cover
Contact Name
jurnal syntax admiration
Contact Email
syntaxadmiration@gmail.com
Phone
+6282320242017
Journal Mail Official
syntaxadmiration@gmail.com
Editorial Address
Greenland Sendang Residence No.H-1, Sendang, Kec. Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45611
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
jurnal syntax admiration
ISSN : 27227782     EISSN : 27225356     DOI : https://doi.org/10.36418
Syntax Admiration. Jurnal Syntax Admiration adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Syntax Admiration akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu sosial teknik. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau ulasan buku-buku ilmiah.
Articles 963 Documents
Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Jual Beli Online Account Game Mobile Legends: Bang Bang Dalam Tinjauan Fiqih Muamalah Agus Rohmat Hidayat
Jurnal Syntax Admiration Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Syntax Admiration
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/jsa.v1i1.2

Abstract

Jual beli online disebut juga dengan E-commerce yang bisa diartikan menjadi sebuah proses berbisnis dengan menggunakan teknologi elektronik yang menyambungkan antara perusahaan, konsumen serta masyarakat dalam wujud transaksi elektronik dan pertukaran/penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik. Itemku.com yaitu itemku ialah lokasi penjual belian gold, item, akun, serta voucher online game yang memberikan jaminan keamanan transaksi serta garansi uang kembali 100%. itemku memakai teknologi itemku Safe Trading, yang mengizinkan itemku untuk memantau seluruh transaksi serta melaksanakan pengecekan untuk tiap-tiap pembayaran ataupun pengiriman produk dari penjual maupun pembeli. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan. Metode ini dipilih karena data yang didapatkan dari hasil wawancara peneliti dengan pihak-pihak yang terkait. Pada penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dan informasi melalui wawancara, studi lapangan dan konsultasi.Dalam pembahasannya peneliti menjelaskan konsep jual beli akun game, mekanisme jual beli online, dan tinjauan fiqih muamalah tetang praktik sistem di itemku.com dan apa saja kelebihan dan kekurangan membeli account game di situs forum itemku.com. Dan disini peneliti menemukan respon yang berbeda-beda pada setiap jawaban yang diajukan terhadap narasumber, namun adapula jawaban yang serupa yang sebenarnya memiliki maksud yang sama. Dari penelitian yang dilakukan penulis diperoleh hasil sebagai berikut: konsep jual beli online akun game menggunakan akad as-salam danal-istishna’. As-salam adalah jual beli barang secara tangguh dengan harga yang dibayarkan di muka. Al-istishna’ adalah akad dengan pihak pengrajin untuk menyelesaikan suatu produk barang terpilih, dalam hal tersebut materi serta biaya produksi ialah tanggung jawab pihak pengrajin. Kedua jenis akad ini bagian dari bai’ ma’dun (jual beli barang yang belum wujud). Sesuai dengan tinjauan fiqih muamalah setiap praktik jual beli harus dilihat dari seberapa besar kemaslahatan dan kemudharatannya, agar transaksi menjadi sah sesuai dengan ajaran islam. Kata kunci: Jual beli online, Fiqih Muamalah
Analisis Marketing Syariah Dalam Menghadapi Covid 19 (Studi Kasus Arpi Hijab Kuningan) Feri Hardiyanto
Jurnal Syntax Admiration Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Syntax Admiration
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/jsa.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah, yaitu tentang strategi pemasaran syariah pada saat pandemi Covid 19 dan kendala pemasaran syariah pada saat pandemi Covid 19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran syariah pada Toko Arpi hijab Kuningan pada masa pandemi Covid-19 dalam perspektif ekonomi Islam serta apa saja kelebihan dan kekurangannya. Pemasaran merupakan wujud prestasi atas kerja kegiatan usaha yang berkenaan dengan mengalirnya barang serta jasa dari produsen hingga ke konsumen. Di samping penafsiran itu juga terdapat pandangan yang luas, yang mengatakan pemasaran ialah rangkaian kegiatan usaha yang berkenaan mengalirnya barang-barang atau bahan-bahan masuk kedalam proses produksi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan. Metode ini dipilih karena data yang diperoleh dari hasil wawancara peneliti dengan pihak-pihak yang terkait. Pada penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dan informasi melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam pembahasannya peneliti menjelaskan cara marketing pada toko Arpi Hijab, karakteristik marketing syariah, dan strategi marketing syariah dalam praktik pemasaran produk. Dan disini peneliti menemukan cara yang unik pada setiap jawaban yang diajukan terhadap narasumber, namun ada pula jawaban serupa yang sebenarnya memiliki maksud yang sama. Dari penelitian yang dilakukan penulis diperoleh hasil sebagai berikut: strategi marketing syariah yang relevan menggunakan empat key success fsctors yaitu Shiddiq, Amanah, Fathanah, dan Tablight. Dalam hal ini materi dan biaya marketing menjadi tanggung jawab pihak penjual. Keempat key success factors ini sesuai dengan tinjauan perspektif Islam setiap praktik jual beli harus dilihat dari seberapa besar kemaslahatan dan kemudharatannya, agar transaksi menjadi sah sesuai dengan ajaran islam. Kata kunci: Marketing Syariah, Menghadapi Pandemi, Covid-19
Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Di Ras Sablon Desa Weru Lor Cirebon Muhammad Iklil
Jurnal Syntax Admiration Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Syntax Admiration
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/jsa.v1i1.4

Abstract

Perkembangan bisnis fashion yang ditandai dengan maraknya penjualan online maupun pertumbuhan factory outlet maupun usaha distro di seluruh penjuru Nusantara, ternyata menjadi salah satu pemicu meningkatnya permintaan jasa sablon dikalangan masyarakat. Karena banyaknya peminat yang membuka usaha sablon maka dari itu timbul sebuah persaingan untuk mendapatkan pelanggan. Berdasarkan hasil observasi di lapangan bahkan sampai pada perolehan berkali-kali terdapat dimensi-dimensi menarik di lapangan, sehingga dari banyaknya dimensi tersebut untuk pembatasan lingkup penelitian maka perlu ditentukan fokus penelitian yaitu tentang materi penerapan etika bisnis islam untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di ras sablon Desa Weru lor Cirebon. Kata kunci: Etika bisnis, loyalitas pelanggam
Analisis Pembiayaan Mudharabah Dalam Meningkatkan Pendapatan Nasabahdi Bmt Bina Ummat Sejahtera Cabang Losari Brebes Naelul Huda
Jurnal Syntax Admiration Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Syntax Admiration
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/jsa.v1i1.5

Abstract

Perbankan syariah satu diantara lembaga keuangan yang mempunyai dampak besar dalam siklus perekonomian masyarakat. Bank merupakan suatu lembaga bagi masyarakat untuk menyimpan uang serta juga bisa menjadi tempat peminjaman uang disaat ada masyarakat yang memerlukan. Selaras dengan waktu yang berjalan, bank sudah menjadi suatu kebutuhan hidup manusia. Adapun tujuan penelitian ini berdasarkan hasil yang ingin diraih dari rumusan masalah penelitian yang telah diuraikan sebelumnya, diantaranya:1. Untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Pembiayaan Mudharabah di BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Losari Brebes.2. Untuk menganalisa Bagaimana Proses Pembiayaan Mudharabah dalam meningkatkan pendapatan nasabah di BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Losari Brebes. 3. Untuk mengetahui Hal apa saja yang menjadi kendala BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Losari Brebes dan bagaimana solusinya. Metode penelitian ini menggunakan dengan metode Kualitatif yang bersifat induktif dengan langkah mencari data, menemukan konsep dan mengurai teori yang secara teknis akan dilakukan dari sesuatu yang bersifat spesifik yang umum yang menentukan apa yang menjadi masalah utama penelitian. Pendekatan kualitatif upaya menekankan untuk memberikan gambar yang jelas sesuai dengan fakta ditemukan dilapangan. Pembiayaan Mudharabah di BMT merupakan suatu pembiayaan yang diberikan oleh BMT kepada anggotanya, dimana prosedurnya tidak jauh berbeda dengan pembiayaan mudharabah yang ditawarkan oleh Bank Syariah. Dimana pihak BMT (shahibul maal) memberikan modal (uang) kepada nasabah (mudharib) untuk keperluan tambahan modal usaha, dimana nantinya nisbah bagi hasilnya dibagi dua sesuai dengan kesepakatan bersama, dan dalam sistemnya menggunakan akad mudharabah. Dengan adanya pembiayaan mudharabah di BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Losari Brebes dapat menjadi alternatif untuk menambah modal usaha nasabah sehingga usahapun mengalami kemajuan yaitu adanya peningkatan dalam hal pendapatan, produksi dan kinerja. Dengan meningkatnya produksi maka dengan otomatis pendapatan nasabah juga ikut meningkat. Kata kunci: Mudharabah, pendapatan, Pembiayaan.
Analisis Administrasi Pengajuan Pembiayaan Di Bank BTPN Syariah Cabang Piang Sari Cirebon Siti Khodijah
Jurnal Syntax Admiration Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Syntax Admiration
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/jsa.v1i1.6

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi sejauh mana antusiasme mahsiswa dalam melaksanakan program kampus yaitu kegiatan magang di perusahaan. Jenis metode yang digunakan adalah metode kualitatif sehingga diperoleh hasil berupa manfaat dan penerapan ilmu yang didapat pada saat perkuliahan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bukti dari adanya praktek dilapangan menambah wawasan bagi peneliti. Kata kunci: Administrasi, pembiayaan, Bank BTPN Syariah
Pengaruh Motivasi Kerja, Kompetensi Perawat, dan Kinerja Perawat Terhadap Pelayanan Keperawatan di Rumah Sakit Jantung Hasna Medika Cirebon Ahmad Syaripudin; Retina Sri Sedjat; Indra Surya Permana
Jurnal Syntax Admiration Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Syntax Admiration
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/jsa.v1i2.17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara motivasi kerja (X1), kompetensi perawat (X2), dan kinerja perawat (X3) terhadap pelayanan keperawatan (Y) di Rumah Sakit Jantung Hasna Medika Cirebon. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan teknik survei berupa penyebaran kuesioner yang terdiri dari atas 9 butir untuk variabel X1, 6 butir untuk variabel X2, 10 Butir untuk variabel X3, dan 14 butir untuk variabel Y. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga keperawatan yang berada di Rumah Sakit Jantung Hasna Medika Cirebon dengan jumpah 30 responden, peneliti mengambil sample sebanyak 30 atau keseluruhan dari jumlah populasi yang ada. Kata Kunci : Motivasi kerja (X1), Kompetensi perawat (X2), Kinerja perawat (X3), Pelayanan keperawatan (Y)
Meningkatkan Pendapatan Obyek–Obyek Pariwisata dengan Metode Integritas Etika Sabariah
Jurnal Syntax Admiration Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Syntax Admiration
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/jsa.v1i2.22

Abstract

Sektor Pariwisata cukup berpengaruh pada kontribusi pendapatan pemerintah, sehingga kinerja dari produktivitas adalah bagian terpenting untuk menjadi perhatian dengan melihat perubahan lingkungan globalisasi. Prospek sector pariwisata di Indonesia sangat menjanjikan pertumbuhan karena Indonesia Negara agraris, Negara maritime, beriklim tropis, tempat sejarah, memiliki berbagai sumber tujuan wisata. Banyak masalah yamg terjadi di bidang pariwisata seperti terdapat ketimpangan pendapatan wisata dari hari kerja dan hari libur dan berbagai resiko usaha yang melekat pada obyek pariwisata. Oleh karena itu dibutuhkan strategi yang menekankan pada metode integrasi agar dapat meningkatkan pendapatan obyek – obyek wisata. Kata kunci : Produktivitas, strategi, metode terpadu
SMS Gateway Berbasis Android untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan Toko 212 Tegal Jatmiko Indriyanto; Ida Afriliana; Miftakhul Huda
Jurnal Syntax Admiration Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Syntax Admiration
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/jsa.v1i2.23

Abstract

Toko 212 Tegal adalah usaha model sirkah, yang dimiliki lebih dari 100 orang yang berdomisili di Kota Tegal. Pelanggan atau pemilik toko yang sering belanja ditoko 212 dalam 8 bulan ini menurun jumlahnya, Penyebabnya banyak, dimulai promosi dari toko yang berkurang, pelayanan yang kurang memuaskan, dan banyak saingan sekitar toko. Pengurus toko sudah mencoba berbagai cara untuk meningkatkan pelanggan datang ketoko, dimulai dari diskon, delivery order langsung kerumah pelanggan dan lainnya, tetapi hal itu belum berhasil meningkatkan pelanggan untuk dating ketoko. Peneliti melihat penelitian peneliti lain yang meneliti sejenis, yang berhubungan untuk meningkatkan pelanggan, banyak yang menggunakan metode SMS gateway. Metode penelitian yang digunakan, dimulai dari menganalisa masalah yang terjadi, kemudian menggambar system yang sudah ada, dan system yang baru, dianalisa kekurangannya. Kemudian baru memulai membuat system yang baru. Setelah itu mulai menerapkan system yang baru dan menguji sistemnya selama 2 bulan, dan dilihat hasilnya. Setelah itu peneliti menitipkan kuesioner kepada kasir, untuk melihat apakah yang dikirimi sms gateway, kembali ketoko atau tidak. Menggunakan model SMS gateway dan android diharapkan jumlah pelanggan yang datang ketoko212 menjadi meningkat. Setelah dilakukan ujicoba selama 2 bulan, ternyata berhasil meningkatkan jumlah pelanggan yang datang ketoko untuk belanja. Kata kunci : Toko 212, SMS gateway dan pelanggan
Evaluasi Kenyamanan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Seragam STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Lilis Masyfufah; Aprilia Rose Mawati; Dyah Novitasari; Devi Indah Puspitasari
Jurnal Syntax Admiration Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Syntax Admiration
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/jsa.v1i2.24

Abstract

Sekolah Tinggi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu rumpun Ilmu Pengetahuan atau Teknologi tertentu dan jika memenuhi syarat, sekolah tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. Hal ini tidak hanya berdampak pada penampilan mahasiswa melainkan jugaakan berpengaruh dalam konsentrasi belajar mahasiswa. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian tentang kenyamanan penggunaan seragam pada Stikes Yayasan Rs Dr Seotomo. Penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain seragam di kampus STIKES Yayasan Rs DR. Soetomo Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan kerangka konsep teori SDLC untuk pengembangan model seragam di STIKES Yayasan Rs Dr Soetomo. Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian dan pengembangan pada seragam kampus. Tingkat kenyamanan penggunaan seragam yang dapat mempengaruhi proses belajar mahasiswa di kampus. Rancangan penelitian menggunakan cross sectional untuk mempelajari korelasi antara faktor-faktor risiko dengan efek, dengan cara pendekatan observasi atau pengumpulan data sekaligus pada satu waktu. Dengan menggunakan populasi sebanyak 100 mahasiswa STIKES Yayasan Rs. DR Soetomo. Sampel dari penelitian ini menggunakan Quota Sampling yaitu teknik sampling dengan mengambil jumlah sampel sebanyak jumlah yang telah ditentukan yakni 40 mahasiswa mengisi kuesioner untuk identifikasi awal beberapa permasalahan di Stikes Yayasan Rs. Dr. Soetomo. Indicator yang digunakan dalam penelitian ada 3 yaitu menganalisis kebutuhan, identifikasi penggunaan dan ketentuan seragam, dan pengembangan desain seragam. Instrument penelitian ini menggunakan checklist sehingga peneliti membuat dan menyebarkan kuisioner dalam bentuk online yaitu google form yang akan diisi oleh mahasiswa sehingga data yang diperoleh dalm bentuk data primer. Kata kunci : SDLC, pengembangan dan tenaga kesehatan.
Perancangan Sistem Informasi Penjualan Baju Secara Online (E-Commerce) pada Toko Hermanto Jakarta Nur Aini Setyawati; Arief Fadholi
Jurnal Syntax Admiration Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Syntax Admiration
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/jhs.v1i2.25

Abstract

Dengan kemajuan teknologi terutama pada bidang teknologi informasi, website salah satu media yang tepat untuk memberikan layanan informasi. Dengan membanguni sebuahi perangkati lunaki layanan informasii berbasisi mediai website, tentunyai segala layanani informasii yangi hendaki diberikani terhadap masyarakati ataupuni sekedari mengenalkani identitas perusahaani itui sendirii dapati menggunakani media websiteo tanpai adai keterbatasani ruangi informasi karenai websitei bersifati dinamisi sehinggai dapat berubah-ubah isi website itu sendiri sesuai dengan kebutuhan. Perancangan sistem informasi ini diharapkan menjadi metode alternatif dalam melakukan promosi dan transaksi pembelian yang lebih mudah, efektif dan efisien. Sistem ini terfokus pada user (pembeli) dan admin. Fitur yang dapat diakses oleh pembeli setelah melalukan pendaftaran dan login yaitu melakukan proses pemesanan. Pembuatan sistem penjualan ini memudahkan pelanggan dalam melakukan proses pembelian serta memudahkan pemilik toko dalam melakukan promosi produknya agar lebih efektif dan efisien. Kata kunci : Perancangan, sistem informasi dan penjualan pakaian.

Page 1 of 97 | Total Record : 963


Filter by Year

2020 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 5 No. 7 (2024): Jurnal Syntax Admiration Vol. 5 No. 6 (2024): Jurnal Syntax Admiration Vol. 5 No. 5 (2024): Jurnal Syntax Admiration Vol. 5 No. 4 (2024): Jurnal Syntax Admiration Vol. 5 No. 3 (2024): Jurnal Syntax Admiration Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Syntax Admiration Vol. 5 No. 1 (2024): Jurnal Syntax Admiration Vol. 4 No. 12 (2023): Jurnal Syntax Admiration Vol. 4 No. 11 (2023): Jurnal Syntax Admiration Vol. 4 No. 10 (2023): Jurnal Syntax Admiration Vol. 4 No. 9 (2023): Jurnal Syntax Admiration Vol. 4 No. 8 (2023): Jurnal Syntax Admiration Vol. 4 No. 7 (2023): Jurnal Syntax Admiration Vol. 4 No. 6 (2023): Jurnal Syntax Admiration Vol. 4 No. 5 (2023): Jurnal Syntax Admiration Vol. 4 No. 4 (2023): Jurnal Syntax Admiration Vol. 4 No. 3 (2023): Jurnal Syntax Admiration Vol. 4 No. 3 (2023): Syntax Admiration Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Syntax Admiration Vol. 4 No. 1 (2023): Jurnal Syntax Admiration Vol. 3 No. 12 (2022): Jurnal Syntax Admiration Vol. 3 No. 11 (2022): Jurnal Syntax Admiration Vol. 3 No. 10 (2022): Jurnal Syntax Admiration Vol. 3 No. 9 (2022): Jurnal Syntax Admiration Vol. 3 No. 8 (2022): Jurnal Syntax Admiration Vol. 3 No. 7 (2022): Jurnal Syntax Admiration Vol. 3 No. 6 (2022): Jurnal Syntax Admiration Vol. 3 No. 5 (2022): Jurnal Syntax Admiration Vol. 3 No. 4 (2022): Jurnal Syntax Admiration Vol. 3 No. 3 (2022): Jurnal Syntax Admiration Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Syntax Admiration Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Syntax Admiration Vol. 2 No. 12 (2021): Jurnal Syntax Admiration Vol. 2 No. 11 (2021): Jurnal Syntax Admiration Vol. 2 No. 10 (2021): Jurnal Syntax Admiration Vol. 2 No. 9 (2021): Jurnal Syntax Admiration Vol. 2 No. 8 (2021): Jurnal Syntax Admiration Vol. 2 No. 7 (2021): Jurnal Syntax Admiration Vol. 2 No. 6 (2021): Jurnal Syntax Admiration Vol. 2 No. 5 (2021): Jurnal Syntax Admiration Vol. 2 No. 4 (2021): Jurnal Syntax Admiration Vol. 2 No. 3 (2021): Jurnal Syntax Admiration Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Syntax Admiration Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Syntax Admiration Vol. 1 No. 8 (2020): Jurnal Syntax Admiration Vol. 1 No. 7 (2020): Jurnal Syntax Admiration Vol. 1 No. 6 (2020): Jurnal Syntax Admiration Vol. 1 No. 5 (2020): Jurnal Syntax Admiration Vol. 1 No. 4 (2020): Jurnal Syntax Admiration Vol. 1 No. 3 (2020): Jurnal Syntax Admiration Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Syntax Admiration Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Syntax Admiration More Issue