cover
Contact Name
Khoirul Faizin
Contact Email
staiattanwirjurnal@gmail.com
Phone
+6285236129171
Journal Mail Official
kfaizin6@gmail.com
Editorial Address
http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/attanwir/index
Location
Kab. bojonegoro,
Jawa timur
INDONESIA
Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
ISSN : 22525238     EISSN : 25993062     DOI : -
Core Subject : Religion,
Fokus 
Fokus jurnal ini adalah upaya mengaktualkan pemahaman yang lebih baik tentang kajian keislaman dan pendidikan , baik lokal maupun internasional melalui publikasi artikel, laporan penelitian, dan ulasan buku. 
Ruang Lingkup 
Berisi kajian-kajian keislaman dan ilmu pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 2 (2021): September" : 8 Documents clear
Membangun Kampung Qur’ani melalui Kegiatan Keagamaan di Desa Batu Putih Kenek Sumenep lia Kustantina lia Kustantina; Siswanto Siswanto
Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan Vol. 12 No. 2 (2021): September
Publisher : STAI Attanwir Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i2.88

Abstract

Penelitian ini terdapat dua fokus yakni kegiatan keagamaan apa saja yang dilaksanakan dalam membangun Kampung Qur’ani. Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam membangun Kampung Qur’ani. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kalitatif deskriptif, dari hasil penelitian tersebut peneliti menghasilkan: Pertama, kegiatan keagamaan yang dilaksankan dalam membangun kampung Qur’ani adalah lebih difokuskan kepada kegiatan pengajian dan pengkajian nilai-nilai yang terdapat didalam al-Qur’an serta adanya program pemberian wakaf dari setiap jama’ah Muslimatan untuk masjid, mosholla dan untuk berbagai kebutuhan dakwah agama Islam di Desa Desa Batu Kenek. Kedua, adapun faktor penghambat dalam membangun kampung Qur’ani yakni tidak adanya dukungan dari masyarakat sekitar dan tidak terjalinnya kerja sama dengan pihak lain serta tidak tersedianya pendanaan. Sedangkan faktor pendukung dalam membangun kampung Qur’ani adalah adanya dukungan dan terjalinnya kerja sama dengan berbagai pihak serta tersedianya pendanaan yang berkaitan dengan upaya membangun kampung Qur’ani. Kata Kunci: Kampung Qur'ani, Kegiatan Keagamaan.
Effectiveness of Visual Media Use in Islamic Religious Education Learning in Junior High School Alfurqan Alfurqan; Marsita Dwi Susanti
Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan Vol. 12 No. 2 (2021): September
Publisher : STAI Attanwir Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i2.92

Abstract

Science and technology are progressing rapidly. These advances have brought significant changes in various aspects of human life, both in the social, economic, cultural and educational fields. For education not to be left behind, adjustments are needed, especially related to learning factors in the classroom. The learning process is a communication process. Sometimes in the learning process, there is a communication failure. To avoid communication failure, teachers need to make use of interesting learning media. Visual media is a tool that teachers use to transmit messages from the sender to the recipient using the sense of vision. This study uses descriptive qualitative research. This research was conducted at SMP Negeri 2 Sawahlunto. The subjects of the study were Islamic Religious Education Teachers and students of SMP Negeri 2 Sawahlunto. Data collection techniques used are observation, interview, documentation. This research generates (1) passionate and enthusiastic students when teachers use visual media in the learning process. (2) Visual media can make it easier for students to remember lesson materials. (3) Visual media in the form of PowerPoints and concept maps used by teachers in the lesson process can display a concrete picture of material, to improve students' thinking power.
Rekontruksi Pendidikan Islam Humanis: Tinjauan Pemikiran A. Malik Fadjar dan Abdurrahman Mas’ud uswatun hasanah; Lailatul Fajriah; Ali Murtadho
Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan Vol. 12 No. 2 (2021): September
Publisher : STAI Attanwir Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i2.95

Abstract

Pendidikan Islam saat ini hanya fokus mencerdaskan aspek akademis dan keterampilan semata, tanpa memperhatikan nilai-nilai kemanusiaan. Hal ini menimbulkan adanya dehumanisasi (penghilang harkat manusia). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji rekonstruksi Pendidikan Islam humanis perspektif A.Malik Fadjar dan Abdurahman Mas’ud. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Library Research atau Penelitian Kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pendidikan Islam dibangun atas misi kemanusiaan tersebut dengan memanusiakan manusia (humanisasi). Dengan itu, pendidikan sangat dekat dengan nilai-nilai kemanusiaan. Pemikiran mengenai pendidikan yang memanusiakan manusia itu lah yang disebut dengan konsep pendidikan humanis. Konsep pendidikan humanis A. Malik fajar berpijak pada tauhid integral. Sedangkan konsep humanisme religius Abdurahman Mas’ud berpijak pada integrasi pilar keagamaan dan pilar kemanusiaan, Pendidikan islam humanis diharapkan dapat mengembalikan Pendidikan Islam pada jiwa asalnya.
Integrasi Pendidikan Islam dan Sains Perspiktif Amin Abdullah Marjuki Duwila; Roisul Habib
Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan Vol. 12 No. 2 (2021): September
Publisher : STAI Attanwir Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i2.97

Abstract

This article contains the concepts of integrating Islamic education and science in the world of education today in order to reduce a conflict between general science and religious knowledge in Indonesian education institutions. Currently the phenomenon of you being religious, many feel dissatisfied with the modern era that was happening so that there are still many religious people who openly reject modernity and miss the Islamic world that once triumphed in the past then applied in the current era with the aim of improving the problems that occur today. Besides that, there are also modernists who reject the existence of religion in the public sphere because religion has a dogmatic and closed mindset. Apart from that, Amin Abdullah was one of the figures who are trying to take a middle line to bring together scientists and clergy by using the idea of ​​integration-interconnection as foundation in carrying out reforms in the world of education
Curriculum Implementation Problems in 2013 Course of Islamic Religious Education Elementary School Mojokampung Bojonegoro choirul anam
Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan Vol. 12 No. 2 (2021): September
Publisher : STAI Attanwir Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i2.99

Abstract

This study aims to find out the Problems of Implementing the 2013 Curriculum in Elementary School Islamic Education Subjects, as well as to find out the school strategy of SDN Mojokampung Bojonegoro in overcoming the problems of learning PAI Curriculum 2013. This study used a qualitative descriptive approach, with data collection methods of observation, interviews and documentary. The data analysis technique is data reduction, data presentation and drawing a conclusion. While the data validity technique uses observation, triangulation, and peer checking through discussion. The results showed that: The problems of learning Islamic religious education K-13 at SDN Mojokampung Bojonegoro were not too prominent due to the application of appropriate learning methods, and supported by competent human resources. The success of PAI learning can run effectively if there is a synergy between all lines, both teachers, students and the local community.
Studi Komparasi: Manajemen Ekonomi Islam dan Konvensional dengan Pendekatan DFD (Data Flow Diagram) sugito sugito
Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan Vol. 12 No. 2 (2021): September
Publisher : STAI Attanwir Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i2.102

Abstract

Tujuan dari penulisan ini untuk mengkaji dan mengalisis perbedaan manajemen reksadana konvensional dan syariah dengan pendekatan DFD (Data Flow Diagram). Membandingkan jumlah reksadana konvensional dan syariah dan juga nilai aktiva bersih (NAB) keduanya. Reksadana syariah dari sisi jumlah sangat rendah dibandingkan dengan reksadana konvensional per 31 Desember 2015 jumlah reksadana syariah 86 jauh di bawah reksadana konvensional yang berjumlah 951. Dari sisi manajemen yang membedakan antara reksadana konvensional dan syariah adalah jenis portofolionya, perjanjian transaksinya, serta struktur organisasinya.
Keefektifan Bimbingan Kelompok Media Ular Tangga untuk Mereduksi Kejenuhan Siswa MI di Kecamatan Sumberrejo Bojonegoro Abd. Hafid Abd. Hafid; risa adelia risa adelia
Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan Vol. 12 No. 2 (2021): September
Publisher : STAI Attanwir Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i2.103

Abstract

Artikel ini penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan bimbingan kelompok media ular tangga untuk meredukasi kejenuhan siswa SD/MI di wilayah Kecatan Sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa SD/MI yang memiliki tingkat kejenuhan belajar yang tinggi. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest and postest controle group design. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan Uji Independent Sample test. Berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh hasil nilai signifikasi pada uji t test sebesar 0,00 < 0,05 artinya terdapat pengaruh antara pretest dan posstest pada kelompok eksperimen. Sedangkan pada kelompok kontrol nilai mean yang awalnya 66,40 naik menjadi 70,80. Maka bisa dikatakan bahwa dengan penerapan bimbingan kelompok media ular tangga efektif untuk menurunkan kejenuhan belajar siswa
Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Rumus Bangun Ruang Balok di MI Islamiyah Sendang Agung Bojonegoro Moch. Bakhtiar Bakhtiar
Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan Vol. 12 No. 2 (2021): September
Publisher : STAI Attanwir Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i2.104

Abstract

Artikel ini membahas tentang penggunaan media flash card untuk meningkatkan kemampuan menghitung rumus bangun ruang balok kelas V MI Islamiyah Sendang agung dengan rumusan masalah pokok dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media flash card ini dapat meningkatkan kemampuan menghitung rumus bangun ruang balok?Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media flash card dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghitung rumus bangun ruang balok bagi siswa kelas V MI Islamiyah Sendang agung.Penelitian ini menggunakan jenis metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin dengan melakukan dua siklus tindakan, yang pada setiap siklus terdiri dari empat tahap diantaranya perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis yang dilakukan setiap akhir siklus.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menghitung rumus balok (panjang, lebar tinggi) yang dibuktikan dengan tahap pretest pada kemampuan awal siswa yang dapat mengerjakan soal dan lulus hanya 25%, dan pada siklus I meningkat menjadi 56,25% dan pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 81,25%. Dan dapat dikategorikan media flash card cocok diterapkan dalam Meningkatan kemampuan siswa dalam menghitung rumus balok (panjang, lebar tinggi)

Page 1 of 1 | Total Record : 8