiah berupa karya penelitian maupun rancangan dalam bidang komunikasi visual , yang mencakup: bahasa rupa, budaya visual, desain grafis, multimedia dan sebagainya. Jurnal "SASAK" akan di terbitkan 2 (dua) kali dalam 1 tahun pada periode Genap (Mei) dan Ganjil (Nopember).
Articles 54 Documents
Video Animasi Layanan Masyarakat Bahaya Media Sosial Terhadap Remaja Didi Putra Hariyadi; Danang Tejo Kumoro
Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi Vol 1 No 1 (2019): SASAK
Publisher : Universitas Bumigora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (899.156 KB) | DOI: 10.30812/sasak.v1i1.426

Abstract

Berkembangnya teknologi yang semakin canggih di era globalisasi saat ini berdampak langsung bagi masyarakat Indonesia. Sebelum perkembangan tersebut nampak jelas di dunia ini, tidak banyak masyarakat yang mengenal berbagai macam media telekomunikasi seperti internet. Berbeda dengan zaman sekarang di mana sebagian masyarakat bahkan masyarakat menengah ke bawah, sudah mengenal teknologi komunikasi seperti internet yang di dalamnya terdapat konten-konten seperti media sosial. Dalam penelitian ini penulis menjadikan Lembaga Perlindungan Anak Nusa Tenggara Barat atau LPA NTB sebagai tempat penelitian, penulis mendapatkan data dari LPA untuk dijadikan konten dalam Video Animasi Layanan Masyarakat Bahaya Media Sosial Terhadap Remaja, video ini berfungsi sebagai media pengembangan sosialisasi LPA yang selama ini melakukan sosialisasi secara manual seperti menyebarkan pamflet dan sebagainya. Hasil dari penelitian penulis dalam pembuatan video animasi layanan masyarakat bahaya media sosial terhadap remaja, dapat mengembangkan media sosialisasi, khususnya dalam sosialisasi bahaya media sosial. Kesimpulan penulisan penelitian ini adalah pembutan video animasi layanan masyarakat bahaya media sosial terhadap remaja dapat diterima sebagai media sosialisasi yang berbentuk video animasi.
Pengembangan Profil Outlet Pada Pusat Perbelanjaan Mataram Mall Lalu Arkan Zuhaedi; Dadang Priyanto
Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi Vol 1 No 1 (2019): SASAK
Publisher : Universitas Bumigora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.86 KB) | DOI: 10.30812/sasak.v1i1.427

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi informasi berkembang cukup pesat dan menghasilkan inovasi-inovasi baru yang senantiasa terus berubah ke arah yang lebih baik. Pada kenyataannya masih banyak pusat perbelanjaan atau toko yang membuat pembelinya kesusahan untuk mengetahui dan mencari produk yang diinginkan, karena bangunan pusat perbelanjaan yang begitu luas dengan banyak toko atau outlet yang berjejer didalamnya. Berdasarkan pemaparan diatas penulis akan mengembangkan sebuah aplikasi profil outlet pada pusat perbelanjaan berbasis multimedia. Agar informasi dari masing-masing toko atau outlet tersebut dapat di sampaikan dengan lebih interaktif, menarik, dan mempermudah pengunjung mencari barang yang di butuhkan. Metode pengembangan yang digunakan oleh penulis pada penelitian ini adalah metode versi Luther Sutopo yang memiliki enam tahap yaitu tahap Concept (Konsep), Design (Perancangan), Material Collecting (Pengumpulan Bahan), Assembly (Pembuatan), Testing (Ujicoba) dan Distribution (Distribusi). Hasil atau keluaran yang akan dicapai yaitu sebuah aplikasi profil outlet pada pusat perbelanjaan mataram mall berbasis multimedia yang melibatkan elemen-elemen multimedia seperti teks, gambar, suara, dan animasi yang dikemas dalam media penyimpanan DVD yang dapat dijalankan di media elektronik yaitu PC (Personal Computer). Kesimpulan yang diperoleh selama melakukan penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun sangat membantu pengunjung dalam proses pencarian informasi toko atau outlet dengan lebih mudah dan cepat.
Multimedia Interaktif 3 Dimensi Pengenalan Stasiun Luar Angkasa International Space Station (Iss) Lalu Jayeng rusiandi Putra; Danang Tejo Kumoro
Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi Vol 1 No 1 (2019): SASAK
Publisher : Universitas Bumigora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (797.562 KB) | DOI: 10.30812/sasak.v1i1.429

Abstract

International Space Station (ISS) is one of the greatest achievements in modern science especially in astronomy and engineering. The main function of the ISS is as an aerospace laboratory to conduct research and experiments related to the space environment which can not be done on earth. For the students in high schools, especially in MA Nurul Iman, there are still many who do not know the existence and function of the details of International Space Station (ISS). Therefore, it needs an interactive recognition media where users can see and know the function of the ISS more clearly and more interactive than the video or print media. The result of this thesis is an interactive multimedia introduction of International Space Station (ISS) International Space Station (ISS) the ISS and the ISS station parts functions. The results that can be drawn from making this application are effective for use as information medium introducing International Space Station (ISS).
Media Tutorial Kerajinan Gerabah Di Lombok Barat Berbasis Multimedia Andi yana ekanadi
Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi Vol 1 No 1 (2019): SASAK
Publisher : Universitas Bumigora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (991.252 KB) | DOI: 10.30812/sasak.v1i1.430

Abstract

Gerabah merupakan perkakas yang terbuat dari tanah liat yang dibentuk kemudian dibakar untuk dijadikan alat-alat yang berguna membantu kehidupan manusia, salah satunya adalah digunakan sebagai alat rumah tangga, namun seiring dengan perkembangannya, gerabah tidak hanya digunakan sebagai alat rumah tangga akan tetapi digunakan sebagai hiasan atau pernak pernik. Keahlian membuat gerabah ini hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu yang sudah terbiasa dalam membuatnya, karena membuat gerabah memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan harus di pelajari dalam pembuatanya. Aplikasi media tutorial ini bertujuan menyampaikan informasi dan memperkenalkan gerabah khususnya bagi pengrajin pemula dan bisa menciptakan cara belajar baru yang mudah dipahami dan dimengerti oleh pengrajin gerabah khususnya bagi para pemula yang ingin belajar membuat kerajinan gerabah, sehingga kedepannya banyak pengrajin-pengrajin gerabah yang baru. Dalam pembuatan aplikasi Media Tutorial Kerajinan Gerabah ini penulis akan menggunakan Metode pengembangan multimedia Luther Sutopo. Adapun tahapannya adalah concept, Design, Material collecting, Assembly, Testing, Distribution. Hasil dari penelitian adalah sebuah aplikasi Media Tutorial Kerajinan Gerabah Berbasis Multimedia. Didalam aplikasi ini nantinya terdapat konten-konten informasi sejarah gerabah, jenis gerabah, alat dan bahan, dan proses pembuatan, gallery, dan about. Kesimpulan yang dapat diambil dari pembuatan aplikasi Media Tutorial Kerajinan Gerabah adalah dapat membantu masyarakat dan pengrajin pemula untuk belajar membuat kerajinan gerabah yang lebih menarik dan mudah dipahami dengan adanya aplikasi ini
Video Animasi Dua Dimensi Sebagai Media Promosi widya meli anggarini; Danang Tejo Kumoro
Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi Vol 1 No 1 (2019): SASAK
Publisher : Universitas Bumigora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (901.309 KB) | DOI: 10.30812/sasak.v1i1.431

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Tiga (SMKN 3) Sumbawa Besar merupakan sekolah yang bergerak dibidang pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama/setara SMP/MTS. Sekolah ini memiliki beberapa jurusan diantaranya Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Busana Butik(BB), Administrasi Perkantoran(AP), dan Akuntansi(AK). Perkembangan teknologi yang semakin pesat Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Tiga (SMKN 3) Sumbawa Besar membutuhkan sarana publikasi yang mampu menarik minat calon siswa baru dan wali murid. Penulis membuat rumusan masalah yaitu bagaimana membuat video animasi dua dimensi sebagai media promosi agar menarik minat calon siswa dan wali murid dengan menggunakan software yang mendukung pembuatan video. Tujuan penulisan skripsi ini adalah membuat video animasi dua dimensi sebagai media promosi untuk menarik minat dan mudah dipahami calon siswa dan wali murid dalam melakukan publikasi. Dalam pembuatan Video Animasi Dua Dimensi Sebagai Media Promsi SMKN 3 Sumbawa Besar menggunakan Metode pengembangan multimedia Luther Sutopo. Adapun tahapannya adalah Concept, Design, Material collecting, Assembly, Testing, Distribution.
Kajian Karakter Maskot Sebagai Representasi Identitas Universitas Bumigora I Nyoman Yoga Sumadewa
Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi Vol 1 No 2 (2019): SASAK
Publisher : Universitas Bumigora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.423 KB) | DOI: 10.30812/sasak.v1i2.468

Abstract

Penggabungan antara STMIK Bumigora dan STIBA Bumigora Mataram menghasilkan sebuah bentuk baru yang disebut sebagai Universitas Bumimgora (UBG), hal ini membuat sebuah tantangan baru bagi Universitas Bumigora, salah satunya mempromosikan nama baru dikalangan masyarakat yang lebih mengenal STMIK Bumigora mataram. Meninjau berbagai Universitas di luar negeri yang menggunakan maskot sebagai salah satu alat komunikasi promosi. Karakter merupakan salah satu gambaran tokoh atau sifat nyata yang ditunjukkan untuk melogikakan sesuatu yang imajinatif agar lebih mudah dipahami dan mudah diingat, salah satunya adalah maskot yang berwujud tokoh yang mewakili suatu lebaga/perusahaan. Maskot Universitas Bumigora ini merupakan hasil dari konsep desain yang di rancang menggunakan metode pengembangan multimedia oleh Vilamil-Molina sehingga sesuai dengan kaidah desain komunikasi visual dan mampu mempromosikan Universitas Bumigora.
Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Bahaya Balap Liar Di Jalan Udayana Miyarta yasa; Rasta maulana rahmanto; Sandi justitia putra
Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi Vol 1 No 2 (2019): SASAK
Publisher : Universitas Bumigora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (801.612 KB) | DOI: 10.30812/sasak.v1i2.522

Abstract

Wild motor racing is an activity that is negative and full of danger both to themselves and others. Illegal racing activities occur because of negative associations among teenagers and a lack of attention from parents, families and their environmental communities. To overcome the possibility of unwanted things getting worse, socialization and direction is needed to teenagers or young children, through various means or can use various kinds of information media, one of which is public service announcements. The purpose of designing public service announcements about the dangers of illegal racing is to increase public awareness of orderly driving on the highway, educate the people of Mataram City and create a safe and comfortable atmosphere. Public Service Announcements to be designed using the analysis method 5W + 1H. The public service advertisement that the writer designed was aimed at the city of Mataram, especially on Udayana Street with the main priority target audience being the youth and the general public. The design is themed about the dangers of wild racing using print media in the form of billboards. It is expected that the existence of Public Service Advertisements through billboards can give awareness to illegal racers not to carry out illegal racing activities, provide references to similar studies to make designs that can really hit the hearts of the target audience and the government is expected to be able to take more real action in dealing with the dangers of wild motor racing.
Perancangan Media Kampanye Komunikasi Persuasif Dampak Pernikahan Dini Di Lombok Barat Miyarta yasa; muhammad fathul azis
Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi Vol 1 No 2 (2019): SASAK
Publisher : Universitas Bumigora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (727.58 KB) | DOI: 10.30812/sasak.v1i2.550

Abstract

Marriage is identical with happiness, every couple who goes through marriage hopes that their marriage will go well. To achieve this requires readiness, both in terms of thinking and financial maturity. A good age according to experts, a person to get married is 25 years for men and 21 years for women. But unfortunately many in the marriage community occur at a very young age, which we often call early marriage. . Based on the National Population and Family Planning Agency (BKKBN) the number of child marriages (18 years and under) in Indonesia is increasing. Early marriages occur usually not based on mature considerations, but are more dominated by personal needs, family economic factors, educational factors, hereditary adat factors, and mental factors of adolescents. Persuasive communication is one of the effective communication methods to influence someone in this case persuasive communication with video media is expected to be able to influence the public to suppress underage marriages. Data collection methods in this case use the Design Thingking method. the design of public service video advertisements about the risk of early marriage in West Lombok is Soft Sell, namely the concept of conveying the contents of messages indirectly to the intended target audience, and also having a comedy or comedy genre concept in it. The concepts used to influence the audience include the choice of color, font and also every scene in the video. For the color itself the authors use bright colors, cheerful and pleasant, also the selection of fonts that look relaxed and light. so this public service ad is easy to remember and influences the target audience following the advice in the campaign video. Keywords: campaign, persuasive communication, early marriage.
Tinjauan Cover Buku Biografi I Wayan Pengsong Sasih Gunalan
Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi Vol 1 No 2 (2019): SASAK
Publisher : Universitas Bumigora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (741.001 KB) | DOI: 10.30812/sasak.v1i2.553

Abstract

The development of the world of art and design is one of the major contributors to the emergence of the dynamics of the existing arts. The existence of the development of artistic discourse is not infrequently archived in the form of a book. Biography book is one type of book that contains a record of stories or information about a person's life journey that is arranged systematically. The book as a unit is composed of several constituent elements, one of which is the cover or cover. The unit that compiles the design of a book cover, ideally consists of several elements. Some of them are illustrations, in the form of pictures or photographs and writing (typography). The theory used in this research is Edmund Burke Feldman's fist theory of art. This theory, provides the study of art in several aspects. Such as formalistic, instrumental and expressive aspects. Specifically, this study will discuss all elements of form in a formalistic review. Selection of focus on the formalistic aspect refers to the linkage of formalistic elements with design studies. Another context, in Feldman's study, it refers more to the elements of sociology of art and the things that surround it. The conclusion of this study, is that the cover design of Wayan Pengsong's book has various complex perspectives and is interconnected between the design and the design and style of Pengsong's work that he produces. The use of color and photo illustrations used refers to the philosophical melancholy, calm and the almighty. This color is also one of the many colors used by Pengsong in his paintings. The use of Wayan Pengsong and Wayan Gede's portrait illustrations is a symbol of a unity between Wayan Pengsong and his artistic blood heritage.
Bentuk Tokoh Umar Maya Pada Wayang Sasak Sunardy Kasim
Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi Vol 1 No 2 (2019): SASAK
Publisher : Universitas Bumigora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (761.531 KB) | DOI: 10.30812/sasak.v1i2.555

Abstract

Puppet umar maya is known as one of the characters in the sasak puppet story. This figure acts as an advisor to the knights in the right puppets, especially the advisor to the king of the Jayangrana king. As an advisor, this figure has a wise, humble, smart, brave, and loyal character to his country. From these various characteristics, this figure is respected by all right-wing puppets and respected by his enemies. In this research, the writer tries to describe the shape of the virtual puppet umar figures with the hope that the community, especially the younger generation among academics, can know the form of the puppet sasak, especially the virtual umar figures. The research method that I use is a qualitative method where the data collection is done by observation, interviews with the actors of Sasak puppet art, as well as reviewing documents that discuss Sasak puppets. From the results of research conducted by the author, the results obtained in the form of a description of the shape of the virtual umar characters in sasak puppets which are divided into urayan about the shape of the virtual umar figures in terms of the form of making ideas of virtual umar characters and the physical form of the virtual umar characters in the sasak puppet